Tanaman Puring: Tanaman untuk Mempercantik Rumah yang Kaya Manfaat

Tanaman puring tidak hanya memiliki wujud yang cantik namun juga kaya manfaat. Salah satunya adalah untuk melancarkan peredaran darah.
1. Tanaman puring
Secara umum, tanaman puring cocok untuk ditanam di area terbuka seperti kebun maupun taman di halaman rumah. Sumber: Pinterest

RumahCom – Bagi Anda penyuka tanaman hias, tanaman puring bisa jadi koleksi selanjutnya yang wajib Anda miliki. Menurut Wikipedia, tanaman puring atau yang nama latinnya Codiaeum variegatum adalah tanaman hias pekarangan populer berbentuk perdu dengan bentuk dan warna daun yang sangat bervariasi.

Beragam kultivar tanaman puring telah dikembangkan dengan variasi warna mulai dari hijau, kuning, jingga, merah, ungu, serta campurannya. Bentuk daun pun bermacam-macam, ada yang berpola memanjang, oval, tepi bergelombang, helainya seperti terputus-putus, dan masih banyak lagi.

Secara umum, tanaman puring cocok untuk ditanam di area terbuka seperti kebun maupun taman di halaman rumah. Kendati tak menutup kemungkinan, tanaman puring juga dapat dijadikan tanaman hias dalam ruangan. Ingin mencoba mengoleksi tanaman puring? Simak terlebih dulu berbagai informasi menarik yang telah Rumah.com rangkum untuk Anda.

  1. Mengenal Tanaman Puring
  2. Jenis-jenis Tanaman Puring
    2. Jenis-jenis Tanaman Puring: Kura-kura
    3. Jenis-jenis Tanaman Puring: Susu
    4. Jenis-jenis Tanaman Puring: Bor
    5. Jenis-jenis Tanaman Puring: Emping
  3. Cara Merawat Tanaman Puring
  4. 3 Ide Menghias Rumah dengan Tanaman Puring
    1. Tanaman Puring untuk Percantik Foyer
    2. Tanaman Puring untuk Percantik Balkon
    3. Tanaman Puring untuk Percantik Dapur
  5. Manfaat Tanaman Puring

1. Mengenal Tanaman Puring

Tanaman puring memiliki beragam wujud, dengan jenis semak atau pohon berukuran kecil. Sumber: gardeningknowhow.com

Tanaman puring memiliki beragam wujud, dengan jenis semak atau pohon berukuran kecil. Sumber: gardeningknowhow.com

Secara botani, puring adalah kerabat jauh singkong serta kastuba. Ciri yang sama adalah batangnya menghasilkan lateks berwarna putih pekat dan lengket, yang merupakan ciri khas suku Euphorbiaceae. Jenis tanaman hias bernama Codiaeum variegatum berasal dari Malaysia dan Pasifik. Namun kini telah tersebar di seluruh daerah tropika dan subtropika, serta menjadi salah satu simbol turisme.

Tanaman puring memiliki beragam wujud, dengan jenis semak atau pohon berukuran kecil. Wujud daun dari tanaman puring umumnya berwarna cerah dan mengkilap. Perbedaan warna daun sebagian besar diakibatkan pigmen antosianin, sehingga menampilkan kombinasi warna hijau, kuning, putih, oranye, merah jambu, merah, merah tua, hingga ungu.

Wujud daun tanaman puring sendiri tampak padat dan kasar, dengan lebar daun sekitar 10–15 sentimeter (4–6 inci). Pola daun pun bervariasi, ada yang linier, menyerupai tombak maupun oval, tergantung pada varietasnya. Tinggi tanaman puring bisa mencapai 6 meter atau sekitar 20 kaki.

Tanaman hias ini seringkali ditanam dalam pot. Lantaran warna daunnya yang cantik, tak heran jika tanaman puring sering dimanfaatkan untuk mempercantik rumah. Mau punya rumah dengan taman yang berisi aneka tanaman cantik? Cek pilihan rumah di Bekasi Barat dengan harga di bawah Rp600 jutaan di sini!

2. Jenis-jenis Tanaman Puring

Kenali jenis tanaman puring dan perawatannya secara tepat. Sumber: Plantopedia

Kenali jenis tanaman puring dan perawatannya secara tepat. Sumber: Plantopedia

Tanaman puring sendiri terdiri dari berbagai jenis. Setidaknya ada empat jenis tanaman puring yang banyak beredar dan tumbuh di Indonesia. Masing-masing jenis memiliki warna dan pola daun yang berbeda. Untuk memandu Anda menemukan jenis tanaman puring yang disukai, berikut empat jenis tanaman puring yang perlu diketahui.

1. Jenis-jenis Tanaman Puring: Kura-kura

Salah satu jenis tanaman puring ini punya nama yang unik, kan? Disebut demikian karena rupa daunnya sangat mirip dengan tempurung kura-kura yang bertekstur dan berpola. Warna tanaman puring kura-kura mengombinasikan merah, kuning, dan hijau.

Tanaman puring kura-kura bisa ditanam dalam pot dengan media sekam padi, sekam bakar, atau tanah. Untuk harganya sendiri dibanderol relatif lebih tinggi dibanding jenis tanaman puring lainnya, yakni kisaran Rp40 ribu untuk ukuran kecil dan bisa mencapai Rp1,5 jutaan untuk ukuran jumbo. Tanaman puring kura-kura mudah ditemukan di toko tanaman maupun e-commerce.

2. Jenis-jenis Tanaman Puring: Susu

Tanaman puring susu memiliki wujud daun memanjang, dengan warna perpaduan antara kuning-hijau-dan putih susu. Jenis ini cocok di segala iklim, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Berbeda dengan jenis lainnya, tanaman puring susu justru ideal ditempakan dalam ruangan (indoor). Oleh karenanya, jenis tersebut pas jika Anda tempatkan di sudut ruang tamu maupun ruang makan.

Untuk merawat tanaman puring susu, Anda perlu melakukan penyiraman secara rutin dua kali sehari pada pagi dan siang. Jangan lupa untuk memberi pupuk minimal satu kali dalam sebulan dengan jenis Npk sebanyak 10-15 butir. Tanaman puring susu sendiri dipasarkan dengan harga mulai Rp20 ribu.

Tip Rumah
Tanaman puring sangat mudah dirawat namun punya sifat sensitif. Konsultasikan perawatan tanaman puring yang tepat dengan ahlinya.

3. Jenis-jenis Tanaman Puring: Bor

Tanaman puring bor ini memiliki bentuk daun yang unik yaitu melintir seperti bor. Daunnya memiliki banyak warna seperti kuning emas, merah, dan hijau. Iklim ideal untuk tumbuh optimal tanaman puring bor ialah dataran rendah sampai dataran tinggi.

Tanaman puring bor atau nama lainnya puring golden leaf  mempunyai daun berukuran mini. Jenis tanaman puring ini cepat berumpun dan beranak, serta sangat cantik di tanam dalam pot atau halaman rumah.

4. Jenis-jenis Tanaman Puring: Emping

Ada yang menyebutnya tanaman puring emping, ada pula yang menamainya puring kerupuk. Warna daunnya mirip dengan puring susu yakni perpaduan kuning dan hijau. Hanya saja bentuk daunnya lebih lebar sehingga mirip dengan kerupuk emping. Di pasaran, harga tanaman puring emping dijual mulai Rp10 ribu saja.

15 Ide Usaha Pertanian Rumahan 2021

Tips Rumah dan Apartemen

15 Ide Usaha Pertanian Rumahan 2021

3. Cara Merawat Tanaman Puring

Sebagai informasi, tanaman puring tidak suka dipindahkan ke banyak tempat dalam jarak dekat. Sumber: Pinterest

Sebagai informasi, tanaman puring tidak suka dipindahkan ke banyak tempat dalam jarak dekat. Sumber: Pinterest

Tanaman puring merupakan salah satu tanaman hias yang tidak memerlukan perawatan intensif. Sebagai pemilik, Anda hanya perlu melakukan penyiraman dengan air bersih dua kali sehari pada pagi antara jam 7-9 dan siang sekitar jam 12-14. Kemudian beri pupuk jenis NPK Mutiara minimal satu bulan sekali. Pemberian pupuk mengikuti dosis sebanyak 10-15 butir.

Kendati perawatannya mudah, tanaman puring rupanya memiliki sifat sensitif. Melansir gardeningknowhow.com, tanaman puring tidak suka dipindahkan ke banyak tempat dalam jarak dekat. Sebagai contoh, saat membeli dari toko tanaman, pot berisi tanaman puring awalnya Anda letakkan di teras depan rumah. Kemudian esok harinya, pot Anda pindahkan ke halaman belakang maupun balkon. Nah, hal inilah yang memicu timbulnya sifat sensitif dari tanaman puring.

Jika sifat tersebut muncul, maka tanaman puring akan bereaksi dengan menggugurkan sendiri daunnya. Perilaku tanaman puring ini lantaran efek syok dan masuk dalam kategori normal. Oleh karena itu, sebaiknya hindari memindahkan tanaman puring sebanyak mungkin.

Dalam situasi di mana Anda harus memindahkan seperti saat Anda membelinya dari toko tanaman, jangan panik akan hilangnya daun. Cukup pertahankan dan lakukan perawatan yang tepat, sehingga tanaman akan menumbuhkan kembali daunnya dalam waktu singkat. Tanaman puring pun siap mempercantik rumah Anda dengan kombinasi warna daunnya.

4. 3 Ide Menghias Rumah dengan Tanaman Puring

Tanaman puring bisa Anda letakkan pada beberapa bagian rumah yang terbuka. Sumber: The Spruce

Tanaman puring bisa Anda letakkan pada beberapa bagian rumah yang terbuka. Sumber: The Spruce

Umumnya, tanaman puring ideal diletakkan pada area terbuka. Dalam hal untuk mendekorasi rumah, jenis puring susu yang bisa Anda tempatkan dalam ruangan rumah seperti ruang tamu, kamar, dapur, maupun ruang keluarga. Meski begitu, tanaman puring susu tetap membutuhkan asupan cahaya, sehingga ada baiknya sesekali jemur dalam waktu sebentar.

Sedangkan pada jenis tanaman puring lainnya seperti telah disebutkan di atas, akan lebih optimal bila ditempatkan pada ruang terbuka yang mendapat sinar matahari cukup. Berikut adalah tiga ide menghias rumah dengan tanaman puring.

1. Tanaman Puring untuk Percantik Foyer

Foyer merupakan ruang peralihan antara teras dan ruang tamu atau teras dengan ruang keluarga. Pada beberapa rumah, foyer dibuat dalam konsep terbuka namun ada juga yang tertutup sehingga menjadi satu kesatuan pada bagian dalam rumah. Untuk hunian dengan foyer terbuka, maka menempatkan pot tanaman puring bisa menjadi ide bagus.

Letakkan pot tanaman puring di bagian sudut foyer. Akan lebih sempurna bila ukuran tanaman puring cukup besar, sehingga mampu mempertegas suasana foyer. Sebagai referensi, pilih juga pot berwarna putih atau yang terbuat dari tanah liat.

2. Tanaman Puring untuk Percantik Balkon

Apakah Anda tinggal di apartemen? Jika iya, tentu tanaman puring ideal untuk mengisi area balkon Anda. Alternatifnya, pilih tanaman puring berukuran besar, sehingga satu pot cukup untuk mempercantik balkon. Atau, beli beberapa jenis tanaman puring berbeda dengan ukuran kecil, dan jejerkan pada sudut balkon di atas rak tanaman.

3. Tanaman Puring untuk Percantik Dapur

Tanaman puring pun bisa menghias dapur rumah Anda. Terlebih jika area dapur punya jendela ukuran besar dan terpapar sinar matahari secara maksimal. Anda bisa membeli tanaman puring jenis kura-kura maupun emping, tergantung selera Anda.

5. Manfaat Tanaman Puring

Dari sekian banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, tanaman puring paling dikenal ampuh mengobati diare. Sumber: mydomaine.com

Dari sekian banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, tanaman puring paling dikenal ampuh mengobati diare. Sumber: mydomaine.com

Siapa sangka, tanaman puring tidak hanya berfungsi untuk mempercantik hunian, namun juga berkhasiat bagi pengobat beberapa penyakit. Diketahui, tanaman puring bisa dijadikan obat untuk mengatasi demam, flu, penyakit kulit dan diare, yang disebabkan oleh entamoeba histolyca, hingga penyakit menular seksual (gonore dan sifilis). Tanaman puring juga punya khasiat:

  • Antiamoeba
  • Antibakteri
  • Antikanker
  • Antijamur
  • Antioksidan
  • Memperlancar menstruasi, pencahar, dan sedatif.

Dari sekian banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, tanaman puring paling dikenal ampuh mengobati diare. Caranya, ambil lima sampai tujuh daun puring yan masih muda dengan ciri teksturnya yang masih lembek dan warnanya yang terlihat pudar. Kemudian cuci bersih daun, dan haluskan dengan cara diulek hingga lembut. Oleskan daun puring yang telah halus ke bagian perut yang sedang sakit.

Melansir Jurnal Jalan Jembata Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, tanaman puring juga cukup baik dalam mereduksi polutan NOx. Hal tersebut lantaran tanaman puring dapat menyerap unsur timah hitam yang berasal dari sisa pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor (2,05 mg/lt).

Tak pelak, pemerintah provinsi banyak menempatkan tanaman atau pohon puring di sepanjang jalan. Bahkan jika dibandingkan dengan jenis tanaman lain seperti mahoni atau angsana, tanaman puring jauh lebih baik dalam mereduksi polusi udara akibat gas kendaraan.

Dengan demikian, menempatkan tanaman puring di rumah pun mampu membuat udara di tempat tinggal Anda lebih baik. Jadi, mana jenis tanaman puring yang akan Anda koleksi untuk menghias sekaligus menyehatkan rumah?

Agar Anda dapat memahami cara membaca bahasa brosur yang benar, simak selengkapnya di video berikut!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Hunian Baru di Depok Harga dibawah Rp1 Miliar

Masukan