10 Inspirasi Tangga Beton Rumah Minimalis yang Aesthetic dan Kokoh Abis

Tim Editorial Rumah.com
10 Inspirasi Tangga Beton Rumah Minimalis yang Aesthetic dan Kokoh Abis
RumahCom- Tangga beton rumah minimalis bukan hanya dikenal kokoh tapi juga bisa bikin tampilan rumah terlihat makin cantik. Dengan pemilihan konsep desain interior yang tepat, dijamin kehadiran tangga beton dapat memperindah tampilan ruangan dan memberi kesan aesthetic.
Untuk Anda yang tengah mencari inspirasi mengenai tangga beton minimalis, maka simak artikel berikut yang akan memberi 10 inspirasi tangga beton minimalis dengan berbagai konsep.
  1. Tangga Beton Rumah Minimalis Modern
  2. Tangga Beton Rumah Minimalis Industrial
  3. Tangga Beton Rumah Minimalis Tropical
  4. Tangga Beton Rumah Minimalis Kontemporer
  5. Tangga Beton Rumah Minimalis Melayang
  6. Tangga Beton Rumah Minimalis Konsep Spiral
  7. Tangga Beton Rumah Minimalis Artistik
  8. Tangga Beton Rumah Minimalis Perpaduan Kayu
  9. Tangga Beton Rumah Minimalis Perpaduan Kaca
  10. Tangga Beton Rumah Minimalis Berwarna
  11. Tips Seputar Tangga Beton Rumah Minimalis

1. Tangga Beton Rumah Minimalis Modern

Tangga beton minimalis dengan railing hitam yang elegan. (Foto: Houzz.com)
Tangga beton dengan konsep modern adalah salah satu pilihan yang dapat dipilih. Dengan material beton yang kuat, paduan railing garis bermaterial besi membuat tampilan tangga menjadi aesthetic.
Meski tangga berbahan beton kerap dinilai memberi kesan besar sehingga tidak cocok di konsep minimalis, dengan dekorasi interior yang tepat, maka kesan tersebut akan hilang, dan malah memberi kesan luas pada ruangan.
Tangga beton rumah minimalis punya banyak keunggulan, di antaranya seperti memberikan kesan kuat dan kokoh dan mudah didesain agar tampilannya sesuai konsep hunian. Cari rumah dengan berbagai pilihan konsep hunian? Cek pilihan rumahnya di Tangerang Selatan dengan harga di bawah Rp700 jutaan di sini!

2. Tangga Beton Rumah Minimalis Industrial

Tangga beton di rumah minimalis dengan konsep industrial. (Foto: Houzz.com)
Material beton adalah salah satu ciri khas dari konsep industrial yang simpel. Karenanya, tangga beton sangat cocok dipadukan dengan konsep interior industrial. Konsep industrial kini juga tengah populer di masyarakat, terutama masyarakat urban yang dihuni keluarga muda karena konsep industrial memberi tampilan aesthetic yang maksimal.

3. Tangga Beton Rumah Minimalis Tropical

Tangga beton dengan konsep tropical yang menyejukkan. (Foto: Rethinking The Future)
Untuk Anda pecinta tanaman, konsep tangga beton minimalis tropical ini sangat cocok untuk diterapkan dalam hunian Anda. Anda dapat memanfaatkan tangga beton untuk ruang terbuka hijau dengan memberi tumbuhan-tumbuhan di sekitar area tangga seperti gambar di atas. Kehadiran tanaman dijamin dapat membuat suasana rumah menjadi sejuk dan memberi kesan aesthetic.

4. Tangga Beton Rumah Minimalis Kontemporer

Tangga beton kontemporer dengan bentuk yang unik. (Foto: Staircasedesign.xyz)
Jika ingin mendapat kesan aesthetic maksimal, selain konsep industrial, Anda juga dapat membuat tangga beton kontemporer. Tak perlu memiliki pemahaman tentang kontemporer, dari melihat bentuknya saja orang yang melihat pasti setuju bahwa bentuk kontemporer dari tangga beton sangat terlihat unik dan aesthetic.

5. Tangga Beton Rumah Minimalis Melayang

Tangga beton unik ini terlihat seperti melayang. (Foto: Houzz.com)
Bosan dengan bentuk tangga beton yang itu-itu saja? Cobalah tangga yang terkesan seperti melayang seperti ini. Tangga yang terlihat melayang menjadi ciri khas desain hunian minimalis, karena mengedepankan desain yang lebih terbuka, sehingga membuat suasana ruang lebih luas.

Tips Rumah.com

Jangan ragu merogoh dana lebih banyak untuk menggunakan bahan material berkualitas demi hasil terbaik, dan juga pelajari dengan benar teknik dasar membuat cor beton agar tidak mudah rapuh.

6. Tangga Beton Rumah Minimalis Konsep Spiral

Tangga spiral memberi kesan hidup di ruangan. (Foto: Self-build.co.uk)
Tak hanya berbentuk lurus atau L, tangga beton rumah minimalis berbentuk spiral juga dapat Anda gunakan dalam hunian. Selain terlihat unik dan aesthetic, desain spiral seperti ini dapat memudahkan dan juga membuat suasana turun dan naik tangga menjadi menyenangkan sehingga membuat penghuninya lebih ceria dan bersemangat.

7. Tangga Beton Rumah Minimalis Artistik

Tangga beton dengan bentuk artistik yang tak unik. (Foto: Archdaily.com)
Untuk Anda yang tertarik dengan konsep artistik, cobalah terapkan tangga beton artistik ke dalam hunian Anda. Seperti gambar di atas, tangga beton tanpa railing dan tanpa penyangga ini sangat terlihat artistik, unik, dan yang pasti bisa dijadikan spot untuk berfoto yang Instagramable.

8. Tangga Beton Rumah Minimalis Perpaduan Kayu

Paduan tangga beton dan material kayu yang menenangkan. (Foto: Pinterest)
Model tangga beton rumah minimalis perpaduan kayu menjadi desain yang umum digunakan pada hunian bergaya minimalis. Kesederhanaan yang timbul dari tangga dengan kayu membuat hunian kian nyaman terlihat. Material kayu dibuat sebagai hiasan pijakan setiap tangga dengan warna yang disesuaikan dengan selera.

9. Tangga Beton Rumah Minimalis Perpaduan Kaca

Paduan tangga beton dengan kaca sebagai railing. (Foto: Houzz.com)
Perpaduan tangga beton dan kaca adalah pilihan yang tepat dan sesuai dengan konsep interior minimalis. Hadirnya kaca yang transparan sebagai railing tangga, membuat ruangan terasa lebih luas. Railing kaca juga dapat menjadi pengaman sisi tangga sehingga lebih safety dan nyaman.

10. Tangga Beton Rumah Minimalis Berwarna

Sentuhan warna di bagian dinding tangga yang dinamis. (Foto: iStockphoto)
Untuk Anda yang bosan dengan tampilan tangga beton dengan warna netral, Anda dapat menyiasatinya dengan memberi sentuhan warna terang di bagian dinding tangga seperti di atas. Pilih warna terang seperti hijau, biru, kuning, atau warna terang lainnya sesuai warna favorit Anda. Dijamin suasana ruangan akan terasa bersemangat dan ceria.

Tips Seputar Tangga Beton Rumah Minimalis

Tangga beton minimalis dengan bentuk anak tangga yang unik. (Foto: Designcafe.com)
Sebelum mulai membangun tangga rumah dari beton, Anda harus memahami komponen apa saja yang harus ada pada tangga rumah Anda. Hal ini akan sangat berpengaruh dalam proses desain tangga Anda nanti. Dengan memperhatikan komponen-komponen ini dengan baik, Anda akan dapat membuat tangga yang nyaman, efisien, serta mudah digunakan.

Komponen Tangga Rumah yang Harus Diperhatikan

1. Handrail
Handrail adalah komponen dari tangga yang akan berguna bagi pengguna tangga untuk meletakkan tangannya. Dengan ukuran railing tangga yang tepat, siapapun akan dapat menggunakan tangga rumah Anda dengan aman dan nyaman.
2. Baluster
Baluster adalah bagian atau ruang kosong di sisi tangga. Umumnya pada bagian ini akan dipasang tiang-tiang kecil atau dinding pengaman. Jika Anda memiliki buah hati, tentunya Anda wajib menggunakan dinding pengaman pada bagian ini.
3. Newel Post
Newel post adalah tiang kecil yang memisahkan baluster satu dengan lainnya. Jika Anda ingin membuat desain tangga L atau tangga berbelok lainnya, newel post akan sangat membantu orang untuk menavigasi tangga rumah Anda.
4. Wall Stringer
Wall stringer adalah komponen yang akan menghubungkan anak tangga atau pijakan dengan dinding di sebelahnya.
5. Tread
Tread adalah bagian dari tangga yang berfungsi sebagai pijakan.
6. Bullnose
Bullnose adalah komponen yang berfungsi untuk memastikan anak tangga Anda tidak memiliki sudut yang terlalu lancip atau tajam yang kemudian dapat melukai pengguna tangga.
7. Structural Cut Stringer
Bagian dari tangga ini berfungsi untuk menahan beban sehingga Anda harus memastikan kalau komponen tangga Anda satu ini memiliki kualitas dan daya tahan yang kuat.
8. Riser
Riser adalah bagian yang berdiri vertikal pada setiap anak tangga.
9. Bordes
Jika Anda berencana untuk membuat tangga beton bertulang dengan sudut berbelok, maka Anda bisa menambahkan bordes pada tangga beton bertulang Anda. Bordes adalah area istirahat pada tangga. Umumnya, bordes ditempatkan di persimpangan atau tepat ketika tangga akan berbelok.
Itulah penjelasan mengenai 10 inspirasi tangga beton rumah minimalis yang aesthetic dan kokoh, yang dapat Anda jadikan bahan pertimbangan dalam membuat tangga rumah dari beton yang sesuai keinginan Anda.
Tonton video yang informatif berikut ini untuk mempelajari cara membangun rumah tumbuh yang bisa Anda ikuti dengan mudah!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini