17 Tangga Kayu Minimalis, Hunian Makin Cantik dan Estetik

Tim Editorial Rumah.com
17 Tangga Kayu Minimalis, Hunian Makin Cantik dan Estetik
RumahCom – Tangga menjadi salah satu unsur penting dalam hunian dua tingkat. Dari berbagai bahan untuk tangga, kayu menjadi salah satu favorit untuk bahan tangga di rumah-rumah. Harga yang murah dan mudah didapatkan menjadi salah satu keunggulan dari tangga kayu. Tak jarang tangga kayu juga sering dikaitkan dengan konsep tua dan tak modern.
Padahal tangga kayu kini bisa diaplikasikan sebagai konsep minimalis di hunian anda. Jadi tangga kayu minimalis akan mempercantik hunian tanpa terlihat tua dan jadul. Berikut 17 inspirasi tangga kayu minimalis yang bisa Anda terapkan pada hunian Anda:
  1. Tangga Kayu Minimalis Spiral
  2. Tanpa Sekat Melayang
  3. Mezzanine
  4. Minimalis Modern
  5. Tangga Kayu Minimalis dengan Taman
  6. Dengan Ruang Kerja
  7. Tangga Kayu Minimalis dengan Railing
  8. Tangga Kayu Minimalis dengan Laci Penyimpanan
  9. Tangga Kayu Minimalis Oval
  10. Tangga Kayu Dilipat
  11. Tangga Kayu Minimalis dengan Besi
  12. Tangga Kayu Minimalis Kombinasi Kaca
  13. Tangga Kayu Minimalis Menempel dengan Sudut
  14. Tangga Kayu Minimalis dengan Sekat
  15. Industrial
  16. Desain Berbentuk L
  17. Minimalis Klasik

1. Tangga Kayu Minimalis Spiral

Tangga kayu dengan bentuk spiral akan meminimalisir ruangan anda agar terlihat lebih luas. (Foto: Steel Fab Services)
Tangga kayu dengan desain spiral cocok untuk anda yang memiliki ruangan terbatas untuk membuat tangga. Tak hanya untuk meminimalisir tempat namun tangga kayu spiral memberikan aksen yang futuristik dan unik. Sehingga konsep minimalis pun semakin terasa.
Tangga kayu minimalis dapat mempercantik hunian Anda, agar tampak lebih cantik dan nyaman. Nah, jika Anda sedang mencari hunian yang cantik dan nyaman. Temukan daftar hunian dijual di kawasan Sawangan dibawah Rp1 miliar di sini!

2. Tangga Kayu Minimalis Tanpa Sekat Melayang

Agar rumah anda terlihat lebih unik dan terkesan artistik, tangga melayang dapat menjadi pilihan anda. (Foto: Design Cafe)
Pada ruangan untuk menempatkan tangga terkadang kita harus membutuhkan ruangan yang besar. Untuk memberikan solusi dari masalah tersebut pembuatan tangga dengan konsep melayang memberikan sisa ruang yang lebih untuk hunian anda. Agar terlihat lebih besar dan lebih modern.
12 Model Pintu Gerbang Minimalis

12 Model Pintu Gerbang Minimalis

3. Tangga Kayu Minimalis Mezzanine

Tangga kayu minimalis sangat cocok bagi anda yang punya rumah mezzanine. (Foto: Unsplash – Clay Banks)
Mezzanine adalah konsep ruangan yang berpartisi tanpa menambahkan ruangan untuk konsep hunian ini. Tangga kayu minimalis sangat cocok untuk diaplikasikan di konsep mezzanine. Selain efisien, tangga kayu minimalis memberikan unsur yang simpel dan natural.

Tips Rumah.com

Padu padankan ruangan mezzanine anda dengan tangga kayu minimalis untuk memberikan nuansa simpel dan natural.

4. Tangga Kayu Minimalis Modern

Pilih warna kayu yang muda dan railing yang tipis agar kesan modernnya terasa. (Unsplash – R T)
Gaya minimalis modern ini sangat mudah untuk diterapkan. Selain pemilihan perabot yang simpel, Anda bisa mempertegas dengan tangga kayu minimalis yang modern. Pilih palet warna yang lebih muda agar nuansa minimalis modern lebih terasa. Selain itu berikan railing tipis agar konsep minimalis didapatkan dari tangga kayu.

5. Tangga Kayu Minimalis dengan Taman

Tambahkan tanaman-tanaman berukuran besar untuk mempercantik sudut tangga kayu di hunian Anda. (Foto: Pinterest)
Bila hunian Anda memiliki lahan terbatas dan tak ada lahan untuk taman, jangan berkecil hati. Anda masih bisa menciptakan taman kecil di bawah tangga kayu anda pada bagian rumah. Tambahkan tanaman-tanaman berukuran besar untuk mempercantik tangga bawah Anda.

6. Tangga Kayu Minimalis dengan Ruang Kerja

Sudut tangga anda dapat menjadi ruang kerja anda tanpa terkesan sempit dengan tangga kayu ini. (Foto: Housing)
Ruangan di bawah tangga memang dapat menjadi inisiatif untuk anda mendapatkan ruangan tambahan. Contohnya ruang kerja yang bisa ditempatkan di bawah tangga. Tetap terlihat rapi dan minimalis untuk hunian anda.

7. Tangga Kayu Minimalis dengan Railing

Railing yang menempel di dinding dapat menjadi inspirasi untuk tangga di rumah anda. (Foto: Pexels – Lina Kivaka)
Railing untuk tangga kayu anda memang sangat dibutuhkan apalagi jika anda memiliki anak kecil atau orang tua. Railing yang ditempelkan di dinding cocok untuk anda yang memilih keamanan dan juga estetika di hunian anda. Railing dapat dibuat dari kayu atau material lainnya seperti besi atau metal.

8. Tangga Kayu Minimalis dengan Laci Penyimpanan

Laci penyimpanan di bawah tangga kayu bisa Anda aplikasikan untuk rumah mungil anda. (Foto: iStock Photo)
Laci penyimpanan yang terdapat dibawah tangga cukup sering dibuat untuk efisiensi tempat. Tak hanya itu laci penyimpanan ini memiliki berbagai fungsi penyimpanan. Seperti tempat menyimpan sepatu, buku, atau alat perkakas rumah agar lebih mudah dicari. Laci penyimpanan dapat dibuat sesuai dengan tinggi dan lebar tangga kayu di rumah anda.

9. Tangga Kayu Minimalis Oval

Konsep oval memberikan kesan artistik bagi hunian anda yang memberikan konsep berbeda dari biasanya. (Foto: Unsplash – Lukas Juhas)
Konsep oval memiliki karakteristik yang hampir sama dengan tangga spiral. Namun perbedaannya tangga ini lebih cenderung lonjong dan memiliki ruang yang lebih luas dibanding tangga spiral. Jika anda tertarik dengan konsep unik dan artistik, tangga ini bisa menjadi inspirasi untuk rumah anda.

10. Tangga Kayu Minimalis Dapat Dilipat

Tangga kayu yang bisa dilipat menjadi salah satu kelebihan untuk rumah anda yang mungil. (Foto: Unsplash – Jean-Philippe Delberghe)
Tangga kayu yang simpel dan praktis juga dapat diaplikasikan di rumah anda yang mungil. Agar tidak memakan banyak tempat, tangga yang bisa dilipat dapat anda aplikasikan di rumah anda. Tak hanya memberi ruang yang luas, namun kemudahan anda untuk bisa punya tangga di tempat yang kecil.

11. Tangga Kayu Minimalis dengan Besi

Besi dan kayu menjadi kombinasi yang menarik untuk aksen tangga kayu minimalis di rumah anda. (Foto: Unsplash – Ciprian Popa)
Material kayu dan besi dapat anda kombinasikan di tangga kayu hunian anda. Agar tidak terkesan tua, pemakaian besi di bagian railing atau penyangganya memberikan unsur modern dan urban untuk hunian anda. Minimalis pun akan lebih terasa dengan konsep tangga kayu ini.

12. Tangga Kayu Minimalis Kombinasi Kaca

Anda juga dapat menambahkan kaca sebagai railing di tangga kayu minimalis Anda. (Foto: Unsplash – Slava Keyzman)
Tak hanya besi, kaca pun dapat anda kombinasikan di tangga kayu anda. Kaca anda bisa jadikan sebagai railing dan sekat pinggir tangga anda. Unsur modern dan futuristik cocok di tangga kayu ini. Tak hanya itu, tangga kayu anda pun terlihat lebih elegan dan tidak terlihat tua.

13. Tangga Kayu Minimalis Menempel dengan Sudut

Agar rumah tak terlihat kosong di bagian sudut dapat anda jadikan sebagai tempat tangga kayu. (Foto: Pinterest)
Penempatan tangga kayu di bagian sudut rumah anda cocok untuk efisiensi ruangan di rumah anda. Tangga kayu anda pun juga tidak akan membutuhkan tempat yang besar dan menjadikan rumah anda tidak sempit saat mempunyai tangga dengan konsep ini.

14. Tangga Kayu Minimalis dengan Sekat

Sekat menjadi hiasan pembatas ruangan serta penutup tangga kayu Anda. (Foto: Design Lover)
Sekat kayu untuk tangga anda dapat mempercantik rumah anda. Selain itu, anda juga dapat memberikan pembatas ruangan dengan sekat di tangga ini. Fungsi lainnya juga anda bisa dapatkan dengan menjadikan sekat sebagai pegangan tangga kayu anda.

15. Tangga Kayu Minimalis Industrial

Tangga kayu dengan konsep industrial juga menjadi salah satu ide yang menarik untuk rumah anda. (Foto: Freepik)
Konsep industrial memang menjadi idaman untuk kaum urban masa kini. Tangga kayu pun juga dapat dipadu padankan dengan desain industrial. Berikan warna tangga yang lebih muda dan kombinasikan dengan warna hitam agar cocok dengan warna abu-abu yang didapat dari tembok industrial.

16. Tangga Kayu Minimalis Berbentuk L

Tangga dengan bentuk huruf L menjadikan minimalis di hunian anda lebih terasa. (Foto: Dream Civil)yang menarik untuk rumah anda. (Foto: Freepik)
Tangga dengan bentuk L memang menjadi ciri khas tangga minimalis. Dengan tangga yang tak terlalu panjang dan terlihat simpel sehingga tidak memakan banyak ruangan di rumah anda. Berikan konsep melayang atau kombinasi dengan kaca membuat tangga ini terlihat minimalis dan cocok untuk anda yang menyukai keterbukaan.

17. Tangga Kayu Minimalis Klasik

Kombinasi minimalis dan klasik menjadikan hunian anda tetap terlihat elegan. (Foto: Hearst Apps)
Kombinasi minimalis dan klasik memang terlihat bertabrakan jika dibayangkan. Namun jika dilihat dengan eksekusinya terlihat indah dan elegan. Berikan aksen klasik di tangga kayu anda dengan warna palette yang cukup tua dan kombinasikan dengan warna putih agar terlihat cerah dan tidak tua.
Jika anda menyukai konsep yang lebih klasik, berikan karpet sebagai pelapis tangga anda agar lebih mewah dan elegan. Itulah 17 inspirasi tangga kayu minimalis yang dapat anda terapkan di hunian anda. Semoga bermanfaat untuk anda mendapatkan inspirasi memperindah hunian anda.
Tonton video berikut ini untuk mengetahui tahapan membangun rumah tumbuh!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini