10 Inspirasi Tangga Rumah Minimalis Type 36 Aesthetic Maksimal dan Fungsional

Tim Editorial Rumah.com
10 Inspirasi Tangga Rumah Minimalis Type 36 Aesthetic Maksimal dan Fungsional
RumahCom – Tangga rumah minimalis type 36 bisa jadi malah akan jadi fokus utama rumah jika didesain dengan tepat. Apalagi di rumah mungil, bagaimana tangga bisa difungsikan secara optimal dan tidak makan tempat.
Untuk Anda yang tengah mencari inspirasi tangga rumah minimalis type 36, simak artikel berikut yang akan memberikan 10 inspirasi tangga rumah minimalis type 36 aesthetic maksimal dan fungsional, serta tipsnya.
  1. Tangga Rumah Minimalis Type 36 dengan Storage
  2. Tangga Rumah Minimalis Type 36 dengan Perpustakaan
  3. Tangga Rumah Minimalis Type 36 dengan Ruang Kerja
  4. Tangga Rumah Minimalis Type 36 dengan Taman
  5. Tangga Rumah Minimalis Type 36 dengan Sofa
  6. Tangga Rumah Minimalis Type 36 Kayu dan Kaca
  7. Tangga Rumah Minimalis Type 36 Full Color
  8. Tangga Rumah Minimalis Type 36 Industrial
  9. Tangga Rumah Minimalis Type 36 Artistik
  10. Tangga Rumah Minimalis Type 36 Spiral
  11. Tips Tangga Rumah Minimalis type 36

1. Tangga Rumah Minimalis Type 36 dengan Storage

Tangga sederhana dengan ruang penyimpanan multifungsi. (Foto: Woodsmith.com)
Manfaatkan area bawah tangga untuk membuat storage atau area penyimpanan dengan loker seperti di atas. Selaraskan warna tangga dan storage tersebut agar terlihat rapi. Anda dapat memanfaatkan storage tersebut sebagai tempat untuk menyimpan mainan anak, perakas, alat tulis, dan sebagainya sesuai kebutuhan.
Meski rumah Anda tipe 36, dengan adanya storage di tangga, dijamin Anda akan mendapat ruang yang lebih luas karena area untuk penyimpanan telah dialihkan di bawah tangga. Tangga rumah minimalis type 36 bisa jadi malah akan jadi focal point rumah Anda jika didesain dengan tepat.
Namun mengingat rumahnya yang sempit pastikan bukan hanya fokus mengejar aesthetic tapi juga harus fungsional. Mau punya rumah dengan tampilan aesthetic di area Pamulang? Cek pilihan rumahnya dengan harga mulai dari Rp400 jutaan di sini!

2. Tangga Rumah Minimalis Type 36 dengan Perpustakaan

Tangga minimalis fungsional untuk mini perpustakaan. (Foto: Apartement Therapy)
Untuk Anda yang gemar membaca, Anda dapat memanfaatkan tangga minimalis untuk membuat perpustakaan kecil. Anda dapat memanfaatkan sisi ujung dengan tiang anak tangga sebagai penyanggah buku. Susun buku tersebut sesuai anak tangga.
Dengan perpustakaan di tangga minimalis ini, dijamin dapat menghemat ruangan untuk rak atau lemari buku. Jadi lebih hemat juga bukan? Selain fungsional dan lebih hemat, buku-buku tersebut juga dapat memberi kesan aesthetic di hunian Anda.

3. Tangga Rumah Minimalis Type 36 dengan Ruang Kerja

Ruang kerja yang nyaman di bawah tangga. (Foto: Houzz.com)
Area bawah tangga seringkali menjadi tempat kosong, padahal Anda dapat memanfaatkannya. Salah satunya untuk menjadi ruang kerja yang simpel dan fungsional. Dengan memanfaatkan area bawah tangga, Anda dapat menghemat lahan untuk ruang kerja, apalagi rumah Anda type 36 dengan lahan yang terbatas.

Tips Rumah.com

Dengan penataan dan dekorasi yang apik, Anda dapat memiliki ruang kerja yang nyaman, bahkan bisa menjadi spot aesthetic untuk melakukan zoom meeting.

4. Tangga Rumah Minimalis Type 36 dengan Taman

Hadirnya taman kecil dapat mempersejuk ruangan. (Foto: Pinterest)
Selain membuat ruang kerja, Anda juga dapat memanfaatkan area bawah tangga untuk membuat taman kecil di dalam ruangan. Dengan hadirnya tanaman di dalam ruangan dapat membuat suasana ruangan menjadi asri dan menyejukkan. Anda dapat menggunakan material kayu pada tangga agar lebih menyatu dengan konsep natural yang aesthetic.

5. Tangga Rumah Minimalis Type 36 dengan Sofa

Sofa untuk bersantai di bawah tangga. (Foto: Pinterest)
Area bawah tangga juga dapat difungsikan menjadi ruang bersantai lho! Agar lebih nyaman, Anda dapat menambahkan sofa dan beberapa bantal. Dengan hadirnya ruang bersantai di bawah tangga, Anda dapat menghemat lahan sehingga tentu lebih hemat.

6. Tangga Rumah Minimalis Type 36 Kayu dan Kaca

Paduan kayu dan kaca membuat tangga terlihat elegan. (Foto: Houzz.com)
Material kayu dan kaca adalah perpaduan yang sangat cocok untuk tangga minimalis, terlebih dengan type rumah 36. Anda dapat menggunakan material kayu untuk anak tangga, dan menggunakan material kaca untuk bagian railingnya. Agar tangga minimalis tersebut menjadi fungsional, Anda dapat memanfaatkan area dinding tangga untuk tempat dekorasi atau meletakkan benda-benda koleksi.

7. Tangga Rumah Minimalis Type 36 Full Color

Warna warni tangga dapat menghidupkan suasana. (Foto: Amazon.com)
Untuk Anda yang menyukai nuansa yang ceria, Anda dapat membuat tangga yang full color sehingga lebih berwarna. Anda dapat memadukan warna-warna tersebut dengan pola abstrak di setiap anak tangga.
Warna-warna tersebut dapat membuat Anda sebagai penghuninya merasa bersemangat. Untuk menambah hidup ruangan, bisa juga dapat menambahkan pigura foto atau lukisan di dinding sepanjang tangga.

8. Tangga Rumah Minimalis Type 36 Industrial

Konsep industrial cocok untuk keluarga milenial. (Foto: Archdaily.com)
Salah satu tren desain saat ini adalah gaya industrial. Jika Anda ingin memberikan sentuhan industrial ke dalam hunian, Anda dapat menerapkannya pada tangga karena merupakan elemen dalam hunian yang terlihat cukup mencolok. Menampilkan unsur industrial pada tangga dapat melalui banyak penggunaan material besi atau baja sebagai struktur maupun finishing.

9. Tangga Rumah Minimalis Type 36 Melayang

Tangga floating yang artistik. (Foto: Paradigmstairs.com)
Model tangga yang melayang merupakan salah satu desain tangga rumah sempit sederhana yang estetik dan sangat fungsional. Model ini bisa membuat ilusi ruangan menjadi lebih luas dan tidak ada kesan area khusus buat tangga. Untuk rumah dengan konsep minimalis, Japandi, maupun industrial, desain tangga yang melayang seperti ini akan sangat cocok untuk diaplikasikan.

10. Tangga Rumah Minimalis Type 36 Spiral

Tangga berbentuk spiral dapat menghemat lahan. (Foto: Pinterest)
Kalau Anda bosan dengan bentuk tangga lurus berbentuk huruf I, U, atau L, maka cobalah tangga dengan bentuk spiral. Sesuai namanya, bentuk tangga ini berputar dan melengkung membentuk bentukan spiral.
Desain tangga rumah sempit sederhana yang satu ini sangat space-saving karena tidak membutuhkan banyak area ruang untuk membuatnya. Banyak pilihan material yang dapat digunakan pada tangga jenis ini, tergantung tema yang Anda inginkan.

Tips Tangga Rumah Minimalis type 36

Pemilihan tangga rumah dapat mempengaruhi tampilan ruangan. (Foto: Eestairs.com)
Tangga menjadi elemen penting untuk pemilik rumah lebih dari satu lantai. Agar bisa membuat rumah minimalis Anda menjadi lebih indah dan jauh dari kesan sempit, maka Anda perlu merancang tangga rumah minimalis dengan type 36 tersebut.
Dengan desain tangga rumah minimalis yang tepat pula, rumah Anda akan semakin estetik untuk ditinggali. Berikut adalah tips yang dapat Anda simak sebelum membuat tangga rumah minimalis dengan type 36.

1. Pilih Material yang Tepat

Untuk material tangga rumah minimalis Anda dapat menggunakan material kayu atau besi, serta hindari tangga yang dibuat dari material beton. Tangga rumah yang minimalis tidak cocok jika menggunakan material dengan bahan ‘berat’.
Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan tangga yang berasal dari bahan beton akan memberi kesan bahwa ukurannya sangat besar ukurannya dan bisa memakan lebih banyak ruang di rumah. Atau dengan kata lain, rumah malah bisa terlihat jauh lebih sempit.

2. Perhatikan Ukuran

Kiat untuk membuat tangga rumah minimalis yang kedua adalah perhatikan panjang dan lebarnya. Patokan yang digunakan dari tangga rumah minimalis adalah tangga itu cukup jika dilewati satu orang saja.
Ukuran panjang bisa 80 cm agar nanti tangga itu tidak memakan banyak ruang. Sedangkan untuk lebar rata-rata tangga adalah berkisar 27 sampai 30 cm sehingga muat untuk pijakan telapak kaki.

3. Perhatikan Jarak Anak Tangga

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah jarak antar-anak tangga tersebut. Ini sesuai dengan prinsip dasar rumah minimalis di mana tidak terlalu banyak ruang yang tersedia.
Anda harus menentukan jarak tersebut agar bisa dijangkau oleh kaki para penghuni rumah minimalis, termasuk keamanan anak dan lansia ya. Pada umumnya, jarak tangga secara ideal adalah 15 sampai 19 cm. Ukuran itu aman untuk orang dewasa dan anak-anak.
Cobalah terapkan tiga prinsip ini dalam membuat tangga rumah minimalis di rumah Anda. Kehadirannya akan membuat rumah Anda makin terlihat nyaman dan lapang, meski dengan type 36.
Itulah tadi 10 inspirasi tangga rumah minimalis type 36 aesthetic maksimal dan fungsional beserta tipsnya, yang dapat Anda jadikah referensi dalam membuat tangga sesuai keinginan Anda.
Tonton video yang informatif berikut ini untuk mengetahui keuntungannya membeli atau memiliki rumah tingkat jika ditinjau dari penataan ruang yang bisa membuat hunian lebih sehat !
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini