Tenang, Ikuti Cara Menjernihkan Air ini di Rumah Anda

Inilah beberapa cara mudah untuk menjernihkan air di rumah Anda.
Cara Menjernihkan Air ini di Rumah Anda
Air menjadi sumber utama dalam setiap aspek kehidupan.

RumahCom – Bisa membeli rumah sendiri adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan. Dengan mempunyai sebuah rumah membuat Anda bisa beristirahat dengan tenang dan menikmati waktu-waktu bersantai di rumah Anda sendiri. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda membeli rumah. Selain lokasi, ternyata sumber air di rumah Anda adalah hal yang penting dan harus Anda ketahui sebelum membeli sebuah rumah.

Baca Juga: Inilah Cara Plamir Tembok yang Tepat, Tembok Dijamin Halus dan Kuat

Setiap rumah didirikan pada tanah yang berbeda-beda. Tidak ada rumah yang dibangun pada tanah dengan spesifikasi yang sama. Ada rumah yang dibangun pada sebuah tanah yang dulunya adalah rawa dan ada juga yang dibangun pada sebuah tanah yang dahulunya adalah sawah. Perbedaan tanah itulah yang membuat kondisi air di rumah Anda akan menjadi berbeda dan tidak sama. Mungkin ada beberapa dari Anda yang merasakan kondisi air di rumah Anda kurang bersih dan perlu dijernihkan terlebih dahulu. Agar Anda bisa lebih mengerti tentang cara menjernihkan air yang kurang bersih maka pada artikel kali ini akan dibahas mengenai:

  1. Pentingnya Menjernihkan Air untuk Kebutuhan Sehari-hari
  2. Penyebab Air Keruh, Bau dan Kotor
  3. Cara-cara Menjernihkan Air
    1. Cara Menjernihkan Secara Alami
    2. Cara Menjernihkan Secara Kimia
    3. Cara Menjernihkan Dengan Teknologi
  4. Bakteri atau Virus yang Muncul di Air Keruh, Bau dan Kotor
  5. Cara Membuat Filter Air Sederhana di Rumah

1. Pentingnya Menjernihkan Air untuk Kebutuhan Sehari-hari

Air yang bersih akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. (Foto: Pexels)

Air yang bersih akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. (Foto: Pexels)

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa manusia bisa bertahan setidaknya selama tiga minggu tanpa makanan akan tetapi manusia tidak akan bisa hidup lebih dari tiga hari tanpa adanya air minum. Dilansir dari Aid Forum, negara-negara maju umumnya bisa mendapatkan air minum bersih langsung di rumahnya masing-masing. Air bersih bisa mereka dapatkan dengan mudah layaknya seperti udara yang kita hirup. Namun, masih ada banyak negara yang tidak mempunyai akses terhadap air bersih yang aman untuk dikonsumsi oleh manusia.

Indonesia sendiri merupakan salah satu dari banyak negara yang sudah cukup maju dan lebih mudah untuk mendapatkan akses air bersih. Akan tetapi, pembagian air bersih tersebut masih belum merata dan tidak semua rumah bisa mengakses air bersih yang aman untuk digunakan. Selain itu juga, negara kita masih belum sampai pada taraf air keran yang sudah bisa untuk dikonsumsi. Air yang berada pada rumah kita harus dimasak dan dijernihkan terlebih dahulu barulah bisa dikatakan aman untuk dapat dikonsumsi.

Segala Hal yang Harus Anda Ketahui Seputar Kredit Kepemilikan Rumah

Mengajukan KPR dan Mengatur Cicilan

Segala Hal yang Harus Anda Ketahui Seputar Kredit Kepemilikan Rumah

Sangat penting untuk menjernihkan air sebelum digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Air yang kotor tentunya akan membawa banyak dampak yang tidak menyehatkan. Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa sangat penting untuk menjernihkan air:

  • Air yang bersih akan aman untuk dikonsumsi dan bisa mencegah berbagai bentuk penyakit kanker di dalam tubuh.
  • Penjernihan air juga akan menghilangkan kandungan klorin yang berbahaya dan bisa membuat tubuh mengalami iritasi.
  • Makanan yang dimasak dengan menggunakan air yang bersih akan terasa lebih enak dan jauh lebih menyehatkan untuk dikonsumsi.
  • Sistem pencernaan pada tubuh Anda akan bekerja lebih ringan sekalgus meminimalisir terjadinya penyakit diare yang sangat berbahaya.

2. Penyebab Air Keruh, Bau dan Kotor

Air yang kotor bisa disebabkan oleh banyak hal. (Foto: Pixabay)

Air yang kotor bisa disebabkan oleh banyak hal. (Foto: Pixabay)

Air yang keruh, bau dan kotor merupakan salah satu tanda bahwa air tersebut sudah tercemar. Dilansir dari NRDC, pencemaran air adalah sebuah kondisi di mana terdapat beberapa kandungan kimiawi berbahaya dan mikro organisme di dalam aliran air sungai, laut, ataupun badan air lainnya yang menurunkan kualitas dari air dan membuatnya menjadi beracun dan berbahaya bagi manusia.

Air yang keruh, bau dan kotor bisa disebabkan oleh pembuangan sampah secara sembarangan, baik itu limbah rumah tangga ataupun limbah industri pada sungai ataupun sumber air lainnya dan menyebabkan terjadinya pencemaran dan berubahnya kondisi air dari bersih menjadi kotor dan berbahaya. Air merupakan bagian kehidupan yang sangat penting. Terutama memiliki air yang jernih di rumah sendiri. Cek perumahan yang punya air bersih di area Bogor ini.

3. Cara-cara Menjernihkan Air

Air perlu dijernihkan terlebih dahulu agar aman untuk dikonsumsi. (Foto: Pixabay)

Air perlu dijernihkan terlebih dahulu agar aman untuk dikonsumsi. (Foto: Pixabay)

Anda tidak boleh sembarangan mengonsumsi air dari keran rumah Anda karena air tanah tidak selamanya aman untuk diminum. Anda harus menjernihkan air terlebih dahulu sebelum bisa diminum dengan aman. Air yang terlalu keruh dan kotor juga harus dijernihkan sebelum bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan rumah tangga Anda. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda pakai untuk menjernihkan air di rumah Anda:

a. Cara Menjernihkan Secara Alami

  • Cara pertama dan paling sederhana untuk menjernihkan air adalah dengan merebusnya hingga mendidih. Merebus air merupakan cara paling ampuh untuk membunuh bakteri dan kuman yang terdapat di dalam air. Akan tetapi, apabila terdapat pasir dan benda padat lainnya Anda harus menyaringnya terlebih dahulu agar tidak terminum.
  • Metode selanjutnya untuk menjernihkan air adalah dengan menggunakan metode penyulingan. Penyulingan adalah salah satu cara tradisional yang hingga saat ini masih banyak dipakai untuk menjernihkan air dengan baik. Metode ini mirip dengan merebus air namun yang dipakai adalah uap air hasil dari rebusan air tersebut. Uap air tersebut dialirkan pada tempat minum dan akan bisa dikonsumsi oleh Anda.
  • Teknik menyaring dan menjernihkan air dengan metode gravitasi adalah salah satu cara yang sering dipakai dalam perkemahan. Anda bisa memanfaatkan potongan kain yang dicelupkan pada sebuah wadah yang berisi air yang ingin Anda jernihkan. Letakkan wadah tersebut pada tempat yang tinggi dan biarkan kain Anda menjuntai dari dalam wadah yang berisikan air kotor menuju sebuah tempat untuk menampung air yang bersih.

Apakah Anda mempunyai rencana untuk membeli rumah hasil lelang bank? Simak video berikut untuk mengetahui tahapan dalam membeli rumah lelang bank.

 

b. Cara Menjernihkan Secara Kimia

  • Cara kimiawi pertama untuk menjernihkan air adalah dengan menggunakan tablet klorin. Tablet klorin dioksida sangatlah ringan, murah dan bisa Anda beli di mana saja. Campurkanlah sebutir tablet klorin pada satu liter air. Tunggulah mulai dari 30 menit hingga 1 jam sampai tablet klorin bekerja. Perlu Anda ketahui bahwa tablet klorin tidak bisa menghilangkan kandungan kimiawi yang terdapat di dalam air. Pastikan agar sumber air tanah yang Anda gunakan tidak berbau kimia agar tablet klorin bisa bekerja dengan baik.
  • Cara kimiawi untuk menjernihkan air selanjutnya adalah dengan menggunakan metode Bleach adalah sebuah larutan yang bisa dimanfaatkan untuk membunuh kandungan virus dan bakteri di dalam air. Pastikan agar Anda hanya menggunakannya dalam jumlah yang sangat sedikit untuk menghindari terjadinya keracunan. Campurkan tiga tetes bleach ke dalam 1 liter air dan aduklah hingga merata. Diamkan selama 30 menit sebelum Anda dapat mengonsumsi air tersebut.
  • Selanjutnya Anda bisa memanfaatkan larutan iodin untuk menjernihkan air. Larutan iodin sering dimanfaatkan untuk menjernihkan air karena sifatnya yang mampu untuk menjernihkan air seperti tablet klorin dan Campurkan empat tetes iodin pada 1 liter air yang ingin Anda jernihkan. Diamkan selama 30 menit sebelum Anda mengonsumsinya. Air yang tercampur dengan iodin umumnya mempunyai rasa yang sedikit berbeda.

c. Cara Menjernihkan Dengan Teknologi

  • Metode pertama untuk menjernihkan air dengan menggunakan teknologi adalah dengan memasang alat filter air yang dijual di toko-toko. Filter air yang dibuat khusus untuk rumah-rumah umumnya mempunyai spesifikasi penyaringan yang sangat baik sehingga akan menjadikan kebutuhan air bersih pada rumah Anda bisa tercukupi dengan baik.
  • Metode selanjutnya untuk menjernihkan air dengan teknologi adalah dengan memanfaatkan lampu dan filter ultraviolet. Metode ini umumnya dipakai dalam tempat pengisian ulang air minum karena cara ini ampuh dalam menjernihkan air. Selain itu juga saat ini sudah banyak yang menjual lampu senter ultraviolet sehingga Anda bisa menjernihkan air di mana saja dengan mudah.
Tip Rumah
Jernihkanlah air terlebih dahulu sebelum dikonsumsi untuk menghindari terjadinya terserang infeksi penyakit dalam tubuh Anda.

4. Bakteri atau Virus yang Muncul di Air Keruh, Bau dan Kotor

Air yang terkontaminasi mempunyai banyak kandungan bakteri dan virus yang berbahaya bagi tubuh. (Foto: Pixabay)

Air yang terkontaminasi mempunyai banyak kandungan bakteri dan virus yang berbahaya bagi tubuh. (Foto: Pixabay)

Virus dan bakteri adalah organisme yang ada di sekitar kita. Air yang tercemar tentunya mempunyai kandungan virus dan bakteri yang sangat berbahaya bagi tubuh. Apabila Anda secara tidak sengaja mengonsumsi air yang mengandung virus dan bakteri maka tubuh Anda bisa mengalami sakit yang sangat berbahaya dan sulit untuk disembuhkan. Di bawah ini adalah beberapa bakteri atau virus yang umumnya ditemui pada air keruh, bau dan kotor:

  • Coli adalah salah satu jenis bakteri yang paling sering ditemui pada air yang tercemar. Bakteri ini umumnya akan menyerang sistem pencernaan dan bisa menimbulkan diare yang berkepanjangan sehingga akan mengakibatkan dehidrasi bagi siapa saja yang terserang bakteri E. Coli.
  • Jenis bakteri atau berikutnya yang terdapat pada air yang terkontaminasi adalah Bakteri ini akan menyerang usus dan menyebabkan demam beserta perut keram setidaknya setelah 12 jam terpapar oleh bakteri ini. Apabila tidak segera diobati maka Salmonella bisa menyebabkan infeksi yang menyebar pada seluruh tubuh dan menyebabkan kematian.
  • Rotavirus adalah salah satu jenis virus yang sering menjadi penyebab utama terjadinya diare pada anak-anak. Virus ini bisa masuk ke dalam tubuh apabila Anda mengonsumsi air yang tidak diolah dan dimurnikan terlebih dahulu.

5. Cara Membuat Filter Air Sederhana di Rumah

Anda bisa membuat filter air sendiri untuk menyaring air di rumah Anda. (Foto: Pixabay)

Anda bisa membuat filter air sendiri untuk menyaring air di rumah Anda. (Foto: Pixabay)

Dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tidak terpakai yang ada di rumah bisa digunakan untuk membuat penyaring air sederhana. Di bawah ini adalah beberapa bahan dan cara untuk membuatnya dengan mudah yang dilansir dari Love to Know Science:

Bahan-bahan yang Anda butuhkan:

  1. Botol minuman soda yang berukuran besar
  2. Gelas yang tinggi dan berukuran besar
  3. Batu-batu kerikil
  4. Pasir yang bersih
  5. Batu bara.
  6. Filter kopi atau kain-kain berukuran kecil
  7. Air
  8. Gunting

Cara membuatnya:

  1. Potonglah bagian bawah dari botol minuman soda yang sudah Anda siapkan.
  2. Putar balik botol sehingga bagian leher menghadap bawah dan letakkanlah gelas di bawahnya.
  3. Masukkan filter kopi atau kain yang berukuran kecil pada bagian dasar botol kira-kira hingga ketebalan 3 cm.
  4. Untuk lapisan selanjutnya tambahkanlah batu bara secukupnya atau hingga setebal 3 cm.
  5. Tambahkan lapisan kerikil di atas batu bara dan ini berfungsi sebagai lapisan filter yang ke tiga.
  6. Lalu tambahkanlah pasir yang bersih pada bagian teratas dari botol hingga ketebalan 4 cm.
  7. Alirkanlah air yang ingin Anda saring dan perhatikanlah air keluarannya yang akan terlihat lebih bersih dari sebelumnya.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa Anda manfaatkan untuk menjernihkan air di rumah Anda. Pastikan agar air yang akan Anda konsumsi selalu dalam keadaan matang dan bersih untuk terhindari dari berbagai penyakit pencernaan yang berbahaya. Selamat mencoba!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Empat Hunian Berkelas dan Strategis di Jakarta Barat

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan