7 Tipe Rumah Paling Populer dan Paling Umum di Indonesia

Tim Editorial Rumah.com
7 Tipe Rumah Paling Populer dan Paling Umum di Indonesia
RumahCom – Rumah-rumah yang ada di Indonesia memiliki banyak tipe. Dan ada beberapa tipe yang paling banyak diterapkan karena desain, luas, dan jenisnya yang disukai, serta cocok dengan lahan dan lingkungan yang ada di Indonesia.
Karenanya, untuk Anda yang tengah mencari ide tipe rumah untuk hunian, maka Anda dapat menyimak artikel berikut ini karena akan membahas mengenai 7 tipe rumah yang paling populer dan paling umum di Indonesia, diantaranya adalah:
  1. Tipe 21/24
  2. Tipe 36
  3. Tipe 45
  4. Tipe 54
  5. Tipe 60
  6. Tipe 70
  7. Tipe 120
  8. Tipe Rumah Paling Populer
Panduan Beli Rumah untuk Pekerja Bergaji Di Bawah 4 Juta

Panduan Beli Rumah untuk Pekerja Bergaji Di Bawah 4 Juta

1. Tipe Rumah 21/24

Rumah tipe 21/24 salah satu tipe rumah yang paling banyak diterapkan. (Foto: Pinterest)
Rumah tipe 21 adalah rumah yang paling kecil dibangun oleh pengembang perumahan, dengan ukuran rumah berkisar 3 x 7 meter. Rumah tipe ini biasanya terdiri dari satu carport terbuka, dua kamar tidur, satu ruangan multifungsi, sebagai dapur dan ruang makan, atau ruang keluarga dan satu kamar mandi.
Tipe rumah ini tergolong rumah sederhana dan hanya terdiri dari satu kamar tidur dan terkadang bahkan memiliki dapur yang berada terpisah pada bagian halaman belakang. Tipe rumah ini juga kerap menjadi pilihan investasi dengan menjadikannya rumah sewa, karena ukuran dan harga yang murah tentu pilihan menyewa tipe rumah satu ini lebih banyak dipilih.
Kelebihan dan alasan utama banyak masyarakat memilih rumah tipe ini tak lain karena harga yang cukup terjangkau. Bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah, rumah dengan tipe ini adalah solusi cepat memiliki rumah pribadi sebelum harga rumah terlampau tinggi.

2. Tipe Rumah 36

Rumah tipe 36 ini umumnya sangat cocok untuk Anda yang sudah berkeluarga. (Foto: Pinterest)
Salah satu hunian dengan ukuran yang pas dan tepat untuk Anda yang baru berkeluarga adalah rumah dengan type 36. Apakah rumah type 36 itu? Rumah type 36 adalah sebuah rumah yang dibangun dan mempunyai luas bangunan sebesar 36 meter persegi.
Rumah tipe ini biasanya dibangun pada sebuah tanah yang berukuran minimal sebesar 60 meter persegi hingga 72 meter persegi. Secara umum, biasanya rumah dengan tipe ini memiliki 2 buah kamar tidur. Selain itu terdapat juga sebuah ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga ataupun dapur.
Rumah tipe ini juga biasanya mempunyai sebuah kamar mandi yang berada di tengah antara kamar tidur utama dan kamar tidur anak. Berbeda dengan rumah bertipe 21, rumah ini umumnya sangat cocok untuk Anda yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak serta membutuhkan rumah yang lebih lapang dan lega.
Dari sekian banyak tipe rumah, tipe rumah 36 memang paling banyak dipasarkan karena dinilai paling ideal dan bisa menyasar berbagai segmen pasar. Dan bagi Anda yang sedang mencari rumah tipe 36, cek pilihan rumahnya di Tangerang dengan harga di bawah Rp700 jutaan di sini!

3. Tipe Rumah 45

Banyak pengembang yang menyediakan desain rumah type 45 dengan bermacam macam gaya. (Foto: Pinterest)
Desain rumah type 45 dengan berbagai gaya seperti minimalis masih menjadi dambaan banyak orang. Tak heran jika pihak pengembang menyesuaikan permintaan dengan menyediakan desain rumah type 45 dengan bermacam macam gaya. Mulai dari tipe perumahan, cluster, dan townhouse tersedia dengan kisaran harga murah sampai yang fantastis.
Lantas, alasan apa saja yang menyebabkan permintaan desain rumah type 45 minimalis ini tinggi? Ternyata ada keuntungan rumah type 45 yang mungkin banyak orang tidak ketahui.
Selain pemanfaatan ruang atau luas lahan yang efektif, rumah minimalis biasanya akan menghabiskan anggaran yang lebih sedikit dalam aspek perancangan, pembangunan, dan perawatan dibandingkan dengan rumah besar.
Kemudian, desain rumah type 45 minimalis juga dirasa lebih fleksibel karena denah rumah minimalis sengaja dirancang agar simple, efisien, dan efektif.
Dengan luas yang cukup lega, Anda dapat memiliki desain rumah type 45 dengan 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Ruang tamu dan keluarga dapat Anda jadikan spot favorit untuk menghabiskan waktu bersama saat bersantai di malam hari dan juga akhir pekan.
Selain itu, desain rumah type 45 yang cukup minimalis ini juga memungkinkan Anda untuk memiliki sebuah teras atau taman mini di depan halaman rumah.

4. Tipe Rumah 54

Type 54 terlihat lebih elegan dan tidak heran menjadi incaran banyak incaran milenial. (Foto: Pinterest)
Rumah type 54 artinya rumah dengan luas bangunan 54 meter persegi. Penulisan rumah type 54 biasanya diikuti dengan luas lahan seperti rumah type 54/120 atau rumah type 54/150.
Rumah type 54/120 artinya rumah dengan luas bangunan 54 meter persegi yang dibangun di lahan seluas 120 meter persegi. Rumah type 54 adalah tipe rumah dengan luasan yang baik untuk ditinggali satu keluarga inti dengan 1-2 anak (apabila anaknya adalah laki-laki saja atau perempuan saja).
Rumah type 54 ini adalah tipe rumah yang cukup banyak dicari oleh keluarga muda atau keluarga kecil yang ingin memiliki rumah dengan bujet yang murah, serta jangkauan lokasi yang menjadi faktor utama dalam mempertimbangkan jarak dalam aktivitas kesehariannya.
Spesifikasi ruang rumah tipe 54 cocok bagi 1 keluarga inti dengan 1 dan 2 anak, karena ada ragam pilihan 2 kamar tidur dan ada pula yang memiliki 3 kamar tidur.

5. Tipe Rumah 60

Rumah type 60 mempunyai ukuran yang cukup ideal. (Foto: Pinterest)
Rumah type 60 merupakan jenis rumah yang bisa dikatakan tidak besar, tetapi juga tidak kecil. Rumah type 60 mempunyai ukuran yang cukup ideal, bagi mereka yang tinggal sendiri, bersama pasangan, ataupun untuk ditinggali bersama dengan keluarga.
Sesuai dengan namanya, rumah type 60 adalah rumah yang memiliki luas sebesar 60 meter persegi. Walaupun memiliki luas yang tidak begitu besar, tetapi ukuran rumah type 60 dapat berbeda-beda karena terkadang mempunyai ukuran panjang dan lebar yang berbeda pula.
Ada beberapa jenis rumah type 60 yang dipasarkan. Mulai dari 60/90, 60/72, dan 60/100. Arti dari 60/90 menunjukkan bahwa rumah tersebut memiliki luas bangunan 60 meter persegi dan luas tanah 90 meter persegi.
Mempunyai luas bangunan 60 meter persegi, jenis rumah type 60 tidak melulu memiliki dimensi 6 x 10 meter persegi. Ada juga rumah yang berukuran 6 x 12 meter persegi atau 8 x 7 meter persegi. Untuk desainnya sendiri, rumah type 60 dapat dibuat menjadi satu atau dua lantai, tergantung layout yang diinginkan.
Biasanya, ciri khas rumah type 60 adalah rumah dengan gaya minimalis yang menonjolkan desain interior dan eksteriornya. Tipe rumah ini juga banyak mengambil bentuk geometris, seperti kotak, dan untuk desain interiornya mempunyai konsep open space agar memberikan kesan luas dan ruangan lebih optimal.

6. Tipe Rumah 70

Rumah tipe 70 bisa dibangun dengan desain konsep 2 lantai. (Foto: Pinterest)
Rumah type 70 adalah adalah rumah dengan luas bangunan 70 meter persegi. Rumah tipe ini dapat berupa rumah 1 lantai atau rumah 2 lantai, namun total luas bangunannya 70 meter persegi. Rumah tipe ini sangat cocok untuk para milenial. Luas bangunan yang cukup besar, namun harganya pun lebih terjangkau daripada luas rumah di atas 100 m2.
Anda bisa menyesuaikan ruangan apa saja di dalam rumah dengan tipe ini sesuai dengan kebutuhan Anda. Seperti Anda bisa menjadikan rumah tipe ini dengan konsep desain dua lantai atau 1 lantai. Semuanya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan desain yang diinginkan.
Rumah tipe ini bisa dibangun dengan desain konsep 2 lantai. Anda bisa menyediakan 3 kamar tidur, 1 kamar tidur utama di lantai 1 dan 2 kamar tidur lainnya di lantai 2.
Selain itu Anda juga bisa menemukan 2 kamar mandi, 1 kamar mandi di lantai 1 dan 1 kamar mandi lainnya di lantai 2. Dengan hunian tipe 70 Anda juga bisa membuat taman kecil di bagian belakang rumah.
Keluarga dengan anggota keluarga lebih dari empat orang memang lebih pas jika tinggal di rumah type 70. Dengan ukuran ini, rumah akan tetap terasa lapang meskipun ada empat atau lima ruang kamar tidur.

7. Tipe Rumah 120

Rumah 120 adalah tipe yang paling besar diantara tipe lainnya. (Foto: Pinterest)
Di kawasan elite, rumah type 120 sudah lazim. Ini merupakan tipe rumah mewah. Dengan dimensi 10x12 meter atau 8x15 meter dan berdiri di atas tanah seluas 150 meter persegi, tipe 120 jelas masuk dalam portofolio para pengembang yang terbiasa membangun perumahan mewah.
Perihal kualitas bangunan, seharusnya tipe 120 sudah tak perlu disangsikan. Dengan tingkat harga yang menyasar segmen menengah ke atas, spesifikasi material bangunan biasanya sudah sangat menyesuaikan.
Umumnya, rumah ini memiliki 3-4 kamar tidur, tiga kamar mandi, ruangan dapur tersendiri, ruang makan, ruang keluarga, ruang tamu, beranda belakang, dan carport yang bisa menampung dua mobil sekaligus. Tipe rumah luas dan besar seperti ini juga memungkinkan pemiliknya bereksplorasi desain dengan berbagai gaya arsitektur.

Tips Rumah.com

Ketika memilih jenis tipe rumah, sesuaikan dengan tujuan dari penggunaannya, apakah untuk disewakan atau untuk dijadikan rumah tinggal.

Kalau Anda adalah pasangan baru dan memilih rumah tipe 21 atau 36 untuk dihuni bersama, pastikan apakah luas kavling memungkinkan untuk pengembangan bangunan atau renovasi rumah, baik itu menambah luas atau menambah lantai ketika anggota keluargamu telah bertambah kelak.

Tipe Rumah Paling Populer

Rumah tipe 36 menjadi tipe rumah yang paling populer di Indonesia. (Foto: Pinterest)
Rumah type 36 merupakan salah satu type rumah yang sangat populer dan paling banyak diminati. Hal tersebut dikarenakan rumah dengan tipe 36 ini memiliki banyak kelebihan, diantaranya:

Hemat Listrik

Rumah tipe 36 cenderung lebih hemat listrik karena rumah ini mempunyai lahan yang lebih kecil untuk menampung hawa panas dan dingin. Selain itu, karena keterbatasan tempat, biasanya peralatan listrik menjadi lebih sedikit dan secara otomatis pemakaian listrik pun menjadi minim.

Mudah Dibersihkan

Ruang yang lebih sempit berarti lebih sedikit ruang yang harus dibersihkan. Waktu yang dikeluarkan untuk bebersih dan mengurus rumah pun menjadi lebih efisien. Sisi baiknya, kita bisa menggunakan waktu yang dimiliki untuk bermain di luar dan melakukan berbagai kegiatan yang disenangi sebagai keluarga.

Lebih Nyaman dan Akrab

Tidak seperti rumah gedongan lainnya, rumah tipe 36 hanya mempunyai ruangan-ruangan kecil. Setiap ruangan pasti lebih terasa akrab dan membuat kecenderungan untuk berkumpul menjadi lebih meningkat.
Lebih Murah
Biaya hidup di rumah type 36 pastinya akan jauh lebih murah. Contohnya, bisa saja di rumah yang kecil ini, Anda tidak membutuhkan AC karena memang sudah sejuk, dan merasa sudah cukup dengan hanya menggunakan kipas angin. Otomatis, biaya yang dikeluarkan untuk listrik rumah menjadi lebih sedikit sehingga Anda bisa berhemat.

Lebih Akrab

Percaya atau tidak, para penghuni perumahan type 36 biasanya lebih akrab antara satu penghuni dengan penghuni lainnya. Banyak tempat untuk bercengkrama bersama yang membuat keakraban para penghuninya terjalin dengan lebih erat.
Itulah tadi 7 tipe rumah yang paling populer dan paling umum, yang bayak diterapkan di hunia masyarakat Indonesia. Semoga penjelasan tadi dapat bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk Anda yang tengah memilih tipe hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.
Itulah penjelasan dari alternatif lantai murah yang dapat mempercantik hunian Anda, lengkap beserta keistimewaan dan harga terbarunya.
Tonton video yang informatif berikut ini untuk mengetahui 8 tambahan biaya jual beli rumah yang perlu disiapkan!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini