Tips Aman Cicil Rumah Langsung ke Pengembang

68285851 - businessman holds tablet with house model miniature
68285851 - businessman holds tablet with house model miniature

RumahCom - Memang bisa cicil rumah langsung ke pengembang? Tentu bisa. Pada dasarnya cara pembayaran pembelian rumah ataupun apartemen ada tiga jenis: cash keras, cash bertahap (installment), atau dengan dicicil. Untuk opsi pembayaran dengan sistem cicilan atau kredit, kebanyakan orang umumnya akan memanfaatkan program Kredit Pemilikan Rumah atau KPR dari bank. Tapi jika Anda mau kredit rumah tanpa bank juga bisa.

Anda bisa langsung mencicil rumahnya langsung ke pengembang atau istilahnya kredit in-house dari developer. Jadi, urusan perjanjian jual beli rumah hanya melibatkan dua pihak, antara Anda sebagai pembeli dan pihak developer. Bank sama sekali tak terlibat di sini, konsumen hanya berhubungan dengan developer saja.

Nah, bagaimana tips aman cicil rumah langsung ke pengembang? Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan uraian sebagai berikut:

  1. Keuntungan Cicil Rumah Langsung ke Pengembang
    1. Tidak Pakai Down Payment (DP)
    2. Tidak Ada Bunga
    3. Proses Lebih Ringkas
    4. Lebih Hemat Biaya
    5. Jangka Waktu Cicilan Bisa Dinegosiasikan
  2. Tips Aman Kredit Rumah Langsung ke Pengembang
    1. Mengomunikasikan Kesepakatan dengan Pengembang
    2. Memberikan Booking Fee sebagai Tanda Jadi
    3. Melakukan Kesepakatan Pra Perjanjian Jual Beli (PPJB)
    4. Pengurusan Akta Jual Beli
  3. Perbedaan Beli Rumah dari Pengembang vs Bangun Rumah Sendiri
  4. Perhatikan Hal-hal Berikut Ini Sebelum Beli atau Bangun Rumah
    1. Cek Aset untuk Membangun Rumah
    2. Tentukan Bujet untuk Membangun Rumah atau Membeli dari Developer
    3. Lokasi Membangun Rumah
    4. Pilihan Desain Rumah yang Nyaman

Untuk lebih jelasnya, berikut rangkuman uraian tips aman cicil rumah langsung ke pengembang.

1. Keuntungan Cicil Rumah Langsung ke Pengembang

Tentu cicil rumah langsung ke pengembang punya banyak keuntungan dibandingkan dengan cicil rumah ke bank. Apa saja keuntungannya?

  1. Tidak Pakai Down Payment (DP)

Umumnya jika tidak memakai fasilitas down payment, pengembang biasanya akan minta booking fee dibayarkan sebagai tanda jadi keseriusan Anda memboyong unit yang ditawarkan.

b. Tidak Ada Bunga

Kredit in-house atau cicilan ke pengembang bukan produk bank, artinya tidak ada pengenaan bunga di sini. Ingat, developer bukan bank, jadi dilarang memungut bunga.

 c. Proses Lebih Ringkas

Dengan mencicil kepada pengembang artinya hanya melibatkan antara pembeli dan pengembang saja. Artinya, prosedur yang mesti dilewati lebih ringkas. Beda dengan bank yang prosedurnya panjang sehingga lumayan menguras waktu.

d. Lebih Hemat Biaya

Jika Anda mengajukan cicilan KPR di bank Anda akan dikenakan biaya provisi, biaya survei, biaya appraisal, dan lain sebagainya. Beda dengan cicilan langsung ke pengembang yang sama sekali tak ada biaya macam-macam.

e. Jangka Waktu Cicilan Bisa Dinegosiasikan

Anda masih bisa ‘menggoyang’ masa cicilan lebih panjang lagi sekalipun pihak pengembang telah menetapkan lama masa cicilan. Tapi ini tergantung kelihaian Anda bernegosiasi.

2. Tips Aman Kredit Rumah Langsung ke Pengembang

Lantas, apa saja tips-tips aman kredit rumah langsung ke pengembang? Simak ulasannya di bawah ini, ya.

  1.  Mengomunikasikan Kesepakatan dengan Pengembang

Anda wajib mengomunikasikan segala jenis kesepakatan antara Anda dengan pengembang, terutama seputar kejelasan serah terima rumah. Bila perlu cantumkan poin tersebut dalam Perjanjian Jual Beli (PJB) yang disahkan notaris.

b. Memberikan Booking Fee sebagai Tanda Jadi

Tahap awal dimulai dengan memberikan booking fee sebagai tanda jadi yang dilengkapi persyaratan administrasi. Tapi adakalanya pengembang mensyaratkan uang muka yang besarannya bisa dinegosiasikan.

Mau tahu tips lengkap cicil rumah langsung ke pengembang? Simak ulasannya melalui tayangan di bawah ini, ya.

c. Melakukan Kesepakatan Pra Perjanjian Jual Beli (PPJB)

PPJB adalah kesepakatan yang disahkan oleh notaris meliputi pembelian rumah dengan cara angsuran (in house), besaran uang muka atau DP, jumlah angsuran rumah dibayar bertahap sesuai jadwal yang disepakati dan waktu proses serah terima rumah serta sanksi maupun denda jika masing-masing pihak wanprestasi dari perjanjian yang disepakati.

d. Pengurusan Akta Jual Beli

Ketika pembayaran kredit rumah tanpa bank alias cicil rumah langsung ke pengembang yang telah disepakati sudah Anda selesaikan, maka PPJB bisa dinaikkan levelnya menjadi Akta Jual Beli (AJB). Saat pelunasan cicilan atau pembayaran terakhir, maka Anda selaku pembeli dan pihak pengembang sama-sama mendatangi notaris guna mengurus AJB.

3. Perbedaan Beli Rumah dari Pengembang vs Bangun Rumah Sendiri

Nah, buat Anda yang masih bingung apakah mau membeli rumah dari pengembang atau bangun rumah sendiri, berikut ini sedikit perbandingan yang bisa Anda pertimbangkan.

Beli Rumah dari Pengembang

Bangun Rumah Sendiri

Faktor keamanan

Lebih hemat secara finansial

Perumahan dirancang eksklusif

Dapat menentukan desain rumah

Memiliki banyak fasilitas

Pembangunan lebih cepat

4. Perhatikan Hal-hal Berikut Ini Sebelum Beli atau Bangun Rumah

Baik membeli rumah ke developer atau membangun rumah sendiri, tentu ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Apa saja?

  1.  Cek Aset untuk Membangun Rumah

Jika Anda sudah memiliki tanah kaveling yang siap bangun, misalnya warisan dari orang tua, pilihan membangun rumah sendiri jelas lebih untung. Bagi Anda yang belum memiliki tanah kaveling, pilihan membeli tanah kaveling memang menarik.

b. Tentukan Bujet untuk Membangun Rumah atau Membeli dari Developer

Model rumah tidak ditentukan oleh bujet. Jika dana Anda cukup untuk membayar DP rumah, pilihan Anda adalah membeli rumah baru dari developer plus mengajukan KPR. Nah, jika dana Anda cukup untuk membangun rumah dari awal, pilihan membangun rumah sendiri juga cukup menggiurkan.

Beli Rumah: Pilih Bayar Cash atau Kredit?

Membeli Rumah, Ruko, dan Properti Lainnya

Beli Rumah: Pilih Bayar Cash atau Kredit?

c.  Lokasi Membangun Rumah

Harga tanah pada kawasan cluster tentu jauh lebih tinggi daripada tanah di area non-cluster. Bagi Anda yang tak ingin repot dan segera menghuni, pilihlah rumah baru dengan lingkungan yang sudah jadi. Strategi ini akan sangat menguntungkan Anda dalam jangka panjang. Tentu saja pilihan ini mengandung risiko. Harganya sudah naik berkali-kali lipat dari pertama kali dijual.

d. Pilihan Desain Rumah yang Nyaman

Jika Anda memiliki dana ekstra, dan tipe idealis, pilihan membangun rumah sendiri tidak boleh dilewatkan begitu saja. Memilih jasa konsultan arsitektur pun tidak boleh sembarangan, harus yang berpengalaman dan juga profesional. Pastikan juga memilih tukang bangunan yang mengerti kondisi lingkungan sekitar dan bisa diajak kerjasama memilih bahan-bahan bangunan rumah yang bagus agar tidak merugikan.

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan agen terbaik dan spesialis di setiap area

Cari Agen

Temukan agen terbaik dan spesialis di setiap area

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Hunian Tingkat Dua Area Tangerang Selatan

Masukan