Tips Beli Rumah Dekat Stasiun Kereta

56895746 - jakarta commuter line in jakarta kota railway station
56895746 - jakarta commuter line in jakarta kota railway station

RumahCom-Mencari rumah di area pinggiran kota Jakarta, apalagi dekat dengan stasiun kereta adalah pilihan yang menarik bagi warga perkotaan saat ini. Tentu saja hal ini didukung oleh akses yang mudah, cepat, dan murah.

Menurut data PT KAI per 2018, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau disingkat Jabodetabek, tercatat memiliki 80 stasiun Kereta Api Listrik (KRL) dengan jumlah pengguna mencapai 914.840 penumpang per hari.

Nah, pastinya, hunian baik perumahan ataupun apartemen yang berada dekat stasiun Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi inilah yang kini menjadi incaran banyak orang karena keunggulannya tadi, harga rumahnya yang lebih terjangkau dan dekat dengan Jakarta.

Dalam artikel ini, akan lebih banyak dibahas mengenai tips membeli rumah dekat dengan stasiun kereta dengan uraian sebagai berikut:

  1. Tips Beli Rumah Dekat Stasiun Kereta
    1. Tentukan Kriteria Rumahnya
    2. Lakukan Perbandingan
    3. Survei Langsung
    4. Ketenangan dan Kenyamanan
    5. Legalitas dan Status Kepemilikan
  2. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Jika Beli Rumah Dekat Stasiun Kereta atau MRT
    1. Cek Pergerakan Harga
    2. Manfaatkan Jasa Agen Real Estate
    3. Mengenal Lingkungan Sekitar
    4. Lakukan Survei Langsung

Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak penjabarannya sebagai berikut.

1. Tips Beli Rumah Dekat Stasiun Kereta

Nah, agar Anda tidak salah beli, ada baiknya simak dulu beberapa tips membeli rumah dekat stasiun kereta di bawah ini.

a. Tentukan Kriteria Rumahnya

Tujuan awal beli rumah dekat stasiun kereta salah satunya karena pertimbangan harga yang lebih terjangkau. Jadi, tentukan kriteria rumahnya dan sesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda. Jangan tergoda dengan promo harga atau desain rumah yang bagus tapi harganya jauh lebih mahal.

Ciri-ciri Lokasi Investasi Properti yang Prospektif

Investasi Properti

Ciri-ciri Lokasi Investasi Properti yang Prospektif

b. Lakukan Perbandingan

Setelah menemukan beberapa pilihan rumahnya, bandingkan pilihannya lewat Review Properti di Rumah.com yang disajikan secara objektif dan transparan guna menilai spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga rumah kecil dengan rumah yang lebih besar di sekitarnya.

c. Survei Langsung

Selain bisa mengetahui langsung kondisi lingkungan perumahannya, fasilitas dan potensi sekitar, Anda juga bisa mengukur jarak tempuh dan mempelajari akses menuju stasiun kereta.

D. Ketenangan dan Kenyamanan

Ketenangan dan kenyamanan hidup sangat penting mengingat Anda membeli rumah dekat stasiun kereta api. Terlebih jika perumahannya juga dekat kawasan industri. Perhatikan apakah suara kereta api lewat dan suara deru mobil di jalanan, terdengar hingga ke rumah? 

E. Legalitas dan Status Kepemilikan

Pastikan lokasi perumahannya berdiri di atas lahan yang memang diperuntukkan untuk pemukiman, bukan di jalur hijau. Atau mengingat lokasinya yang tidak jauh dari stasiun kereta dikhawatirkan berdiri di atas Hak Pengelolaan Lahan (HPL) milik Kementerian Perhubungan atau lahan KAI. Perhatikan juga legalitas dalam hal surat menyurat seperti SHM dan HGB

2. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Jika Beli Rumah Dekat Stasiun Kereta atau MRT

Apa yang harus dilakukan sebelum membeli rumah dekat dengan stasiun kereta api atau MRT? Simak ulasannya berikut ini, ya.

a. Cek Pergerakan Harga

Harus selalu diingat, semakin dekat hunian dengan sarana infrastruktur maka semakin tinggi juga value-nya. Tak pelak, apartemen yang lokasinya ada dalam radius < 1 km dengan stasiun MRT Jakarta, menghasilkan gain mencapai lebih dari 30% per tahun.

b. Manfaatkan Jasa Agen Real Estate

Saat mencari rumah dekat MRT Jakarta, tidak ada salahnya juga meminta informasi dari agen mengenai rumah baru ataupun rumah bekas yang sedang dijual. Setidaknya ada beberapa keuntungan menggunakan jasa agen properti, di antaranya mendapat layanan yang akurat dan pasti, memperoleh informasi (kondisi, harga rumah, dan lain-lain) secara objektif, serta mempercepat proses transaksi (jual-beli atau sewa).

Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika mau membeli rumah dekat stasiun kereta? Intip video lengkapnya di bawah.

 

c.   Mengenal Lingkungan Sekitar

Sebelum membeli rumah dekat MRT Jakarta, cari tahu sebanyak mungkin mengenai area tempat tinggal. Lokasi tidak hanya dianggap penting oleh pembeli rumah pertama, melainkan semua orang. Itu sebabnya harga suatu properti sangat ditentukan oleh lokasi, karena lokasi berkaitan dengan akses transportasi, fasilitas umum, bebas dari banjir dan sebagainya.

D. Lakukan Survei Langsung

Sebelum melakukan proses akad jual beli, ada baiknya jika Anda melakukan survei ke unit rumah tersebut. Anda akan segera menempati rumah tersebut, maka sebelum resmi melakukan pembelian ada baiknya bertanya banyak hal sedetail mungkin kepada pengembang. Ada banyak masalah yang tidak diduga yang bisa terjadi pada rumah baru. Anda bisa meminta bantuan kontraktor kenalan untuk mengecek kondisi bangunan secara detail.

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan agen terbaik dan spesialis di setiap area

Cari Agen

Temukan agen terbaik dan spesialis di setiap area

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Investasi Rumah Dekat Stasiun Kereta

Masukan