Informasi Rumah Lelang Bank BTN dan Cara Membelinya

Jika anda tertarik membeli rumah dengan harga yang relatif miring, rumah lelang bank BTN dapat menjadi pilihan. Simak bagaimana proses pembelian di sini.
Rumah Lelang Bank BTN dan Cara Membelinya

RumahCom –Membeli rumah baru memang punya keistimewaan tersendiri. Meski begitu, rumah bekas yang direnovasi juga tak kalah istimewanya. Harganya bisa lebih murah dan juga menguntungkan dari sisi investasi.

Rumah-rumah bekas atau seken inipun biasa didapat dengan mengikuti lelang dari Bank, salah satunya rumah lelang bank BTN. Rumah bekas yang dilelang (biasanya merupakan rumah sitaan) memang acapkali dibanderol dengan harga miring. Kalau beruntung, pembelinya bahkan bisa mendapatkannya tanpa persaingan ketat. Tanpa proses renovasi, rumah lelang bekas pun bisa laris dijual kembali.

Baca juga: Panduan Lengkap Renovasi Rumah Idaman

Nah, untuk Anda yang tertarik, kali ini akan dibahas:

  1. Informasi Penting Seputar Rumah Lelang
    1. Latar Belakang Adanya Rumah Lelang
    2. Ketentuan Rumah Lelang
    3. Rumah Lelang Bank BTN
  2. Rumah Lelang Bank BTN, Cara Lain Miliki Hunian
  3. Cara Membeli Rumah Lelang Bank BTN
  4. Tips Beli Rumah Lelang Bank BTN
    1. Mencari Informasi Rumah yang Kredit Macet di Cabang BT
    2. Hubungi Kontak Pelanggan di Situs BTN
  5. Kiat Aman Beli Rumah Jaminan Baik
    1. Tanyakan Bukti Pinjaman
    2. Minta Selesaikan Utang
    3. Oper Kredit ke Bank
    4. Lunasi DP
    5. Buat Perjanjian
  6. Tahap-tahap Beli Rumah Lelang Baik
    1. Kunjungi Situs Rumah Murah BTN untuk Memeriksa Detail Rumah
    2. Lengkapi Data Anda
    3. Ikut Kompetisi Lelang di KPKNL
  7. Kekurangan dan Kelebihan Beli Rumah Lelang

Cari tahu selengkapnya di bawah ini.

1. Informasi Penting Seputar Rumah Lelang

Rumah lelang merupakan salah satu aset sitaan bank (Sumber: Pexels).

Rumah lelang merupakan salah satu aset sitaan bank (Sumber: Pexels).

Rumah lelang bank BTN atau dari bank lainnya dapat menjadi pilihan bagi anda yang sedang mencari rumah. Harganya yang miring menarik banyak orang untuk berburu rumah lelang ini. Biasanya rumah lelang dijual dengan harga murah karena pihak penjual tidak berniat untuk mengambil keuntungan. Dengan harga yang murah bukan berarti kita dapat membelinya begitu saja, ada beberapa proses yang harus kita lalui untuk membelinya. Saat membeli rumah lelang, Anda harus lebih berhati-hati terutama dalam melihat background dari setiap rumah yang di lelang.

a. Latar Belakang Adanya Rumah Lelang

Rumah berstatus lelang berarti aset tersebut merupakan hasil sitaan bank. Proses penyitaan rumah terjadi lantaran terdapat permasalahan antara pemilik rumah dengan pihak bank. Umumnya penyitaan aset berupa properti seperti rumah akibat dari nasabah tidak membayarkan kreditnya sesuai dengan perjanjian. Lelang dilakukan agar pihak bank sebagai kreditur tidak mengalami kerugian

Oleh karena itu, rumah lelang memiliki harga yang lebih murah apabila dibandingkan dengan rumah hunian baru. Dengan harga yang murah Anda harus lebih teliti dalam memilih rumah lelang yang anda minati terutama dari bangunan fisik rumah tersebut.

b. Ketentuan Rumah Lelang

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ketentuan dari rumah lelang tersebut tentu saja hasil dari penyitaan. Rumah lelang umumnya dijual lewat bank-bank di Indonesia. Tidak hanya rumah, properti lain seperti tanah, apartemen, atau gedung komersil pun dapat dilelang asalkan memenuhi persyaratan lelang. Proses lelang dilakukan apabila kreditur yang dimana pemilik rumah tidak dapat melunasi kredit atau cicilannya kepada pihak bank sebagai debitur.

c. Rumah Lelang Bank BTN

Salah satu bank yang yang melakukan pelelangan adalah bank BTN. Melalui situs online yang mereka miliki, bank BTN menjual aset propertinya. Anda dapat melihat lebih dari 22.000 rumah lelang bank BTN di situs tersebut. Rumah lelang bank BTN pun dijual dengan harga yang murah. Penjualan dengan situs online bank BTN pun dapat mempermudah anda menemukan rumah impian.

2. Rumah Lelang Bank BTN, Cara Lain Miliki Hunian

Siapkan dokumen yang diperlukan untuk proses membeli rumah lelang (Sumber: Pexels).

Keinginan masyarakat untuk memiliki hunian sendiri semakin meningkat. Namun demikian, tidak dapat dipungkiri harga tanah dan bangunan pun ikut menjulang. Anda harus pintar-pintar mengatur strategi dalam pembelian rumah, sesuaikanlah dengan kebutuhan dan dana anda. Selain hunian baru, Anda juga dapat memilih hunian seken atau bekas di rumah lelang bank BTN.

Rumah lelang bank BTN dapat menjadi solusi bagi anda memiliki hunian dengan harga yang relatif lebih murah apabila dibandingkan dengan hunian baru. Lalu bagaimana cara Anda untuk mengetahui rumah lelang bank BTN? Bank BTN memiliki portal rumahmurahbtn.co.id dimana ditawarkan berbagai macam rumah lelang tersebut. Di portal tersebut anda bisa menemukan rumah lelang bank BTN beserta alamatnya sehingga anda pun dapat mencari tahu lebih banyak lagi tentang rumah yang anda inginkan.

Selain melalui portal rumah lelang bank BTN, jika anda ingin memiliki hunian impian baik yang baru maupun seken, berikut daftar properti rumah di wilayah DKI Jakarta dengan kisaran harga Rp 400-750 juta. Simak artikel dibawah ini untuk inspirasi merenovasi rumah kesayangan anda!

3. Cara Membeli Rumah Lelang Bank BTN

Siapkan dokumen yang diperlukan untuk proses membeli rumah lelang (Sumber: Pexels).

Siapkan dokumen yang diperlukan untuk proses membeli rumah lelang (Sumber: Pexels).

Ingin membeli rumah lelang bank BTN? Jangan khawatir, proses pembelian rumah lelang bank BTN ini pun tidak terlalu rumit. Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah mengakses portal rumah lelang bank BTN. Selanjutnya anda dapat memilih rumah yang anda inginkan dari situs tersebut, anda dapat menghubungi petugas yang mengelola aset tersebut. Jangan lupa untuk memastikan kelengkapan dokumen anda, lalu survey lah lokasi rumah tersebut. Setelah itu anda dapat mengikuti proses lelang dengan jaminan sebesar 20%. Jika berhasil anda akan mendapatkan rumah lelang bank BTN impian anda.

4. Tips Beli Rumah Lelang Bank BTN

Carilah informasi mengenai rumah lelang yang anda inginkan sebelum membelinya (Sumber: Pexels).

Carilah informasi mengenai rumah lelang yang anda inginkan sebelum membelinya (Sumber: Pexels).

Berburu rumah lelang bekas atau rumah sitaan bank pada kenyataannya bisa dibilang gampang-gampang susah. Untuk itu simak tips beli rumah lelang Bank BTN berikut ini.

a. Mencari Informasi Rumah yang Kredit Macet di Cabang BTN

Setiap kantor cabang Bank BTN biasanya memiliki daftar rumah sitaan yang kreditnya macet. Rumah lelang bank BTN dalam daftar tersebut jumlahnya beragam, kondisinya juga bervariasi, dan lokasinya tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Namun saat ini jumlah rumah lelang bank BTN yang terbatas membuat para investor harus memiliki akses informasi yang akurat, cepat, dan bisa diandalkan.

b. Hubungi Kontak Pelanggan di Situs BTN

Untuk membeli rumah lelang bekas, misalnya rumah lelang bank BTN, masyarakat hanya perlu membuka langsung laman Rumah Murah BTN. Sementara untuk detail lebih lanjut, ada contact person terkait yang bisa dihubungi. Dengan begitu pembeli dan penjual bisa langsung melakukan penawaran harga.

Sumber informasi dari situs rumah lelang bank BTN maupun aplikasi ini sangat memudahkan para investor rumah bekas. Jika sebelumnya informasi rumah lelang diperoleh dalam bentuk hardcopy, kini semua beralih ke sistem online.

 5. Kiat Aman Beli Rumah Jaminan Baik

Buatlah perjanjian dengan pemilik rumah terkait penjualan rumah yang dilelang (Sumber: Pexels).

Buatlah perjanjian dengan pemilik rumah terkait penjualan rumah yang dilelang (Sumber: Pexels)

Kemudian, bagi Anda yang tengah melirik rumah dijual namun sertifikatnya tengah 'disekolahkan' di bank, sebenarnya Anda tidak perlu terburu-buru membatalkan rencana tersebut. Meski demikian, prinsip kehati-hatian sangat diperlukan mengingat ada resiko besar yang mengintai.

1) Tanyakan Bukti Pinjaman

Jika benar sertifikat rumah diagunkan, pasti penjual menyimpan tanda jadinya dengan baik. Untuk meyakinkan diri, mintalah penjual untuk memperlihatkan bukti pinjaman tersebut. Atau, datangi bank terkait untuk mengonfirmasi keakuratannya.

2) Tanyakan Dokumen Lain

Logikanya, hanya sertifikat rumah saja yang dibutuhkan bank sebagai jaminan. Dokumen penting lain seperti Izin Mendirikan Bangunan, bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan, serta struk tagihan listrik dan air tidak diperlukan untuk jaminan. Anda bisa menanyakan ini kepada penjual.

17 Inspirasi Sebelum dan Sesudah Renovasi Rumah

17 Inspirasi Sebelum dan Sesudah Renovasi Rumah

3) Minta Selesaikan Utang

Sebagai calon pembeli, Anda berhak meminta penjual menyelesaikan kewajiban pembayaran utangnya kepada bank. Sehingga, sertifikat rumah dapat diambil sebelum dilaksanakannya transaksi jual beli rumah antara kedua belah pihak.

4) Oper Kredit Ke Bank

Cara lain yang jauh lebih aman adalah melakukan oper kredit langsung kepada bank terkait. Artinya, Anda mau membayar utang si penjual yang disaksikan sendiri oleh wakil pihak bank. Kondisi ini berlaku apabila status rumah yang dijual masih dalam masa kredit.

5) Lunasi DP

Jika penjual meminta Anda melunasi uang muka rumah terlebih dahulu (sesuai kesepakatan), maka jangan lupa untuk menanyakan jaminannya. Dalam hal ini, si penjual harus menyerahkan suatu jaminan yang bisa dieksekusi langsung apabila pihak penjual melakukan cidera janji.

6) Buat Perjanjian

Dari seluruh mekanisme yang telah disebutkan di atas, hal lain yang harus diperhatikan adalah melakukan segala sesuatunya dengan dilandasi perjanjian hitam diatas putih. Jika di perjalanan Anda menemukan penyimpangan yang dilakukan si penjual, maka Anda selaku pembeli telah memiliki dasar yang kuat untuk mendapatkan hak Anda. Tidak hanya itu, perjanjian juga berguna untuk meminimalisir risiko kerugian yang bisa menimpa Anda.

6. Tahap-Tahap Beli Rumah Lelang Bank BTN

Kunjungilah situs rumah murah BTN untuk melihat berbagai macam pilihan rumah lelang (Sumber: Pexels).

Kunjungilah situs rumah murah BTN untuk melihat berbagai macam pilihan rumah lelang (Sumber: Pexels).

Setelah tahu di mana mencari penyedia rumah bekas lelang serta beli rumah dengan jaminan yang baik, kini saatnya Anda mengetahui tahap-tahap beli rumah lelang Bank BTN.

1) Kunjungi Situs Rumah Murah BTN untuk Memeriksa Detail Rumah

Beli rumah lelang bank BTN langkah awalnya adalah menentukan pilihan rumahnya yang bisa diakses melalui situs yang dimiliki bank BTN. Dalam situs tersebut, Anda tinggal mencocokkan keinginan, mulai dari lokasi, kabupaten, kecamatan, dan harga.

2) Lengkapi Data Anda

Setelah mendapati rumah lelang bank BTN mana yang mau Anda beli, Anda akan diminta untuk mengisi Form Peminat yang berisi:

  • Nama Peminat
  • Email Peminat
  • HP
  • Kode Aset
  • Pengelola atau Penanggung Jawab
  • Pesan atau Keterangan

3) Ikut Kompetisi Lelang di KPKNL

Usai memasang penawaran, proses pengajuan Anda akan ditindaklanjuti dan diproses oleh pihak BTN Properti. Anda tetap diperbolehkan untuk mensurvei dan mengecek langsung kondisi rumah lelang bank BTN sebelum mengikuti kompetisi lelang di KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang). Sebagai informasi, untuk bisa bergabung di lelang yang diadakan KPKNL Anda diwajibkan membayar sejumlah uang jaminan yang nominalnya ditentukan dari pihak KPKNL.

7. Kekurangan dan Kelebihan Beli Rumah Lelang

Sebelum membeli rumah lelang ada baiknya anda menimbang kelebihan dan kekurangannya (Sumber: Pexels).

Sebelum membeli rumah lelang ada baiknya anda menimbang kelebihan dan kekurangannya (Sumber: Pexels).

 Sebelum anda membeli rumah lelang bank BTN maupun bank lainnya, ada baiknya anda menimbang kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu, simak poin-poin yang harus anda perhatikan berkut.

Kelebihan

Kekurangan

Harga lebih murah

Lingkungan yang belum tentu baik dan cocok untuk anda

Lokasi rumah berada di area yang sudah berkembang

Mengeluarkan biaya lebih untuk merenovasi

Keringanan membayar pajak

Rumah masih dihuni pemilik rumah

Beli rumah lelang bank BTN maupun lainnya memang punya keistimewaan dan tantangan tersendiri. Istimewa karena lokasi rumahnya yang biasanya strategis serta fasilitas umum sekitar yang memadai, plus acapkali dibanderol dengan harga miring. Setelah membaca tips serta tahapan di atas. Anda sudah siap untuk mengikuti rumah lelang Bank BTN.

Membeli rumah lelang anda perlu tetap berhati hati dan lebih teliti, jika anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai tahapan dalam membeli rumah lelang, simak video di bawah ini.

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Modal Rp100 Jutaan Bisa Investasi Rumah

Masukan