Panduan Cermat Beli Rumah di Pameran Properti

Beli rumah di pameran properti terbilang menggiurkan, namun anda tetap perlu cerdas dan hati-hati dalam memilihnya. Berikut panduan lengkapnya agar anda tidak menjatuhkan pilihan yang salah.
pameran properti
Pameran properti merupakan ajang yang mempertemukan konsumen alias pencari rumah dengan pengembang.

Rumah.com - Beli rumah di pameran properti sering dimanfaatkan para pengembang sebagai ajang untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan produk residensialnya kepada khalayak luas. Baik itu apartemen baru, rumah baru, maupun rumah toko alias ruko. Untuk konsumen, pameran properti sangat dinanti karena banyak penawaran menarik yang diberikan pengembang seperti beli rumah tanpa DP (uang muka), potongan tenor cicilan, bahkan bebas biaya legalitas.

Promo menggiurkan ini lantas memicu hasrat sejumlah konsumen untuk segera memesan unitnya. Akan tetapi sebenarnya, membeli rumah saat pameran tetap dibutuhkan prinsip kehati-hatian demi menghindari penyesalan di kemudian hari. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu dicermati konsumen jika ingin beli rumah di pameran properti.

  1. Keuntungan Beli Rumah di Pameran Properti
    1. Pilihan Pengembang Bervariasi dan Terkurasi
    2. Banyak Penawaran Menarik
    3. Terdapat Promo KPR dari Bank
  2. Beli Rumah Bisa Di Rumah Aja dengan Virtual Property Expo
  3. Pertimbangan Sebelum Beli Rumah di Pameran Properti
    1. Kenali Penawaran Menarik yang Diberikan
    2. Pahami Kebutuhan Sebelum Menentukan Pilihan
    3. Proyeksikan Rencana Tersebut dalam 5-10 Tahun Mendatang
  4. 6 Tips Saat Beli Rumah di Pameran Properti
    1. Sudah Menentukan Lokasi Rumah
    2. Persiapkan Anggaran dan Tipe Rumah
    3. Surat Pesanan Rumah
    4. Cermati Isi PPJB
    5. Mengetahui Spesifikasi Rumah
    6. Banyak Bertanya

Tanpa berlama-lama, simak informasi lengkapnya seputar beli rumah di pameran properti di bawah ini!

1. Keuntungan Beli Rumah di Pameran Properti

18148502 - real estBeli rumah di pameran properti menjadi ajang bagi banyak orang untuk mendapatkan hunian terbaiknya.ate agent with house model and keys

Beli rumah di pameran properti menjadi ajang bagi banyak orang untuk mendapatkan hunian terbaiknya

Seperti yang diketahui bersama, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika beli rumah di pameran properti yaitu, banyaknya pilihan properti dari pengembang hingga potongan harga yang menarik. Jika Anda penasaran untuk mencoba strategi ini, berikut dijelaskan lebih mendalam mengenai keuntungan beli rumah di pameran properti.

a. Pilihan Pengembang Bervariasi dan Terkurasi

Keuntungan pertama yang didapatkan dari beli rumah di pameran properti adalah banyaknya pengembang yang bisa dipilih dan sudah dikurasi oleh pihak penyelenggara. Selama berada di pameran, Anda juga dapat mengetahui proyek-proyek apa saja yang sudah dan sedang dikerjakan. Hal tersebut dapat memudahkan anda dalam melakukan riset sebelum membeli sebuah properti.

Tips Beli Rumah dari Rumah Lewat Pameran Properti Virtual

Membeli Rumah, Ruko, dan Properti Lainnya

Tips Beli Rumah dari Rumah Lewat Pameran Properti Virtual

b. Banyak Penawaran Menarik

Tujuan utama diselenggarakan sebuah pameran properti adalah mempermudah akses transaksi antara penjual dan pembeli secara masif dan waktu yang cepat. Tidak heran bila akan banyak ditemukan potongan harga, promo spesial, hadiah, hingga bonus lainnya yang ditawarkan oleh pihak pengembang atau bank. Perhatikan dengan seksama agar anda dapat beli rumah di pameran properti dengan tepat.

c. Terdapat Promo KPR dari Bank

Selain promosi dari pihak pengembang, beli rumah di pameran properti juga bisa menjadi tempat terbaik jika anda ingin mengajukan KPR. Tak jarang ada promo menarik yang diberikan oleh pihak bank untuk pengajuan KPR dengan bunga yang lebih ringan atau bahkan pilihan cicilan bunga fixed atau tenor dengan jangka waktu yang lebih panjang dari biasanya.

2. Beli Rumah Bisa Di RumahAja Lewat Pameran Properti Virtual

Selain praktis, virtual property expo juga tetap memberikan banyak penawaran properti yang menarik dan harga kompetitif. (Foto: Pexels)

Selain praktis, virtual property expo juga tetap memberikan banyak penawaran properti yang menarik dan harga kompetitif. (Foto: Pexels)

Seperti yang diketahui bersama, semenjak pandemi Covid-19 pameran properti secara daring mulai bermunculan dan menjadi alternatif untuk bisa beli rumah di pameran properti namun tetap di rumahaja. Agar bisa tetap mewujudkan rumah idaman, saat ini Anda bisa membeli rumah lewat pameran properti virtual seperti Asia Virtual Property Expo yang diselenggarakan oleh PropertyGuru pada 11 November hingga 12 Desember 2020.

Di Asia Virtual Property Expo, Anda dapat mencari properti di Indonesia bahkan beberapa negara di Asia dengan total hunian lebih dari 300 pilihan. Ini dapat menjadi pengalaman yang baru dan menarik untuk anda yang tengah mencari hunian saat ini. Seperti pilihan Rumah Dijual Rp400 - Rp 500 juta di Surabaya yang dapat menjadi referensi anda.

3. Pertimbangan Sebelum Beli Rumah di Pameran Properti

Jangan biarkan diri anda datang tanpa rencana apalagi jika tujuannya ingin beli rumah di pameran properti. (Foto: Pexels)

Jangan biarkan diri anda datang tanpa rencana apalagi jika tujuannya ingin beli rumah di pameran properti. (Foto: Pexels)

Beli rumah di pameran properti memang memiliki banyak keuntungan, namun anda juga tetap harus hati-hati dan memiliki berbagai pertimbangan sebelum membuat keputusan. Dengan banyaknya promo menarik yang menggiurkan, anda sebagai konsumen yang cerdas perlu kritis dan bijak untuk meminimalisir keputusan yang salah. Untuk membantu anda, berikut beberapa pertimbangan penting yang perlu diperhatikan dalam beli rumah di pameran properti.

a. Kenali Penawaran Menarik yang Diberikan

Ingat, akan ada banyak penawaran dan promo menarik yang mungkin akan membuat anda tergiur, bahkan kalap saat pergi ke pameran properti. Bekali diri anda dengan mempersiapkan anggaran sesuai dengan perencanaan finansial yang tepat jika ingin beli rumah di pameran properti. Hal tersebut akan membantu anda untuk lebih fokus mencari pilihan properti yang tepat dan sekaligus menghemat waktu. Jangan takut untuk menolak penawaran jika dirasa harganya di atas anggaran yang telah anda tetapkan sebelumnya.

b. Pahami Kebutuhan Sebelum Menentukan Pilihan

Pertimbangkan kemampuan finansial Anda agar Anda lebih mudah menentukan kisaran harga properti yang akan Anda beli. Hitung-hitung juga cicilan KPR per bulannya dengan kalkulator KPR dari Rumah.com akan memudahkan anda beli rumah di pameran properti.

Setidaknya Anda bisa memperbesar limitnya jika menggabungkan penghasilan Anda dengan pasangan. Hanya saja sepertiga atau 30% dari jumlahnya adalah nilai maksimum yang akan jadi cicilannya. Jika sudah mengetahui kemampuan Anda maka Anda tinggal fokus mendatangi developer yang punya harga di kisaran tersebut.

c. Proyeksikan Rencana Tersebut dalam 5-10 Tahun Mendatang

Pikirkan juga 5 sampai 10 tahun ke depan. Bagaimana pendidikan yang akan Anda berikan untuk anak-anak Anda, bagaimana fasilitas kesehatan seperti rumah sakit yang akan jadi acuan perawatan keluarga Anda. Semua itu harus Anda pikirkan karena akan berkaitan dengan pilihan lokasi properti Anda. Jika ketiga poin tersebut telah Anda pahami maka langkah selanjutnya akan memudahkan perburuan dengan beli rumah di pameran properti.

4. 6 Tips Saat Beli Rumah di Pameran Properti

Beli rumah di pameran properti tidak menjanjikan anda mendapatkan harga termurah, memiliki rencana dan berpikir kritis dapat menjadi tips yang solutif. (Foto: Pexels)

Beli rumah di pameran properti tidak menjanjikan anda mendapatkan harga termurah, memiliki rencana dan berpikir kritis dapat menjadi tips yang solutif. (Foto: Pexels)

Pameran properti biasanya diselenggarakan oleh perusahaan properti, bank penyedia pembiayaan, dan pengembang hunian melalui media situs masing-masing. Tak heran jika beli rumah di pameran properti menjadi salah satu strategi yang efektif bagi banyak orang untuk mencari hunian idaman karena banyaknya penawaran menarik di sana. Agar anda semakin yakin dalam menentukan pilihan, berikut beberapa tips yang dapat diikuti saat beli rumah di pameran properti nanti.

1) Menentukan Lokasi Rumah

Tips dalam beli rumah di pameran properti ini menjadi hal pertama yang perlu anda perhatikan mengingat akses transportasi dekat lokasi rumah apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum. Saat ini semakin banyak pilihan rumah harga yang bervariasi di berbagai wilayah. Misal anda menemukan rumah di wilayah Bogor namun akses transportasinya ke stasiun kereta atau terminal dapat dijangkau 20-30 menit, itu dapat menjadi pertimbangan kuat untuk memilihnya. Jangan sampai biaya transportasi sehari-hari membebani anda di kemudian hari.

Tip Rumah
Menyediakan waktu khusus dan datang lebih awal untuk beli rumah di pameran properti bisa membantu anda untuk lebih teliti menilai penawaran yang ada nantinya.

2) Persiapkan Anggaran dan Tipe Rumah

Tips penting selanjutnya jika anda memiliki rencana beli rumah di pameran properti adalah persiapkan anggaran dan tipe rumah. Kedua hal ini sangat menentukan hasil pencarian anda nantinya selama berburu hunian di pameran properti. Sesuaikan anggaran dan tipe rumah dengan kemampuan finansial anda dan coba proyeksikan dalam jangka waktu yang panjang.

3) Surat Pesanan Rumah

Pengembang biasanya juga akan meminta tanda tangan Anda di dalam surat pesanan. (Foto: Pexels)

Pengembang biasanya juga akan meminta tanda tangan Anda di dalam surat pesanan. (Foto: Pexels)

Tips beli rumah di pameran properti selanjutnya adalah perhatikan surat pesanan rumah dengan teliti. Jika sudah menemukan rumah impian Anda, jangan terburu-buru untuk membayar uang muka. Sebaiknya, minta pengembang untuk mencantumkan secara tertulis janji-janji dan penawaran menarik tentang rumah yang dipasarkan.

Isi surat pesanan terdapat klausul yang menetapkan bila konsumen tidak menandatangani Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) sesuai jadwal, maka pesanan akan dianggap hangus. Ironisnya, seringkali agen pengembang tidak memperlihatkan draft PPJB tersebut saat pameran properti.

4) Cermati Isi PPJB

PPJB singkatan dari Pengikatan Perjanjian Jual Beli adalah perjanjian jual-beli antara pihak penjual dan pembeli. Dimana statusnya masih sebatas kesepakatan dan belum ada peralihan hak kepemilikan tanah/rumah secara hukum. Saat ingin membeli rumah, Anda harus mencermati isi PPJB yang mencakup:

  1. Harga jual dan biaya-biaya lain yang harus ditanggung konsumen.
  2. Tanggal serah terima yang tidak boleh lebih dari satu tahun sejak pembayaran.
  3. Spesifikasi bangunan dan lokasi.
  4. Denda keterlambatan bila pengembang telat melakukan serah terima.
  5. Hak konsumen untuk membatalkan perjanjian ketika pengembang lalai.
  6. Kepastian penandatanganan akta jual beli dan dendanya.
  7. Masa pemeliharaan 100 hari sejak serah terima.

Cermati dahulu setiap poin-poin yang tertera dalam PPJB ini agar tidak menyesal setelah tanda tangan. Biasanya isi PPJB merupakan kesepakatan antara pengembang dengan pembeli setelah pembayaran DP.

5) Mengetahui Spesifikasi Rumah

Biasanya calon konsumen hanya ingin melihat-lihat dahulu produk hunian sebelum beli rumah di pameran properti. Namun, ketika ada rumah yang cocok dengan harga terjangkau—apalagi dengan iming-iming kemudahan pembayaran niscaya hal ini akan membuat tergiur.

Untuk itu, jika sudah tertarik pada sebuah lokasi perumahan, pastikan Anda mengetahui spesifikasi rumah yang Anda incar, mulai luas tanah dan bangunan, fasilitas, hingga kondisi lingkungan di sekitar rumah.

Kunjungi juga Review Properti dari Rumah.com yang disajikan secara objektif dan transparan sehingga Anda dapat menilai spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya. Dengan begitu, rencana anda untuk beli rumah di pameran properti semakin lebih jelas.

6) Banyak Bertanya

Pengembang biasanya juga akan meminta tanda tangan Anda di dalam surat pesanan. (Foto: Pexels)

Pengembang biasanya juga akan meminta tanda tangan Anda di dalam surat pesanan. (Foto: Pexels)

Jangan malu untuk bertanya pada pihak developer. Anda bisa tanyakan apa saja mulai kondisi rumah, harga, fasilitas KPR yang ditawarkan, dan lain-lain. Dengan begitu Anda tidak akan kecewa pada saat membeli rumah di pameran properti.

Bila Anda merasa belum siap membeli rumah saat pameran properti, ada baiknya Anda menimbang dan membandingkan kelebihan dan kekurangan setiap produk perumahan yang ditawarkan lewat brosur yang Anda dapat.

Hal terakhir yang terpenting sebelum beli rumah di pameran properti adalah selalu perhatikan kredibilitas developernya dan pemberi kreditnya juga. Terutama developer dan bank yang baru atau kurang diketahui reputasinya. Untuk ini jangan malas untuk cari tahu. Perhatikan juga siapa orang dibelakang developer baru tersebut. Jika memang reputasinya terpercaya, tak perlu ragu.

Demikian penjelasan lengkap yang berisi panduan cermat beli rumah di pameran properti. Semoga informasi dalam artikel ini dapat menjadi referensi yang relevan dan  bermanfaat untuk anda terapkan.

Mau beli rumah di pameran properti? Jangan kalap dengan promo yang diberikan. Simak video panduannya berikut ini sebagai referensi tambahan Anda.

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Survei 4 Rumah Lewat VirtualTur Di Sini

Masukan