Tips Fengshui: Waktu Pindah Rumah Sesuai Shio

Tim Editorial Rumah.com
RumahCom – Selain suasana, keberuntungan adalah salah satu dari sekian harapan yang didambakan saat pindah ke rumah baru. Bagi sebagian orang, keberuntungan ini diyakini bisa dimaksimalkan dengan menentukan jam baik untuk pindah rumah. Hal semacam ini diyakini di sejumlah kebudayaan, termasuk budaya Tionghoa lewat fengshui.
Pindah rumah dianggap sebagai permulaan atau lembaran hidup baru. Karena itu, banyak doa dan harapan yang dipanjatkan saat pindah rumah. Keberuntungan akan rezeki yang lebih berlimpah, keluarga yang harmonis, serta keselamatan rumah tangga adalah beberapa di antaranya.
Sebab tak jarang ada beberapa keluarga terkadang mengalami hal buruk di rumah baru, seperti gangguan kesehatan, usaha menurun, cekcok dalam keluarga dan sebagainya. Maka, dalam artikel akan dibahas:
  1. Fengshui Adalah
  2. Elemen Feng Shui
  3. Tips Fengshui dan Rumah
  4. Waktu yang Tepat untuk Pindah
    1. Menentukan Bulan yang Tepat untuk Pindah Rumah
    2. Jam Baik untuk Pindah Rumah
  5. Lima Aturan Pindah Rumah menurut Feng Shui
    1. Pintu Depan dan Lorong Masuk
    2. Ruangan yang Rapi
    3. Dapur dengan Feng Shui Ideal
    4. Dekorasi Rumah yang Bermakna
    5. Feng Shui Positif di Kamar Tidur
  6. Kesalahan yang Harus Dihindari saat Pindah Rumah
  7. Lima Feng Shui Rumah Nyaman dan Tenang
    1. Jangan Tempatkan Kamar Tidur Utama di Atas Garasi
    2. Kamar Tidak Boleh Bersebelahan Atau Berseberangan dengan Dapur
    3. Dapur Jangan Seberang Toilet dan Berada di Tengah Rumah
    4. Anak Tangga Tidak Boleh Tajam dan di Tengah Rumah
    5. Tangga Tidak Boleh Menghadap di Pintu Utama
Untuk itu, sebelum memutuskan pindah rumah, mari simak tips-tips fengshui berikut ini!

1. Fengshui Adalah

Feng shui adalah ilmu dari Tiongkok kuno yang mempelajari seputar kekuatan kasat mata, berupa energi baik (Qi) dan buruk (Sha Qi) di sekitar manusia dan cara hidup harmonis dengan energi tersebut. Tujuannya agar manusia mendapatkan manfaat terbaik dari energi baik dan sebisa mungkin menghindari dampak dari energi buruknya.
Feng shui sendiri secara harfiah berarti angin-air. Ini karena Qi diyakini dialirkan oleh angin dan berhenti ketika bertemu air. Meskipun termasuk ilmu kuno dan sulit dibuktikan secara ilmiah, feng shui masih menjadi salah satu pedoman hidup orang-orang Tionghoa.
Ilmu Tiongkok kuno ini terdiri dari berbagai aliran, di antaranya aliran yang mempelajari bintang langit, waktu, hingga topografi atau keadaan permukaan bumi.

2. Elemen Feng Shui

Batu adalah salah satu representasi elemen tanah dalam feng shui
Batu adalah salah satu representasi elemen tanah dalam feng shui
Interaksi manusia dengan energi kasat mata didasarkan pada lima elemen utama pada alam, yaitu kayu, tanah, logam, api, dan air. Anda harus mewakilkan setiap elemen ini lewat benda-benda di dalam rumah Anda. Berikut ini penjelasannya masing-masing.
  • Elemen kayu: Menggambarkan pertumbuhan dan kreativitas. Melambangkan pertumbuhan pribadi dan peningkatan intuisi atau kedewasaan berpikir seseorang. Letakkan tumbuhan di sekitar rumah Anda untuk menghadirkan elemen kayu.
  • Elemen tanah: Elemen tanah dibutuhkan sebagai dasar kehidupan. Elemen ini membantu pertumbuhan kayu dan menstabilkan semangat yang berlebih. Dalam feng shui, elemen tanah adalah elemen yang paling damai, tenang dan stabil. Elemen tanah dapat diwakili lewat warna-warna tanah, ornamen bebatuan, dan semacamnya.
  • Elemen logam: Elemen logam menumbuhkan kekuatan dan mempertajam kecerdasan. Hadirkan elemen ini lewat hiasan logam.
  • Elemen api: Elemen ini menggambarkan transformasi dan ekspansi. Elemen ini mendorong gairah dan semangat dalam hidup, memacu Anda untuk terus berkembang. Namun, terlalu banyak elemen api bisa berdampak buruk dalam hidup, seperti hati yang tidak tenang, ambisi yang terlalu besar, dan semangat yang terlalu meluap-luap. Wakili kehadiran elemen api lewat warna-warna cerah seperti merah, kuning dan jingga.
  • Elemen air: Air adalah elemen pembaruan. Sebagai penyeimbang api, elemen air menghadirkan relaksasi, kerelaan, inspirasi dan menjernihkan pikiran. Hadirkan elemen air lewat akuarium, kolam, atau air mancur buatan.
Feng shui adalah soal keseimbangan, setiap elemen di atas harus terwakili kehadirannya dengan intensitas yang seimbang agar Anda bisa mendapatkan semua manfaat kelima elemen tersebut sekaligus.

3. Feng Shui dan Rumah

Feng Shui dan Rumah
Rumah yang baik adalah rumah yang mengakomodir perhitungan feng shui.
Dalam ilmu feng shui, sebuah bangunan akan memulai energi baru akibat adanya persatuan antara Dian (Langit), Di (Bumi), dan Ren (Manusia).
Manusia yang pindah dan rumah yang akan ditempati merupakan dua faktor, sedangkan dimensi waktu adalah faktor Dian. Ketika ketiganya bertemu, maka energi Qi akan mulai mengalir di dalam rumah. Menurut istilah feng shui rumah itu ‘lahir’.
Ruangan yang ditata secara nyaman, teratur, rapi, dan bersih memberikan kontribusi terbesar bagi keberhasilan orang ketika menempati rumah baru. Jadi, kesimpulannya rumah yang nyaman tidak harus selalu besar.
Jika rumah baru ini pertama kali ditempati adalah ketika ‘bangunan lahir’, maka tentu saja faktor ketiga, yaitu waktu, menjadi sangat penting. Saat pindah rumah, pemilik harus bisa menemukan waktu yang tepat, artinya waktu ketika bangunan itu memiliki energi positif yang terbaik pada bulan atau tahun itu. Serta menentukan jam baik untuk pindah rumah.
Simak tips membeli hunian yang ideal melalui tayangan video berikut ini.

4. Waktu yang Tepat untuk Pindah

Jam Baik untuk Pindah Rumah Berdasarkan Feng Shui bisa dilihat berdasarkan shio.
Jam Baik untuk Pindah Rumah Berdasarkan Feng Shui bisa dilihat berdasarkan shio.
Mencari hari baik tentu saja tidak mudah. Tapi Anda bisa menentukan hari pantangan untuk pindah. Di sini kita tentukan shio kepala keluarga, agar pada saat pindahan itu bukan pada hari Qiong (konflik) dengan shio-nya.
Hal yang paling utama, sebaiknya tidak pindah pada tahun, bulan, dan hari yang konflik dengan diri sendiri.
  • Menentukan bulan yang tepat untuk pindah rumah

Ada 6 pasangan Shio yang saling konflik, yaitu
  1. NAGA konflik dengan ANJING (bulan ANJING = OKTOBER)
  2. ULAR konflik dengan BABI (bulan BABI = NOPEMBER)
  3. KUDA konflik dengan TIKUS (Bulan TIKUS = DESEMBER)
  4. KAMBING konflik dengan KERBAU (Bulan KERBAU = JANUARI)
  5. MONYET konflik dengan MACAN (Bulan MACAN = FEBRUARI)
  6. AYAM konflik dengan KELINCI (Bulan KELINCI = MARET)
  7. ANJING konflik dengan NAGA (Bulan NAGA = APRIL)
  8. BABI konflik dengan ULAR (Bulan ULAR = MEI)
  9. TIKUS konflik dengan KUDA (Bulan KUDA = JUNI)
  10. KERBAU konflik dengan KAMBING (Bulan KAMBING = JULI)
  11. MACAN konflik dengan MONYET (Bulan MONYET = AGUSTUS)
  12. KELINCI konflik dengan AYAM (Bulan AYAM = SEPTEMBER)
Jika Anda sudah berkeluarga, ada baiknya mempertimbangkan juga bulan konflik berdasarkan shio istri/suami dan anak-anak. Untuk menentukan harinya, diperlukan Kalender Tong Shu (Penanggalan Hsia) yang sekarang tersedia di toko-toko buku.
Dengan menghindari tahun, bulan, dan hari yang konflik, maka selanjutnya Anda mendapatkan Bulan atau Hari yang tidak konflik. Waktu itu dinamakan Hari yang Bermanfaat.
Selanjutnya Anda bisa memilih dari bulan dan hari yang tersisa itu, yaitu yang baik untuk Anda, dalam feng shui dikenal istilah He (harmonis) atau Hap. Adapun shio-shio yang harmonis adalah:
  • NAGA dengan AYAM
  • ULAR dengan MONYET
  • KUDA dengan KAMBING
  • BABI dengan MACAN
  • TIKUS dengan KERBAU
  • KELINCI dengan MACAN
Misalnya di tahun Naga, maka mereka yang He adalah yang bershio Ayam, jika ini bulan September (Bulan Ayam), maka yang He adalah mereka yang bershio Naga. Sekali lagi, jika Anda ber-shio Naga, maka jangan pindah di bulan Anjing (Oktober), dan yang terbaik adalah pindah di bulan Ayam (September).
  • Jam Baik untuk Pindah Rumah

Bagaimana menentukan jam baik untuk pindah rumah? Ini lebih sederhana, yaitu dengan cara menghindari jam yang konflik dan mengambil jam yang He/Hap, sebagai berikut:
Jam 05:00 – 06:59 = Jam KELINCI
Jam 07:00 – 08:59 = Jam NAGA
Jam 09:00 – 10:59 = Jam ULAR
Jam 11:00 – 12:59 = Jam KUDA
Jam 13:00 – 14:59 = Jam KAMBING
Jam 15:00 – 16:59 = Jam MONYET
Jam 17:00 – 18:59 = Jam AYAM
Jadi, kalau Anda ber-shio Naga, jangan pindah di bulan Anjing (Oktober), dan sangat disarankan pindah di bulan Ayam (September), pada jam Naga, yakni antara jam 07:00-08:59.

5. Lima Aturan Pindah Rumah menurut Feng Shui

5 aturan pindah rumah dengan aturan feng shui yang benar
5 aturan pindah rumah dengan aturan feng shui yang benar
Anda harus memulai menata rumah dengan membersihkan lantai, dinding dan rumah secara keseluruhan agar menjadi fondasi energi yang kokoh. Setelah membersihkan rumah secara maksimal, langkah selanjutnya adalah memperhatikan lima area feng shui paling penting berikut ini.
  • Pintu Depan dan Lorong Masuk

Sebuah rumah bisa menarik energi feng shui positif apabila memiliki pintu depan yang kokoh dan lorong masuk yang baik. Selain pemilihan material yang berkualitas, pilih warna cat yang pas untuk dipulas pada papan pintu depan.
  • Ruangan yang Rapi

Ruangan yang tertata rapi merupakan fondasi feng shui terbaik untuk rumah baru Anda. Ini artinya Anda harus lebih teliti menata setiap benda pada tempatnya agar tampak rapi dan nyaman ditempati.
  • Dapur dengan Feng Shui Ideal

Dapur adalah area pertama yang dianggap krusial untuk meningkatkan energi dalam rumah ketika pindah ke rumah baru. Hadirkan nuansa segar pada dapur Anda dengan meletakkan beberapa tanaman pot, meletakkan keranjang buah warna warni dan mengisi ruangan dengan wewangian teh dan kopi.
Hal ini bertujuan supaya dapur Anda menjadi tempat yang menyenangkan dan bersemangat untuk memasak. Dengan begitu keluarga Anda bisa menikmati hidangan yang sehat dan enak setiap hari.
  • Dekorasi Rumah yang Bermakna

Setiap item perabot dan dekorasi yang ada di rumah sebaiknya bisa melibatkan emosi positif untuk siapapun yang menempatinya. Jika Anda dikelilingi dengan aksesoris yang disenangi, maka energi cinta dan kebahagiaan bisa muncul di tengah keluarga. Namun, berhati-hati dalam memilih item dekorasi yang fungsional supaya tidak memenuhi ruangan.
  • Feng Shui Positif di Kamar Tidur

Kamar tidur menjadi ruangan penting lainnya bagi sebuah rumah. Tidak ada rumah yang bahagia jika kamar tidurnya menyimpan energi kesedihan dan amarah. Ada beberapa cara membuat kamar tidur menjadi area positif feng shui dengan peletakan ranjang tidur dan cermin yang tepat.

6. Kesalahan yang Harus Dihindari saat Pindah Rumah

Ada 6 hal yang harus dihindari
Ada 6 hal yang harus dihindari saat pindah rumah.
Ada banyak hal yang harus dilakukan dan butuh banyak waktu saat melakukan proses pindah rumah. Utamanya, menyortir barang yang akan dibawa dan yang dirasa sudah tidak dibutuhkan lagi. Agar momen pindah rumah berjalan lancar sesuai rencana, hindari enam kesalahan berikut.
  • Tidak mencatat barang Anda.
  • Catat barang yang disingkirkan.
  • Tidak melapisi kaki kursi dengan plastik.
  • Mengepak tidak berurutan.
  • Tidak membersihkan rumah baru.
  • Tidak mem-backup dokumen.

7. Lima Feng Shui Rumah Nyaman dan Tenang

Feng shui 7
Rumah yang baik menurut feng shui adalah yang dapat mengalirkan udara, air, sinar matahari, dan memiliki keselarasan unsur logam, tanah, kayu, air, dan api.
Di Indonesia, feng shui juga menjadi perhatian pengembang. Arah rumah, letak rumah, pengaturan ruangan, letak pintu dan jendela, hingga shio tahun yang berjalan memengaruhi kesehatan, rezeki, hingga keharmonisan hidup penghuninya. Nah, untuk Anda yang sedang bersiap indah rumah, berikut aturan feng shui untuk rumah nyaman dan tenang.
  • Jangan Tempatkan Kamar Tidur Utama di Atas Garasi

Garasi memiliki banyak gerakan keluar dan masuk. Hal ini memberi energi tidak stabil yang bisa ikut mempengaruhi energi kamar tidur di atasnya. Logikanya, Anda bakal sering terkejut atau terganggu dengan suara mobil dan pintu garasi. Kedua hal ini akan membuat tidur Anda tak nyaman. Mau lebih tenang dan segar? Tambahkan bunga segar di ruang ini.
  • Kamar Tidak Boleh Bersebelahan atau Berseberangan dengan Dapur

Komposisi ini akan merusak keharmonisan hubungan suami-istri dan keberuntungan keluarga. Terlepas dari faktor hoki maupun musibah yang diprediksi, sebenarnya pantangan ini cukup masuk akal. Selain memiliki hawa panas dari kompor, dapur juga bisa jadi sumber kebisingan. Keduanya dapat menyulut emosi dan membuat rasa tak nyaman.
  • Dapur Jangan Seberang Toilet dan Berada di Tengah Rumah

Rasanya kurang pantas dilihat jika dapur Anda juga berfungsi sebagai tempat makan. Selera makan bisa hilang, jika ada aroma dari kamar mandi. Sementara kesibukan, asap dan aktivitas di dapur setiap hari bisa ikut menyebar dan memengaruhi suasana hati seluruh penghuni rumah. Karena itu, area tengah rumah tidak cocok digunakan untuk dapur karena adanya aktivitas memasak dan mencuci.
  • Anak Tangga Tidak Boleh Tajam dan di Tengah Rumah

Bentuk yang tajam dipercaya dapat memotong rezeki penghuni. Logikanya, hal ini juga berisiko bagi keselamatan penghuni. Kemudian, tata letak yang dipercaya dapat mengganggu keseimbangan adalah anak tangga di tengah ruangan. Hal ini bisa menghambat pergerakan penghuni dan ruangan menjadi tidak efisien.
  • Tangga Tidak Boleh Menghadap di Pintu Utama

Sekeren-kerennya rancangan tangga, Anda tak boleh meletakkannya di ruang tamu apalagi menghadap langsung ke pintu utama. Hal ini membuat keharmonisan dan rezeki penghuni akan terancam. Lagipula, privasi penghuni yang tinggal di lantai atas menjadi kurang terjaga.
Bagaimana, penjelasannya cukup masuk akal bukan? Masih banyak cerita menarik di balik sebuah hunian. Yuk ketahui dan perhatikan, terutama saat membeli properti yang tepat.
Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Pencarian Agen

Hubungi Agen Profesional yang Akan Membantu Kebutuhan Anda

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini