Tips Lengkap Seputar Jual Beli Saham

Investasi saham menjanjikan peluang untung yang besar, namun juga memiliki risiko kerugian yang tidak kecil. Dengan strategi yang tepat, investasi saham mendatangkan banyak keuntungan.
jual beli saham
Ingin dapat banyak keuntungan hasil investasi jual beli saham? Simak dahulu informasi lengkapnya berikut ini.

RumahCom – Anda sedang memikirkan pengelolaan penghasilan yang tepat, agar pendapatan hasil kerja keras bisa berkembang optimal dan bisa beli rumah impian? Mungkin kini waktunya Anda mulai berinvestasi.

Investasi tentu bukan hal yang asing lagi, karena dengan berinvestasi Anda memiliki peluang untuk mengembangkan dana lebih cepat dengan hasil yang lebih optimal. Salah satu investasi yang bisa menjadi pertimbangan adalah investasi saham atau jual beli saham.

Jual beli saham memungkinkan dana yang Anda tanamkan tumbuh melampaui laju inflasi. Keuntungannya pun berlipat ganda, sehingga tidak hanya impian mempunyai rumah, tetapi nilai aset dan kekayaan Anda juga bisa bertambah. Untung yang berkali lipat tentu saja memiliki risiko. Jadi diperlukan persiapan yang tepat saat memulai jual beli saham.

Baca juga: Taktik Beli Rumah Untuk Investasi

Sebelum membahasnya lebih detail, berikut ini beberapa poin penting seputar jual beli saham dalam artikel ini.

  1. Untungnya Jual Beli Saham
    1. Modal kecil, untung besar
    2. Margin keuntungan naik signifikan
    3. Mempunyai hak ikut serta dalam RUPS dan diakui sebagai pemilik perusahaan
    4. Mempunyai hak untuk menerima dividen dari setiap saham yang dimiliki
    5. Potensi gain dari selisih untung antara harga jual dan beli
    6. Aman dan transparan
    7. Pilihan Investasi Reksadana
    8. Manajer investasi
    9. Biaya investasi saham
  2. Contoh Transaksi Jual Beli Saham
    1. Cara menjual saham
    2. Cara membeli saham
  3. Jual Beli Saham Online
    1. Alur jual beli saham online
    2. Keuntungan jual beli saham online
  4. Tips Investasi Jual Beli Saham
    1. Konsultasi sebelum membeli saham
    2. Monitor informasi saham perusahaan.
    3. Melakukan analisis.
    4. Hindari membeli hanya satu jenis saham
    5. Risiko eksternal
    6. Cek likuiditas saham perusahaan.
    7. Pilih perusahaan sekuritas yang terdaftar pada OJK

Untungnya Jual Beli Saham

jual beli saham

Transaksi aman dan transparan (Foto: Pixabay)

Saham merupakan instrumen pasar keuangan yang dikenal secara luas. Ketika membeli saham, para investor berharap suatu saat saham yang dibeli kemudian dijual kembali akan menghasilkan keuntungan finansial.

Tahukah Anda, saham merupakan  produk investasi yang paling menguntungkan dibandingkan dengan produk keuangan lainnya seperti deposito, obligasi, emas, dan tanah. Simak penjelasannya berikut ini mengenai keuntungan jual beli saham dan pilihan investasi saham untuk pemula.

1. Modal kecil, untung besar

Manfaat utama dari investasi saham adalah presentase keuntungan yang didapatkan menjanjikan, padahal modal yang dipakai relatif kecil. Apalagi saat ini ada metode angsuran untuk pembelian lembar saham, dan keuntungannya mencapai margin 100%.

2. Margin keuntungan naik signifikan

Margin keuntungan saham menunjukkan kenaikan yang signifikan. Semakin naik harga lembar saham perusahaan yang Anda miliki, semakin besar pula keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Bahkan, Anda bisa mencapai titik capital gain yaitu perusahaan pemilik saham memberikan bonus berupa uang tunai atau lembar saham baru secara gratis.

3. Mempunyai hak ikut serta dalam RUPS dan diakui sebagai pemilik perusahaan

Memiliki saham sama saja Anda memiliki sebuah perusahaan dan sebagai pemilik Anda mempunyai kewajiban ikut dalam menentukan pemimpin perusahaan dan strategi perusahaan yang dilakukan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Anda juga berhak mendapat keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan, yang disebut dengan dividen. Dilansir dari Detikcom, mulai bulan Mei 2020, para investor sudah dapat melakukan RUPS secara online.

4. Mempunyai hak untuk menerima dividen dari setiap saham yang dimiliki

Dividen dibagikan merata kepada seluruh pemegang saham sesuai dengan lembar saham yang dimiliki. Semakin banyak saham yang dimiliki maka semakin besar total dividen yang didapat.  

5. Potensi gain dari selisih untung antara harga jual dan beli

Semakin untung perusahaan, harga saham pun akan cenderung naik. Kenaikan harga ini sering kali digunakan untuk menjual saham tersebut dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan harga pembelian sebelumnya. Sehingga, trade mendapat keuntungan dari selisih harga jual dan beli dan inilah yang disebut gain.

Berencana tinggal di luar negeri, tetapi ingin tetap berinvestasi properti di Indonesia? Simak tipsnya di video ini.

6. Aman dan transparan

Biasanya jual beli saham dilakukan dalam bursa efek dan setiap transaksinya terjamin keamanan dan transparansinya untuk publik. Investor pun tak perlu khawatir akan terjadi penipuan yang mengakibatkan modal yang ditanamkan hilang.

7. Pilihan Investasi Reksadana

Jika Anda ingin memulai investasi jual beli saham, reksadana bisa menjadi pilihan. Reksadana saham merupakan instrumen investasi yang paling diminati oleh masyarakat karena return yang ditawarkan tinggi. Reksadana digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal dan diinvestasikan dalam portofolio. Reksadana adalah alternatif investasi bagi masyarakat, khususnya pemodal kecil yang tidak memiliki keahlian dan waktu untuk menghitung risiko atas investasi.

8. Manajer investasi

Jika Anda memiliki reksadana, Anda akan dibantu oleh manajer investasi terkait dengan investasi saham. Manajer investasi, asset management, atau fund manager adalah perusahaan berbadan hukum yang mendapat izin dari pemerintah Indonesia untuk mengelola dana melalui investasi produk pasar uang dan pasar modal.

Tugas manajer investasi adalah mengelola portofolio efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Jika Anda berinvestasi reksadana, Anda akan menyetorkan sejumlah dana pada manajer investasi, kemudian dana dikelola dan dialirkan ke instrumen investasi sesuai instruksi investasi yang Anda pilih.

9. Biaya investasi saham

Dilansir dari CNBCIndonesia, sebelum berinvestasi saham, Anda terlebih dahulu perlu mengenali biaya-biaya transaksi. Simak penjelasannya berikut ini.

  • Komisi broker

Komisi broker adalah biaya yang dibebankan pihak sekuritas kepada investor dalam proses penyampaian order transaksi jual maupun beli saham ke dalam sistem perdagangan perdagangan elektronik BEI. Jumlah komisi ini di tiap sekuritas berbeda-beda, pada umumnya berkisar antara 0,15-0,25% hingga 0,35% dari nilai transaksi saham.

  • Biaya transaksi

Biaya transaksi atau levy adalah biaya transaksi yang dikenakan kepada investor setiap melakukan transaksi jual beli saham atas penggunaaan jasa atau fasilitas transaksi bursa. Biasanya levy sebesar 0.04% dari nilai transaksi.

  • Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

PPN adalah pungutan yang dikenakan atas setiap pertambahan nilai dari transaksi barang atau jasa dan tarif pajak yang dikenakan biasanya sebesar 10%.

  • Pajak Penghasilan (PPh)

Pajak yang dibebankan atas penghasilan perorangan, perusahaan, atau badan hukum lainnya. Pajak ini dikenakan saat transaksi penjualan saham saja.

Contoh Transaksi Jual Beli Saham

jual beli saham

Saat jual beli saham pastikan Anda tidak terburu-buru melakukannya. (Foto: Pixabay)

Tertarik investasi jual beli saham? Sebelum memulai investasi saham Anda, simak cara menjual dan membeli saham berikut ini.

1. Cara menjual saham

Jika Anda ingin menjual saham, berikut cara yang bisa dilakukan:

  • Membuat rekening

Untuk membuat rekening saham, Anda perlu mendatangi kantor perusahaan sekuritas atau broker. Pembukaan rekening juga dapat dilakukan online, yaitu dengan mengisi formulir. Setelah itu akan dikirimkan formulir untuk ditandatangani dan formulir tersebut harus dikirimkan kembali ke alamat kantor perusahaan sekuritas untuk diverifikasi.

  • Menyertakan identitas

Saat mengembalikan formulir registrasi, Anda juga perlu melampirkan dokumen identitas Anda, seperti KTP atau paspor,  Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), fotokopi buku tabungan, fotokopi Kartu Keluarga, dan materai Rp6 ribu.

  • Mengisi dana rekening

Dalam pembukaan rekening saham, biasanya akan diminta untuk menyetorkan dana. Jumlah dana ini bervariasi, minimal di angka Rp5 jutaan, namun perusahaan sekuritas asing bisa saja meminta Anda untuk menyetorkan Rp10 juta hingga Rp50 juta.

Investasi Rumah dan Plus Minusnya

Panduan dan Referensi

Investasi Rumah dan Plus Minusnya

2. Cara membeli saham

Terdapat dua cara dalam membeli saham, yaitu:

  1. Melalui pialang saham atau broker

Anda dapat meminta order pembelian melalui broker atau tempat membuka rekening saham secara langsung atau melalui handphone.

  1. Memilih saham yang akan dibeli

Anda dapat memilih saham yang akan Anda beli pada hari itu juga. Namun sebelumnya Anda perlu mengamati dan mencari tahu saham yang berpotensial untuk dibeli.

Jual Beli Saham Online

jual beli saham

Tidak perlu repot, dengan bermodalkan internet Anda dapat melakukan trading saham. (Foto: Pixabay)

Untuk kemudahan, Anda juga dapat bertransaksi saham secara online. Berikut ini cara jual beli saham online beserta keuntungan jual beli saham online.

1. Alur jual beli saham online

Saat ini membeli saham bisa semudah menjentikkan jari. Berikut alur jual beli saham online:

  1. Membuat akun saham

Membuat akun saham di salah satu perusahaan sekuritas atau broker saham. Jika Anda telah membuat akun saham, secara otomatis akan dianggap sebagai orang yang telah terdaftar pada pada sistem JATS atau Jakarta Automated Trading System.

  1. Menyetorkan dana pada akun saham yang telah dibuat

Anda perlu menyetorkan dana sebagai modal awal dalam pembelian saham kepada rekening dana nasabah (RDN). Anda dapat menanyakan nomor RDN kepada pialang saham yang telah Anda pilih. Jumlah dana yang wajib disetorkan kepada RDN bergantung pada kebijakan setiap perusahaan sekuritas.

  1. Memilih saham yang memberikan keuntungan

Biasanya sebelum Anda menentukan saham yang akan dipilih, Anda diminta untuk memberikan sejumlah analisis terhadap perusahaan yang sahamnya akan Anda beli.

  1. Membeli saham

Jika Anda telah melakukan riset dan penelitian, Anda dapat membeli saham yang telah Anda pilih.  

  1. Melakukan penjualan saham

Cara menjual saham tidak terlalu berbeda dengan cara membeli saham, yaitu Anda perlu melakukan pemesanan atau order saham yang akan dijual. Dana keuntungan saham akan secara otomatis dikirimkan ke akun saham Anda yang terdaftar pada broker saham.

2. Keuntungan jual beli saham online

Jual beli saham online menguntungkan karena Anda tidak perlu repot mendatangi kantor perusahaan sekuritas atau broker. Selain itu, proses membuka akun baru secara online pun lebih sederhana.

Kini sejumlah perusahaan sekuritas telah menyediakan sarana transaksi saham online, yang dapat diakses dari smartphone atau desktop. Berikut ini daftar perusahaan sekuritas penyedia sarana jual beli saham online yang dilengkapi tutorial:

  1. BNI Sekuritas
  2. Mandiri Sekuritas
  3. BCA Sekuritas
  4. Bahana Sekuritas
  5. Trimegah Sekuritas
  6. Panin Sekuritas
Tip Rumah
Semakin tinggi potensi keuntungan yang dihasilkan oleh satu produk investasi, semakin tinggi pula potensi risiko yang dihadapi. Jika ada produk investasi yang menawarkan keuntungan tanpa punya risiko, kemungkinan itu adalah investasi bodong.

Tips Investasi Jual Beli Saham

jual beli saham

Saham merupakan investasi dengan tingkat risiko paling besar, namun memberikan keuntungan yang besar pula. (Foto: Pixabay)

Agar investasi Anda mendatangkan keuntungan, mulailah rajin untuk mencari informasi dan mempelajarinya. Berikut ini tips investasi jual beli saham.

1. Konsultasi sebelum membeli saham 

Pahami cara membeli saham Indonesia di bursa saham. Lakukan konsultasi saat Anda memilih saham sebelum melakukan pembelian. Jadilah orang yang aktif bertanya dan pelajari saham perusahan yang memiliki prospek bagus dan baik untuk investasi.

2. Monitor informasi saham perusahaan.

Pelajari analisis tentang kondisi perusahaan saham yang Anda pilih. Tidak ada salahnya untuk memonitor berita yang terkait dengan perusahaan tersebut, Selain itu, cari tahu rencana bisnis perusahaan tersebut.

3. Melakukan analisis.

Pelajari saham yang Anda beli agar saham yang Anda beli memiliki harga beli dan jual terbaik. Amati juga grafik harga saham. Jika harga saham perusahaan yang Anda incar sedang murah dan Anda yakin saham tersebut baik prospeknya, maka ini menjadi waktu tepat untuk membelinya.

4. Hindari membeli hanya satu jenis saham

Hindari hanya menanamkan dana pada salah satu jenis saham tertentu. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi faktor eksternal dan internal yang akan menyebabkan saham Anda turun. Menanamkan seluruh dana pada satu saham berisiko rugi besar, dibandingkan jika Anda membagi dana untuk membeli 2 atau 3 jenis saham. Jika salah satu saham Anda mengalami kerugian, Anda masih berpeluang untuk mendapatkan keuntungan dari saham Anda yang lain.

5. Risiko eksternal

Investasi pasar modal dipengaruhi oleh risiko eksternal. Nilai investasi Anda di pasar modal juga bisa naik atau turun karena faktor eksternal, yaitu kondisi perekonomian dalam negeri, kondisi ekonomi global, stabiltas politik, pengaruh nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, dan kebijakan pemerintah.

6. Cek likuiditas saham perusahaan.

Sebelum memutuskan membeli saham, sebaiknya periksa likuiditas saham perusahaan yang Anda akan beli. Baca dan pelajari data keuangannya dari website Bursa Efek Indonesia atau website perusahaan.

7. Pilih perusahaan sekuritas yang terdaftar pada OJK

Dari semua tips di atas, yang paling penting adalah memilih perusahaan sekuritas. Pilih perusahaan sekuritas yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan cek kredibilitasnya dalam memberikan informasi secara rutin kepada para klien.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Informasi mendalam seputar area pencarian properti

AreaInsider

Informasi mendalam seputar area pencarian properti

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Pilihan Apartemen untuk Investasi di Depok

Masukan