Tips Untung Renovasi Rumah Minimalis

Tim Editorial Rumah.com
RumahCom – Apakah Anda tengah tertarik merenovasi rumah lama atau rumah yang kini Anda tempati menjadi rumah bergaya minimalis, untuk pemakaian pribadi, disewakan atau untuk dijual? Tenang. Renovasi rumah minimalis bisa murah, kok.
Proses renovasi rumah memang memiliki tantangan dari segi waktu, tenaga dan biaya. Namun jika hasilnya seperti yang Anda harapkan, hal ini justru membuat Anda dan keluarga menjadi lebih nyaman tinggal di rumah.
Nah, jika Anda berniat menyewakan atau menjual kembali rumah minimalis hasil renovasi, sudah dipastikan hal ini bisa menambah nilai jualnya dan tentu membuat Anda meraup untung besar.
Jadi, bagaimana cara renovasi rumah minimalis tanpa perlu menghabiskan banyak uang dan membuat Anda untung? Kuncinya adalah kreativitas! Berikut beberapa tips kreatif untuk renovasi rumah minimalis dengan biaya sedikit.
  1. Renovasi rumah minimalis dengan mempersiapkan rencana matang
Buat rencana dan bujet saat renovasi rumah minimalis untuk mencegah pengeluaran berlebihan (Foto: Pixabay)
Buat rencana dan bujet saat renovasi rumah minimalis untuk mencegah pengeluaran berlebihan (Foto: Pixabay)
Mulailah dengan memilih konsep minimalis yang Anda inginkan, memilih denah ruangan, memilih material bahan yang sesuai, menghitung biaya, dan membuat rencana cadangan untuk jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Hindari mencicil membuat rencana untuk tiap bagian. Sebaliknya, buatlah rencana keseluruhan yang utuh, sehingga Anda bisa menghemat uang dan waktu.
Bingung dengan hal apa saja yang harus disiapkan? Simak panduan lengkap merenovasi rumah di sini!
  1. Renovasi rumah minimalis bukan berarti merombak seluruh rumah
Saat merencanakan renovasi rumah minimalis, Anda perlu menentukan ruangan yang perlu direnovasi. Lihat bagian yang kurang sesuai dengan konsep minimalis, dan ruangan itulah yang harus direnovasi.
Misalnya, Anda ingin merenovasi ruang keluarga menjadi gaya minimalis, maka Anda tidak perlu mengganti semua detail rumah. Yang perlu Anda lakukan adalah mengganti jendela kecil menjadi jendela lebih besar model double hung, dan mengubah interior lama menjadi bergaya Skandinavia.
Jangan terpancing dengan merenovasi atau menambahkan hal lain yang tidak perlu. Hal ini membuat pengeluaran Anda membengkak. Bila perlu, libatkan arsitek atau tukang profesional untuk melihat kondisi rumah Anda. Biasanya mereka lebih jeli melihat ruangan mana yang perlu direnovasi.
  1. Renovasi rumah minimalis dengan mengandalkan sekat tirai
Mengutamakan efisiensi, sekat non-permanen bisa Anda pertimbangkan saat ingin renovasi rumah minimalis. (Foto: Homedit.com)
Mengutamakan efisiensi, sekat non-permanen bisa Anda pertimbangkan saat ingin renovasi rumah minimalis. (Foto: Homedit.com)
Jika Anda ingin menambah ruang pada rumah Anda dan berpikir untuk memasang tembok, bagaimana kalau Anda memilih sekat non-permanen? Sekat ruangan ini fungsional, murah (karena tak perlu membangung tembok) sekaligus memiliki nilai lebih dari sisi visual.
Misalnya, Anda bisa menggunakan sekat tirai sebagai sekat ruangan, seperti yang ditampilkan oleh Homedit berikut. Pilih tirai yang berwarna, berpola, atau bahkan tirai transparan, agar ruang Anda tetap terlihat indah meski tidak menguras biaya banyak.
Sekat ruang seperti ini banyak digunakan rumah bergaya minimalis karena membuat ruangan terlihat luas.
  1. Renovasi rumah minimalis dengan mengganti warna cat
Mengganti warna cat rumah adalah salah satu cara membawa suasana baru ke dalam rumah. Selain mudah, pergantian warna cat dinding juga merupakan salah satu cara ekonomis yang bisa dilakukan saat Anda ingin mengganti gaya rumah tanpa perlu renovasi besar-besaran.
Biasanya rumah minimalis berwarna putih atau netral. Namun, jika ingin mendapatkan kesan hangat, mengapa tidak coba dengan warna krem, mimosa, terakota atau cokelat? Nah, kalua Anda ingin ruang rumah terasa lebih santai, pilih warna cat hijau muda. Untuk kesan feminin, coba mengecatnya dengan warna ungu.
Warna pada dinding, tidak hanya memberikan kesan baru pada rumah Anda, tetapi juga dapat membuat rumah Anda lebih atraktif. Apalagi jika Anda mengaplikasikan warna cat rumah keren yang jadi tren di tahun 2019 ini.
Mau beli rumah? Berikut adalah video panduan yang bisa Anda jadikan patokan untuk mengetahui waktu paling tepat untuk beli rumah.
  1. Mengganti pintu lama dengan pintu atau dinding geser
Untuk renovasi rumah minimalis dengan bujet minim, Anda bisa memilih pintu geser untuk rumah Anda. (Foto: Pixabay)
Untuk renovasi rumah minimalis dengan bujet minim, Anda bisa memilih pintu geser untuk rumah Anda. (Foto: Pixabay)
Pintu geser dan dinding geser semakin popule, karena menawarkan kemudahan dan pemanfaatan ruang lebih banyak. Pintu geser bisa diletakkan di antara ruang keluarga dan ruang tamu atau di dapur agar ruangan tersebut terlihat lebih luas.
Pintu geser bisa jadi pilihan untuk kamar mandi, sehingga kamar mandi yang sempit terasa lebih luas. Tak hanya itu, pintu model ini akan terlihat lebih modern dan keren dibanding pintu biasa.
  1. Rak minimalis untuk menekan biaya renovasi rumah minimalis
Jika Anda biasanya meletakkan lemari lama di ruang keluarga atau ruang bersantai, mengapa tidak mengubahnya untuk menyesuaikannya dengan tampilan rumah minimalis yang modern?
Salah satu caranya adalah dengan menggunakan rak dinding minimalis. Jangan lupa untuk memilih model rak dinding sesuai dengan selera dan gaya interior minimalis rumah Anda.
  1. Dapur minimalis dengan perlengkapan minim
Dapur sederhana yang fungsional namun terlihat elegan bisa jadi salah satu pilihanrenovasi rumah minimalis. (Foto: Pixabay)
Dapur sederhana yang fungsional namun terlihat elegan bisa jadi salah satu pilihanrenovasi rumah minimalis. (Foto: Pixabay)
Dengan bujet sedikit, Anda bisa mendapatkan dapur bergaya minimalis impian. Kuncinya, Anda tidak perlu mengganti dengan peralatan dapur yang baru.
Jika terlanjur cinta dengan kabinet dapur yang lama, maka Anda tidak perlu menggantinya. Namun, jika ingin dapur Anda terlihat berbeda, cat ulang dapur Anda atau tambahkan keramik mosaik pada dinding dengan menggunakan warna netral dan cerah agar dapur terlihat terang.
Perabotan dapur Anda banyak dan menumpuk? Ini saatnya memilah peralatan dapur yang paling sering digunakan, yang hanya sesekali digunakan.
Anda bisa menyimpannya di kabinet. Jika ingin terlihat lebih menarik, tambahkan juga tanaman indoor atau tanaman artificial untuk mempercantik dapur minimalis.
Ternyata, merenovasi rumah minimalis menyenangkan ya! Di Rumah.com, Anda bisa mendapatkan informasi lebih banyak mengenai panduan menata rumah minimalis, salah satunya trik mendekorasi ruangan rumah minimalis.
Jika Anda berniat untuk menjual rumah minimalis hasil renovasi Anda, baca dahulu tips menjual rumah dalam waktu singkat!
Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah