Trik Agar Apartemen Disewa Turis

Tim Editorial Rumah.com
Trik Agar Apartemen Disewa Turis
Dibanding rumah tapak, bisnis sewa apartemen diyakini lebih menarik. Pasalnya, dalam beberapa hal, apartemen memang lebih mudah disewakan karena sifatnya yang praktis dan lokasinya yang lebih strategis.
Selain disewakan kepada orang lokal, apartemen juga disukai para turis atau ekspatriat yang sedang berlibur maupun bekerja di Indonesia. Tapi bagaimana cara mendesain apartemen sehingga bisa mendatangkan penyewa dari orang luar?
1. Hindari terlalu banyak furnitur kayu
Kini dominasi kayu tak lagi membuat orang tertarik, kecuali lantai parket. Jika kayu digunakan sebagai dinding atau membiarkan kitchen set berwarna seperti warna kayu, siap-siap saja jika apartemen kurang laku.
Banyaknya ornamen kayu membuat apartemen seakan ada di tahun 1980-an. Furnitur kayu juga menimbulkan kesan seram karena kuno.
2. Buatlah satu tema
Dekorasilah apartemen Anda dengan tema tertentu yang menarik sehingga membuat orang lain betah dan homey. Misalnya Anda membuat tema navy dengan meletakkan beberapa bantal warna biru atau ada unsur aksesori laut di dinding atau meja, serta seprai yang berwarna biru dan putih.
Boleh juga menampilkan ruangan yang industrial, shabby chic, atau bergaya tropis. Apartemen seperti ini akan jauh lebih menarik dibandingkan yang ditata asal-asalan.
3. Lengkapi dengan alat masak dan makan
Penyewa memilih apartemen dengan harapan mereka bisa melakukan berbagai hal yang tidak bisa dilakukan di hotel. Misalnya, memasak, terutama di malam hari saat belum tidur. Untuk itu sediakan kompor, rice cooker, microwave, serta peralatan makan yang lengkap.
Jangan menyiapkan hanya satu piring makan, minimal sediakan satu lusin karena penyewa apartemen tak mungkin sendirian. Lebih oke lagi jika Anda memberikan bonus camilan atau mi instan—bisa juga dengan menetapkan harga untuk setiap camilan yang Anda letakkan di dapur.
4. Bukan selimut tipis
Beberapa penyewa ada yang susah lepas dari AC. Dan mereka biasanya menggunakan suhu yang minim saat tidur. Masalahnya begitu menjelang pagi, udara di dalam kamar akan sangat dingin.
Jika Anda tak menyediakan selimut yang cukup tebal, bisa jadi penyewa akan komplain dan memberikan rating yang rendah.
5. Siapkan alat mandi, handuk, dan tempat menyimpan sepatu
Hal ini memang sepele tapi akan membuat rating Anda setingkat lebih tinggi dibandingkan yang tidak menyediakan. Banyak penyewa yang masih menganggap apartemen layaknya hotel sehingga menyediakan handuk dan alat mandi.
Jangan lupa untuk segera mencuci atau me-laundry handuk, seprai, dan selimut setelah digunakan oleh penyewa. Selain itu, menyediakan air panas dengan water heater juga akan menjadi nilai tambah.
6. Buat aturan yang jelas
Tetapkan peraturan untuk penyewa, misalnya tidak membawa teman lebih dari 4 orang atau sesuaikan dengan kapasitas apartemen. Sebaiknya tidak menggunakan apartemen untuk pesta, serta diharapkan tidak menimbulkan kegaduhan.
Penyangkalan: Informasi yang disajikan hanya sebagai informasi umum. PropertyGuru Pte Ltd dan PT AllProperty Media atau Rumah.com tidak memberikan pernyataan ataupun jaminan terkait informasi tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada pernyataan ataupun jaminan mengenai kesesuaian informasi untuk tujuan tertentu sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku. Meskipun kami telah berusaha melakukan yang terbaik untuk memastikan informasi yang kami sajikan di dalam artikel ini akurat, dapat diandalkan, dan lengkap pada saat ditulisnya, informasi yang disajikan di dalam artikel ini tidak dapat dijadikan acuan dalam membuat segala keputusan terkait keuangan, investasi, real esate, maupun hukum. Lebih jauh, informasi yang disajikan bukanlah sebagai pengganti saran dari para profesional yang terlatih, yang dapat mengambil keputusan sesuai dengan kondisi dan situasi Anda secara pribadi. Kami tidak bertanggung jawab terhadap hasil dari keputusan yang Anda buat dengan mengacu pada informasi yang tersaji dalam artikel ini.