Trik Mendekorasi Ruangan Rumah Minimalis

rumah-minimalis

Tinggal di rumah minimalis? Coba ikuti panduan dekorasi rumah minimalis mulai dari dapur, kamar mandi, kamar tidur, hingga dapur berikut ini agar rumah minimalis Anda menjadi rumah cantik dan nyaman untuk dihuni. 

Kamar Mandi

Kamar mandi bisa jadi merupakan cerminan dari pemilik rumah. Memiliki kamar mandi yang bersih, rapih, dan cantik juga membuat Anda tak malu jika Anda tamu yang ingin menggunakannya.

Pihak developer biasanya menyediakan kamar mandi dengan ukuran standar tak lebih dari 1,5 m x 2m untuk rumah jenis minimalis. Di dalamnya tersedia water closet serta bak mandi.

Beberapa developer bahkan menghilangkan bak mandi dan menggantinya dengan  shower. Dengan sedikit perubahan Anda bisa mempercantik kamar mandi yang sempit.

Agar tak memakan ruang, ganti swing door yang sudah terpasang dengan sliding door. Untuk menghadirkan kesan luas, sebaiknya pasang cermin ukuran besar pada dinding yang menghadap ke pintu kamar mandi.

Sementara untuk menyimpan berbagai perlengkapan mandi seperti botol sabun dan shampoo, tak ada salahnya membuat sedikit ceruk di dinding kamar mandi untuk dijadikan ruang penyimpanan.

Beberapa hotel terlihat menggunakan lantai bermotif zig-zag ukuran besar di lantai serta kombinasi dua warna cat dua warna di kamar mandi mereka. Tak hanya membuat kamar mandi terlihat menarik namun lantai bermotif juga bisa memunculkan efek besar dan luas. Anda bisa mencobanya.

Baca Juga: Contek Dekorasi Rumah Minimalis Ala Instragramers

Kamar Tidur

Orang Indonesia seringkali menjadikan kamar tidur tak sekedar sebagai ruangan beristirahat namun juga ruang penyimpanan barang-barang yang sifatnya sangat pribadi. Tak heran jika seringkali terlihat kamar tidur penuh sesak dengan barang-barang hingga menghilangkan keindahan interiornya.

Jika luas ruang tidur yang Anda miliki cukup besar, menaruh banyak barang tentu bukan masalah. Tapi lain ceritanya jika ukuran kamar tidur Anda minimalis.

Ukuran kamar tidur di dalam rumah minimalis biasanya pun minimalis. Sebaiknya tahan diri untuk tidak terlalu banyak menyimpan barang-barang pribadi di kamar.

Manfaatkan bagian sudut ruang untuk menaruh furnitur seperti lemari atau meja sudut. Usahakan Anda memiliki saluran ventilasi yang cukup untuk mengalirkan udara agar ruangan tidak lembap. Gunakan exhaust jika perlu.

Furnitur multi fungsi merupakan teman bagi ruang yang sempit. Anda bisa memanfaatkan closet atau lemari dinding berlapis cermin atau tempat tidur yang memiliki rak penyimpanan di bagian kolong atau headboard.

Agar ruang kamar tidur di dalam rumah minimalis lebih "hidup", gunakan kombinasi dua warna untuk melapisi dinding kamar. Beberapa pakar desain interior menyarankan untuk memberi warna berbeda pada dinding di bagian belakang headboard tempat tidur.

Lihat juga: Cari Rumah Minimalis Harga Ekonomis di Cikarang?

Ukuran meja kustom yang mungil dan sederhana bisa membuat ruang tamu Anda terkesan luas dan stylish.

Ukuran meja kustom yang mungil dan sederhana bisa membuat ruang tamu Anda terkesan luas dan stylish.

Ruang Keluarga

Pada rata-rata desain rumah minimalis, ruang keluarga biasanya menyatu dengan ruang tamu. fungsi ruangan ini menjadi tempat berkumpul keluarga yang nyaman sekaligus juga tempat menerima tamu. Menciptakan suasana ruang keluarga yang nyaman di rumah minimalis akan menjadi nilai plus.

Anda disarankan memilih floating furniture atau furnitur dengan bagian kolong terbuka untuk mengisi ruang keluarga dengan luas ruangan kecil. Kolong-kolong terbuka akan menciptakan lebih banyak aliran udara dan juga membuat pandangan mata menjadi leluasa.

Namun jika Anda tetap menyukai sofa dengan kolong tertutup sebaiknya pilih sofa multi fungsi. Misal yang memiliki ruang peyimpanan atau laci bagian bawahnya. Anda bisa mengkombinasikan sofa dengan lounge chair atau arm chair.

Menempatkan coffee table ukuran bundar atau persegi sebagai kombinasi kursi atau sofa di ruang keluarga sedang digemari dalam tren dekorasi rumah minimalis. Ingat untuk tidak terlalu banyak menaruh barang-barang hiasan rumah lain di atasnya. Satu vas bunga kecil rasanya sudah cukup.

Pemilihan cat pelapis dinding di ruang keluarga tergantung pada tema yang ingin Anda tampilkan.  Untuk menghadirkan kesan kehangatan Anda bisa mengaplikasikan warna krem (beige) atau putih. Untuk menciptakan kesan luas gunakan warna-warna seperti blue navy (biru laut) atau turquise.

Jika ruang keluarga Anda terpapar banyak sinar matahari, sebaiknya gunakan warna-warna cerah seperti hijau lemon (lime green) misalnya.

Baca juga: Berburu Rumah Minimalis Murah

Dapur

Dapur menjadi bagian penting dari sebuah rumah. Apalagi jika Anda hobi memasak. Karena dari ruang ini ide-ide dan kreativitas Anda dalam menghasilkan makanan-makanan lezat tercipta. Namun dapur juga identik dengan ruang kotor sehingga sebagai bagian dari dekorasi rumah menata dapur memiliki tantangan tersendiri. Apalagi di rumah minimalis.

Sebelum lebih lanjut memberi banyak hiasan rumah di ruang dapur Anda, pastikan dulu jika ruang dapur Anda memiliki cukup ventilasi atau ruang sirkulasi udara yang menuju langsung ke ruang dengan udara terbuka. Ini dibutuhkan agar kesegaran aliran udara terjaga sehingga dapur tak menebarkan aroma tak sedap.

Anda bisa menggunakan exhaust untuk menciptakan sirkulasi udara tersebut atau membuang asap saat memasak.

Dalam mendekorasi ruang dapur prinsip less is more sebaiknya digunakan. Semakin sederhana dekorasi yang Anda aplikasikan maka akan semakin bagus. Jika ingin menggunakan kitchen set perhatikan dulu desain arsitektur ruang dapur Anda.

Jika ruangan memiliki banyak sudut, sebaiknya pilih kitchen set model 'L' ketimbang model 'U'. Selain terlihat elegan, desain kitchen set model ini juga memberi banyak ruang untuk menaruh berbagai barang-barang kecil di dapur.

Pastikan posisi kompor berada dekat dengan jendela atau ventilasi udara agar memudahkan sirkulasi udara. Untuk menghemat tempat, lebih gunakan floating closet atau lemari dinding yang menggantung. penghematan juga bisa dilakukan dengan meletakkan furnitur dapur yang memiliki multi fungsi.

Jangan letakkan tabung gas di dalam lemari atau ruang tertutup karena bisa berpotensi mengakibatkan ledakan jika terjadi kebocoran. Tabung gas harus berada di ruang terbuka dan dekat dengan sirkulasi udara.

Untuk pewarnaan dinding, menggunakan warna-warna terang seperti kuning lemon atau putih bis a menghadirkan kesan luas. Jika dapur Anda memiliki banyak ruang terbuka untuk masuknya sinar matahari, penggunaan warna-warna berani seperti oranye atau merah bisa menjadi pilihan. paparan sinar yang masuk akan memberikan gradasi tersendiri yang menguatkan warna tersebut.

Selain itu, warna-warna berani juga bisa membangkitkan semangat. Memberikan sentuhan motif strip pada dinding dapur bisa menghindarkan suasana bosan di dapur.  

Baca juga: Cara Membuat Taman Minimalis Di Lahan Sempit

Semua tip dekorasi rumah tersebut bisa mengubah rumah minimalis menjadi rumah cantik. Pemasangan hiasan rumah di setiap bagian ruang sebaiknya diseimbangkan dengan pemilihan dekorasi furnitur.

Cari tahu lebih banyak tentang tip mendekorasi rumah minimalis di Rumah.com

Baca Selanjutnya

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan