Turbin Ventilator Rumah Buat Rumah Lebih Adem

Turbin Ventilator Rumah adalah salah satu pilihan untuk rumah Anda menjadi adem dan tak terasa lembap. Inilah artikel mengenai Turbin Ventilator di rumah serta cara penggunaannya.
Alt Text - Lebih Adem dengan Turbin Ventilator Rumah
Turbin ventilator rumah menjadi solusi untuk rumah menjadi sejuk walau tinggal di iklim tropis atau saat musim kemarau. (Foto: FindlayRoofing - Flickr)

RumahCom - Mempunyai rumah dengan iklim tropis memiliki kekurangan dimana udara rumah menjadi panas dan lembap. Seperti di Indonesia, rata-rata daerahnya memiliki kelembapan yang tinggi dan cuaca panas jika musim kemarau datang. Lalu bagaimana mencari solusi untuk rumah tetap adem? Memasang pendingin seperti AC memang menjadi solusi paling praktis. Tetapi jika AC dihidupkan seharian, kemungkinan besar kulit kita cepat dehidrasi dan biaya listrik yang membengkak.

Turbin ventilator rumah dapat menjadi solusi untuk mendapatkan sirkulasi udara yang lancar serta membawa udara dingin ke rumah. Agar Anda bisa mengetahui turbin ventilator rumah lebih jauh maka artikel kali ini akan membahas mengenai:

  • Apa itu Turbin Ventilator Rumah
  • Manfaat Turbin Ventilator Rumah
  • Jenis-Jenis Turbin Ventilator Rumah
  • Cara Pemasangan Turbin Ventilator Rumah
  • Tips Merawat Turbin Ventilator Rumah Agar Awet
Cara Mudah Mengecek Legalitas Tanah

Mengurus Sertifikat Tanah, Hukum, dan Pajak Properti

Cara Mudah Mengecek Legalitas Tanah

Apa itu Turbin Ventilator Rumah

 Turbin ventilator rumah tak menggunakan listrik serta berputar otomatis dengan hembusan angin. (Foto: Pexels - Artem Podrez)

Turbin ventilator rumah tak menggunakan listrik serta berputar otomatis dengan hembusan angin. (Foto: Pexels - Artem Podrez)

Turbin ventilator rumah merupakan exhaust fan atau roof fan yang berguna untuk menghisap udara panas, debu, serta sebagai sirkulasi udara. Bentuk turbin ventilator ini seperti kubah dengan sirip melingkar.

Pemasangan turbin ventilator biasanya berada di atap-atap rumah atau gedung. Sering dikenal juga wind catcher, turbin ventilator rumah ini menggunakan sifat angin yaitu menarik udara panas bertekanan tinggi di dalam rumah kemudian menghembuskannya di sekitar turbin melalui sirip-siripnya.

Angin yang berhembus, kemudian ditangkap sirip dan dialirkan ke dalam ruangan, sehingga membuat udara yang terjebak di plafon keluar dari rongga atap. Maka dari itu, sirkulasi udara lebih maksimal dan rumah ‘bernapas’ lebih leluasa, baik di musim kemarau maupun musim hujan.

Turbin ventilator rumah tak menggunakan listrik serta berputar otomatis dengan embusan angin. Alat ini juga bisa berputar, karena perbedaan tekanan udara di dalam dan di luar ruangan, dimana secara alamiah udara panas di dalam ruangan akan mengalir dan menekan keluar melalui sirip-sirip turbin.

Nah, Anda sudah mengetahui cara kerja turbin ventilator rumah yang membuat sirkulasi udara lebih baik. Apabila Anda sedang mencari hunian dengan ventilasi udara yang baik, berikut listing hunian rumah di Semarang dibawah Rp 1 miliar yang cocok untuk Anda.

Manfaat Turbin Ventilator Rumah

Turbin ventilator rumah mempunyai fungsi untuk menyerap debu, kotoran dan asap di dalam rumah. (Foto: trinityroofingconstruction.com)

Turbin ventilator rumah mempunyai fungsi untuk menyerap debu, kotoran dan asap di dalam rumah. (Foto: trinityroofingconstruction.com)

Dengan adanya turbin ventilator rumah, memudahkan terjadinya pertukaran udara di dalam rumah. Tak hanya itu turbin ventilator rumah mempunyai fungsi untuk menyerap debu, kotoran dan asap di dalam rumah. Dengan begitu rumah Anda akan lebih bersih. Masih banyak manfaat turbin ventilator rumah selengkapnya akan dijelaskan di bawah ini:

  • Ventilasi di atap

Udara panas perlu dipindahkan dari loteng ke luar, sehingga kelembapan tidak menumpuk dan menyebabkan jamur, pembusukan, atau masalah kelembapan lainnya Karena turbin dipasang langsung ke ruang loteng, turbin dapat menyedot udara lembap secara efektif.

  • Ramah lingkungan

Proses kerja jenis exhaust fan yang satu ini cukup ramah lingkungan, karena sistem kerjanya mengundang angin masuk ke dalam ruangan. Bahan baku turbin ventilator sendiri terbuat dari stainless steel atau aluminium yang kuat dan tahan lama dari cuaca serta suhu udara ekstrim.

  • Lebih Hemat Listrik

Kelebihan turbin ventilator rumah yang lain adalah mengurangi penggunaan listrik alias hemat biaya dan energi. Sistem penggeraknya menggunakan angin dan bisa digunakan selama 24 jam non-stop. Namun, turbin ventilator bisa kurang efektif jika rumah Anda berada di lingkungan padat dan tidak ada angin sama sekali.

  • Mudah Dipasang

Pemasangan turbin ventilator rumah ini cukup mudah. Tak harus di tengah atap Anda bisa memasangnya di bagian pinggir atap rumah atau sisi lainnya. Namun, pemasangannya tetap tidak boleh sembarangan, karena harus bertumpu pada rangka atap dan diikat dengan sekrup agar kokoh. Alat ini bisa jadi alternatif pendingin ruangan yang hemat energi selain AC.

Tonton video yang informatif berikut ini untuk mempelajari tips beli rumah lelang bank yang bisa Anda ikuti dengan mudah!

 

Jenis-Jenis Turbin Ventilator Rumah

Turbin ventilator rumah mempunyai beberapa jenis ukuran dengan perbedaan daya hisap.  (Foto: bestconsumerreviews.com)

Turbin ventilator rumah mempunyai beberapa jenis ukuran dengan perbedaan daya hisap.  (Foto: bestconsumerreviews.com)

Turbin ventilator rumah mempunyai beberapa jenis ukuran, yang membedakan ukurannya adalah daya hisap yang dihasilkan masing-masing turbin ventilator. Berikut adalah beberapa jenis turbin ventilator rumah:

  1. TURBIN VENTILATOR UKURAN 18 Inc.
  1. Berdiameter luar 45 cm,
  2. Berdimensi ukuran 75 x 68 x 68,
  3. Berat aluminium 4,5 kg,
  4. Berat stainless steel 8,5 kg,
  5. Kapasitas Hisap : 42,39 m3 /menit
  1. TURBIN VENTILATOR UKURAN 24 Inc.
  1. Berdiameter luar 60 cm,
  2. Berdimensi ukuran 100 x 86 x 86,
  3. Berat aluminium 8,5 kg,
  4. Berat stainless steel 13,5 kg,
  5. Kapasitas Hisap : 75,36 m3 /menit
  1. TURBIN VENTILATOR UKURAN 30 Inc.
  1. Berdiameter luar 75 cm,
  2. Berdimensi ukuran 120 x 100 x 100,
  3. Berat aluminium 13,5 kg,
  4. Berat stainless steel 19,5 kg,
  5. Kapasitas Hisap : 117,75 m3 /menit
  1. TURBIN VENTILATOR UKURAN 36 Inc.
  1. Berdiameter luar 90 cm,
  2. Berdimensi ukuran 140 x 130 x 130,
  3. Berat aluminium 19,5 kg,
  4. Berat stainless steel 27 kg,
  5. Kapasitas Hisap : 169,56 m3 /menit.
  1. TURBIN VENTILATOR UKURAN 42 Inc.
  1. Berdiameter luar 105 cm,
  2. Berdimensi ukuran 148 x 134 x 134,
  3. Berat aluminium 21 kg,
  4. Berat stainless steel 30 kg,
  5. Kapasitas Hisap: 222 m3 /menit.
Tip Rumah
Pemasangan turbin ventilator di rumah harus dibantu oleh ahlinya agar terhindar dari kerusakan atau kecelakaan.

Cara Pemasangan Turbin Ventilator Rumah

Pemasangan turbin ventilator rumah memang lebih mudah namun tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda harus mengontak pihak penyedia jasa pemasangan turbin ventilator rumah. Tetapi, Anda bisa memastikan pemasangan turbin ventilator yang tepat dan sesuai kebutuhan dengan mengawasi beberapa hal berikut,

  • Pastikan Anda memasang di area atas yang sering terpapar asap

Sebelum Anda memasang turbin ventilator rumah di genteng, pastikan Anda menentukan area yang ingin dipasang. Contoh Anda memasang turbin persis di atas dapur, dengan pertimbangan agar asap bekas memasak bisa langsung terhisap ke atas.

  • Pastikan Anda memeriksa atap dan genteng sebelum memasang turbin ventilator

Anda disarankan memeriksa keadaan atap dan genteng dulu sebelum memasang turbin. Tujuannya agar mencegah kebocoran saat hujan yang menimpa rumah.

  • Pastikan Anda menentukan ukuran turbin sebelum membeli

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli turbin ventilator rumah, jangan lupa untuk cek ukuran turbin. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.

Tips Merawat Turbin Ventilator Rumah Agar Awet

Masalah umum dengan turbin ventilator rumah adalah bahwa alat ini suka mengeluarkan bunyi derit di kemudian hari. (Foto: preferredroofingsupply.com)

Masalah umum dengan turbin ventilator rumah adalah bahwa alat ini suka mengeluarkan bunyi derit di kemudian hari. (Foto: preferredroofingsupply.com)

Meskipun turbin ventilator rumah tahan lama, namun alat ini juga tetap bisa rusak. Terutama bila sering terkena badai atau loteng yang lembap. Paparan cuaca yang berganti menyebabkan karat, keausan dan masalah lainnya.

Masalah umum dengan turbin ventilator rumah adalah bahwa alat ini suka mengeluarkan bunyi derit di kemudian hari. Aplikasikan oli secara teratur untuk mencegah masalah ini, dan pilih model berkualitas tinggi karena tidak akan terlalu banyak mengalami derit.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan