Begini Cara Menentukan Ukuran Anak Tangga, Beserta Tips dan Desainnya

Inilah kumpulan tips dan cara untuk menentukan ukuran anak tangga di rumah Anda.
Ukuran Anak Tangga 1

RumahCom – Rumah adalah sebuah tempat tinggal yang sangat nyaman dan Anda memiliki banyak kesempatan untuk menjadikan tempat tinggal Anda agar bisa menjadi lebih menarik dan lebih nyaman untuk ditinggali. Salah satu cara untuk melakukan perubahan tersebut pada rumah Anda adalah dengan melakukan sebuah renovasi. Renovasi umumnya dilakukan apabila Anda memiliki sebuah rencana untuk merubah tampilan dari rumah ataupun menambah lantai rumah Anda agar luas bangunan bisa menjadi lebih luas dan cocok untuk ditempati oleh keluarga besar Anda.

Dalam melakukan renovasi untuk menambah lantai pada rumah Anda tentunya membutuhkan banyak perubahan yang harus dilakukan dan salah satunya adalah dengan membuat sebuah anak tangga baru di rumah Anda. Membuat sebuah anak tangga tidak boleh dilakukan secara sembarangan dikarenakan sifatnya yang sangat vital. Agar Anda bisa membuat sebuah anak tangga yang baik dan benar maka pada artikel kali ini akan dibahas mengenai:

  1. Ukuran Anak Tangga dibuat Senyaman Mungkin
  2. Ukuran Anak Tangga Ideal
  3. Cara Merencanakan Membuat Anak Tangga
    1. Membuat Perhitungan Tempat
    2. Membagi Tinggi Tangga dengan Ukuran Anak Tangga
    3. Membuat Ukuran Lebar Anak Tangga
  4. Komponen Detail Tangga
    1. Anak Tangga
    2. Ibu Tangga
    3. Pegangan Tangga
    4. Bordes
    5. Baluster
    6. Pengaman Pijakan

1. Ukuran Anak Tangga dibuat Senyaman Mungkin

Ukuran anak tangga haruslah menyesuaikan dengan kondisi yang ada. (Foto: Pexels)

Ukuran anak tangga haruslah menyesuaikan dengan kondisi yang ada. (Foto: Pexels)

Membangun sebuah anak tangga tidak bisa dilakukan secara sembarangan tanpa adanya perhitungan yang baik dan benar. Dengan melakukan perhitungan yang baik maka otomatis bisa mengurangi terjadinya risiko atau hal yang tidak diinginkan.

Dilansir dari Wikipedia, tangga adalah sebuah konstruksi yang dirancang untuk menghubungkan antara tingkat yang satu dengan yang lain pada sebuah bangunan. Di dalam sebuah tangga terdapat beberapa anak tangga yang dirancang sedemikian rupa dan bisa dibentuk menyesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan.

Tangga merupakan sebuah penghubung yang ada pada sebuah bangunan bertingkat agar siapa saja bisa melakukan akses pada setiap lantai dengan mudah. Setiap tangga beserta anak tangga wajib memiliki tinggi dan lebarnya yang sesuai. Tangga yang terlalu curam dengan anak tangga yang sempit sangatlah tidak nyaman dan bisa membahayakan bagi penggunanya. Selain itu juga anak tangga yang berukuran kecil sangatlah tidak baik untuk penghuni rumah yang sudah lanjut usia.

Baca Juga: Update Harga Besi Beton Terbaru, Terlengkap dan Termurah

Perhitungkan terlebih dahulu ukuran ruangan tempat Anda ingin membangun sebuah tangga untuk memastikan adanya tempat yang mencukupi untuk membangun sebuah tangga. Dengan mengetahui ukuran ruangan yang ada Anda juga bisa menjadi membuat sebuah perkiraan model tangga seperti apa yang Anda inginkan untuk dibangun.

Model tangga sendiri ada cukup beragam mulai dari tangga batu biasa yang membutuhkan ruangan lebih besar dan tangga putar yang tidak terlalu memakan tempat namun memiliki ukuran pijakan yang lebih kecil.

2. Ukuran Anak Tangga Ideal

Setiap tangga membutuhkan ukuran anak tangga yang ideal. (Foto: Pexels)

Setiap tangga membutuhkan ukuran anak tangga yang ideal. (Foto: Pexels)

Dilansir dari Hunker, ukuran anak tangga yang nyaman dan ideal harus memiliki lebar minimal setidaknya 80cm dan ukuran lebar anak tangga yang standar adalah berukuran 110cm. Tidak hanya itu saja, setiap anak tangga juga memiliki tinggi ideal yaitu mulai dari 22cm hingga 27cm per anak tangga agar siapa saja bisa naik dan menuruni tangga dengan aman.

Ingin membangun rumah satu tingkat menjadi dua tingkat harus memerhatikan ukuran tangga yang ideal. Anda bisa melihat beragam model tangga menarik. Berikut ini pilihan properti mewah Rp1 milliar di DKI Jakarta.

3. Cara Merencanakan Membuat Anak Tangga

Membuat anak tangga membutuhkan perencanaan yang baik dan benar. (Foto: Bob Vila)

Membuat anak tangga membutuhkan perencanaan yang baik dan benar. (Foto: Bob Vila)

Dalam membangun atau merenovasi sebuah rumah, tangga adalah salah satu poin yang paling penting untuk diperhatikan baik secara perhitungannya dan secara struktural agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Membangun sebuah tangga sudah sewajarnya untuk dilakukan oleh seorang ahli untuk mengurangi risiko yang ada. Akan tetapi, Anda juga masih bisa membuat perancangannya sendiri dengan mengikuti berbagai referensi yang ada. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk merencanakan membuat anak tangga yang dilansir dari WikiHow:

a. Membuat Perhitungan Tempat

Tahapan perencanaan membuat tangga yang pertama harus Anda lakukan adalah dengan membuat perhitungan tempat yang Anda rencanakan untuk membuat tangga. Dengan membuat perhitungan tempat maka Anda bisa membuat perkiraan apakah tangga yang akan Anda bangun cukup terjal atau tidak. Selain itu juga Anda bisa membuat perkiraan jenis tangga apakah yang akan Anda gunakan untuk di rumah Anda.

b. Membagi Tinggi Tangga dengan Ukuran Anak Tangga

Tahapan berikutnya adalah Anda harus membagi tinggi dari tangga yang ada dengan ukuran anak tangga. Dengan membagi tinggi dari tangga maka Anda akan bisa mendapatkan perhitungan berapa banyak jumlah anak tangga yang Anda miliki. Dengan menggunakan acuan tinggi setiap anak tangga mulai dari 17cm hingga 20cm dan total tinggi tangga maka Anda bisa menghitung jumlah anak tangga yang ada.

Sebagai contoh, anggaplah tinggi total tangga yang akan Anda bangun adalah 240cm lalu dibagi dengan tinggi anak tangga sebesar 18cm maka Anda akan mendapatkan angka sebesar 13.3cm dan dibulatkan menjadi 13. Angka 13 itulah yang akan menjadi jumlah anak tangga yang ada pada tangga tersebut.

c. Membuat Ukuran Lebar Anak Tangga

Agar Anda dan anggota keluarga yang lain bisa menginjak anak tangga secara sempurna dan aman maka Anda harus menghitung lebar dari setiap anak tangga yang ada. Pada umumnya, ukuran normal lebar anak tangga yang baik adalah sebesar 25cm. Namun, apabila ukuran ruangan Anda sangat terbatas maka Anda masih bisa mengecilkan lebarnya hingga minimal 20cm.

Tip Rumah
Penghitungan ukuran anak tangga sangat menentukan keamanan dari tangga yang akan Anda bangun.

4. Komponen Detail Tangga

Setiap tangga memiliki komponennya yang berbeda-beda. (Foto: The Spruce)

Setiap tangga memiliki komponennya yang berbeda-beda. (Foto: The Spruce)

Tangga memiliki susunan yang terdiri dari beberapa bagian yang berbeda dan perlu diperhitungkan secara seksama agar dapat digunakan dengan baik. Jika Anda lalai dalam membuat perhitungannya maka bisa mengakibatkan tangga menjadi sangat tidak nyaman untuk digunakan dan sangat membahayakan bagi Anda dan keluarga. Tangga juga memiliki beberapa komponen yang berbeda dan perlu untuk Anda ketahui. Dilansir dari Oz Stair, inilah beberapa komponen tangga yang perlu Anda ketahui:

a. Anak Tangga   

Anak tangga merupakan sebuah bagian yang Anda injak ketika sedang menaiki atau menuruni tangga. Anak tangga merupakan salah satu bagian yang krusial untuk menciptakan rasa aman bagi siapa saja yang sedang menggunakan tangga. Ukuran anak tangga yang terlalu kecil akan membuat Anda menjadi lebih susah untuk mendapatkan pijakan dan bisa mengakibatkan Anda terjatuh apabila tidak berhati-hati.

b. Ibu Tangga

Ibu tangga adalah tempat dari anak tangga untuk bertumpu dan menjadikan sebuah penyangga beban dari tangga akan dibangun. Bentuk dari ibu tangga berbeda-beda dan akan menyesuaikan bentuk atau model dari tangga yang Anda bangun.

c. Pegangan Tangga

Agar tangga bisa menjadi lebih aman untuk digunakan maka umumnya akan dipasangkan sebuah pegangan tangga. Pegangan tangga harus memiliki ketahanan terhadap daya beban sandaran yang tinggi agar tidak jebol ketika dipegang atau terkena sesuatu yang keras. Pemilihan bentuk pegangan tangga yang tepat akan membuat tampilan dari tangga bisa menjadi terlihat lebih menarik.

Apakah Anda memiliki rencana untuk membeli rumah hasil lelang bank? Simak video berikut untuk mengetahui tahapan-tahapan terbaiknya.

d. Bordes

Apabila tangga yang akan Anda bangun terlalu panjang maka diperlukan sebuah bordes sebagai tempat untuk beristirahat atau berhenti. Bordes adalah sebuah bidang datar pada tangga yang memungkinkan kaki melangkah dengan normal setidaknya sebanyak dua atau tiga kali sebelum Anda harus menaiki tangga kembali. Umumnya bordes dibuat pada setiap 10 atau 14 anak tangga sekali agar Anda tidak melelahkan dalam menaiki tangga.

e. Baluster

Baluster ini adalah bagian yang berdiri tegak lurus pada lantai yang menyangga pegangan tangga dan memiliki fungsi sebagai penghalang pada bagian tangga yang terbuka. Komponen baluster ini juga sangat penting seperti pegangan tangga karena bisa menjaga agar anak Anda dan orang tua bisa menaiki tangga dengan aman.

f. Pengaman Pijakan

Salah satu bagian yang sangat penting pada sebuah tangga adalah pengaman pijakan. Setiap tangga membutuhkan pengaman pijakan agar siapa saja bisa menaiki atau menuruni tangga dengan aman. Salah satu bentuk pengaman pijakan umumnya memiliki bahan dasar karet atau sesuatu yang memiliki tekstur kasar yang membuat siapa saja bisa menginjak tangga tanpa harus takut terpeleset.

Pengaman pijakan ini sangat penting untuk ada pada tangga karena tangga umumnya bisa licin dan akan sangat berbahaya apabila terpeleset secara sengaja atau tidak.

Cara Menghitung Bunga KPR

Mengajukan KPR dan Mengatur Cicilan

Cara Menghitung Bunga KPR

Itulah beberapa cara untuk menentukan ukuran anak tangga beserta tips dalam membuat tangga agar bisa dinaiki lebih aman bagi siapa saja. Anda juga bisa berkreasi untuk memikirkan tipe tangga apa saja yang cocok untuk di rumah Anda agar bisa membuat rumah Anda menjadi lebih menarik.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Rumah Tingkat Dua Lengkap Review Properti

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan