Panduan Ukuran Carport yang Ideal dan Rekomendasi Perancangannya

Rumah yang ideal tentunya juga harus dilengkapi fasilitas yang fungsional, salah satunya adalah carport untuk kendaraan Anda.
Ukuran carport foto utama
Carport adalah alternatif garasi untuk melindungi kendaraan Anda.

RumahCom – Jika Anda memiliki kendaraan maka sudah seharusnya hunian Anda memiliki carport guna menyimpan kendaraan Anda tersebut. Carport kini tak hanya digunakan untuk melindungi kendaraan dari segala cuaca tapi juga berfungsi menambah estetika hunian Anda. Dengan mempertimbangkan rancangan, material, dan ukuran carport, Anda bisa membuat carport ideal untuk hunian Anda.

Sebelumnya, apa bedanya carport dengan garasi? Keduanya sama-sama tempat meletakkan kendaraan Anda. Namun, garasi berbentuk ruangan tertutup dengan empat dinding di semua sisi, sementara carport biasanya hanya terdiri dari dua sisi dengan atau tanpa atap. Carport juga bisa digunakan untuk memarkirkan kendaraan sebelum memasukkannya ke garasi.

Baca juga: Punya Mobil Harus Punya Parkiran Mobil. Yuk, Bikin di Rumah!

Posisinya yang selalu berada di depan rumah membuatnya menjadi bagian tampilan fasad rumah. Karena itu, penting untuk memperhatikan desain dan ukuran carport. Simak poin-poin berikut ini terlebih dahulu agar Anda dapat merancang carport ideal di rumah:

  1. Panduan Ukuran Carport yang Ideal
    1. Jarak Aman Ukuran Carport
    2. Ukuran Carport untuk Satu Mobil
    3. Ukuran Carport untuk Dua Mobil
  2. Pertimbangan Membangun Carport di Rumah
  3. Lima Rekomendasi dalam Membuat Carport yang Fungsional dan Cantik
    1. Sesuaikan dengan Tampilan Rumah
    2. Proporsi Seimbang
    3. Jangan Buat Desain Monoton
    4. Prioritaskan Fungsi
    5. Perhatikan Lantai Carport

Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

1. Panduan Ukuran Carport yang Ideal

Ukuran carport bergantung pada ukuran mobil Anda juga. (Foto: Pinterest)

Ukuran carport bergantung pada ukuran mobil Anda juga. (Foto: Pinterest)

Carport biasanya dibangun karena keterbatasan lahan, sehingga tidak dimungkinkan untuk membangun garasi di dalam rumah untuk kendaraan. Bisa juga, karena Anda memiliki kendaraan yang jumlahnya lebih banyak daripada ruangan garasi yang tersedia sehingga Anda harus menempatkannya di luar rumah. Anda harus mempertimbangkan ukuran carport dari berbagai aspek, bukan hanya ukuran mobilnya saja, namun juga jarak aman, ketinggian, dan ruang gerak di sekitar mobil.

a. Jarak Aman Ukuran Carport

Meski dengan lahan yang terbatas, Anda harus pertimbangkan juga jarak aman ukuran carport untuk memastikan mobil dapat diparkir dengan aman dan Anda dapat tetap bergerak di sekitarnya. Usahakan untuk memberikan jarak aman ukuran carport sekitar 1 meter dari ukuran mobil sesungguhnya. Misalnya, jika lebar mobil 1,7 meter, lebar ukuran carport dibuat sekitar 2,5 meter. Sedangkan untuk panjang mobil 4,5 meter, buat panjang ukuran carport menjadi 6 meter.

b. Ukuran Carport untuk Satu Mobil

Ingatlah untuk menyesuaikan ukuran carport dengan ukuran mobil Anda sendiri. Tapi untuk ukuran carport ideal umumnya Anda dapat mengikuti patokan berikut ini:

  • Lebar: 2,5 meter
  • Panjang: 6 meter
  • Tinggi: 2,5 meter
  • Jarak aman dengan dinding samping: 1 meter
  • Kemiringan lantai: 1-2,5 ke arah depan
  • Jalur ban mobil: 50-75 cm
  • Ruang gerak di sekitar: 1 meter

c. Ukuran Carport untuk Dua Mobil

Nah, jika Anda memiliki lebih dari 1 mobil, dan ingin menempatkannya di carport juga, Anda harus perhitungkan ukuran carport dengan lebih seksama. Biasanya mobil diparkirkan berdampingan (menyamping), bukan berjajar ke belakang. Tentunya, Anda harus perhatikan ukuran lahan yang tersedia untuk kebutuhan Anda. Berikut ini rekomendasi ukuran carport untuk 2 mobil:

  • Lebar: 6 meter
  • Panjang: 6 meter
  • Tinggi: 2,5 meter
  • Jarak aman dengan dinding samping: 1 meter
  • Jarak antara mobil: 60-80 cm
  • Kemiringan lantai: 1-2,5% ke arah depan
  • Jalur ban mobil: 50-75 cm
  • Ruang gerak di sekitar: 1 meter
Tip Rumah
Saat menentukan lokasi carport, perhatikan agar carport dan mobil di dalamnya tidak menghalangi akses keluar masuk rumah

2. Pertimbangan Membangun Carport di Rumah

Selain ukuran carport, ada beberapa pertimbangan membangun carport. (Foto: Arsitag)

Selain ukuran carport, ada beberapa pertimbangan membangun carport. (Foto: Arsitag)

Lahan yang dibutuhkan untuk membangun carport serta pembangunannya sendiri bukanlah hal yang mudah dan murah. Tergantung pada ukuran carport itu sendiri, Anda mungkin perlu menyiapkan anggaran spesifik sebelum memulai pembangunan. Meskipun membangun carport lebih murah daripada garasi, Anda tetap harus mempertimbangkan matang-matang beberapa hal dalam tahap rancangannya agar tetap ekonomis. Hal pertama yang perlu Anda tanyakan kepada diri sendiri adalah jenis mobil, dan berapa ukuran mobil yang akan Anda letakkan di carport?

Dari situ, Anda akan dapat memperhitungkan luas lahan dan ukuran carport yang dibutuhkan. Menentukan ukuran carport adalah langkah yang penting. Selain segi fungsional carport untuk melindungi kendaraan, jangan lupa untuk mempertimbangkan rancangan carport dengan konsep arsitektur rumah Anda sendiri. Karena carport berada di bagian depan rumah, desainnya juga dapat mempengaruhi tampilan fasad rumah. Jangan sampai rancangannya bertabrakan dengan gaya rumah Anda. Jadi jika Anda punya kendaraan maka wajib punya carport di rumah. Cek di sini untuk pilihan rumah dengan carport mulai harga Rp500 jutaan!

Aspek lainnya yang juga penting adalah pemilihan material, baik untuk rangka, atap maupun lantai carport. Material rangka biasanya terbuat dari besi hollow, baja ringan, atau kayu. Sesuaikan material yang digunakan dengan daya tahan, cara perawatan, dan lokasi rumah Anda sendiri. Untuk lantai, beberapa pilihan material di antaranya adalah semen, beton, atau batu alam. Sementara untuk material atap, yang paling populer adalah polikarbonat.

3. Lima Rekomendasi dalam Membuat Carport yang Fungsional dan Cantik

Selain fungsional, carport juga bisa menjadi elemen desain. (Foto:Pinterest)

Selain fungsional, carport juga bisa menjadi elemen desain. (Foto:Pinterest)

Setelah Anda menemukan ukuran carport yang sesuai, masih ada beberapa tips yang perlu Anda simak untuk membuat carport yang fungsional sekaligus menambah estetika hunian Anda. Carport yang dirancang dengan baik bukan hanya memperindah fasad rumah, tapi juga melindungi mobil Anda dari elemen cuaca dengan baik untuk waktu yang lama. Simak beberapa tips merancang carport berikut ini:

a. Sesuaikan dengan Tampilan Rumah

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah keselarasan. Ciptakan carport yang selaras dengan desain rumah Anda. Jangan sampai terjadi kontradiksi gaya atau konsep. Misalnya, jika rumah Anda berkonsep minimalis modern, jangan membuat desain atap carport dengan desain tradisional kayu berukir.

b. Proporsi Seimbang

Seringkali desain carport menyita ukuran fasad sehingga menutup tampilan rumah. Karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan proporsi carport. Hindari mendesain carport menggunakan material solid. Rancang carport agar lebih terbuka, misalnya menggunakan material transparan untuk bagian atap. Atau, buat atap model partisi bercelah sehingga terlihat lebih terbuka. Perhatikan ukuran carport agar sesuai luas lahan yang tersedia juga seimbang dengan tampilan rumah keseluruhan

Saksikan tips menata hunian yang instagrammable lewat video ini.

 

c. Jangan Buat Desain Monoton

Kebanyakan orang merancang carport dengan desain ‘seadanya’ sehingga terkesan monoton. Padahal Anda boleh saja mendesain carport dengan bentuk yang menarik dan unik. Misalnya dengan bukaan kaca di bagian samping kanan dan kiri. Atau menggunakan atap model kerai yang dapat dibuka tutup. Bisa juga menambahkan dekorasi dengan tanaman rambat sehingga tampilan lebih cantik.

d. Prioritaskan Fungsi

Selalu utamakan fungsi di atas segalanya. Pastikan ukuran carport Anda mencukupi untuk batas minimal kendaraan. Untuk mewadahi satu mobil dan satu motor setidaknya diperlukan ukuran carport seluas 3×5 meter. Jika Anda memiliki lebih dari satu kendaraan, tinggal kalikan ukuran sejumlah kendaraan Anda. Ukuran carport juga harus mempertimbangkan ruang gerak dan jarak aman kendaraan jadi keluar masuk kendaraan lebih lancar.

e. Perhatikan Lantai Carport

Pilih material terbaik untuk lantai carport Anda. Batu alam, beton, dan keramik merupakan tiga material yang cukup populer dengan keunggulannya. Batu alam dan beton selain cepat kering dari basah juga kokoh untuk menahan berat kendaraan. Anda dapat menambahkan rumput atau parit kecil untuk mencegah genangan air.  Sementara keramik memiliki tekstur dan motif yang lebih beragam sehingga dapat membuat tampilan carport lebih menarik. Anda dapat memilih tekstur keramik yang kasar agar tidak licin saat terkena air.

Nah, itu dia ulasan ukuran carport yang dapat Anda terapkan di hunian Anda. Jangan lupa untuk menyimak tips dan rekomendasi di atas sebelum memulai rancangan carport, agar carport Anda dapat memberikan fungsi yang maksimal di rumah Anda.

Mengenal 10 Kanopi Minimalis dan Pilihan Desainnya

Tips Rumah dan Apartemen

Mengenal 10 Kanopi Minimalis dan Pilihan Desainnya

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Perumahan Minimalis Di Depok Sekitarnya

Masukan