6 Ukuran Kolam Renang Ideal dan Faktor Penting dalam Pembuatannya

Kadang ada yang berpikir punya kolam renang hanya untuk orang-orang tertentu saja. Tapi sebenarnya, semua orang bisa punya kolam renang.
heading 1

RumahComFasilitas rekreasi seperti teras, taman rumah, hingga kolam renang menjadi pertimbangan sebelum membeli atau membangun sebuah rumah. Keberadaan kolam renang di rumah tidak hanya bermanfaat untuk menyalurkan hobi berenang anggota keluarga, tapi juga membuat hunian Anda terasa sejuk dan bernuansa alam. Pemandangan yang disajikan, seperti birunya air serta gemericik yang ditimbulkan, memberikan sensasi rileks pada mata Anda. Semakin menarik bila pemandangan lanskap di sekitarnya dapat ditangkap dari dalam rumah.

Sebelum merencanakan pembuatan kolam renang di rumah Anda, ada baiknya Anda cari tahu dulu ukuran kolam renang yang tepat untuk kebutuhan Anda dan apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatannya. Apabila konstruksinya buruk atau tidak tepat, akan menyebabkan biaya pemeliharaan yang tinggi pula di kemudian hari. Berikut poin-poin yang akan dibahas dalam artikel ini:

  1. Pentingnya Menentukan Ukuran Kolam Renang
  2. Manfaat Memiliki Kolam Renang Di Rumah
  3. 6 Ukuran Kolam Renang Paling Umum Digunakan
    1. Ukuran Kolam Renang Rumahan
    2. Ukuran Kolam Renang untuk Anak-anak
    3. Ukuran Kolam Renang Publik
    4. Ukuran Kolam Renang Standar Nasional
    5. Ukuran Kolam Renang Standar Internasional
    6. Ukuran Kolam Sauna
  4. 8 Faktor Penting dalam Pembuatan Kolam Renang
    1. Teras atau Pool Deck
    2. Vegetasi
    3. Kedalaman Air 
    4. Air dan Sirkulasi
    5. Filterisasi
    6. Ketinggian Permukaan Lantai
    7. Suhu air
    8. Waterproofing

1. Pentingnya Menentukan Ukuran Kolam Renang

Luas dan bentuk rumah Anda dapat menentukan ukuran kolam renang yang akan dibangun nantinya. (Sumber: Pexels.com)

Luas dan bentuk rumah Anda dapat menentukan ukuran kolam renang yang akan dibangun nantinya. (Sumber: Pexels.com)

Langkah awal dalam membuat kolam renang ialah dengan mengidentifikasi ukuran dan bentuknya. Dengan begitu, Anda akan tahu dan bisa menentukan kolam renang seperti apa yang ingin dibangun. Seperti yang diketahui, banyak sekali ragam bentuk kolam renang yang bisa Anda pilih, mulai dari persegi panjang, grecian, oval, roman, lazy-L, dan true L. Dengan memahami dan melakukan pengukuran tersebut, Anda dan keluarga dapat mewujudkan kolam renang yang sesuai dengan kebutuhannya.

2. Manfaat Memiliki Kolam Renang di Rumah

2. Manfaat Memiliki Kolam Renang di Rumah

Selain untuk olahraga, ada banyak sekali manfaat yang Anda dapatkan dari memiliki kolam renang di dalam rumah. Kolam renang dapat dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi dan tempat berkumpul sanak keluarga. Dengan adanya kolam renang, sosialisasi saat ada pertemuan akan semakin lebih seru, apalagi untuk anak-anak. Selain itu, dengan adanya kolam renang juga bisa meningkatkan nilai jual rumah di masa mendatang.

Dengan berbagai manfaat tersebut, jangan lupa untuk tetap menyesuaikannya dengan konsep dan gaya rumah. Pastikan juga desain kolam bisa mengakomodir kebutuhan seluruh anggota keluarga, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Sehingga seluruh keluarga bisa menikmati fasilitas tersebut secara bersamaan. Berikut daftar rumah berhalaman dengan luas tanah 400-500 M² di Jakarta yang cocok untuk pembangunan kolam renang Anda dan keluarga.

3. 6 Ukuran Kolam Renang Paling Umum Digunakan

Sebelum membangun, tentukan dulu ukuran dan layout yang sesuai kebutuhan Anda. (sumber: pixabay)

Sebelum membangun, tentukan dulu ukuran dan layout yang sesuai kebutuhan Anda. (sumber: pixabay)

Kolam renang dapat termasuk sebagai ruang publik, karena di dalamnya akan terjadi interaksi banyak orang. Itulah sebabnya, ukuran penting untuk diperhatikan dengan memperhitungkan kebutuhan Anda.

a. Ukuran Kolam Renang Rumahan

Untuk penggunaan pribadi di rumah, tentunya hal yang paling penting diperhatikan adalah ketersediaan lahan untuk membangun kolam renang. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan jumlah orang yang akan menggunakannya. Misalnya, apakah hanya untuk Anda sendiri atau untuk seluruh anggota keluarga.

Ukuran standar kolam renang pribadi adalah 3 x 7 meter dengan kedalaman 60 cm di bagian dangkal hingga 2,5 meter di bagian paling dalam. Jika Anda mempunyai lahan yang lebih luas, bisa juga membuat dengan ukuran 4 x 10 meter atau 5 x 12 meter. Ukuran ini ideal untuk kolam yang ada di luar ruangan.

Sementara bagi Anda yang memiliki ruang super terbatas, Anda mungkin bisa mengakalinya dengan merancangnya dalam bentuk lain. Misalnya, setengah lingkaran, L, persegi, lingkaran, dll. Jika digunakan sendirian, bisa juga buat dengan gaya lap pool, sehingga tidak terlalu lebar, misalnya 2 x 8 meter. Cari inspirasi rancangannya di sini.

b. Ukuran Kolam Renang untuk Anak-anak

Kolam renang untuk anak-anak tentunya akan berukuran lebih kecil. Biasanya kolam anak tersedia dalam bentuk inflatable pool atau kolam karet yang diisi angin agar mengembang. Kolam seperti ini cocok untuk anak atau bahkan bayi yang belum bisa berenang. Anda cukup memompa kolam ini dengan udara, meletakkannya di halaman rumah lalu mengisinya dengan air.

Ukurannya sangat bervariasi. Paling kecil bisa 80 x 120 cm, sementara ukuran sedang sekitar 1,5 x 2 meter. Untuk kolam anak, yang lebih penting adalah kedalamannya. Idealnya kedalamannya hanya 60-80 cm, bisa lebih dangkal lagi jika untuk bayi, misalnya 30 cm. Memang kolam seperti ini fungsinya bukan untuk olahraga, tapi bermain atau berendam. Kolam seperti ini bisa menjadi pilihan buat Anda yang ingin mengenalkan aktivitas air kepada si kecil.

Kolam renang anak adalah salah satu fasilitas pendukung tumbuh kembang anak, simak video berikut untuk mencari tahu lebih banyak tentang topik ini.

 

c. Ukuran Kolam Renang Publik

Kolam renang publik digunakan oleh lebih banyak orang sehingga ukurannya pun harus lebih besar. Umumnya kolam publik memiliki lebar minimal 5 meter dan panjang 25 meter. Sementara kedalamannya harus dibuat bervariasi, biasanya dimulai dari 1 hingga 4 meter.

Tidak jarang kita dapat menemukan lebih dari 1 jenis kolam di kolam publik. Biasanya kolam renang tersebut dibedakan berdasarkan kedalamannya, misalnya yang lebih dangkal untuk anak-anak; atau berdasarkan posisinya, seperti kolam renang indoor dan outdoor.

d. Ukuran Kolam Renang Standar Nasional

Kolam renang jenis ini digunakan sebagai arena pertandingan olahraga akuatik dan memiliki standarnya sendiri. Di Indonesia sendiri, ukuran kolam renang nasional sebenarnya telah diatur dalam Permenpora nomor 0636 tahun 2014. Untuk kolam renang tipe B, yang digunakan dalam kejuaraan nasional, spesifikasinya adalah sebagai berikut:

Uraian

Tipe B

Ukuran arena

50 m x 21 m

Kedalaman

1,35 m - 3 m

Lintasan

8

Suhu

25° C – 28° C

e. Ukuran Kolam Renang Standar Internasional

Untuk kejuaraan internasional seperti Olimpiade atau Asian Games, Permenpora juga telah mengatur spesifikasi kolam renang yang digunakan, yakni untuk tipe A:

Uraian

Tipe A

Ukuran arena

50 m x 26 m

Kedalaman

3 m

Lintasan

10

Suhu

25° C – 28° C

Tetapi, jika Anda merujuk pada peraturan Federasi Renang Internasional (Fédération Internationale de Natation, disingkat FINA) maka ukuran kolam renang standar internasional disebutkan adalah 50 m x 25 m.

f. Ukuran Kolam Sauna

Untuk memaksimalkan relaksasi di rumah, ada juga jenis kolam sauna atau kolam rendam air panas. Kolam seperti ini fungsinya bukan untuk olahraga renang tapi untuk berendam. Ukurannya biasanya lebih kecil, sekitar 1,8 x 2 m. Ada juga yang berbentuk lingkaran dengan diameter 2 m. Satu kolam ini dapat memuat 4-6 orang dan biasanya berada di dekat kolam renang utama rumah.

Beberapa orang mungkin mengenal kolam jenis ini sebagai jacuzzi. Kolam ini dilengkapi dengan fitur jet yang menembakkan air bertekanan ke tubuh Anda untuk membuat otot tubuh lebih relaks dan memperlancar aliran darah.

2. 8 Faktor Penting dalam Pembuatan Kolam Renang

Ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan untuk membuat kolam renang yang indah di rumah Anda. (sumber: pixabay)

Ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan untuk membuat kolam renang yang indah di rumah Anda. (sumber: pixabay)

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika Anda hendak membangun kolam renang. Kolam di sebuah rumah bisa menjadi nilai tambah atau justru menambah masalah. Hal ini tergantung pada kualitas konstruksi yang dilakukan. Semakin bagus maka semakin sedikit membutuhkan perawatan. Karena itu, pikirkan matang-matang material, rancangan, dan hal-hal di sekitarnya.

Begitu banyak inspirasi desain kolam renang, namun Anda tetap harus menyesuaikannya dengan konsep dan gaya rumah. Pastikan juga desain kolam bisa mengakomodir kebutuhan seluruh anggota keluarga, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Sehingga seluruh keluarga bisa menikmati fasilitas tersebut secara bersamaan. Berikut listing rumah berhalaman luas yang cocok untuk pembangunan kolam.

a. Teras/Pool Deck

Area sekitar kolam renang sama pentingnya dengan struktur fisik kolam itu sendiri. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah teras atau pool deck. Ada banyak ide bagi Anda dalam membuat pool deck. Beberapa diantaranya seperti dek kayu, lantai dengan batuan alam, stepping stone yang disusun artistik atau bahkan teras yang menyatu langsung dengan bangunan rumah. Ada dua hal penting terkait pool deck ini. Pertama, teras yang dibuat haruslah anti selip dan tidak licin demi menjaga keselamatan dan kenyamanan Anda dan keluarga. Kedua, kebersihan dari pool deck. Anda dapat menggunakan mesin power washer agar pool deck selalu terlihat bersih dan mengkilap. Karena kebersihan teras kolam renang juga mempengaruhi kenyamanan keluarga Anda, bukan?

Tip Rumah
Letakkan bangku-bangku nyaman di teras kolam agar Anda bisa duduk santai dan mengobrol bersama keluarga sambil berenang, atau menyajikan cemilan dan minuman di hari yang panas.

b. Vegetasi

Setelah menentukan layout dan teras kolam, kini saatnya Anda menentukan vegetasi yang dapat mempercantik area di sekitar kolam Anda. Jika Anda menginginkan suasana alam yang natural, berikan sentuhan alami dengan menanam pohon kelapa, kamboja, dadap merah atau pisang kipas untuk mendampingi kolam renang tropis Anda. Namun jika Anda ingin menanam pohon lain, tidak masalah selama masih sesuai dengan konsep dan tema rumah Anda.

c. Kedalaman Air

Tidak hanya keindahan luarnya saja, keadaan fisik dari kolam renang juga harus diperhatikan. Salah satunya adalah kedalaman air. Untuk kolam dewasa, tingkat kedalaman airnya 1,4 meter hingga 2 meter. Anda dapat menggabungkan keduanya dengan membuat ramp sebagai pemisah kedalamannya. Bila Anda memiliki anak-anak di rumah, tingkat kedalaman air yang disarankan sekitar 0,5 meter.

d. Air dan Sirkulasi

Air dan sistem sirkulasi juga memiliki efek tersendiri. Buatlah overflow atau tumpahan air di pinggir kolam renang, untuk menambah suasana nyaman dan rileks. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan batu candi yang disusun bertumpuk untuk pinggiran overflow-nya. Anda juga harus memperhatikan keadaan air ketika sehabis dipakai. Apakah sedikit keruh karena minyak dari lotion, rambut atau bahkan kulit yang tertinggal didalam air. Lemparkan saja bola tenis kedalam air, dan serat fibernya akan langsung menyerap minyak yang tertinggal. Cara unik, bukan?

e. Filterisasi

Ada beberapa tipe filter yang dapat dipilih, sehingga rencanakan dari awal sebelum membuat kolam renang. Karena filter yang digunakan nantinya akan berpengaruh pada konstruksi bangunan, dan struktur kolam itu sendiri.

f. Ketinggian Permukaan Lantai

Hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan adalah tingkat ketinggian permukaan lantai. Usahakan ketinggian kolam renang tidak lebih tinggi dari pool deck. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan keluarga.

10 Desain Kolam Renang di Rumah Minimalis

Tips Rumah dan Apartemen

10 Desain Kolam Renang di Rumah Minimalis

g. Suhu air

Bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di iklim tropis, suhu air mungkin tidak terlalu jadi masalah. Tapi, jika Anda tinggal di daerah pegunungan atau dataran tinggi, seperti Bogor atau Batu misalnya, Anda tentu harus memikirkan cara menjaga suhu air kolam renang agar tetap sehat. Di udara yang dingin, berenang di air hangat tentu lebih menyenangkan. Ada beberapa jenis heater atau pemanas yang bisa Anda pilih, seperti pemanas gas, pemanas elektrik, bahkan pemanas bertenaga surya.

h. Waterproofing

Waterproofing adalah proses melapisi dinding dan dasar kolam agar kedap air. Proses ini sangat penting, karena jika tidak dilakukan dengan tepat, air di dalam kolam justru bisa habis terserap ke dalam tanah. Ada beberapa pilihan material untuk melakukan waterproofing, yakni polimer, semen, atau aspal, namun material yang paling sering digunakan adalah semen.

Demikianlah pembahasan mengenai pembangunan kolam renang yang ideal. Pastikan Anda mempertimbangkan hal-hal ini terlebih dahulu agar tidak menyesal kemudian.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Perumahan Dengan Fasilitas Kolam Renang

Masukan