Yuk Mengenal Ukuran Paving Block, Model, dan Fungsinya

Artikel ini akan membahas ukuran, model, dan fungsi paving block yang bisa Anda ketahui detail berikut ini.
Ukuran Paving 1
Paving block umumnya dibuat pada bagian depan rumah (Foto: Marshalls)

RumahCom – Rumah adalah sebuah tempat yang sangat nyaman untuk ditinggali. Dengan mempunyai sebuah rumah Anda sendiri maka Anda akan mendapatkan sebuah tempat untuk beristirahat yang baik dan aman. Dengan mempunyai sebuah rumah Anda sendiri tentunya akan memberikan Anda kesempatan untuk merubah rancangan dari rumah Anda agar bisa terlihat lebih menarik lagi dari sebelumnya.

Baca Juga: 9 Inspirasi Kanopi Kayu yang Bikin Rumah Jadi Teduh

Proses untuk memperbaiki rumah dalam skala yang besar bisa disebut juga sebagai renovasi. Namun, perubahan tampilan rumah juga bisa dilakukan dalam porsi yang kecil dan tidak membutuhkan biaya yang banyak. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat rumah bisa terlihat lebih menarik adalah dengan membuat paving block di depan rumah Anda. Sebelum itu, Anda juga harus mengetahui ukuran paving block yang disesuaikan dengan luasnya.

Agar Anda bisa lebih mengerti tentang paving block maka pada artikel kali ini akan dibahas mengenai:

  1. Pengertian dari Paving block
  2. Cara Memilih Paving block yang Tepat Guna
  3. Model Paving block Paling Populer dan Banyak Digunakan
    1. Paving block Model Bata
    2. Paving block Model W
    3. Paving block Uni Decor
    4. Paving block Model Segitiga (Trihex)
    5. Paving block Model Segi Enam (Hexagon)
    6. Paving block Rumput
  4. Fungsi dan Ukuran Paving block

1. Pengertian dari Paving Block

Paving block bisa membuat tampilan rumah menjadi berbeda. (Foto: Aspire Drives)

Paving block bisa membuat tampilan rumah menjadi berbeda. (Foto: Aspire Drives)

Setiap rumah mempunyai perbedaannya masing-masing dan tidak ada rumah yang dibuat dengan bentuk dan spesifikasi yang sama. Salah satu yang bisa membuat rumah terlihat lebih unik adalah dengan memasang paving block pada bagian depan dari rumah Anda sendiri. Memang benar bahwa pada umumnya paving block bisa Anda temui pada jalanan yang ada di sekitar kompleks perumahan atau gang kecil akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa paving block juga bisa terlihat bagus pada rumah Anda.

Dilansir dari Wikipedia, paving block adalah sebuah teknik dekoratif yang digunakan untuk membuat sebuah jalan setapak yang umumnya berada pada bagian atas permukaan tanah. Metode paving block ini menggunakan batu bata biasa atau batu bata hias yang diletakkan di atas tanah dan memiliki suatu pola tertentu yang bertujuan untuk membuat tanah tidak menjadi kosong dan akan terlihat lebih menarik.

Dengan menggunakan bata juga bisa membuat paving block Anda menjadi semi permanen dan dapat dilepas kembali apabila bata yang terpasang sudah pecah atau rusak. Selain itu juga, proses pemasangan paving block membutuhkan waktu yang singkat dan sangat mudah untuk dilakukan. Karena kemudahannya itulah yang menjadikan paving block sangat diminati dan bisa Anda temui dengan mudah pada jalan-jalan kecil.

Hati-hati, Jangan Lakukan Ini Saat Jual Rumah

Menjual Rumah

Hati-hati, Jangan Lakukan Ini Saat Jual Rumah

Pemasangan paving block mempunyai polanya yang berbeda-beda. Setiap pola pemasangan yang berbeda itulah menentukan kekuatan dan daya ikat dari batu yang tertanam di dalamnya. Pemasangan pola paving block yang dilakukan sembarangan akan membuat daya tahannya menjadi berkurang dan menjadikan batu yang terpasang akan mudah hancur dan pecah apabila terkena beban dan gesekan.

Memasang batu pada paving block bisa langsung dilakukan pada media tanah akan tetapi umumnya pemasangan langsung tersebut akan mengakibatkan tumbuhnya tanaman kecil dan membuat tampilan paving block menjadi rusak. Dalam proses pemasangannya umumnya akan dicampurkan ramuan kimia yang membuat tanah menjadi kering dan tidak akan ditumbuhi oleh rumput dan tanaman kecil.

2. Cara Memilih Paving Block yang Tepat Guna

Paving block memiliki modelnya yang berbeda-beda. (Foto: Paving Expert)

Paving block memiliki modelnya yang berbeda-beda. (Foto: Paving Expert)

Memasang paving block pada rumah Anda tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena Anda harus mengetahui tujuan utama dari pemasangan paving block tersebut. Dilansir dari Marshalls, menentukan tujuan pemasangan paving block akan menentukan kualitas dan daya tahan dari paving block Anda. Paving block yang digunakan sebagai tempat parkir mobil tentunya membutuhkan kualitas dan daya tahan yang lebih baik daripada paving block yang hanya dipakai untuk pejalan kaki saja karena perbedaan beban yang sangat jauh.

Paving block sendiri memiliki banyak kegunaan, salah satunya sebagai pelapis jalan pengganti aspal. Selain itu, paving block bisa digunakan pada rumah minimalis Anda. Cek perumahan subsidi di bawah Rp200 juta ini.

3. Model Paving Block Paling Populer dan Banyak Digunakan

=Model dari paving block yang dipakai bisa menentukan penampilan rumah Anda. (Foto: Bradstone)

==Model dari paving block yang dipakai bisa menentukan penampilan rumah Anda. (Foto: Bradstone)

Model paving block memiliki macam yang berbeda-beda dan bisa disesuaikan dengan keadaan. Anda bisa memilih bentuk paving block yang berbeda-beda tersebut untuk membuat rumah Anda bisa terlihat lebih menarik lagi. Seperti yang dilansir dari Paving Expert, di bawah ini adalah beberapa model paving block yang populer dan banyak digunakan:

1. Paving block Model Bata

Paving block yang memiliki model bata merupakan salah satu model paving block yang paling populer dan umum digunakan. (Foto: Price Your Job)

Paving block yang memiliki model bata merupakan salah satu model paving block yang paling populer dan umum digunakan. (Foto: Price Your Job)

Model paving block paling populer dan banyak digunakan yang pertama adalah paving block dengan model bata. Paving block ini mempunyai bentuk persegi panjang layaknya sebuah batu bata. Karena bentuknya yang sederhana menjadikan pengaplikasian paving block model ini menjadi sangat mudah dan tidak terlalu membutuhkan banyak perhitungan. Ukurannya juga cukup besar yaitu mulai dari 10.5 x 21cm dan memiliki ketebalan yang bervariasi yaitu 6cm, 8cm dan 10cm.

2. Paving block Model W

Model paving block yang populer selanjutnya adalah paving block dengan model W. Paving block dengan model seperti ini akan membuat tampilan dari rumah Anda bisa terlihat lebih baik dan tidak polos. Selain itu juga dalam pemasangannya, paving block model ini masih cukup mudah dan tidak membutuhkan terlalu banyak perhitungan yang rumit. Paving block ini juga bisa mempunyai pola yang sangat menarik untuk dilihat apabila telah terpasang secara sempurna.

3. Paving block Uni Decor

Paving block uni decor mempunyai bentuk yang sangat unik. (Foto: Paving Expert)

Paving block uni decor mempunyai bentuk yang sangat unik. (Foto: Paving Expert)

Jika bagian depan rumah Anda ingin terlihat unik dan menarik maka Anda bisa menggunakan paving block uni decor. Paving block jenis ini mempunyai pola yang sangat unik sehingga akan membuatnya terlihat sangat berbeda dari paving block yang lainnya. Meskipun bentuknya yang sangat unik, paving block ini membutuhkan perhitungan yang tepat agar bisa memasangnya dengan baik.

4. Paving block Model Segitiga (Trihex)

Model paving block yang populer selanjutnya adalah paving block model segitiga atau disebut juga dengan trihex. Paving block ini mempunyai ukuran 19.6 x 9.6cm dan mempunyai ketebalan mulai , dari 6cm hingga 10cm. Bentuknya yang sangat unik ini menjadikan paving block trihex hanya bisa dipasang satu pola saja.

5. Paving block Model Segi Enam (Hexagon)

Model paving block berikutnya adalah paving block model segi enam. Paving block ini menjadi sangat populer karena kemudahannya untuk dipasang. Selain itu juga, Anda bisa membuat pola yang berbeda-beda pada paving block yang satu ini. Anda membutuhkan 27 buah paving block model hexagon untuk menutupi sebuah tempat yang berukuran 1 meter persegi.

6. Paving block Rumput

Paving block dengan model rumput sangatlah berbeda dengan paving block pada umumnya. (Foto: Conblock)

Paving block dengan model rumput sangatlah berbeda dengan paving block pada umumnya. (Foto: Conblock)

Jika pada umumnya seseorang yang memasang paving block tidak ingin ada rumput yang tumbuh di sekitar paving blocknya maka paving block rumput sengaja dibuat dengan bentuk yang unik agar bisa ditumbuhi oleh rumput di sekitarnya. Paving block jenis ini umumnya dipakai jika Anda ingin membuat sebuah jalan setapak yang menghubungkan rumah dengan halaman belakang Anda.

Tip Rumah
Sesuaikanlah model paving block yang ada dengan desain rumah Anda untuk menciptakan sebuah kesinambungan yang menarik.

4. Fungsi dan Ukuran Paving block

Setiap paving block mempunyai ukuran yang berbeda-beda. (Foto: Lee Charles Landscapes)

Setiap paving block mempunyai ukuran yang berbeda-beda. (Foto: Lee Charles Landscapes)

Dilansir dari Paving Expert, pada umumnya penggunaan dari paving block adalah sebagai kebutuhan estetika semata. Bentuk dari paving block yang sangat unik dan menarik akan menciptakan sebuah efek yang tidak bisa dihasilkan secara sempurna oleh bahan konstruksi yang lainnya. Jika dilihat dari manfaatnya dalam konstruksi, paving block memiliki peran untuk menstabilkan kondisi tanah yang tidak rata atau labil agar bisa stabil dan ditempati oleh sesuatu yang memiliki beban yang berat seperti mobil.

Paving block juga banyak dipakai pada daerah perkampungan yang membutuhkan alternatif lain agar bisa membuat jalan dengan biaya yang murah dan membutuhkan perawatan yang sedikit. Selain itu juga paving block sangat disukai karena bisa diperbaiki apabila terdapat kerusakan.

Ukuran dari paving block sangatlah beragam yaitu mulai dari ukuran 10.5cm x 21cm, 11.5cm x 22.5cm hingga 19.7cm x 9.6cm. Ukurannya yang sangat beragam menjadikan setiap jenis paving block mempunyai tipe pola yang berbeda-beda dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan rumah Anda.

Itulah beberapa model, jenis beserta ukuran dari paving block yang bisa Anda temui di sekitar Anda. Memanfaatkan paving block untuk hunian adalah sebuah hal yang sangat baik dan bisa menjadikan rumah Anda bisa terlihat berbeda dari sebelumnya.

Jangan takut untuk membeli rumah dengan cara mencicil! Simaklah video informatif berikut agar Anda mengetahui tips terbaik untuk mencicil rumah agar cepat lunas.

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan