10 Inspirasi Wall Moulding Ruang Tamu Minimalis yang Elegan Abis!

Tim Editorial Rumah.com
10 Inspirasi Wall Moulding Ruang Tamu Minimalis yang Elegan Abis!
Rumah.com – Wall moulding ruang tamu minimalis memang efektif untuk mendongkrak ruangan jadi terasa berkelas dan juga elegan. Wall moulding sendiri merupakan salah satu teknik dekorasi dinding dengan bahan cetakan yang biasanya menggunakan material PVC, gypsum, hingga kayu.
Biasanya wall moulding digunakan pada bagian dinding yang tidak rata untuk menutupinya. Tetapi, sekarang ini wall moulding juga dilakukan di ruang tamu supaya ruangan menjadi minimalis dan estetik. Untuk mengetahui inspirasi desain wall moulding ruang tamu minimalis, artikel ini akan membahas:
  1. Wall Moulding Dua Warna
  2. Wall Moulding Bingkai
  3. Wall Moulding Atas
  4. Wall Moulding Sisik Ikan
  5. Wall Moulding Serba Putih
  6. Wall Moulding Warna Gelap
  7. Wall Moulding Wainscoting
  8. Wall Moulding Kayu
  9. Wall Moulding Klasik
  10. Wall Moulding Kerajaan

1. Wall Moulding Ruang Tamu Minimalis Dua Warna

Wall moulding ruang tamu minimalis dua warna. (Foto: Metrie.com)
Inspirasi wall moulding ruang tamu pertama adalah yang memiliki dua warna. Berbeda dengan wall moulding yang umumnya menggunakan satu warna atau satu tone warna yang sama, desain ini mengaplikasikan dua warna berbeda pada dinding.
Dinding memiliki warna cat yang lebih gelap dibandingkan wall moulding yang berada di bagian bawah. Dengan begitu, ruang tamu dapat terlihat lebih luas dan lega sehingga membuat penghuni dan tamu betah berlama-lama.
Wall moulding ruang tamu minimalis buka hanya mampu membuat ruangan jadi terlihat elegan, tapi juga terasa mahal. Lagi cari rumah yang tidak terlalu mahal di Pondok Gede, Bekasi? Cek pilihan rumahnya dengan harga mulai dari Rp300 jutaan di sini!

2. Wall Moulding Ruang Tamu Minimalis Bingkai

Wall moulding ruang tamu minimalis bingkai foto. (Foto:Metrie.com)
Ide wall moulding ruang tamu minimalis selanjutnya adalah bingkai foto. Jenis moulding ini diambil dari berbagai bentuk bingkai foto, terutama yang berbentuk persegi dan persegi panjang. Desain ini bisa dielaborasi agar semakin cantik atau mau dibuat simpel dan sederhana, namun tetap elegan.
Wall moulding memberikan aksen pada dinding ruang tamu tanpa menimbulkan kesan berlebihan. Sebaliknya, ruangan malah menjadi tambah cantik.

3. Wall Moulding Ruang Tamu Minimalis Atas

Wall moulding ruang tamu minimalis di bagian atas ruangan. (Foto: Metrie.com)
Wall moulding ruang tamu selanjutnya adalah yang hanya diaplikasikan pada bagian atas ruang tamu. Sebenarnya desain ini telah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dan sebagian besar menggunakan material gypsum pada proses pembuatannya.
Agar semakin menarik dan unik, Anda bisa memberikan beberapa layer pada wall moulding supaya langit-langit ruang tamu tidak lagi monoton dan membosankan.

4. Wall Moulding Ruang Tamu Minimalis Sisik Ikan

Wall moulding ruang tamu minimalis sisik ikan. (Foto: Pinterest)
Tertarik mencoba sesuatu yang baru? Bisa mencoba wall moulding ruang tamu minimalis yang menyerupai sisik ikan. Ruang tamu ini memberikan kesan menyenangkan, unik, dan quirky yang jarang ditemui. Selain itu, sisik ikan yang hadir juga tidak terkesan berlebihan dan mampu melengkapi ornamen yang ada di sekitarnya.

5. Wall Moulding Ruang Tamu Minimalis Serba Putih

Wall moulding ruang tamu minimalis serba putih. (Foto:Houzz.com)
Wall moulding ruang tamu minimalis lainnya adalah yang serba putih. Warna putih telah dikenal dapat memberikan kesan ruangan yang luas, lapang, lega, dan sejuk. Jika mempunyai ruang tamu yang tidak begitu luas, desain ini bisa dicoba untuk diterapkan.
Dibandingkan warna gelap yang memberikan kesan sempit, warna terang pada wall moulding ruang tamu juga bisa membuat penghuni dan tamu ingin bersantai lebih lama di ruang tamu.

6. Wall Moulding Ruang Tamu Minimalis Warna Gelap

Wall moulding ruang tamu minimalis menggunakan warna gelap. (Foto: Jordecor.com)
Wall moulding ruang tamu minimalis selanjutnya adalah yang menggunakan warna gelap. Untuk mengaplikasikannya terlebih di rumah yang kecil dan minimalis, tentunya penggunaan warna gelap bisa cukup tricky.
Untuk menyiasatinya agar tidak terlihat monoton, warna gelap pada dinding ruang tamu bisa dipadukan dengan ornamen atau detail kayu. Ruangan pun terlihat lebih sejuk dibandingkan sebelumnya.

7. Wall Moulding Ruang Tamu Minimalis Wainscoting

Wall moulding yang diaplikasikan pada sepertiga dinding. (Foto: Pinterest)
Jenis ini adalah biasanya menerapkan wall moulding pada sepertiga bagian bawah suatu ruangan, seperti ruang tamu minimalis. Jika bingung menentukan sepertiga, Anda bisa mengaplikasikan wall moulding di atas kursi atau tempat duduk yang ada di ruang tamu.
Dengan begitu, ruang tamu pun akan terlihat elegan dan menarik. Selain itu, pastikan juga warna yang dipilih senada dengan warna cat dinding rumah. Warna-warna yang diaplikasikan pun bisa saling melengkapi.

Tips Rumah.com

Selalu perhatikan kelembapan dinding rumah karena kelembapan yang tinggi dapat membuat cat dinding memudar dan mengelupas, serta membuat dinding mudah ditumbuhi lumut. Selain tidak enak dipandang, ini tentunya buruk bagi kesehatan.

8. Wall Moulding Ruang Tamu Minimalis Kayu

Wall moulding ruang tamu menggunakan kayu. (Foto: Pinterest)
Jika ingin sesuatu yang berbeda, Anda bisa mencoba wall moulding ruang tamu menggunakan kayu. Kayu memberikan tekstur pada dinding. Bukan itu saja, dari segi estetika pun ruang tamu minimalis terlihat lebih hangat dan menarik.
Selain itu, untuk desain pengaplikasian wall moulding pun ada banyak dan bisa disesuaikan dengan selera. Namun, hal wajib yang harus dipenuhi adalah penggunaan material kayu.

9. Wall Moulding Ruang Tamu Minimalis Klasik

Wall moulding ruang tamu minimalis bergaya klasik. (Foto:Decoist.com)
Penyuka detail dan gaya klasik, dapat meniru wall moulding ruang tamu minimalis bergaya klasik ini. Wall moulding kaya akan detail dengan warna putih yang dapat menujukkan kemewahannya. Desain ini juga sangat cocok bagi mereka yang ingin ruang tamu terlihat sederhana, namun mewah dan elegan di waktu yang sama.
Agar semakin apik, padukan warna putih pada wall moulding dengan cat yang kontras, seperti warna merah. Ini akan membuat ruang tamu minimalis tampak jauh lebih menarik dan unik pastinya.

10. Wall Moulding Ruang Tamu Minimalis Kerajaan

Wall moulding ruang tamu minimalis bergaya bak keluarga kerajaan. (Foto: Pinterest)
Siapa sangka rumah tamu minimalis tidak bisa disulap menjadi ruang tamu mewah dan elegan bak keluarga kerajaan? Ini bisa terwujud melalui desain wall moulding yang ingin diterapkan. Untuk wall moulding bergaya kerajaan, pastikan juga melakukannya hingga ke bagian atap agar semakin serasi.
Bukan itu saja, agar ruang tamu minimalis tampak semakin cantik, mewah, dan elegan, pastikan menggunakan warna-warna yang mengkilap, seperti warna tembaga atau emas.
Tonton video berikut untuk mengetahui cara memilih warna cat rumah yang tepat!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini