Penerapan Yin Yang untuk Mewujudkan Hunian yang Harmonis dan Seimbang

Desain ruangan yang seimbang dan harmonis bisa dicapai bahkan dengan elemen-elemen yang kontras. Sebelumnya pahami dulu konsep yin yang dan penerapannya di sini.
Yin Yang Foto Utama

RumahCom – Anda mungkin sering mendengar feng shui sebagai salah satu pendekatan dalam mendesain ruangan. Tapi, tahukah Anda bahwa konsep tersebut didasarkan pada teori filsafat yin yang? Ilmu bela diri, pengobatan tradisional, Taoisme, semuanya juga berbasis pada teori ini. Teori ini menyatakan bahwa semua hal di alam semesta terdiri dari elemen yang saling berlawanan namun berhubungan erat. Dua elemen yang kontras namun saling mendukung dan melengkapi untuk menciptakan harmoni.

Kini, konsep yin yang juga diterapkan dalam desain hunian. Mereka yang percaya pada teori filsafat ini dapat menerapkannya dalam tata letak ruangan, warna, material dinding dan lantai, material perabotan,dll. Diharapkan dengan hadirnya energi yin yang yang saling bersinergi, ruangan menjadi lebih seimbang, nyaman, dan memberikan energi positif bagi penghuni. Tentunya Anda harus memahami konsep ini dulu sebelum menerapkannya agar tidak salah praktik. Untuk itu, artikel kali ini akan membahas konsep yin yang dalam poin-poin berikut:

  1. Mengenal Teori Yin Yang dan Maknanya
  2. Penerapan Yin Yang untuk Rumah yang Harmonis dan Seimbang
  3. Perhatikan 4 Hal ini dalam Menerapkan Yin Yang untuk Rumah Anda
    1. Rapikan Ruangan yang Berantakan
    2. Perhatikan Pencahayaan
    3. Manfaatkan Warna
    4. Sesuaikan Suhu Ruangan
  4. Referensi Dekorasi Yin Yang pada Interior Rumah
    1. Desain Interior Yin Yang di Ruang Tamu
    2. Desain Interior Yin Yang di Kamar Tidur
    3. Desain Interior Yin Yang di Kamar Mandi
    4. Desain Interior Yin Yang di Dapur

Bagaimana, apakah Anda penasaran? Yuk, simak pembahasan selengkapnya.

Panduan Feng Shui Rumah Hoki Lancar Rezeki

Tips Rumah dan Apartemen

Panduan Feng Shui Rumah Hoki Lancar Rezeki

1. Mengenal Teori Yin Yang dan Maknanya

Sinergi elemen yang bertolak belakang dalam hunian. (Foto:Pexels)

Sinergi elemen yang bertolak belakang dalam hunian. (Foto:Pexels)

Sebelum membahas praktiknya dalam desain interior, Anda harus tahu dulu makna dari yin yang itu sendiri. Apa itu yin, dan apa itu yang? Secara harfiah yin yang dapat diartikan sebagai “gelap-terang” atau “negatif-positif”. Yin adalah energi feminin yang diwakilkan warna hitam, kegelapan, air, tanah, bulan, dan dingin. Sementara yang merujuk pada maskulinitas, terang, putih, api, matahari, dan kehangatan. Kedua hal ini terlihat berbeda, tapi yang satu tidak dapat hidup tanpa yang lainnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, energi yin lebih lembut, lambat, tenang, pasif, dan sunyi. Sementara energi yang sebaliknya kokoh, panas, terang, cepat dan keras. Air sungai yang tenang adalah yin, tapi air terjun yang deras adalah yang. Sinar matahari adalah yang, dan bayangan yang jatuh di tanah adalah yin. Konsep ini menjadi basis dalam berbagai ajaran klasik Tiongkok, serta prinsip utama dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan ilmu bela diri seperti Baguazhang, Tai Chi, dan Chi Kung.

2. Penerapan Yin Yang untuk Rumah yang Harmonis dan Seimbang

Menyatukan elemen yin dan yang untuk keseimbangan. (Foto:Pexels)

Menyatukan elemen yin dan yang untuk keseimbangan. (Foto:Pexels)

Setelah memahami maknanya, selanjutnya bagaimana Anda dapat mempraktikkan yin yang dalam desain ruangan? Rumah yang seimbang dan harmonis harus memiliki keduanya. Ruangan bernuansa yin diharapkan memberikan energi yang tenang, dan tempat untuk relaksasi. Contoh ruangan yin antara lain tempat tidur, ruang tamu, kamar mandi. Gunakan warna yang kalem, material yang lembut, pencahayaan yang redup dan suasana yang teduh.

Sedangkan ruangan dengan konsep yang merupakan ruangan yang aktif atau penuh dengan kegiatan seperti tempat bermain anak, dapur, ruang kerja, atau ruang makan. Tempat-tempat yang disinyalir sebagai wujud yang membutuhkan pencahayaan yang terang, pemilihan warna yang tegas, dilengkapi dengan perabot yang kokoh dan material yang kuat. Jika Anda hendak memulai proses desain rumah idaman dan mencari rumah baru, listing properti di Bogor mulai Rp200 jutaan ini mungkin dapat membantu.

3. Perhatikan 4 Hal ini dalam Menerapkan Yin Yang untuk Rumah Anda

Energi yin cocok untuk kamar tidur. (Foto:Pexels)

Energi yin cocok untuk kamar tidur. (Foto:Pexels)

Mungkin rumah Anda memiliki energi yin yang lebih besar atau sebaliknya. Hal ini tidak bisa dihindari, namun Anda bisa mencoba menyeimbangkan energi tersebut untuk menciptakan hunian yang makin nyaman. Dipercaya, energi yin yang terlalu besar dapat membuat penghuni lesu dan mudah sakit, sementara energi yang berlebihan menciptakan ketegangan dan argumen. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencapai keseimbangan, berikut beberapa di antaranya:

a. Rapikan Ruangan yang Berantakan

Ruangan yang berantakan dipercaya membawa energi yin karena telah terbukti membuat penghuni mudah stres, kehilangan fokus dan sulit berkonsentrasi. Anda tidak ingin energi yin ini di ruangan kerja Anda, jadi pastikan Anda selalu menjaga ruangan tetap rapi. Bersihkan dan tata ruangan dengan rutin, lakukan organisasi untuk barang-barang yang mudah berantakan, sortir sesuai kategori, untuk kemudahan akses dan kenyamanan diri Anda sendiri.

b. Perhatikan Pencahayaan

Ingat, gelap adalah kualitas yin, dan terang adalah yang. Kamar tidur yang terlalu terang memiliki energi yang terlalu banyak dan dapat mengganggu kualitas tidur dan jam biologis Anda. Sementara, ruang keluarga yang gelap membuat penghuni tidak bersemangat beraktivitas. Seimbangkan energi yin yang dengan mengoptimalkan pencahayaan di ruangan tempat melakukan banyak aktivitas, dan pastikan Anda memperhatikan akses cahaya matahari dan penggunaan lampu sesuai kebutuhan ruangan.

Sedang mencari inspirasi untuk menata perabotan di rumah Anda? Simak video berikut ini.

 

c. Manfaatkan Warna

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa warna tertentu dapat merangsang emosi tertentu pada diri manusia. Misalnya warna biru yang menenangkan atau warna merah yang agresif dan penuh semangat. Perhatikan pemilihan warna yin yang pada ruangan tertentu. Jangan gunakan merah atau oranye di kamar tidur, atau warna-warna yang gelap dan suram seperti abu-abu dan hitam di ruangan bermain anak.

d. Sesuaikan Suhu Ruangan

Suhu optimal ruangan untuk kualitas tidur yang baik adalah 16-20 derajat Celcius. Suhu yang panas (energi yang) membuat Anda sulit merasa rileks. Sebaliknya, ruangan yang sejuk (energi yin) akan membuat Anda lebih rileks dan cepat terlelap. Sementara itu, energi yang justru dinilai baik untuk ruang kerja Anda. Berdasarkan penelitian Universitas Cornell pada 2004, suhu ruangan yang hangat akan meningkatkan produktivitas dan mengurangi kesalahan pengetikan. Jadi pastikan Anda menyesuaikan suhu ruangan sesuai aktivitas, ya.

4. Referensi Dekorasi Yin Yang pada Interior Rumah

Perpaduan elemen yang seimbang di ruang duduk. (Foto:Pexels)

Perpaduan elemen yang seimbang di ruang duduk. (Foto:Pexels)

Tidak perlu bingung untuk mencari inspirasi desain yang sarat akan yin yang. Berikut ini adalah beberapa contoh yang dapat Anda tiru untuk membuat hunian Anda makin harmonis dan indah:

a. Desain Interior Yin Yang di Ruang Tamu

Desain ruang duduk outdoor karya Kenneth Cobonpue (sumber: houzz.com)

Desain ruang duduk outdoor karya Kenneth Cobonpue (sumber: houzz.com)

Sebuah ruang tamu yang terlihat kontras mengusung konsep yin yang. Warna sofa dan perabot meja kecil menggunakan warna gelap seperti hitam dan abu-abu yang sarat energi yin. Untuk mengimbanginya, seluruh dinding dan lantai menerapkan warna putih. Selain itu, juga terdapat elemen besi pada rangka sofa.

b. Desain Interior Yin Yang di Kamar Tidur

Contoh desain kamar tidur ying yang karya Richmond (sumber: houzz.com)

Contoh desain kamar tidur ying yang karya Richmond (sumber: houzz.com)

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kamar tidur sarat energi yin. Seimbangkan energi yin di kamar tidur dengan menerapkan skema warna netral seperti putih pada panel jendela dan tempat tidur, dan dinding serta perabot warna gelap. Padankan elemen yang lembut seperti tirai dan selimut dengan perabot yang kokoh. Gunakan lampu yang redup tapi tetap hadirkan pencahayaan alami dengan jendela yang besar.

c. Desain Interior Yin Yang di Kamar Mandi

Perpaduan yin dan yang di kamar mandi. (Foto:Pexels)

Perpaduan yin dan yang di kamar mandi. (Foto:Pexels)

Kamar mandi juga cenderung memiliki energi yin. Padukan warna gelap dan terang di kamar mandi Anda misalnya, bathtub dan wastafel berwarna putih dipadukan dengan keramik warna gelap di dinding dan lantai. Usahakan pencahayaan alami atau lampu yang lebih terang untuk membuat kamar mandi terlihat bersih dan cerah. Tambahkan aksen tanaman atau aromaterapi untuk memaksimalkan rileksasi seperti di spa.

d. Desain Interior Yin Yang di Dapur

Desain seimbang di dapur. (Foto:Pexels)

Desain seimbang di dapur. (Foto:Pexels)

Dapur dapat menjadi salah satu ruangan dengan energi yang berlebih. Seimbangkan dengan mengaplikasikan warna-warna gelap pada countertop, atau backsplash, seperti hitam, abu-abu, atau biru. Dapur juga cenderung lebih panas daripada ruangan lainnya, jadi pastikan ada sirkulasi udara yang baik atau pendingin di dapur Anda.

Tip Rumah
Anda juga bisa mengaplikasikan energi yin yang di ruangan melalui dekorasi, seperti lukisan atau pajangan yang sesuai dengan elemen yang hendak ditonjolkan

Itu dia ulasan lengkap tentang konsep yin yang untuk hunian. Jika Anda tertarik untuk mengaplikasikannya, pelajari lebih konsep desain yin yang yang baik agar Anda tidak salah praktik. Semoga artikel kali ini juga dapat menginspirasi Anda, ya!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Hunian Strategis Di Pusat Kota Barat Jakarta

Masukan