Akasha Jagakarsa, Jakarta Selatan

  • Fathia Azkia
  • 28 Oktober 2015

PT Dalea Nusantara Mandiri merupakan pengembang asal Jakarta yang berfokus pada hunian smart cluster dan sustainable di kawasan Selatan Jakarta. Saat ini proyek yang telah dikembangkan adalah Platara Pondok Pinang dan Akasha Jagakarsa.

Alamat: Jl. Aselih Moh Kahfi 1, Ciganjur Jakarta Selatan
Tipe: Rumah Tinggal
Luas Area: 3.000 m2
Tipe unit: Harga mulai 1,4-1,7 miliar rupiah
                 Tipe Hoek (2 unit) 140/190, Tipe Standar (12 Unit) 112/172
Pondasi: Batu kali
Struktur: Beton bertulang
Dinding & Pester: Bata merah, acian, dan finishing cat
Lantai: Homogenous tile
Kusen Pintu: Kayu solid (pintu utama) engineering door (kamar tidur, kamar mandi)
Plafond: Papan gipsum
Atap: Terdiri dari 8 lapis bahan bangunan khusus roof garden
Saniter: Toto
Instalasi air: Jet pump (kedalaman 38 meter pada unit pusat)
Listrik: 3500 watt
Pagar: Tanpa pagar, antar rumah dan belakang dibatasi dinding

Analisis

Rata-rata perumahan di kawasan Jagakarsa memiliki konsep bangunan yang sama, yakni minimalis dan green living, 3+1 kamar tidur, dengan fasilitas security 24 jam, dan taman bermain anak.

Perumahan di kawasan ini, terutama di Jalan Aselih, rata-rata sudah mematok harga bangunan sekitar Rp8 juta – Rp13 juta per meter persegi. Harga yang relatif terjangkau dengan konsep tak biasa, bisa Anda temukan di Akasha Jagakarsa. Bergeser ke perumahan lainnya yang berada di sebelah Akasha Jagakarsa, Anda akan menemukan rumah dengan luas bangunan dan harga yang berbeda.

Perumahan Tanggal Luas Bangunan Harga Per meter persegi
Pomentia Residence 18 April 2015 112 Rp1,4 miliar Rp12,5 Juta
Pomentia Residence 1 Agustus 2015 112 Rp1,5 miliar Rp13,3 Juta
Akasha Jagakarsa 1 Mei 2015 172 Rp1,7 miliar Rp9,8 Juta

Saat ditelusuri, struktur bangunan dan konsep yang membuat ketiganya memiliki perbedaan. Akasha Jagakarsa terbilang cukup berani menawarkan hunian berkonsep eco green dengan luas bangunan yang lebih besar, serta harga yang terjangkau. Belum lagi fasilitas yang diberikan di tiap unit rumah, seperti reserve osmosis dan panel tenaga surya tak mudah ditemukan di perumahan lain sekelasnya.

Perlu diketahui, harga yang dibanderol Akasha Jagakarsa saat ini merupakan harga early bird dan belum mengalami kenaikan. Diperkirakan saat seluruh unit rumah telah rampung, harga bangunan akan merangkak naik hingga Rp13 juta per meter persegi. Maka dapat disimpulkan, Akasha Jagakarsa ideal bagi upgrader dan investor.

Sementara Pomentia memiliki keunggulan dengan menghadirkan luas tanah yang memadai di tiap rumahnya. Unit rumah dengan luas bangunan 144 m2 dan luas tanah 220 m2 memungkinkan Anda memanfaatkan sisa lahan sebagai kolam renang dan fasilitas lain. Perumahan ini juga menyediakan fasilitas seperti CCTV, security 24 jam, serta taman bermain anak.

Bila Anda melihat tabel secara keseluruhan, kenaikan harga rumah di kawasan Jagakarsa terbilang cukup pesat. Kurun waktu beberapa bulan saja, harga bisa naik hingga Rp100 juta. Kenaikan ini didasari oleh lokasinya yang strategis, serta rampungnya pembangunan tol Depok-Antasari yang hanya hitungan bulan. Tentu saja tol ini akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan Jagakarsa dan sekitarnya, karena menjadi akses cepat menuju kota-kota lain, seperti Bogor, Depok, dan Bekasi.

Jagakarsa juga dinilai sebagai kawasan hunian favorit, karena lingkungannya yang masih asri dan sejuk. Pasalnya, Jagakarsa ditetapkan sebagai refungsionalisasi daerah resapan air di wilayah bagian selatan, selain Pasar Minggu dan Cilandak. Untuk kecamatan yang menjadi resapan air sudah diatur KDB (Koefisiensi Dasar Bangunan) hanya sekitar 20% – 30%, sehingga fungsi bangunan dibanding resapan air lebih kecil.

Selengkapnya

Detail Properti

Menemukan hunian bernuansa green cukup mudah ditemui di kawasan Jagakarsa. Tetapi yang mengusung konsep smarthome dan eco-green masih cukup sulit. Melintasi sepanjang Jalan Moh. Kahfi 1, hanya ada satu perumahan yang menghadirkan bangunan berkonsep ini, yakni Akasha Jagakarsa yang berlokasi di Jl. Aselih Moh Kahfi 1, Ciganjur Jakarta Selatan.

Berada 600 meter dari Jalan Aselih, gerbang Akasha Jagakarsa yang tampak mencolok sangat mudah Anda jumpai. Permainan nuansa kayu pada gerbang dengan bata merah di sisi kanan dan kiri, mampu menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Memasuki gerbang, terdapat dua taman publik lengkap dengan permainan anak di masing-masing sisi. Perlu diketahui, perumahan ini tak menyediakan fasilitas lengkap seperti perumahan lain di sekitarnya.

Akasha Jagakarsa

Rencana gerbang Akasha Jagakarsa yang dipenuhi unsur kayu dan bata merah, sangat menonjolkan tema hunian yang diusung (Akasha Jagakarsa)

Fasad tiap unit rumah dirancang dengan gaya yang sama, yakni perpaduan warna merah dari bata, hijau dari tanaman, dan tembok yang didesain melengkung. Atap rumahnya dipenuhi tanaman rambat, yang mempertegas konsep modern green living. Tumpukan batu koral pada lantai carport serta jendela berteralis kotak, memberi kesan manis pada penampilan tiap unit rumah.

Akasha Jagakarsa

Meski berbeda tipe unit, fasad rumah tetap didesain dengan gaya yang sama dan menekankan konsep Eco Green Living (Akasha Jagakarsa)

Memasuki rumah, ruang tamu dengan konsep modern terasa begitu lekat. Masih menggunakan kombinasi kayu, bata merah, dan tembok bertekstur. Di sebelahnya, terdapat ruang keluarga dengan ruang makan beratap kayu bergaya minimalis. Sedangkan di lantai dua yang dikhususkan sebagai area privat, terdapat satu kamar tidur utama dan dua kamar anak. Material kayu dan tembok bertekstur masih mendominasi ketiga kamar tidurnya.

Pada kamar tidur, pintu yang digunakan adalah engineering door. Secara umum, jenis pintu ini menggunakan bahan kayu, tetapi hanya 20%. Sementara 80% menggunakan bahan pendukung lain, seperti kertas tebal (honeycomb structured paper) yang direkatkan dengan lem yang tidak bereaksi terhadap air. Pintu jenis ini dibuat dengan mesin berteknologi tinggi.

Akasha Jagakarsa

Penerapan bata merah pada ruang keluarga dipercaya mampu menghadirkan kesan lega. (Akasha Jagakarsa)

Akasha Jagakarsa

Kamar tidur utama memiliki desain ruang mengikuti pola bangunan yang melengkung. Hal ini jelas terlihat pada ujung kamarnya. (Akasha Jagakarsa)

Untuk kamar mandi, kesan mewah dan elegan tercipta lewat susunan keramik di seluruh dinding ruangan. Sementara, material batu alam pada bagian wastafel dan kloset memberi aksen natural. Elemen kaca sebagai pembatas shower dengan WC memisahkan area kering dan basah di kamar mandi.

Akasha Jagakarsa

Pintu kaca digunakan sebagai pembatas area kering dan basah (Akasha Jagakarsa)

Di bagian atap, terdapat roof garden yang dapat dijadikan tempat bersantai bersama keluarga. Secara keseluruhan, setiap ruangan di Akasha Jagakarsa memiliki bukaan yang “mengizinkan” masuknya sinar matahari dan sirkulasi udara. Dengan demikian, kesehatan seluruh anggota keluarga lebih terjamin.

Mengusung konsep eco-green, karakter dari desain Akasha Jagakarsa berfokus pada lingkungan, yakni tumbuhan dan air. Setiap unit rumah di Akasha dilengkapi dengan sistem penyulingan air yang disebut reverse osmosis, sehingga memungkinkan Anda meminum air langsung dari keran. Pihak pengembang Akasha Jagakarsa mengklaim bahwa air reverse osmosis lebih baik dari air kemasan, dan dapat menjadi terapi untuk kesehatan.

Tak hanya itu, setiap unit rumah Akasha Jagakarsa juga dibekali panel tenaga surya. Sebanyak 20% – 30% listrik di rumah dipasok oleh tenaga matahari, sehingga mampu menghemat konsumsi listrik dari PLN.

Selengkapnya

Lokasi

Selain Pondok Labu dan Ciganjur, ada lagi kawasan favorit yang tak kalah nyaman untuk dihuni, yakni Jagakarsa. Wilayah ini memiliki lingkungan yang nyaman, sejuk, dan dikelilingi berbagai fasilitas publik, seperti rumah sakit ternama, pusat pendidikan berskala internasional, gedung perkantoran, akses Tol JORR (Jakarta Outer Ring Road), transportasi massal, hingga fasilitas hiburan keluarga.

Selain itu, tanah di kawasan Jagakarsa memiliki NJOP (nilai jual objek pajak) lebih tinggi dibandingkan kawasan sekitarnya. Dengan segala kelebihan ini, tak heran bila harga hunian pada rumah cluster atau town house di kawasan Jagakarsa cukup tinggi, yakni berkisar antara Rp9 juta hingga Rp13 juta per meter persegi.

Menuju Lokasi: Menjamurnya perumahan di kawasan Jagakarsa dan sekitarnya berimbas pada kepadatan penduduk. Lalu lintas sepanjang hari pun padat, terutama saat jam sibuk. Ada dua titik kepadatan di sekitar sini, yaitu di perempatan Jalan Brigif dan Jalan Paso.

Pada jam sibuk, Anda memerlukan waktu 1,5 jam dari pintu tol keluar Cilandak menggunakan mobil. Tetapi saat lengang, Anda hanya membutuhkan waktu 35 menit.

Akasha Jagakars

Saat padat, jalur dari Akasha menuju Tol Cilandak memakan waktu hingga 1,5 jam dengan menggunakan mobil. (Google Maps)

Kepadatan biasanya disebabkan oleh angkutan kota yang kerap ngetem, ruko-ruko di sepanjang kanan dan kiri jalan, serta pada saat jam pulang sekolah. Sementara di simpang Brigif, kemacetan disebabkan perempatan yang tidak dilengkapi lampu lalu lintas. Namun simpang tersebut sebenarnya adalah simpul pertemuan dari dua buah pertigaan, karena dari Jl Brigif menuju Jl Warung Silah harus melintasi Jl Raya Ciganjur yang berkelok sekitar dua meter, sehingga keruwetan sering tak terhindarkan.

Untuk menuju Akasha Jagakarsa, hanya ada satu mikrolet yang melintasi Jalan Moh. Kahfi 1 yakni M20. Mikrolet berwarna biru ini memiliki trayek Terminal Pasar Minggu-Ciganjur. Oleh karena itu saat jam pergi dan pulang kantor, angkutan umum yang mampu menampung sekitar 14 orang ini selalu penuh sesak. Beroperasi selama 24 jam penuh, angkutan ini memasang tarif mulai Rp3.000 untuk jarak dekat dan Rp8.000 untuk jarak jauh.

Bila menggunakan commuter line, Anda bisa turun di stasiun Lenteng Agung dan melanjutkan perjalanan dengan angkot S02 berwarna merah. Turunlah di pertigaan Paso, lalu pindah ke mikrolet M20.

Menggunakan kendaraan pribadi dari arah TB Simatupang, berbeloklah ke Jalan Cilandak KKO ikuti arus hingga melewati Jalan Mabes Polri dan pertigaan Paso. Setelah itu, belok kiri ke Jalan Moh. Kahfi 1, sekitar 5 km dari pertigaan Paso-Moh. Kahfi 1 Anda akan menemukan Jalan Aselih di sisi kanan. Gerbang Akasha Jagakarsa berada 600 meter ke dalam.

Perumahan: Sebagai salah satu kawasan favorit di selatan Jakarta, fasilitas umum di wilayah Jagakarsa pun berkembang pesat. Seperti misalnya Taman Tabebuya, yang berlokasi sekitar 3,4 km atau 11 menit dengan mobil. Tabebuya merupakan nama dari tanaman asal Brasil, yang dapat tumbuh di berbagai jenis tanah di daerah subtropis dan tropis. Pemandangan taman di tengah kota ini cukup indah dan bersih. Begitu memasuki pintu gerbang, Anda langsung disuguhi kolam yang dihuni oleh sekelompok angsa putih.

Trek joging dari paving blok sepanjang 200 meter juga tersedia bagi pengunjung taman ini. Taman ini juga menyediakan tempat parkir yang memadai, toilet dan kamar mandi, undakan berupa bukit-bukit kecil, dan spot-spot menarik untuk pemotretan.

Akasha Jagakarsa

Taman Tabebuya yang berlokasi di Jalan Moh. Kahfi 1 menyediakan sarana rekreasi dan olahraga murah meriah (Google Maps)

Sarana kesehatan yang dapat dijangkau dari perumahan Akasha Jagakarsa cukup banyak. Anda bisa memilih RSUP Fatmawati (7,4 km), Rumah Sakit Marinir Cilandak (7,1 km), RS Siloam di TB. Simatupang, atau RS Mayapada (8,4 km). Di RS Siloam (11,1 km), Anda bisa melakukan pemeriksaan payudara melalui fasilitas Mammografi. Dengan menggunakan sinar-X dosis rendah (umumnya berkisar 0,7 mSv), Mammografi dapat melihat beberapa tipe tumor dan kista, dan telah terbukti mampu mengurangi mortalitas akibat kanker payudara.

Sementara itu, RS swasta terdekat dari Akasha Jagakarsa adalah RSU Zahirah (7,2 km). Beroperasi sejak tanggal 1 September 2004, rumah sakit ini menawarkan sejumlah pelayanan kesehatan yang bervariasi, seperti rawat jalan, rawat inap dan medical check-up (MCU). Menariknya, rumah sakit ini menghadirkan produk bernama Tabulin (Tabungan Bersalin), yang merupakan tabungan untuk pasangan suami-istri dalam merencanakan persalinan.

Akasha Jagakarsa

Perumahan Akasha Jagakarsa dikelilingi sejumlah rumah sakit dalam jarak yang terjangkau. (Google Maps)

Untuk fasilitas pendidikan terdekat, Anda bisa memilih Sekolah Avicenna yang dapat dicapai 14 menit berkendara dengan mobil (5 km). Sekolah ini menyelenggarakan jenjang pendidikan yang lengkap (TK hingga SMA). Avicenna Jagakarsa sangat aktif mengikuti berbagai kompetisi di tingkat nasional hingga internasional. Salah satu pencapaiannya adalah Best Performance untuk penampilan Tari Saman dan Gong Enggang saat mewakili Indonesia dalam misi kebudayaan di Berlin, Jerman.

Sekolah ini juga menyediakan beragam fasilitas belajar, seperti ruang kelas ber-AC, LCD projector, laboratorium, ruang multimedia dan audio visual, digital library, serta ruang studio untuk kegiatan band (SMA). Bila ingin menyekolahkan anak Anda di sini, ada tiga tahap tes yang harus dilalui: tes tertulis, psikologi, dan wawancara.

Selain Avicenna, Anda juga bisa menyekolahkan buah hati Anda di Al-Azhar Asy-Syarif Indonesia yang berjarak 2,4 km dari perumahan. Sekolah ini menerapkan pola belajar “Full Day School” dari Senin sampai Jumat, mulai pukul 06.30 – 16.15 WIB.

Akasha Jagakarsa

Avicenna Jagakarsa dan Al Azhar Asy-Syarif Indonesia merupakan sarana pendidikan terdekat dari Akasha Jagakarsa (Google Maps)

Libur di akhir pekan tentu semakin mengasyikkan bila dihabiskan dengan mengunjungi pusat perbelanjaan, seperti Pejaten Village yang dapat ditempuh dengan mengendarai mobil selama 50 menit. Mal ini dilengkapi beragam sarana hiburan seperti Cinema XXI, fitness center, department store, coffee shop, dan food court. Anda sekeluarga juga dapat mengunjungi Margo City yang berjarak 12,7 km dari Akasha Jagakarsa.

Guna memenuhi kebutuhan dapur sehari-hari, Anda bisa berbelanja di Fortuna Swalayan yang berjarak 750 meter perumahan. Supermarket yang berada di sisi kanan Jalan Moh. Kahfi 1 ini menyediakan produk rumah tangga, kebutuhan dapur, pakaian, perlengkapan bayi, tas sekolah bahkan perkakas listrik.

Sarana berbelanja lainnya adalah Pasar Timbul yang berlokasi sekitar 350 meter dari Fortuna Swalayan. Pasar ini merupakan satu-satunya pasar di kawasan Jagakarsa dan Ciganjur, yang menawarkan suasana bersih dan nyaman. Meski ukurannya tak seluas pasar lainnya, tetapi Pasar Timbul memiliki penjual berbagai macam kebutuhan pokok yang cukup lengkap. Anda dapat membeli ikan dan aneka daging segar yang dapat dibersihkan atau dipotong langsung penjualnya.

Anda dapat mengisi bensin di SPBU Timbul yang berada persis di seberang pasar. SPBU ini dilengkapi musala, WC umum, minimarket, serta beberapa mesin ATM, seperti BCA dan Bank Mandiri.

Selain berbagai fasilitas tersebut, akses transportasi yang mudah juga tersedia langsung di depan Jalan Aselih. Menggunakan Trans Jakarta merupakan solusi efektif. Hanya dengan menumpang mikrolet M20, Anda akan diantar hingga lampu merah Pertanian. Anda perlu menyeberang sedikit, untuk bisa sampai di Halte Busway Departemen Pertanian. Bila malas menyeberang, opsi lainnya adalah turun persis di depan Halte Busway SMK 57. Tetapi Anda harus siap berdiri, karena biasanya TransJ telah terisi penuh penumpang dari Halte Ragunan dan Departemen Pertanian.

 

Selengkapnya

Ringkasan

Kawasan Jagakarsa akan terus ditumbuhi perumahan dan area komersial. Melihat perkembangannya yang semakin menanjak sejak lima tahun lalu, nilai jual properti di Jagakarsa pun merangkak naik. Tak heran bila banyak investor yang datang untuk membeli hunian, baik untuk ditinggali atau disewakan. Mereka optimistis harga jual properti di Jagakarsa akan terus menguntungkan.

Melihat prediksi ini, maka Akasha Jagakarsa dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin memulai investasi di bidang properti. Terlebih bagi pasangan muda yang baru menikah atau keluarga kecil dengan satu anak.

Harga beli yang Anda dapat saat ini sesuai dengan konsep hunian yang tak biasa, yakni smarthome dan eco green, plus lokasi strategis di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Konsep eco-green living pada bangunan adalah investasi. Manfaat penerapan konsep ini akan terasa pada beberapa tahun ke depan.

Selengkapnya
Eric Wong

Fathia Azkia

Penulis adalah Editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

Masukan