Alana Garden, Serpong, Tangerang Selatan

  • Boy Leonard
  • 3 Januari 2020

PT Elang Helios Perkasa (Unity Group) adalah salah satu pengembang kelas menengah dengan spesialisasi daerah Tangerang Selatan dan sekitarnya. Alana Garden bukanlah perumahan pertamanya. Sebelumnya, perusahaan ini telah membangun Amara Residence Bintaro, Amara Botanica Menjangan Bintaro, Amara Pavillion Merpati Bintaro, dan Amala Vilasa Merpati Bintaro, dan beberapa lainnya.

Nama perumahan: Alana Garden

  • Tipe: Perumahan
  • Luas: 1,2 hektare
  • Jumlah unit: 55 unit
  • Alamat: Jalan Kelurahan Buaran, Serpong, Tangerang Selatan

Tipe

  • Calendra: Luas Tanah: mulai dari 61m2. Luas bangunan: 69m2. Harga: mulai dari Rp847,000,000
  • Crescent: Luas tanah: mulai dari 60m2. Luas bangunan: 65m2. Harga: mulai dari Rp818,000,000
  • Cenna: Luas tanah: mulai dari 60m2. Luas bangunan: 60m2. Harga: mulai dari Rp792,000,000

Spesifikasi unit

Struktur

  • Pondasi: Foot plate
  • Struktur atas: Bata ringan
  • Struktur atap: Baja ringan

Finishing

  • Lantai dalam: Homogeneous Tile 60x60cm
  • Lantai Carport: Rabat beton
  • Lantai dan dinding kamar mandi, lantai teras: keramik 30x30cm
  • Dinding dalam: Finishing cat
  • Kusen jendela dan pintu: aluminium
  • Daun pintu (utama): Full solid
  • Daun pintu (interior): double multiplex
  • Plafond eksterior: GRC board
  • Plafond interior: Gypsum board
  • Penutup atap: genteng beton flat

Instalasi

  • Air: jet pump
  • Listrik: 2200 VA

Analisis

Ulasan Properti Alana Garden, Serpong, Tangerang Selatan

Fasad Alana Garden mengusung tipe minimalis modern.

Alana Garden terletak di daerah Buaran, dekat dengan Puspiptek, salah satu area yang sangat dekat dengan BSD City. Karena itu, tak heran jika harga properti di daerah ini cukup tinggi. Kenaikan harga properti semakin didorong oleh prospek pembangunan infrastruktur.

Mass Rapid Transit (MRT), moda transportasi massal yang membelah Jakarta dari Lebak Bulus hingga Sudirman ini rencananya akan diperpanjang hingga Serpong. Salah satu terminalnya berada di Puspiptek, sekitar 2,5km dari lokasi Alana Garden. Meski rencana pembangunan baru akan dimulai pada 2021, namun kabar ini sudah cukup untuk mendorong kenaikan harga tanah dan bangunan di kawasan sekitarnya.

Kendati terlihat cukup tinggi, dengan harga sekitar Rp790 jutaan untuk luas tanah dan bangunan 60m2, harga ini tentu lebih terjangkau jika dibandingkan perumahan di area BSD City. Di kawasan hunian mandiri tersebut, akan sulit, bahkan hampir mustahil untuk menemukan hunian di bawah Rp1 miliar, khususnya di daerah BSD Barat, yang baru dikembangkan.

Harga hunian di Alana juga mengalami kenaikan secara berkala. Semakin banyak unit yang terjual, pengembang akan melakukan penyesuaian harga. Tipe Cenna, yang saat ini dibandrol Rp792 juta, misalnya, tiga bulan lalu harganya masih Rp759 juta. Naik Rp33 juta atau lebih dari 4% hanya dalam waktu sebulan.

Jika harga yang menjadi pertimbangan, Alana Garden layak dipertimbangkan. Namun, jika Anda masih bisa merogoh kocek lebih dalam, tak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan properti baru di kawasan BSD Lama, yang berada di bagian timur.

Tevana di Cluster Savia, BSD City sektor XIV.6, misalnya, menawarkan hunian dengan luas tanah 72m2 dan luas bangunan 78m2 dengan harga Rp1,2 miliar.

Perumahan/Tipe

Harga

Luas Tanah

Harga/m2

Alana Garden, Cenna

Rp792.000.000

60m2

Rp13.200.000

BSD City, Tevana

Rp1.200.000.000

72m2

Rp16.666.000

Ulasan Properti Alana Garden, Serpong, Tangerang Selatan

Ada banyak pilihan hunian di bawah Rp1 miliar di kawasan Serpong, Tangerang Selatan. Temukan pilihan Anda di sini.

 

Tampilkan lebih banyak

Detail Properti

Ulasan Properti Alana Garden, Serpong, Tangerang Selatan

Tampak perumahan Alana Garden dan Marketing Gallery-nya.

Alana Garden mengincar pencari properti yang ingin menikmati kemapanan BSD City, namun dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan unit-unit properti di BSD City. Sebagai konsekuensinya, letak Alana Garden memang tidak berada di ring 1 atau jalan raya besar.

Ciater Barat menjadi jalan ring 1, yang langsung terhubung dengan pintu tol Jakarta-Serpong. Sementara Alana terletak di jalan Kelurahan Buaran, atau ring 2 dari jalan raya Ciater Barat. Jalan Kelurahan Buaran ini lebarnya hanya sekitar 6-7 meter, muat untuk dua mobil. Namun demikian, letaknya tidak terlalu menjorok ke dalam, hanya sekitar 500 meter dari Ciater Barat.

Ulasan Properti Alana Garden, Serpong, Tangerang Selatan

Tampak jalan di depan perumahan Alana Garden, yang menghubungkan Anda dengan jalan Ciater Barat.

Saat ini, Alana Garden belum memiliki show unit. Pihak Helios Elang Perkasa tengah mempersiapkan show unit yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan.  Akan ada dua tipe show unit yang didirikan, yakni Calendra dan Cenna. Alana Garden sendiri akan dibangun dalam dua tahap. Total kedua tahap akan terdiri dari 55 unit rumah.

Sementara itu, pengembang tampaknya berusaha memaksimalkan pemanfaatan lahan untuk perumahan. Namun demikian, tetap ada fasilitas umum yang terdapat di dalam perumahan, yaitu taman bermain anak.

Ulasan Properti Alana Garden, Serpong, Tangerang Selatan

Kiri: Tampak show unit yang sedang dalam tahap pembangunan. Kanan: Kavling-kavling yang siap dibangun.

 

Detail unit

Pengembang menyediakan tiga tipe unit untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pencari properti. Tipe terkecil adalah tipe Cenna, dengan luas bangunan 60m2 dan luas tanah beragam, mulai dari 60m2 pula. Meski kecil, Cenna dibangun dalam bentuk dua lantai.

Area sosial, seperti ruang tengah/ruang keluarga, ruang makan, dan dapur terletak di lantai bawah, sementara kedua kamar tidur terletak di lantai atas. Terdapat dua kamar mandi pada tipe ini, masing-masing satu di lantai bawah dan satu di lantai atas. Kamar mandi di lantai atas terletak di antara kedua kamar tidur, sehingga tidak ada kamar tidur yang memiliki kamar mandi pribadi.

Selanjutnya tipe Crescent adalah tipe dua kamar tidur namun dengan luas bangunan yang lebih besar dibandingkan tipe Cenna, yakni 65m2. Pada tipe Crescent, susunan ruangannya hampir sama, di mana area lantai satu menjadi area beraktivitas, sementara lantai dua merupakan area istirahat.

Perbedaan yang terlihat antara Crescent dan Cenna pada Alana Garden adalah adanya perbedaan antara kamar tidur utama dan kamar tidur anak. Pada Crescent, kamar tidur utama terletak di bagian depan dengan akses menuju balkon.

Ulasan Properti Alana Garden, Serpong, Tangerang Selatan

Kiri: Denah tipe Cenna, tipe terkecil, dan Kanan: denah tipe Crescent, tipe dua lantai dengan balkon.

Ulasan Properti Alana Garden, Serpong, Tangerang Selatan

Tipe Calendra, tipe terbesar di Alana Garden, bagi Anda dengan jumlah anggota keluarga besar dan menginginkan hunian yang lebih lega.

Jika Anda menginginkan unit yang lebih besar, Calendra dengan luas bangunan 69m2 bisa menjadi pilihan. Tipe ini memiliki tiga kamar tidur, yakni satu di bawah dan dua di atas. Kamar tidur utama yang terletak di lantai atas memiliki ruang yang lebih dari cukup untuk sebuah lemari pakaian berukuran besar.

Secara umum, desain fasad unit di Alana Garden mengikuti tren yang ada saat ini, yakni tipe minimalis dengan aksen persegi. Tipe minimalis mengoptimalkan pemanfaatan ruangan dan bukaan jendela. Ini terlihat dari penggunaan jendela berukuran besar, yang membuat pasokan udara dan cahaya alami menjadi berlimpah.

 
Tampilkan lebih banyak

Lokasi

Ulasan Properti Alana Garden, Serpong, Tangerang Selatan

Serpong, dari tempat jin buang anak menjadi kawasan elit incaran pencari hunian.

Serpong adalah salah satu kawasan perumahan primadona di daerah Selatan Jakarta. Anda bisa menemukan segala kebutuhan di sini, mulai fasilitas pendidikan terbaik, sarana kesehatan papan atas, hingga beragam pilihan tempat hang-out dan hiburan yang kekinian, mulai untuk anak-anak hingga dewasa. Tak sedikit orang yang menyebut Serpong sebagai kawasan elit.

Serpong juga menjadi primadona karena aksesnya yang mudah menuju Jakarta. Dengan menggunakan kendaraan pribadi menempuh tol, Anda bisa mencapai Jakarta hanya dalam waktu sekitar 30 menit saat kondisi lancar, seperti di hari Minggu, misalnya. Sementara itu, untuk mencapai Jakarta dengan angkutan umum, tiga stasiun Kereta Rel Listrik bisa menjadi pilihan, yakni stasiun Rawa Buntu, stasiun Serpong, dan Stasiun Sudimara.

Perkembangan pesat kawasan yang dua dekade silam disebut-sebut sebagai tempat jin buang anak ini tak lepas dari kehadiran dua kawasan hunian mandiri skala raksasa, Bintaro Jaya dan BSD City. Kedua kawasan hunian mandiri ini memiliki beragam fasilitas mulai dari mal, rumah sakit, sekolah, hingga perkantoran yang memanjakan penghuninya.

Namun, tingginya minat pencari hunian di kawasan ini juga menghadirkan efek samping, yaitu melonjaknya harga properti. Karena itulah, pengembang-pengembang skala menengah berusaha mengambil kesempatan ini dengan menghadirkan hunian yang lebih terjangkau dengan lokasi yang ‘mepet’ BSD City atau Bintaro Jaya, sehingga penghuninya pun bisa turut menikmati segala fasilitas dan kemudahan yang ada di dalamnya.

Menuju lokasi

Ulasan Properti Alana Garden, Serpong, Tangerang Selatan

Saat jam sibuk (berangkat dan pulang kerja) butuh waktu sekitar 20 menit dari pintu keluar tol hingga tiba di Alana Garden, namun di luar itu, Anda hanya butuh setengahnya, bahkan kurang. Gambar: Google.

Untuk menuju Alana Garden dari Jakarta, Anda bisa menggunakan jalur tol JORR 2 dan menyambung ke ruas tol Jakarta-Serpong. Setelah itu, keluar di pintu tol paling akhir, yakni pintu tol BSD City. Sekitar 3km setelah pintu tol, belok lah ke arah kiri ke Jalan Kelurahan Buaran. Kurang lebih 500 meter, Anda akan melihat gerbang Alana Garden di sisi kiri Anda.

Anda juga bisa mencapai Alana Garden dengan menggunakan KRL jurusan Maja-Tanah Abang. Turunlah di stasiun Rawa Buntu, yang letaknya berseberangan dengan pintu keluar tol BSD City. Tarif ojek online dari stasiun menuju Cluster Alana Garden sekitar Rp12 ribu dan taksi online sekitar Rp34 ribu.

Jika Anda tinggal di Alana Garden dan bekerja di kawasan Jakarta yang dilintasi jalur KRL ini, Anda bisa memarkirkan mobil atau motor Anda. Tarif parkir motor adalah Rp2000 per jam dan tambahan Rp1000 per jamnya hingga tiga jam ke depan. Selanjutnya, tarif parkir motor dipatok maksimal Rp8000 untuk seharian, hingga Anda pulang kantor.

Sementara itu, tarif parkir mobil mulai dari Rp5000 untuk satu jam pertama dan tambahan Rp3000 setiap jam hingga tiga jam berikutnya. Selanjutnya, Anda akan dikenai tarif Rp17ribu untuk seharian.

Tarif KRL sendiri bervariasi, mulai dari  Rp3000 untuk yang terdekat dan Rp7000 yang terjauh (Maja-Tanah Abang). KRL saat ini menjadi transportasi umum primadona para pekerja komuter. Selain tarifnya yang terjangkau, gerbongnya pun bersih dan nyaman, dilengkapi dengan penyejuk udara. KRL juga disukai karena memiliki jaringan yang dapat menjangkau hampir seluruh Jakarta dengan sistem transit.

Ulasan Properti Alana Garden, Serpong, Tangerang Selatan

Kiri: Kondisi gerbong stasiun KRL yang bersih dan nyaman. Kanan: Stasiun KRL Rawa Buntu mampu menampung ratusan sepeda motor dan hingga seratus mobil. Selain parkiran resmi, ada juga parkir non-resmi di sekitar stasiun.

 

Fasilitas Sekitar

Serpong identik dengan salah satu kawasan hunian mandiri, BSD City.  Kawasan hunian mandiri ini merupakan kawasan hunian mandiri terluas di Indonesia dengan total 6000 hektare. Tak heran, Anda bisa memenuhi segala kebutuhan apapun di dalamnya.

Untuk sarana hiburan, misalnya. Yang terdekat dengan Alana Garden adalah Teras Kota, sekitar 8,4km. Teras Kota adalah sebuah mal kecil namun cukup untuk memenuhi kebutuhan ‘nongkrong ringan’  Anda. Di sini terdapat jaringan bioskop asal Korea, CGV Blitz, serta sejumlah tenant makanan seperti Pizza Marzano, J-Sushi, Gandhi Steak, dan lainnya. Di sini juga terdapat Gramedia, pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan alat tulis, kantor, dan buku baik  bagi Anda maupun anak Anda.

Untuk pilihan mal yang lebih besar, Anda dapat menuju AEON Mall, sekitar 9,7km atau 30 menit dari lokasi. AEON Mall adalah mal dengan nuansa dan citarasa Jepang. Di sini terdapat beragam tenant seperti H&M, Uniqlo, Urban Icon, Sports Station, dan banyak lagi. AEON juga memiliki supermarket yang menjajakan sushi segar secara eceran swalayan.  Jadi, Anda bisa memilih sendiri sushi yang Anda suka dan berapa banyaknya.

Ulasan Properti Alana Garden, Serpong, Tangerang Selatan

AEON Mall, salah satu pusat hiburan favorit warga Serpong.

Untuk fasilitas kesehatan, sejumlah rumah sakit dengan berbagai fasilitas tersedia di sekitar sini. Terdapat beberapa pilihannya rumah sakit, diantaranya :

  • RS Hermina Serpong (1,8km) 5 menit berkendara. Rumah sakit ini memiliki layanan yang cukup lengkap dan menerima pasien BPJS.
  • RS Buah Hati Pamulang (4,1km) 12 menit berkendara
  • Rumah sakit Eka Hospital BSD (7,4km) 17 menit berkendara. Ini adalah rumah sakit dengan layanan kelas menengah ke atas. Rumah sakit ini memiliki peralatan dan fasilitas modern, namun tidak menerima BPJS.

Ulasan Properti Alana Garden, Serpong, Tangerang Selatan

Ada banyak pilihan hunian di bawah Rp1 miliar di kawasan Serpong, Tangerang Selatan. Temukan pilihan Anda di sini.

Mencari hunian yang nyaman, tentunya faktor pendidikan Anak akan menjadi prioritas utama. Di kawasan Alana Garden terdapat beberapa pilihan untuk sekolah anak Anda. Dari mulai tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

  • Sekolah Insan Cendekia Madani (7,4km) atau 21 menit berkendara
  • Global Islamic School (1,4km) atau 5 menit berkendara
  • Stella Maris (5,5km) atau 16 menit berkendara
  • Santa Ursula (8,3km) atau 24 menit berkendara
  • Sekolah Al-Azhar BSD (9,3km) atau 24 menit berkendara
 
Tampilkan lebih banyak

Ringkasan

Bingung tentukan cicilan beli hunian? Lihat panduan berikut ini:

Alana Garden menawarkan alternatif hunian bagi Anda yang mencari hunian di kawasan Tangerang Selatan, terutama bagi mereka yang mendambakan kemapanan BSD City namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Tinggal di Alana Garden menawarkan semua kemapanan tersebut karena jaraknya hanya 10 menit dari BSD City. AEON Mall yang sedang hits, sekolah bergengsi seperti Al-Azhar ataupun Santa Ursula, dan beragam fasilitas lainnya dapat Anda nikmati.

Namun, jika Anda masih bisa merogoh kocek lebih dalam, tak ada salahnya  mengincar perumahan baru BSD City, yang menawarkan gengsi dan nama besar.

Tertarik membaca review properti lain di Tangerang Selatan? Lihat di sini!

Bagi Anda yang masih memiliki pertanyaan seputar membeli rumah, temukan jawabannya di Panduan Rumah.com. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan melalui Tanya Properti.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Tampilkan lebih banyak
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Hubungi Pemasang Iklan

Hubungi Pemasang Iklan

Ketentuan Layanan: Pemasang iklan bertanggungjawab sepenuhnya atas semua informasi yang ditayangkan

Masukan