Avania Bintaro Residence, Ciputat, Tangerang Selatan

  • Boy Leonard
  • 7 Desember 2020

PT Bhuvana Abirama Land adalah pengembang properti yang berpengalaman lebih dari 10 tahun mendirikan perumahan baru di kawasan Tangerang Selatan. Sejumlah proyek yang sudah dikerjakan seperti Amara Pavilion, The Villas dan Bhuvana Residence. Kini mereka membidik kawasan Jombang Ciputat untuk proyek terbarunya Avania Bintaro Residence.

Nama Proyek: Avania Bintaro Residence

Alamat: Jalan Bakti, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten

Tipe unit

Tipe Adena. Luas Bangunan 65m2. Harga mulai Rp950juta

Tipe Adara. Luas Bangunan 72m2. Harga mulai Rp1,15miliar

Spesifikasi Teknis

Pondasi: Batu Kali/Foot Plat

Dinding: Bata Ringan

Rangka Atap: Baja Ringan

Lantai Dalam: Homogeneous Tile 60×60

Lantai Carport: Rabat beton

Lantai Kamar Mandi: Keramik 30×30

Dinding Kamar Mandi: Keramik 30×30

Teras: Keramik 30×30

Dinding Luar: Finishing Cat Weathershield

Dinding Dalam: Finishing Cat

Kusen Jendela dan Pintu: Alumunium

Daun Pintu Utama: Solid Engineering

Daun Pintu Interior: Multiplex Double

Plafond Eksterior: GRC Board

Plafond Interior: Gypsum Board

Penutup Atap: Genteng Beton Flat

Analisis

Ulasan Proyek Avania Bintaro, Tangerang Selatan - 11

Fasad bangunan di Avania Bintaro dengan warna cat cokelat dan batu alam yang membuatnya terlihat elegan.

Pertumbuhan rumah baru di kawasan Jombang, Ciputat terbilang cukup masif dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya di kawasan ini masih tersedia pasokan tanah. Belum lagi, Jombang dikeliligi oleh dua kawasan kota mandiri, Bintaro Jaya dan BSD City. Maka, tidak heran jika perumahan baru di lokasi ini dibanderol harga mulai dari Rp10juta sampai Rp15juta per meter persegi.

Sementara itu, ada perumahan baru garapan PT Bhuvana Abirama Land, yakni Avania Bintaro di kawasan Jombang Ciputat. Perumahan ini dibanderol harga jual bangunan mulai dari Rp15 juta sampai dengan Rp16juta per meter persegi. Dengan harga tersebut, kelebihan apa yang ditawarkan oleh pengembang?

Avania Bintaro merupakan perumahan mini cluster dua lantai yang terdiri dari 14 unit. Perumahan ini didesain dengan gaya arsitektur modern minimalis yang khas, dan tetap diminati oleh konsumen. Di bagian depan rumah, fasadnya dibalut oleh batu alam dan sejumlah kaca jendela vertikal yang membuatnya terlihat elegan. Sementara di lantai dua terdapat mini balkon dengan railing minimalis.

Perumahan ini memiliki jalan lingkungan yang dibalut oleh bata conblok serta tinggi tanah yang di desain lebih tinggi dari sekitarnya. Untuk itu pengembang berani memberi klaim bebas banjir pada Avania Bintaro. Fasilitas yang tersedia di dalam lingkungan perumahan memang tidak banyak, namun cukup esensial, yakni security dan taman bermain.

Ulasan Proyek Avania Bintaro, Tangerang Selatan - 12

Temukan ragam perumahan baru di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan di Rumah.com dengan harga di bawah Rp750 Juta!

Bila dibandingkan dengan perumahan lain di kawasan Ciputat, kita bisa menemukan banyak pilihan yang bervariasi. Salah satu contohnya ialah Diana Mansion yang menawarkan harga jual sekitar Rp11,6juta per meter persegi.

Dengan harga bangunan yang relatif murah, Diana Mansion merupakan rumah dua lantai yang memiliki desain kompak. Luas bangunannya hanya 55m2, namun memiliki kapasitas tiga kamar tidur dan dua kamar mandi. Bisa dibayangkan betapa ringkasnya ruangan yang ada di dalam rumah tersebut, maka tidak heran jika harganya lebih ekonomis.

Selain Diana Mansion, ada pula Royale Bintaro 2 yang berlokasi di area Jombang. Perumahan dua lantai ini membanderol harga bangunan Rp13juta permeter persegi.

Meski tidak memiliki fasilitas di dalam perumahan, namun unit rumahnya terlihat mewah. Hal ini terlihat dari penggunaan jendela kaca vertikal yang dominan. Terdapat kanopi di bagian atap rumah yang memberi keunikan tersendiri pada arsitektur bangunan.

Selain itu di area lain juga ada Balboa Estate Bintaro yang menawarkan rumah di kisaran Rp1miliar. Meski yang membedakan, perumahan ini memiliki fasilitas mini kolam renang di dalam lingkungannya. Maka tidak heran jika harga bangunannya lebih mahal, yakni Rp18juta permeter persegi.

Apabila Anda ingin menyewakan unit rumah yang dimiliki, harganya berkisar Rp40juta per tahun untuk rumah dua lantai. Tentu saja harga ini bisa berubah-ubah sesuai spesifikasi bangunan dan kelengkapan furnitur di dalamnya.

Tampilkan lebih banyak

Detail Properti

Ulasan Proyek Avania Bintaro, Tangerang Selatan - 05

Kiri: Ilustrasi perumahan Avania Bintaro apabila sudah selesai dibangun. Kanan: Denah pemetaan rumah yang terbagi ke dalam dua blok.

Kawasan Ciputat semakin dipadati oleh perumahan baru, dengan harga dan tipe yang bervariasi. Salah satu yang saat ini sedang dalam proses pembangunan adalah Avania Bintaro. Perumahan ini memiliki konsep mini cluster yang menarik untuk disimak.

Perumahan Avania Bintaro  memiliki total 14 unit rumah yang terbagi menjadi dua blok. Blok A terdiri dari tujuh unit rumah tipe 5×12, sedangkan di Blok B terdapat 5 unit tipe 5×12 dan 2 unit tipe 5,5×11 var.

Ulasan Proyek Avania Bintaro, Tangerang Selatan - 06

Kiri: Pintu depan perumahan yang permukaan tanahnya dibuat agak tinggi. Kanan: Jalan lingkungan perumahan yang sudah rapih dengan bata blok.

Hingga tulisan ini diturunkan, proses pembangunan sedang dalam tahap infrastruktur kompleks yaitu membuat saluran air dan jalan lingkungan. Pembangunan rumah contoh juga masih dalam proses sehingga tim Rumah.com belum bisa menyajikan gambar interior rumah secara asli.

Untuk harga, dibanderol mulai dari Rp950 juta sampai dengan Rp1,1miliar sesuai dengan luas dan tipe bangunan. Harga ini terbilang relatif sepadan dengan banderol rumah yang ada di pasaran mengingat bangunannya adalah rumah dua lantai.

Ulasan Proyek Avania Bintaro, Tangerang Selatan - 07

Kiri: Bagian depan perumahan yang sementara ditutup oleh seng dan spanduk perumahan. Kanan: Proses pembagian area unit rumah yang mulai dipasang pondasi awal.

Setiap unit rumah memiliki desain bangunan minimalis modern dengan warna fasad dan batu alam cokelat yang hangat. Atap rumah mengerucut dengan ditutup genteng beton flat. Kemudian bagian depan rumah dilengkapi dengan banyak jendela kaca dan serta terdapat balkon di lantai dua.

Untuk fasilitas perumahan, terdapat penjagaan sekuriti oleh yang bertugas di pos satpam. Kemudian untuk area bersosialisasi warga, akan dibangun taman sederhana di sudut perumahan. Anda tidak perlu khawatir jika ingin memarkir kendaraan, sebab lebar jalan di dalam cluster memiliki ROW sekitar 6 meter. Jalan lingkungan ditutup oleh conblok supaya resapan air ke dalam tanah tetap berfungsi dengan maksimal.

Ulasan Proyek Avania Bintaro, Tangerang Selatan - 08

Denah rumah untuk tipe kecil dengan luas bangunan 65m2 dan luas tanah 60m2.

Pengembang memberikan jaminan perumahan yang bebas banjir melihat permukaan tanah yang dibuat lebih tinggi dari area di sekitarnya. Setiap pembelian unit rumah juga sudah dilengkapi dengan Sertifikat Hak Milik (SHM) yang pecah per kaveling.

Untuk pembagian ruang, di depan rumah terdapat carport, teras dan pekarangan kecil. Kemudian ketika masuk ke dalam rumah Anda akan disambut oleh ruang keluarga yang didesain open space karena menyatu dengan dapur dan meja makan. Di lantai pertama terdapat satu kamar tidur dan satu kamar mandi.

Ulasan Proyek Avania Bintaro, Tangerang Selatan - 09

Untuk tipe besar ada rumah dengan luas bangunan 72m2 dan luas tanah 61m2.

Selanjutnya di ruangan paling belakang ada pintu menuju pekarangan belakang yang cukup lega untuk direnovasi sesuai selera. Melangkah ke lantai atas, terdapat dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Pada kamar tidur utama juga terhubung dengan balkon berukuran mini yang bisa menjadi tempat bersantai atau berjemur di pagi hari.

Secara umum tidak ada perbedaan yang signifikan atanra rumah tipe kecil dan tipe besar di Avania Bintaro. Keduanya sama-sama memiliki tiga kamar tidur dan dua kamar mandi. Hanya saja, lebar muka di tipe besar lebih maksimal sehingga bisa menampung hingga dua kendaraan roda empat.

Ulasan Proyek Avania Bintaro, Tangerang Selatan - 10

Ilustrasi interior rumah di lantai satu yang menyatukan ruang keluarga dan meja makan serta dapur bersih.

Selain itu, tentu saja dengan luas bangunan yang lebih besar, Anda bisa menata lebih banyak furnitur di dalam rumah. Namun pastikan perabot yang Anda pilih tetap mengusung gaya minimalis yang kekinian supaya ruangan tetap terlihat lapang dan bersih.

Seperti contoh diatas, pengembang menyajikan ilustrasi interior rumah di lantai satu dimana terdapat set sofa dan set meja makan dalam satu ruangan. Nuansa ruangan tetap terlihat lapang karena adanya asupan cahaya yang maksimal dari depan dan belakang rumah.

Tampilkan lebih banyak

Lokasi

Ulasan Proyek Avania Bintaro, Tangerang Selatan - 00

Ciputat adalah salah satu kawasan ekonomi sekaligus jalur utama di Tangerang Selatan. Tak heran jika wilayah ini menjadi incaran pencari hunian.

Kawasan Ciputat masih menjadi lokasi favorit berburu perumahan baru di Tangerang Selatan. Ketersediaan lahan yang cukup serta lokasi yang strategis dekat CBD Bintaro dan BSD Serpong membuat lokasi ini banyak diburu orang. Meski harga tanahnya terbilang cukup tinggi, namun Anda masih bisa mencari hunian yang pas dengan bujet.

Daya tarik Ciputat tidak hanya terlihat dari lokasinya yang strategis, tetapi juga bertambahnya infrastruktur jalan yang membuatnya semakin mudah diakses. Terlebih setelah beroperasinya jalan tol Kunciran-Serpong yang terhubung dengan jalan tol Jakarta Serpong. Akses menuju area Kota Tangerang kini semakin mudah.

Menuju Lokasi

Ulasan Proyek Avania Bintaro, Tangerang Selatan - 01

Rute dari pintu tol Pondok Aren Barat menuju Perumahan Avania Bintaro berjarak sekitar 7km. Foto: Google.

Untuk menuju perumahan Avania Bintaro, Anda bisa melalui jalan tol Jakarta-Serpong dan keluar di pintu Pondok Aren Barat. Sampai disana, belok kiri ke Jalan Tegal Rotan Raya. Kemudian lanjutkan ke jalan Cendrawasih Raya. Sekitar 1km ke depan belok kanan ke Jalan Merpati Raya. Setelah 2,8km belok kanan ke Jalan H. Sawil dan Anda akan tiba di Avania Bintaro.

Selain dengan kendaraan pribadi, Anda juga bisa mencapai Avania Bintaro menggunakan transportasi umum. Salah satu contohnya ialah commuterline. Sebab dari stasiun commuterline Sudimara ke Avania Bintaro jaraknya hanya sekitar 1,8km atau 10 menit berkendara dengan ojek online.

Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan shuttle bus Big Bird yang tersedia di kawasan Bintaro Jaya. Dengan menghampiri shuttle bus yang ada di kawasan Bintaro Sektor 9, Anda bisa menuju Ratu Plaza Jakarta Selatan. Jarak dari Avania Bintaro ke Bintaro Trade Center sekitar 3,5km.

Selain itu juga ada rute baru Trans Bintaro Jaya (JR Connexion) Royaltrans dengan perjalanan menuju MRT Fatmawati. Bus premium ini berhenti di halte Bintaro Jaya Xchange Mall dan dipatok tarif Rp20.000 untuk sekali perjalanan.

Ulasan Proyek Avania Bintaro, Tangerang Selatan - 12

Temukan ragam perumahan baru di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan di Rumah.com dengan harga di bawah Rp750 Juta!


Fasilitas Umum

Karena berada di antara kawasan kota mandiri Bintaro Jaya dan BSD City, sangat mudah menemukan ragam fasilitas umum di sekitar perumahan. Mulai dari sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, semua bisa ditempuh dengan jarak yang relatif dekat.

Ulasan Proyek Avania Bintaro, Tangerang Selatan - 02

Gedung Unit Gawat Darurat (UGD) di RS IMC Bintaro (Foto: rsimcbintaro.com)

Untuk fasilitas umum pertama yang paling dekat dari jangkauan ialah rumah sakit.  Rumah sakit terdekat dari Avania Bintaro ialah Rumah Sakit Ichsan Medical Center Bintaro (800meter). RS ini telah menambah gedung baru pada tahun 2016 lalu.

Namun untuk pemegang kartu BPJS, fasilitas kesehatan rujukan pertama ialah Puskesmas Jombang yang jaraknya 1,7km dari hunian.

Kemudian untuk alternatif lain ada juga RS Pondok Indah Bintaro (3km) yang berstandar internasional.

Fasilitas lain yang dekat dari perumahan ialah sekolah. Ada banyak jenis sekolah berdasarkan kurikulum dan metode pembelajaran yang bisa orang tua pilih.

Seperti misalnya sekolah multicultural seperti Global Jaya International School (2km), Jakarta Japanese School (800meter), Sekolah Tunas Indonesia (750meter), Sekolah Auliya (1,1km), sampai dengan Sekolah Mentari (1,4km).

Ulasan Proyek Avania Bintaro, Tangerang Selatan - 03

Kiri: Kegiatan berolahraga di SD Budi Mulia Dua. Kanan: Sekolah Brainy Bunch yang menerapkan metode Islam Montessori dalam pembelajarannya.

Ada pula Budi Mulia Dua School  (1,3km). Sekolah ini terdiri dari jenjang Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Gedung Sekolah Budi Mulia Dua Bintaro terdiri dari 3 gedung, yang terdiri dari gedung utama untuk SD sebanyak 3 lantai, gedung ke dua untuk KB dan TK sebanyak 2 lantai dan gedung SMP 2 lantai.

Kemudian  ada juga sekolah yang menerapkan metode montessori seperti prasekolah Brainy Bunch Bintaro (2,5km). Serta sekolah yang menerapkan metode pendekatan kepada alam seperti Sekolah Alam Bintaro (3,6km).

Ada pula sekolah Islam seperti Sekolah Abu Dzar (1,9km) dan Sinar Cendekia Islamic School (3,3km). Semuanya bisa menyesuaikan dengan karakteristik anak dan prinsip dasar dari orangtua.

Sementara itu, untuk kebutuhan berbelanja, ada ragam pusat perbelanjaan tersedia di sekitaran Avania Bintaro. Sebagai contoh Pasar Jombang (1,7km). Pasar tradisional ini buka selama 24 jam. Mulai dari pedagang kue, sayuran, buah-buahan, ayam, ikan daging, pakaian, bahkan pedagang emas tersedia disini.

Atau sebagai alternatif, kini pasar modern Emerald Bintaro juga sudah dibuka. Jarak dari perumahan ke pasar ini hanya sekitar 2,9km. Fresh market seluas 2,1hektar ini baru saja diresmikan pada akhir tahun 2019 lalu.

Di kawasan CBD Bintaro Jaya juga terdapat beragam supermarket besar seperti Hari-Hari Bintaro (3,9km), Transmart Bintaro (4,4km), maupun Lotte Mall Bintaro (4,7km). Semua menghadirkan barang yang tidak jauh berbeda satu sama lainnya. Yang membedakan hanyalah selisih harga atau diskon-diskon serta promo yang diberikan.

Ulasan Proyek Avania Bintaro, Tangerang Selatan - 04

Sementara jika ingin nge-mall bisa ke Bintaro Xchange yang jaraknya hanya 3,9km dari hunian. Mal yang satu ini berbeda dengan mal-mal yang ada di Jakarta. Sebagian dari mal ini dirancang sebagai taman.

Pada bagian area outdoor terdapat jogging track dan juga teater kecil yang biasanya digunakan untuk acara di akhir pekan. Selain itu, Anda juga bisa bermain seluncur es bersama anak-anak atau keluarga.

Tampilkan lebih banyak

Ringkasan

Sebelum membeli rumah, Anda juga perlu mengetahui kredibilitas pengembang. Simak tipsnya disini!

Semakin menipisnya lahan tanah yang tersedia di area CBD membuat pembangunan perlahan bergeser ke sekitarnya. Begitu pula yang terjadi di kawasan Ciputat, meskipun tidak banyak fasilitas umum yang tersedia di area ini, namun Anda tetap bisa memanfaatkan ragam fasilitas yang ada di Bintaro dan Serpong.

Jombang, Ciputat menawarkan sebuah perumahan baru dengan konsep mini cluster bergaya minimalis modern. Perumahan Avania Bintaro merupakan rumah dua lantai dengan total 14 unit. Dengan banderol harga mulai dari Rp950jutaan, perumahan ini menawarkan hunian minimalis yang relatif terjangkau bagi keluarga milenial.

Dilengkapi dengan fasilitas keamanan dan taman untuk bersosialisasi warga, Avania Bintaro bisa menjadi pilihan bagi Anda yang mencari hunian yang dekat menjangkau jalan tol, stasiun dan fasilitas umum di dekat Bintaro Jaya.

Tertarik melihat review properti lain di sekitar Tangerang Selatan? Lihat pilihannya di sini! 

 Bagi Anda yang masih memiliki pertanyaan seputar membeli rumah, temukan jawabannya di Panduan Rumah.com. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan melalui Tanya Properti.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Tampilkan lebih banyak
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Hubungi Pemasang Iklan

Hubungi Pemasang Iklan

Ketentuan Layanan: Pemasang iklan bertanggungjawab sepenuhnya atas semua informasi yang ditayangkan

Masukan