Banyu Biru Village, Sepatan, Kabupaten Tangerang

  • Boy Leonard
  • 16 April 2020

Setelah sukses dengan proyek perumahan kelima, PT Jagat Madu Nusantara Land (VPP Group) mulai mendirikan Cluster Banyu Biru Village yang terletak di Lebak Wangi, Sepatan Timur. Sebelumnya pengembang ini memang fokus mendirikan perumahan di kawasan Tangerang.

Nama Proyek: Banyu Biru Village

Alamat: Jalan Manunggal Kampung Rawa Bereum RT 006 RW 007 Lebak Wangi, Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang.

Tipe Unit

  • Tipe 33/60. Harga Rp462.000.000
  • Tipe 54/60. Harga Rp671.000.000

Spesifikasi Teknis

  • Pondasi: Batu kali
  • Struktur: Beton bertulang
  • Dinding: Double bata hebel plester aci
  • Pintu kusen utama: Panel Kayu
  • Pintu kamar: Polywood finishing cat duco
  • Rangka atap: Baja ringan
  • Atap: Genteng beton
  • Lantai keramik: 40×40 dan 30×30
  • Sanitary: WC duduk dan shower
  • Listrik: 1300 watt

Analisis

Ulasan Proyek Banyu Biru Village, Tangerang

Unit contoh yang ada di Banyu Biru Village. Desain minimalis yang bersih membuat rumah ini terlihat nyaman.

Sejak beberapa tahun lalu Sepatan Timur sudah diburu pengembang lokal untuk mendirikan hunian kelas menengah. Harga rumah baru di kawasan ini sudah menembus kisaran Rp7juta per meter persegi. Untuk satu tipe rumah dengan tipe sederhana (36/60), Anda harus siap merogoh kocek minimal Rp400 jutaan.

Sementara itu, Banyu Biru Village mematok harga Rp460jutaan atau sekitar Rp7,6jutaan per meter persegi. Dengan harga tersebut, apa kelebihan yang dimiliki oleh Banyu Biru Village dibanding kompetitor disekitarnya?

Banyu Biru Village menawarkan hunian tempat tinggal seluas 1,2 hektar dengan total 93 unit rumah. Perumahan ini dijual dengan harga mulai dari Rp460juta untuk tipe satu lantai (33/60) dan Rp671juta untuk tipe dua lantai (54/60).

Ulasan Proyek Banyu Biru Village, Tangerang

Ada banyak pilihan hunian dijual di Sepatan Timur dengan harga di bawah Rp500juta.

Mengusung konsep hunian hijau, sesuai lambang daun di pelat nama perumahannya, Banyu Biru Village memiliki beberapa fasilitas. Mulai dari sekuriti 24 jam, akses masuk satu gerbang, kamera CCTV sampai dengan taman bermain anak. Disediakan juga taman hijau, internet WIFI, serta air PDAM/AETRA.

Sementara untuk unit rumahnya dibangun dengan dinding double, serta pemetaan ruang yang fungsional sehingga cocok ditempati keluarga muda.

Untuk mendorong penjualan unitnya, pengembang juga memberikan beberapa promosi. Sebagai contoh gratis pendingin udara, hadiah mobil, uang muka mulai dari Rp9juta, serta cicilan mulai dari Rp3juta.

Jika ingin dibandingkan dengan perumahan lain di sekitar Sepatan, ada Jaya Imperial Park milik Jaya Group. Klaster terbaru mereka Imperial Sky tahap 6 sedang dipasarkan, untuk tipe 31/60 ditawarkan seharga Rp426juta atau sekitar Rp7,1juta.

Perumahan ini juga dilengkapi fasilitas seperti Waterpark, Function hall, Mc Donald’s, Club House, Food Court dan Jogging Track.

Selain itu ada juga Panorama Sepatan Tahap 3 milik PT Arya Lingga Manik. Rumah tipe 43/72 ditawarkan seharga Rp495juta atau sekitar Rp6,8juta per meter persegi. Secara umum bisa disimpulkan bahwa perumahan Banyu Biru memiliki harga yang sedikit lebih tinggi namun dilengkapi dengan fasilitas dan unit bangunan yang berkualitas di kelasnya.

Apabila ingin disewakan, rata-rata rumah baru di kawasan Sepatan Timur disewakan seharga Rp20juta pertahun untuk tipe 33/60.

 

Selengkapnya

Detail Properti

Ulasan Proyek Banyu Biru Village, Tangerang

Ilustrasi Gerbang depan perumahan yang dihiasi oleh gapura, lansekap hijau dan pelat bertuliskan Banyu Biru Village.

Banyu Biru Village merupakan satu dari beberapa perumahan yang ada di kawasan Lebak Wangi. Sebelumnya ada beberapa cluster skala kecil yang sudah menetap disini. Akan tetapi karena lokasinya yang masih menyisakan lahan kosong maka kemungkinan masih akan bertambah lagi jumlah cluster baru di sekitar Jalan Manunggal.

Banyu Biru Village menempati luas tanah 1,2 Hektar. Untuk lahan tersebut nantinya akan dibangun unit hunian dan komersial. Pengembang VPP Group yang telah berpengalaman mendirikan cluster di kawasan Sepatan, Tangerang mengklaim Banyu Biru Village sebagai *Regional and Business Center” yang kuat di Tangerang.

Ulasan Proyek Banyu Biru Village, Tangerang

Kiri: Kantor Pemasaran untuk pemesanan unit perumahan Banyu Biru Village. Kanan: Lokasi proyek yang masih dalam tahap pembangunan awal.

Banyu Biru Village memiliki total 94 unit bangunan, terdiri dari 16 unit rumah tipe 54/60 dan 78 unit rumah dengan tipe 33/60, serta 1 kavling ruko. Terlihat bahwa tipe kecil atau rumah satu lantai menempati porsi terbesar dalam pembangunan. Hal ini sesuai dengan harapan pengembang yang ingin menjaring lebih banyak konsumen dari keluarga muda atau kelompok menengah.

Terlihat dari peta pembangunan di bawah, bahwa perumahan memiliki bentuk memanjang ke belakang. Setelah masuk ke dalam gerbang perumahan, Anda akan disambut dengan perumahan tipe dua lantai terlebih dahulu.Di lingkungan perumahan juga terdapat beberapa area hijau di bagian depan dan belakang perumahan.

Ulasan Proyek Banyu Biru Village, Tangerang

Kiri: Masterplan ilustrasi tiga dimensi perumahan. Kanan: Peta daerah pembangunan Banyu Biru Village yang terbagi ke dalam unit hunian dan komersial.

Apabila memperhatikan ilustrasi gerbang perumahan di bawah, terlihat bahwa Banyu Biru Village memperhatikan detil arsitektur. Mulai dari gapura gerbang perumahan yang menyambut, hingga pelat nama perumahan yang dihiasi aksen dedaunan yang cukup besar. Icon dedaunan mengesankan bahwa perumahan memiliki penghijauan yang cukup di dalam lingkungan perumahan.

Untuk fasilitas perumahan hampir sama dengan perumahan kelas menengah pada umumnya. Dari segi pengamanan, disediakan gerbang masuk utama yang dilengkapi dengan sistem pengamanan. Selain itu pada beberapa sudut perumahan juga dipasang kamera CCTV untuk mengintai kondisi komplek agar tetap aman. Kemudian ada taman bermain anak yang diperlukan untuk tempat bersosialisasi dan tumbuh kembang anak.

Beralih ke unit perumahan, ada dua tipe yang ditawarkan. Pertama rumah satu lantai yang diberi nama tipe Azalea. Tipe Azalea memiliki luas bangunan 33m2 dan luas tanah 60m2. Harganya ditawarkan mulai dari Rp426juta. Kemudian ada tipe kedua yakni Orchid yang memiliki luas tanah 54m2 dan luas bangunan 60m2 seharga Rp671juta.

Untuk lebih jelasnya mari kita menelaah denah unit Azalea yang merupakan tipe rumah terbanyak yang akan dibangun di Banyu Biru Village.

Rumah ini memiliki taman depan seluas 3×3 meter, serta carport seluas 3,65×3 meter. Dengan lahan ini cukup memadai untuk memarkir satu mobil dan satu motor atau sepeda. Luas taman depan juga cukup asri untuk berkebun beberapa jenis tanaman.

Ulasan Proyek Banyu Biru Village, Tangerang

Tipe Azalea, rumah satu lantai dengan luas 30m2 dan luas tanah 60m2. Terdapat dua kamar tidur dan satu kamar mandi serta dua taman di bagian depan dan belakang rumah.

Setelah itu, melangkah ke area teras seluas 1×3 meter, kemudian masuk ke ruang serbaguna. Di ruangan berkapasitas 2,55×3 meter ini, Anda bisa menata set sofa couple dengan televisi dan nakas yang bergaya minimalis. Kemudian melangkah ke belakang ada kamar mandi seluas 1,37×1,5 meter serta dapur seluas 1×3 meter.

Ulasan Proyek Banyu Biru Village, Tangerang

Tipe Orchid, model dua lantai dengan luas bangunan 54m2 dan luas tanah 60m2. Dengan luas tanah yang sama dengan Azalea, semua kamar di tipe Orchid ditempatkan di lantai dua.

Harus dipahami bahwa tidak ada ruang untuk meletakkan set meja makan. Namun karena ada sisa lahan di taman belakang seluas 1×3 meter, Anda mungkin bisa merombak sebagian area untuk outdoor dining area yang praktis.

Terakhir, ada dua kamar tidur di unit Azalea. Kamar tidur utama memiliki luas 3×3 meter, sementara kamar tidur anak seluas 2,35×3 meter. Dengan kapasitas ini, kita bisa mengisi ruangan dengan kasur, lemari dan satu set meja belajar dengan ukuran dan desain minimalis.

Selengkapnya

Lokasi

Ulasan Proyek Banyu Biru Village, Tangerang

Memiliki keunggulan dekat dengan bandara, Sepatan masih memiliki suplai hunian dengan harga menengah ke bawah.

Nama Lebak Wangi mungkin belum familiar di telinga kita, namun pergeseran tren properti berjalan sangat cepat di kawasan Jabodetabek. Tak terkecuali untuk Lebak Wangi, Sepatan Timur yang merupakan kelurahan di Kabupaten Tangerang. Sebelumnya, di kawasan ini sudah ramai oleh pemukiman dan pabrik usaha kecil dan menengah.

Sepatan dianggap sebagai kawasan yang prospektif mendirikan perumahan menengah dan bawah. Selain lokasinya yang relatif dekat dari Tangerang Kota dan Sepatan juga bersebelahan dengan bandara Soekarno Hatta. Meskipun secara infrastruktur belum selengkap koridor Tangerang Selatan, namun pertumbuhan rumah baru di kawasan ini terbilang cepat.

Beberapa pengembang melirik kawasan Sepatan untuk berinvestasi. Salah satu yang paling besar adalah Jaya Group yang mendirikan Jaya Imperial Park seluas 30 hektar. Namun, banyak juga pengembang kecil dan menengah yang mendirikan proyek perumahan dengan harga lebih terjangkau. Sebut saja PT Jagat Madu Nusantara Land yang mendirikan Banyu Biru Village.

Ulasan Proyek Banyu Biru Village, Tangerang

Lokasi Banyu Biru Village yang berjarak sekitar 41km dari pusat bisnis Jakarta. (Foto: Google)

 

Menuju Lokasi

Untuk sampai di Banyu Baru Village, Anda bisa melalui jalan to Jakarta-Merak. Ruas tol ini bisa diakses dari tol JORR Lingkar Dalam maupun tol JORR Lingkar Luar Jakarta. Setelah itu keluar di exit tol nomor 18 ke arah Tangerang/Cikokol dan belok kanan ke arah Jalan M.H Thamrin.

Lanjutkan perjalanan melalui jalan Perintis Kemerdekaan. Setelah tiba di daerah Karawaci Tangerang, belok kiri ke arah Mauk/Kotabumi. Apabila sudah sampai di Jalan Dewi Sartika belok kanan ke Jalan Manunggal di Lebak Wangi. Tak jauh dari sana, Banyu Biru Village akan terlihat di sisi kiri jalan.

Selain dengan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan transportasi umum. Salah satunya adalah dengan commuterline dan turun di Stasiun Tangerang. Jarak dari stasiun ke perumahan sekitar 10km. Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menumpang angkot R03 dari stasiun kereta.

Perumahan ini berjarak sekitar 17km dari bandara Soekarno Hatta atau sekitar 40 menit apabila melewati Jalan Perimeter Utara. Karena jaraknya yang relatif terjangkau itu perumahan ini juga menargetkan pekerja di Bandara untuk tinggal atau berinvestasi di Banyu Biru Village.

Ulasan Proyek Banyu Biru Village, Tangerang

Ada banyak pilihan hunian dijual di Sepatan Timur dengan harga di bawah Rp500juta.

 

Fasilitas umum

Meski berlokasi di tengah Jalan Manunggal, fasilitas umum sudah cukup mudah ditemukan di sekitar perumahan. Mulai dari rumah sakit, sekolah, sampai dengan pusat perbelanjaan. Anda tidak perlu pergi jauh-jauh untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Untuk kebutuhan medis, ada Puskesmas Sepatan yang bisa menjadi Fasilitas Kesehatan rujukan pertama BPJS. Lokasinya hanya 3,1km dari perumahan atau sekitar 12 menit berkendara. Setelah itu, ada RS Sepatan Mulia, hanya 2,6km dari hunian.

Ulasan Proyek Banyu Biru Village, Tangerang

Puskesmas Sepatan dan RS Sepatan Mulia, dua pelayanan kesehatan terdekat dari Banyu Biru Village.

Untuk rujukan Rumah Sakit Ibu dan Anak ada RSIA Bunda Sejahtera yang jaraknya 5,4km dan Pilihan kedua bisa ke RSIA Sari Asih Sangiang, jaraknya sekitar 6,9km.

Sementara kalau ke arah Tangerang Kota, ada beberapa RS rujukan seperti RSAB Sari Asih (10km), RS Hermina  Tangerang (8,5km) dan RSUD Kabupaten Kota (9,3km).

Kalau mau berbelanja kebutuhan sehari-hari, Anda bisa membeli bahan pangan segar di Pasar Sepatan (3,2km).  Jaraknya tidak jauh dari rumah, hanya sekitar 15 menit berkendara dari hunian.

Anda juga bisa berbelanja ke swalayan Giant Ekspres Poris meskipun jaraknya relatif jauh yakni 15km. Namun untuk pembelian dalam jumlah sedikit Anda bisa mampir ke Indomaret yang jaraknya kurang dari 1km dari rumah.

Kalau mau berbelanja ritel bisa menuju Ramayana Cimone (9,5km). Disana tersedia banyak pilihan baju dan sepatu dengan model terbaru dan harga terjangkau.

Bosan di dalam rumah? Ada beberapa mall pilihan untuk hangout seperti Mall Balekota (12,3km) atau Mall Tangerang City (13,4km). Kedua mal ini menyediakan bioskop untuk menonton film terbaru.

Ulasan Proyek Banyu Biru Village, Tangerang

Puskesmas Sepatan dan RS Sepatan Mulia, dua pelayanan kesehatan terdekat dari Banyu Biru Village.

Untuk sekolah, ada beberapa sekolah terdekat dari perumahan misalnya:

  • SDN Lebak Wangi (1,3km)
  • SDN Kampung Bayur 05 (3,3km)
  • SMPN 2 Sepatan Timur (2,5km)
  • MIS Nurul Falah Bayur (2,8km)
  • SMAN 25 Sepatan (2,1km)
  • SMK Negeri 2 Sepatan (4km)

Ulasan Proyek Banyu Biru Village, Tangerang

I amsterdam Waterpak bisa menjadi taman air favorit untuk rekreasi warga Tangerang.

Sementara untuk ide jalan-jalan bersama keluarga di akhir pekan bisa ke Amsterdam Water Park yang berada di Kutajaya, berjarak sekitar 5,9km dari Banyu Biru Village. Harga tiket normalnya sekitar Rp45 ribu untuk weekday dan Rp50 ribu waktu weekend. Harga ini sudah termasuk pajak dan free flying fox buat anak-anak.

Harga tiket ini sudah termasuk semua fasilitas permainan yang ada di dalam Amsterdam Waterpark. Tapi belum termasuk biaya loker, rompi keselamatan, parkir dan makanan.

Selengkapnya

Ringkasan

Ingin tau cara menyicil KPR (Kredit Pemilikan Rumah) secara ringan? Lihat panduan berikut ini:

Kawasan Sepatan Timur semakin ramai dengan proyek perumahan baru karena dinilai strategis dekat dari Bandara dan Tangerang Kota. Sejumlah pengembang lokal berlomba-lomba mendirikan klaster perumahan dengan harga bervariasi. Banyu Biru Village menjadi salah satu perumahan baru yang baru diluncurkan tiga bulan yang lalu.

Sebagai pengembang yang berpengalaman di kawasan Sepatan, VPP Group mendirikan rumah sederhana untuk keluarga muda. Perumahan seluas 1,2 hektar ini rencananya akan membangun rumah sebanyak 93 unit dengan harga mulai dari Rp462juta per unit. Untuk Anda yang mencari rumah sederhana dengan kualitas yang bersaing dikelas menengah, Anda bisa memilih Banyu Biru Village.

Tertarik melihat review properti lain di sekitar Kabupaten Tangerang? Lihat pilihannya di sini!

 Bagi Anda yang masih memiliki pertanyaan seputar membeli rumah, temukan jawabannya di Panduan Rumah.com. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan melalui Tanya Properti.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Selengkapnya
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Hubungi Pemasang Iklan

Hubungi Pemasang Iklan

Ketentuan Layanan: Pemasang iklan bertanggungjawab sepenuhnya atas semua informasi yang ditayangkan

Masukan