Bintaro Plaza Residences - Breeze Tower, Tangerang Selatan

  • Kantri Maharani
  • 18 Desember 2015

Beroperasi sejak tahun 1979, pengembang properti PT Jaya Real Property (Jaya) terus menunjukkan eksistensinya. Tak sekadar aktif dalam membangun perumahan tapak (landed house), Jaya terus mengembangkan produk-produknya seiring permintaan pasar serta tren. Salah satu bentuk pengembangan yang sedang dilakukan Jaya berada di kawasan Bintaro Plaza, yakni dengan menciptakan sebuah kawasan mix-use atau kawasan terintegrasi multi-fasilitas.

Alamat: Bintaro Jaya Sektor 3A, Jl. Bintaro Utama 3, Tangerang Selatan, Banten 15225, Indonesia.
Tipe: Apartemen.
Luas Area: Tower Altiz total 642 unit. Tersebar dalam tiga zona: zona rendah (15 lantai), sedang (20 lantai), dan tinggi (24 lantai).
Tipe Unit: Studio (31,3 m²) dan 2 kamar tidur (49,2 m²).
Plafon: Gipsum.
Lantai: Keramik Roman/setara.
Kusen dan daun pintu: Aluminium.
Kamar mandi/WC service: Kloset duduk Toto/setara.
Kapasitas parkir: 4:1, sekitar 200 buah mobil, parkir motor kurang dari 100 buah.
Kapasitas listrik 1300 VA (Studio) dan 2200 VA (2 kamar tidur).

Analisis

Lokasi yang ditawarkan Bintaro Plaza Residences menjadi nilai tersendiri yang menarik begitu banyak peminat. Akses yang memudahkan mencapai area lain, seperti Ibukota dan bandara menjadi nilai tambah yang penting bagi penghuni yang selalu on the go.

Konsep desain interior standar yang ditawarkan memang tidak mewah atau mengunggulkan desain. Namun, bagi kalangan yang menginginkan kepraktisan, Bintaro Plaza Residences cukup menawarkan segala yang diinginkan.

Dekat dengan beragam pusat kebutuhan, seperti akses yang mudah menuju dan dari mana pun, beragam pilihan pusat perbelanjaan, pasar modern, pusat kebugaran, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, perkantoran, hingga janji pengembangan kawasan.

Dari data yang didapat Rumah.com, bagi Bintaro Plaza Residences, tak ada apartemen dari pengembang pesaing yang benar-benar berlokasi tepat di area milik Jaya. Kebanyakan tentu saja hanya ada di bibir-bibir kawasan milik Jaya.

Sebut saja Lexington Residences dari Cowell Development di sisi luar jalan utama Bintaro Jaya, Embarcadero Park di sisi luar sektor 9 dari Lippo, Bintaro Parkview di dekat Ulujami, Bintaro Pavilion, atau Bintaro Icon dari Gapura Prima Group dan Tower House dari Bakrieland di luar sisi sektor 7.

Namun, harga dan standar dari masing-masing apartemen ini tidak benar-benar setara dengan kelas yang diincar Bintaro Plaza Residences.

Apartemen Tanggal Jenis Ukuran Harga
Embarcadero Park Sept 2014 1 Kamar Tidur 34m2 Rp600 Juta
Embarcadero Park Sept 2015 1 Kamar Tidur 34m2 Rp700 Juta
Bintaro Plaza Residences Januari 2014 Studio 31m2 Rp360 Juta
Bintaro Plaza Residences November 2015 Studio 31m2 Rp570 Juta

Dari data di atas terlihat terdapat kenaikan harga yang cukup signifikan di kedua apartemen yang terletak di area Bintaro. Rata-rata kenaikan di atas Rp100 juta per tahunnya. Kenaikan harga apartemen ini tentu tidak terlepas dari berbagai fasilitas yang sudah ada di kawasan ini.

Janji pengembangan kawasan juga ikut mendongkrak hal tersebut. Bila ditanyakan kepada penghuni dan calon penghuni, kebanyakan mengaku memilih atau mempertimbangkan Bintaro Plaza Residences karena reputasi baik yang dimiliki pengembang selama puluhan tahun mengelola kawasan residensial.

Selengkapnya

Detail Properti

Menuju kawasan perumahan Bintaro Jaya dari arah pusat Jakarta menggunakan mobil atau motor, maka Anda akan melihat beberapa apartemen yang sedang dalam tahap pembangunan maupun dalam tahap penjualan. Terus memasuki jalan utama kawasan, maka yang terlihat utamanya adalah bangunan landed house, dengan beragam pepohonan rindang.

Kondisi inilah yang melingkari area Bintaro Plaza Residences. Bagi para pemilik unit di atas lantai lima, ketika melihat ke luar balkon, pemandangan yang terlihat adalah garis horison yang tak terhalang, karena belum banyak gedung-gedung di atas lima lantai di sekitarnya. Tentu hal ini menjadi nilai tambah tersendiri.

Pemandangan dari balkon lantai 10

Pemandangan garis cakrawala seperti ini dapat Anda nikmati dari balkon lantai 10

Tower Altiz, yang berada persis di pinggir jalan, memiliki tiga buah menara berlainan ketinggian. Bagi orang yang baru pertama kali ke daerah ini pun tak akan kesulitan mencarinya. Tepat di sisi bangunan menara Altiz, terdapat kantor pemasaran Bintaro Plaza Residences. Di kantor tersebut Anda bisa mendapatkan keterangan lebih lengkap mengenai unit-unit di apartemen ini maupun rencana pengembangan Bintaro Plaza Residences ke depannya.

Ketiga bangunan menara Altiz dibuat dalam ketinggian berbeda

Ketiga bangunan menara Altiz dibuat dalam ketinggian berbeda

Memiliki area 28 hektar -yang sebagian besar belum disiapkan untuk dibangun- Bintaro Plaza Residences rencananya akan dikembangkan untuk menjadi pusat banyak kegiatan. Mulai dari residensial berupa apartemen, perkantoran, pusat perbelanjaan, bahkan hingga pendidikan.

Menara Altiz merupakan proyek pertama yang dikenalkan dan dipasarkan. Menara ini terbagi menjadi tiga zona, yakni zona rendah (15 lantai), sedang (20 lantai), dan tinggi (24 lantai). Secara total, terdapat 642 unit yang dijual di menara Altiz, namun menurut pihak pemasaran, hingga tulisan ini dibuat, hanya tersisa 12 unit.

Penyerahan kunci menara Altiz sudah dilakukan sejak Agustus dan ditargetkan semua unit siap dihuni pada bulan Desember mendatang. Saat ini pihak Bintaro Plaza Residences sudah memulai penjualan menara kedua, Breeze.

Peta kini dan perencanaan pembangunan menara Breeze

Peta kini dan perencanaan pembangunan menara Breeze

Pembagian tipe ruangan menara Altiz adalah: Studio A semi gross 28,72 meter persegi (m²), Studio B semi gross 31,3 m², 2 kamar tidur tipe A 49,3 m², 2 kamar tidur tipe B 53,70 m², 2 kamar tidur tipe C 55,63 m², 2 kamar tidur tipe D 60,86 m², dan 2 kamar tidur tipe E 60,86 m².

Untuk saat ini, hunian di Menara Altiz sengaja dibuat untuk kelas menengah. Karena itu, tipe yang ditawarkan hanya tipe Studio dan tipe 2 Bedroom. Tidak ada tipe mezzanine dengan tiga kamar tidur atau tipe lain yang lebih luas.

Kesan bersih tetapi santai akan terasa saat Anda memasuki lorong apartemen berkat nuansa putih-putih dengan dekorasi kasual yang diterapkan.

Lorong antarkamar

Nuansa putih yang diaplikasikan pada kamar menimbulkan kesan terang, bersih, dan nyaman.

Rancang utama atau masterplan area Bintaro Plaza Residences dibuat oleh firma arsitektural asal Singapura bertaraf internasional, Aedas. Jaya mempercayakan rancangan desain interior, lanskap, grafik, hingga perkembangan wilayah integral kepada firma tersebut.

Menurut data yang didapat Rumah.com, firma arsitektural tersebut tahun ini berhasil menyabet penghargaan dari majalah asal Inggris, Building Design, dalam kategori firma dengan proyek arsitektural terbanyak di dunia. Posisi tertinggi di kategori tersebut telah dipegang Aedas sejak tahun 2008.

Gaya rancang bangunan area Bintaro Plaza Residences ke depannya dibuat Aedas dengan menyelipkan kesan futuristik. Kesan tersebut terlihat dari padu garis lengkung, asimetris, tidak kaku, namun tetap memiliki ketegasan. Dari luar, terlihat desain yang sleek dan memiliki detail-detail yang membuatnya tetap timeless dan tidak membosankan.

Meski demikian, untuk interior, pihak pemasar mengaku menyerahkan desainnya kepada pemilik unit. Pengembang hanya menawarkan kondisi standar saja, dinding putih, keramik putih pada lantai, dinding berwarna keabuan pada toilet, dan tempat cuci piring yang dibangun standar keramik. Sisanya, penghuni dipersilakan ubah desain atau dekorasi ruangan, bisa dilakukan sendiri atau menggunakan jasa desainer interior.

 

Ruang kosong kamar studio menara Altiz

Seperti inilah kondisi unit yang akan Anda dapat nanti.

Tipe Studio yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan tipe Studio kebanyakan apartemen. Setelah melewati pintu masuk, Anda akan melihat pantry di kiri dan kamar mandii di sisi kanan, disusul kamar tidur.

Di tipe 2 Bedroom, terdapat ruang yang lebih luas. Anda bisa menempatkan set meja makan kecil di sini.

Tidak terdapat perbedaan antara denah Studio A dan Studio B. Keduanya juga dilengkapi balkon.

Denah ruangan kamar studio dan 2 kamar tidur

Denah ruangan 2 Bedroom. Cukup untuk keluarga kecil atau keluarga baru dengan anak usia dini.

Ruang pamer kamar studio

Ruang pamer kamar studio. Penggunaan perabotan minimalis sangat dianjurkan untuk mengoptimalkan penggunaan ruangan.

Ruang pamer ruangan dua kamar tidur

Ruang pamer unit 2 Bedrooms.

Kamar mandi di setiap unit

Kamar mandi di setiap unit bisa dipartisi menjadi area basah dan kering.

 

Kebanyakan penghuni meminati apartemen ini sebagai investasi, meski tak sedikit pula yang memilih untuk menempatinya. Sehingga untuk urusan desain, kembali terserah pembeli utama. Bila ingin meningkatkan nilai jual atau sewa, tentu akan lebih menarik bila dipermanis dengan desain interior ketimbang dibiarkan dalam kondisi standar.

Menurut petugas pemasaran, sebagian pembeli unit di apartemen ini merupakan pengusaha, pegawai negeri sipil, dan karyawan swasta. Tak sedikit pula yang membeli lebih dari satu unit untuk kemudian disewakan atau dijual kembali saat harga meningkat.

Untuk karakter pembeli dan penghuni, cenderung bervariasi, mulai dari karyawan usia 25 tahun hingga lansia.

Selengkapnya

Lokasi

Bicara mengenai area Bintaro, yang langsung terngiang adalah kawasan Bintaro Jaya yang dikembangkan pertama kali oleh Jaya Property sejak puluhan tahun lalu. Karena itu pula kawasan tersebut lebih dikenal dengan nama Bintaro Jaya.

Salah satu ikon kawasan Bintaro Jaya adalah Bintaro Plaza. Di area Bintaro Plaza inilah Jaya akan memusatkan perkembangan kawasan terintegrasinya. Hal ini akan makin menguatkan julukan area Bintaro Jaya sebagai kota satelit bagi ibukota Jakarta.

Bintaro Plaza Residence

Anda bahkan bisa berjalan kaki untuk menuju stasiun kereta rel listrik (commuter line).

Bisa dikatakan, Bintaro Plaza merupakan salah satu pusat perbelanjaan/mal pertama yang berdiri di area residensial dibanding area lain di Jakarta. Bukan hanya penghuni hunian Jaya saja yang menjadi pelanggan mal ini. Penduduk di sekitar kawasan Bintaro Jaya atau Tangerang Selatan juga kerap menjadikan mal ini sebagai salah satu pusat belanja maupun hiburan.

Di area sekitar Bintaro Plaza inilah Jaya Property akan membangun central business district. Kawasan yang akan dikembangkan memiliki luasan sekitar 28 hektar, terdiri dari perkantoran, Small Office Home Office (SOHO), universitas, juga beberapa menara apartemen yang tergabung di bawah proyek Bintaro Plaza Residences.

Rencana pengembangan kawasan Bintaro Plaza Residences

Rencana pengembangan kawasan Bintaro Plaza Residences

Menara apartemen Altiz merupakan yang pertama dibangun. Apartemen dan keseluruhan kawasan pengembangan ini berada di sektor 3, persis di sebelah pusat perbelanjaan Bintaro Plaza. Bagi yang terbiasa dengan daerah Bintaro, lokasi apartemen ini cukup strategis, karena tak terlalu jauh dari stasiun kereta api, berada di sisi jalan utama, dan akses angkutan umum yang cukup banyak.

Salah satu angkutan umum yang paling favorit dan makin banyak diminati warga area ini adalah kereta rel listrik, dengan jalur commuter line. Stasiun kereta rel listrik terdekat menuju lokasi apartemen ini adalah Stasiun Pondok Ranji. Jaraknya sekitar 1,4 kilometer. Bisa dijangkau dengan berjalan kaki, menumpang angkutan perkotaan (angkot) dengan jarak yang relatif singkat, atau naik ojek.

Apartemen ini berada di sisi jalan utama, sehingga cukup memudahkan akses atau pencarian. Lokasi apartemen ini berjarak sekitar lima kilometer dari pintu tol Pondok Aren. Tol ini menghubungkan Jakarta-Serpong juga ke bandara Soekarno Hatta.

Bila Anda hendak menggapai apartemen ini dengan kendaraan pribadi dari arah Ciputat, sangat disarankan untuk sedikit memutar dan mengambil jalan utama kawasan Bintaro guna menghindari kemacetan yang kerap terjadi di kedua sisi pintu perlintasan kereta rel listrik. Seiring peningkatan jumlah kereta yang melintas, makin sering pula kemacetan terjadi akibat penumpukan kendaraan serta angkot yang mengetem di pintu perlintasan.

Pintu perlintasan kereta api dekat Stasiun Pondok Ranji kerap macet karena angkot yang mengetem

Pintu perlintasan kereta api dekat Stasiun Pondok Ranji kerap macet karena angkot yang mengetem

Akses lain untuk menggapai apartemen ini adalah menggunakan angkot yang rutenya terhubung ke beberapa daerah di sekitar Bintaro. Angkot yang persis melintas di depan apartemen ini adalah D.09 yang rutenya Pondok Jagung (belakang sektor 9) hingga Situ Gintung.

Angkot ini cukup banyak dan mudah ditemui di dekat apartemen. Dengan menumpang angkot ini sekali, Anda akan tiba di kawasan pertigaan antara Rempoa-Ciputat-Lebak Bulus.

Salah satu angkot yang cukup vital bagi warga Bintaro adalah S.08, yang rutenya antara Pondok Aren hingga terminal Lebak Bulus. Angkot ini akan mengantar ke terminal utama terdekat, yakni Lebak Bulus, yang kini juga dalam pengembangan untuk pembangunan terminal MRT.

Perempatan besar Bintaro Plaza sering mengalami kemacetan karena lampu lalu lintas sering berbarengan dari arah berlawanan. Angkot S.08 berwarna merah memiliki rute penting warga

Perempatan besar Bintaro Plaza sering mengalami kemacetan karena lampu lalu lintas sering berbarengan dari arah berlawanan. Angkot S.08 berwarna merah memiliki rute penting warga

Selain itu, ada pula angkot S.10 yang mengambil rute antara Pondok Aren hingga Ciputat. Angkot lain yang juga banyak digunakan warga Bintaro dan sekitarnya adalah D.18, yang memiliki rute Ciputat hingga Ciledug. Angkot ini juga membelah area tengah Bintaro, cukup bermanfaat untuk keperluan di area ini.

Ada beberapa angkot lain yang menyinggung sedikit area Bintaro sehingga bisa dimanfaatkan warga menuju area lain atau fasilitas-fasilitas penunjang kebutuhan dan gaya hidup di sekitar lokasi.

Fasilitas penunjang gaya hidup yang bisa dimanfaatkan warga Bintaro Plaza Residences termasuk lengkap. Untuk kebutuhan kebugaran, terdapat fasilitas kolam renang dan lapangan tenis yang bisa dimanfaatkan di jalan Bintaro Taman Barat, sektor 1. Jaraknya sekitar 1,8 kilometer dari apartemen.

Kolam renang ini bisa ditempuh dengan kendaraan umum D.18 dari perempatan Bintaro Plaza. Bila bosan, penghuni bisa mengeksplorasi beragam fasilitas kebugaran lain, seperti clubhouse di area Boulevard Bintaro Jaya, driving range di sektor 7, dan lainnya.

Bila tak ingin terlalu jauh, di samping lobi apartemen pun disediakan kolam renang, meski ukurannya tidak terlalu besar bila dibanding kolam renang umum.

Kolam renang di dekat lobi menara Altiz

Kolam renang di dekat lobi menara Altiz

Sementara untuk fasilitas kesehatan, penghuni Bintaro Plaza Residences bisa merujuk ke rumah sakit (RS) terdekat, yakni RS Premier Bintaro, yang berjarak sekitar 3,4 kilometer. Dengan fasilitas yang relatif lengkap dan memadai, rumah sakit ini kerap dijadikan rujukan masyarakat setempat.

Selain itu, bisa pula merujuk ke puskesmas setempat yang cukup terawat untuk menggunakan fasilitas BPJS. RS daerah terdekat adalah Sari Asih Ciputat maupun Sari Asih Ciledug, dengan jarak yang cenderung jauh, masing-masing sekitar 10 km dari apartemen.

Jarak menuju RS Premier Bintaro

Jarak menuju RS Premier Bintaro. Foto: Google.

Residensial belum afdol bila tak memiliki area pusat perbelanjaan kebutuhan harian dan gaya hidup. Terdekat dari apartemen Bintaro Plaza Residences tentu adalah pusat perbelanjaan Bintaro Plaza, yang berjarak beberapa langkah saja.

Di dalam pusat perbelanjaan ini terdapat beberapa restoran yang cukup bervariasi, mulai dari makanan tradisional hingga internasional. Terdapat pula Hero sebagai penyedia kebutuhan harian, selain itu juga ada bioskop Cinema XXI, Cahaya, dan sebagainya.

Untuk kebutuhan bahan dasar yang lebih lengkap, penghuni bisa mengarahkan tujuan ke pasar modern di sektor 2 (sekitar 2,5 kilometer) atau area Bintaro Trade Center (BTC) sektor 9 (sekitar 5 kilometer). Selain pasar modern, BTC juga memiliki area khusus untuk pehobi otomotif.

Di area parkir belakang, terdapat puluhan pedagang kebutuhan otomotif yang menawarkan peralatan untuk perbaikan maupun kebutuhan modifikasi. Di area ini juga terdapat lokasi kumpul penumpang X-trans yang melayani jasa antar menuju bandara.

Di sisi kanan BTC, terdapat Bintaro Junction, yang utamanya dihuni oleh pusat belanja pakaian Heritage. Di seberang BTC, terdapat gerai Ace Hardware untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan perkakas atau perlengkapan rumahan.

Di belakang Ace Hardware, terdapat pusat belanja Giant, Carrefour, dan beberapa restoran. Arahkan tujuan sedikit ke belakang, maka Anda akan mendapati gedung khusus Gramedia. Selain itu, ada beberapa pusat perbelanjaan alternatif untuk dikunjungi, yakni Lotte Mart, Hari-hari, dan Bintaro Xchange Mall.

Bintaro Plaza Residence

Bintaro Plaza Residence dekat dengan beragam pusat hiburan. Bintaro XChange, yang terbesar, tak sampai 7km jauhnya. Foto: Google.

Dalam perjalanan pulang atau pergi Anda butuh isi bahan bakar kendaraan? Jangan khawatir. Ada pom bensin Shell di sektor 9, ada pula pom bensin Pertamina yang cukup banyak tersebar di area Bintaro menuju Pondok Pinang maupun mengarah ke Ciputat.

Selain urusan akses, kesehatan, dan perbelanjaan, salah satu hal yang dicari dari perumahan adalah terkait ketersediaan fasilitas pendidikan. Di Bintaro, terdapat cukup banyak fasilitas pendidikan ternama.

Beberapa di antaranya adalah Sekolah Pembangunan Jaya, Ricci II, Al-Azhar, Universitas Pembangunan Jaya, Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN), British International School, Jakarta Japanese School, Global Jaya International School, dan lainnya.

Kesemuanya masih dalam jangkauan yang masuk akal dari apartemen. Masing-masing sekolah dan perguruan tinggi ini memiliki reputasi baik.

Sekolah Pembangunan Jaya menyediakan jenjang pendidikan mulai dari TK hingga SMA dengan fasilitas yang sangat baik. Untuk usia TK, misalnya, Sekolah Pembangunan Jaya memiliki area bermain terluas di antara sekolah-sekolah di sekitarnya. Di tempat ini bahkan Taman Lalu-Lintas, di mana anak-anak bisa belajar berlalu-lintas sejak dini.

Selain itu, TK Sekolah Pembangunan Jaya memiliki kurikulum enterpreneurship. Para siswa diajak untuk berkarya sekaligus belajar berbisnis sejak dini.

Bintaro Plaza Residence

Sekolah Pembangunan Bintaro Jaya menyediakan jenjang pendidikan dari TK hingga SMA. Foto: Google.

Bintaro Plaza Residence

Taman Lalu-Lintas di TK Sekolah Pembangunan Bintaro Jaya. Mengajarkan perilaku yang b aik sejak dini. Foto: jayaschool.org.

Selengkapnya

Ringkasan

PT Jaya Real Property turut menyemarakkan pasar hunian apartemen dengan konsep integrasi mix-used, Bintaro Plaza Residences. Tak sekadar menawarkan apartemen sebagai hunian, Jaya juga menjanjikan pengembangan lokasi untuk menunjang aktivitas harian penghuninya.

Selain pengembangan kawasan, Jaya memiliki keunggulan dalam hal akses yang cukup memudahkan penghuninya. Selain akses menuju kota Jakarta yang bisa ditempuh via kereta rel listrik -dengan lokasi stasiun yang relatif dekat- juga akses pintu tol menuju Jakarta atau bandara yang mudah digapai.

Keunggulan-keunggulan ini membantu menjadikan Bintaro Plaza Residences sebagai pilihan kalangan profesional muda maupun keluarga kecil.

Meski tawaran apartemen di area sekitar ada cukup banyak, namun keunggulan akses serta fasilitas penunjang kehidupan yang cenderung dekat dan janji pengembangan menjadi daya tarik tersendiri bagi peminat apartemen, baik untuk dihuni sendiri atau dijadikan lahan investasi. (Nadia Felicia)

Selengkapnya
Eric Wong

Kantri Maharani

Penulis adalah Content Writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda bisa mengirimkan email ke: kantrimaharani@rumah.com atau twitter @jeungkant

Masukan