Cempaka Hijau, Bandung

  • Boy Leonard
  • 29 Juli 2016

Cempaka Hijau merupakan produk pertama yang dihasilkan dari kolaborasi PT PPA (Perusahaan Pengelola Aset) dengan PT Nindya Karya. Sejauh ini, selain Cempaka Hijau, kedua BUMN itu juga sedang mengembangkan Perumahan Green Teksin di Tegal, Jawa Tengah.

PT PPA didirikan oleh pemerintah pada tahun 2004 untuk mengnelola aset eks Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN). Dalam perkembangannya, sejak tahun 2008 pemerintah memperluas ruang lingkup tugas baru bagi PT PPA selain mengelola aset eks BPPN, yaitu restrukturisasi serta revitalisasi BUMN, melakukan investasi, serta mengelola aset milik BUMN.

Sementara PT Nindya Karya adalah BUMN yang memang sejak lama bergerak di bidang jasa konstruksi dengan bidang pekerjaan mulai dari perumahan, gedung perkantoran, apartemen, pabrik hingga jalan.

Alamat: Jl Paledang, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat

Tipe: Rumah

Luas lahan: 1,3Ha

Tipe unit:

Akasia

Luas tanah 72m2. Luas bangunan 65m2. 2 kamar tidur, 2 kamar mandi. Harga Rp804.540.000

Kemuning

Luas tanah 98m2. Luas bangunan 87m2. 2 kamar tidur, 2 kamar mandi.  Harga Rp1.075.580.000

Spesifikasi Teknis

Atap: Rangkat atap baja ringan. Penutup atap genteng keramik.

Dinding : Bata ringan

Pintu & Jendela : Kusen alumunium.  Daun pintu utama solid engineering

Plafond : Rangka metal furring + gypsum

Cat: Exterior weather shield (ex Dulux/setara). Interior standar (ex Dulux/setara)

Sanitair : ex Toto/setara
Lantai: Ruang utama lantai dasar Homogenous tile 60x60cm.  Ruang utama lantai atas Homogenous tile 40x40cm. Ruang service, kamar mandi & WC Keramik (ex Milan/setara)

Listrik: PLN 2.200VA (underground cable)

Instalasi air buangan:  Bio septic tank

Instalasi air panas: Pipa PPr

Analisis

Kawasan Andir adalah kawasan yang sudah cukup matang dan berlokasi relatif masih di pusat Kota, sehingga harga tanah di kawasan ini sudah cukup tinggi.

Saat ini, tanah kosong di kawasan Jl Paledang dijual dengan harga Rp5jt/m2. Dengan harga tanah seperti itu, rumah tipe Kemuning yang memiliki luas tanah 98m2 dipasarkan dengan harga Rp1.075.580.000

Kita coba bandingkan harga itu dengan harga perumahan lain yang berada persis di sebelahnya, Duta Marta Townhouse.

Di sini, rumah dengan luas bangunan 100m2 dan luas tanah 120m2 ditawarkan dengan harga Rp1,5M. Dengan harga per meter tanah Rp5jt rupiah, terlihat jika harga per meter bangunan di Cempaka Hijau sangat bersaing.

Harga yang lebih murah itu tidak diikuti dengan kualitas yang buruk. Kami menduga developer hanya mengambil profit yang sangat tipis atau PT PPA memang sudah memiliki aset lahan ini sejak lama sehingga mendapatkannya dengan harga yang masih sangat murah.

Perumahan Tanggal Luas Bangunan Luas Tanah Harga Per meter persegi bangunan
Cempaka Hijau Mei 2016 87 98 Rp1.075.580.000 6.8jt/m2
Cempaka Hijau Nov 2014 87 98 Rp966.350.000  
Duta Marta Townhouse Juni 2016 100 120 Rp1,5 Milyar 9jt/m2
           

Bagaimana dengan peningkatan nilainya? Pada bulan November 2014, unit yang sama dipasarkan dengan harga Rp966.350.000. Ada selisih Rp109.230.000yang terjadi selama 1 tahun 8 bulan.

Jika dirata-rata peningkatan harganya pertahun berada di angka 6,8% pertahun. Peningkatan harga ini terbilang konservatif, apalagi jika dibandingkan dengan kawasan Bandung Timur yang memang meroket.

Tapi bila Anda mencari rumah untuk ditinggali, bukan semata sebagai investasi, dan sebagian besar aktivitas Anda berada di seputaran Bandung Tengah dan Barat, rasanya memilih properti di Andir ini adalah pilihan yang bijaksana.

 

Tampilkan lebih banyak

Detail Properti

Cempaka Hijau berada 500m dari Jl. Raya Cimindi yang merupakan jalan utama yang menghubungkan Kota Bandung dengan Cimahi. Posisi itu membuatnya mudah dijangkau sekaligus tidak terlapau bising oleh hiruk pikuk kendaraan.

Jalan Paledang sendiri adalah jalan yang tidak terlalu lebar, cukup untuk dilalui dua kendaraan yang berpapasan dengan cukup mudah.

Karena lebar jalan yang tidak terlalu besar, Anda tidak bisa berkendara dengan kecepatan tinggi di sini, sehingga Anda pasti akan menemukan gerbang masuk ke dalam perumahan Cempaka Hijau, yang berada di sisi kanan jalan jika Anda masuk dari Jl. Raya Cimindi.

Cempaka Hijau Bandung

Jl Paledang dan pagar perumahan Cempaka Hijau di sisi kanan.

Gerbangnya sendiri tampil simple dan tidak ‘neko-neko’. Namun pagar perumahan yang berwarna off white dengan branding ‘Cempaka Hijau’ yang tampil segar membuatnya mudah terlihat dan memberikan kesan berkelas pada perumahan ini.

Setelah melewati gerbang, Anda akan disambut dengan suasana perumahan yang juga tidak ‘neko-neko’. Hanya sebuah boulevard yang terbilang cukup lebar dengan material penutup paving block yang terpasang rapi.

Boulevard itu diapit oleh sederetan rumah di sisi kiri kanannya. Dan iya, tidak ada tiang dan kabel listrik yang mengganggu pemandangan karena semuanya disimpan di bawah tanah. Hanya nampak beberapa tiang lampu PJU.

Cempaka Hijau Bandung

Gerbang dan boulevard yang tampil simple namun berkelas.

Cempaka Hijau Bandung

Suasana di dalam perumahan yang tertata rapi.

Tampilan yang Anda lihat di boulevard depan itu secara konsisten muncul di semua jalan di bagian dalam perumahan. Hanya lebar jalan saja yang sedikit mengecil.

Sementara ruang terbuka hijau yang rencananya akan dibuat taman berada di ujung boulevard. Sayang saat ini kondisinya masih berupa tanah kosong yang belum diolah.

Cempaka Hijau Bandung

Denah lantai tipe Kemuning dengan dua kamar tidur. Satunya merupakan kamar tidur utama dengan luas sekitar 25m2.

Tipe Kemuning menjadi tipe yang masih cukup banyak ditawarkan di Cempaka Hijau. Terdiri dari dua lantai dengan total luas bangunan 87m2.

Di lantai bawah, Anda akan mendapatkan ruang keluarga dan ruang makan di belakang pintu masuk yang buatannya sangat rapi dengan engsel pivot.

Di sisi lain bangunan di bagian depan adalah kamar kedua atau kamar anak disusul tangga menuju lantai dua di belakangnya.

Di bawah bordes tangga, pihak developer menempatkan kamar mandi lantai 1. Sementara dapur berada di belakang, menghadap ke halaman belakang dan melewati teras belakang untuk mencapainya.

Sementara lantai dua diisi oleh kamar tidur utama yang secara total berukuran 7×3,5m. Kamar tidur utama ini menghadap muka rumah dan dilengkapi dengan kamar mandi dalam.

Sementara di luar kamar tidur utama, tersisa ruang duduk yang cukup fungsional yang menghadap ke halaman belakang.

Satu hal yang patut mendapat nilai plus adalah kualitas bangunan dan finishing yang sangat prima dan di atas rata-rata. Satu kondisi yang memang harus diperhatikan pengembang yang menyasar pasar properti dengan nilai di atas 1M rupiah.

Cempaka Hijau Bandung

Tampak muka tipe Kenanga yang bersih dan simple namun memperlihatkan kualitas finishing yang prima.

Cempaka Hijau Bandung

Pintu masuk utama yang terlihat rapi.

Cempaka Hijau Bandung

Kamar tidur anak di lantai bawah.

Cempaka Hijau Bandung

Kamar mandi yang sudah dilengkapi instalasi air panas.

Cempaka Hijau Bandung

Halaman belakang yang cukup luas dengan ruang semiterbuka yang bisa dimanfaatkan untuk ruangan baru.

Cempaka Hijau Bandung

Railing tangga dan ruang duduk di lantai 2.

Cempaka Hijau Bandung

Kamar tidur utama yang luas, dengan pemandangan ke depan rumah.

Tampilkan lebih banyak

Lokasi

Andir adalah salah satu kawasan cukup ‘matang’ di Kota Bandung karena sudah menjadi wilayah perumahan sejak jaman dulu.

Kawasan ini diapit urat nadi sarana transportasi yang sudah ada sejak Kota Bandung berdiri, yaitu rel kereta api di Utara dan Jalan Raya Pos (sekarang Jl Raya Cimindi) di Selatan.

Tidak heran jika mudah menemukan fasilitas yang Anda butuhkan di sekitar Cempaka Hijau. Pihak developerlah yang patut diacungi jempol karena masih bisa menemukan lahan yang cukup luas yang masih bisa dikembangkan sebagai perumahan.

Cempaka Hijau Bandung

Penampakan Gerbang Villa Cempaka Hijau cukup jeli menemukan lahan di kawasan Andir, yang sudah lebih dulu dipenuhi pemukiman.

Tidak heran jika harga tanah di kawasan ini cukup tinggi karena memang sangat ‘ngota’. Karena ‘ngota’ maka Anda akan dengan mudah menjangkau berbagai pusat-pusat kegiatan yang ada di Kota Bandung.

Akses tol misalnya, Anda bisa memilih melewati Gerbang Tol Pasteur atau Pasir Koja. Bandara Hussein Sastranegara juga berada cukup dekat dari Cempaka Hijau, satu kondisi yang memudahkan Anda yang sering bepergian menggunakan pesawat.

Belum lagi pusat perniagaan yang mudah dijangkau, baik itu berupa mal maupun pusat perniagaan ‘tradisional’ seperti pasar baru, kawasan Jl Sudirman, pergudangan di Jl. Sukarno-Hatta atau Kopo, serta sentra-sentra produksi yang semuanya bisa dijangkau dengan relatif cepat dan mudah.

Cempaka Hijau memiliki potensi yang tinggi karena bisa diibaratkan sebagai produk yang ‘jarang ada’. Memang Anda bisa mendapatkan rumah second di kawasan ini, tapi jika rumah baru dalam cluster yang Anda cari, berdasarkan catatan rumah.com, hanya ada dua cluster lain selain Cempaka Hijau yang hadir di kawasan Paledang ini. Satu cluster sudah hadir cukup lama sehingga sudah tidak menyediakan rumah baru.

Menuju Lokasi: Karena berada relatif di tengah kota, banyak akses yang bisa Anda gunakan untuk mencapai Cempaka Hijau.

Dari Gerbang Tol Pasteur, misalnya, Anda bisa melewati jalur Gunung Batu kemudian belok kiri di bawah jembatan Cimindi. Tidak lama kemudian Anda akan tiba di Jl Paledang. Anda membutuhkan waktu 22 menit.

Jika Gerbang Tol Pasteur kondisinya padat – satu kondisi yang sering terjadi terutama di week-end – Anda bisa keluar di Gerbang Tol Pasir Koja.

Keluar dari gerbang tol, Anda membelok kiri di persimpangan dengan Jl. Sukarno-Hatta. Ikuti jalan utama hingga Anda tiba di Bundaran Elang. Di sini Anda membelok ke kiri memasuki Jl Raya Cimindi.

Nanti Anda akan tiba di Jl Paledang yang ada di sisi kanan jalan. Cempaka Hijau berada 16 menit dari Gerbang Tol Pasir Koja.

Cempaka Hijau Bandung

Bundaran Cimindi. Anda membelok kiri di sini jika keluar tol di GT Pasir Koja.

Dari Pusat Kota Bandung – kita ambil patokan Alun-Alun Bandung – Cempaka Hijau bisa Anda capai dalam waktu 26 menit.

Anda tingga menyusuri Jl Sudirman ke arah Timur hingga tiba di Bunderan Elang, ambil jalan yang lurus masuk ke Jl Raya Cimindi dan pada akhirnya Anda akan tiba di Jl Paledang.

Cempaka Hijau Bandung

Jl Raya Cimindi. Jalan Paledang ada di sisi kanan, tepat di belakang angkot.

Bagaimana dengan akses ke Bandara Husein Sastranegara? Ini yang menyenangkan, karena Anda hanya membutuhkan waktu 12 menit untuk mencapai Bandara Husein dalam kondisi lalu lintas padat di sore hari.

Begitu keluar dari perumahan Anda belokkan kendaraan ke kanan, menyusuri Jl Paledang hingga tiba di pertigaan dengan Jl Maleber Utara.

Belokkan kendaraan Anda ke kanan, menyusuri Jl Maleber Utara yang berada di sisi rel kereta hingga tiba di Jl Abdul Rahman Saleh. Di sini Anda membelok ke kiri dan tidak terlalu jauh dari sana Anda akan tiba di Gerbang Kawasan Markas TNI AU Husein Sastranegara.

Cempaka Hijau Bandung

Mulut Jl Paledang. Cempaka Hijau berada 500m dari sini.

Fasilitas di sekitar: Status sebagai kawasan yang sudah cukup matang tetapi masih memiliki potensi yang besar untuk terus berkembang, kawasan Andir mengundang banyak pelaku bisnis untuk hadir dan menawarkan jasanya.

Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan sarana dan layanan pendidikan, kesehatan, komersial dan kuliner yang bertebaran tidak jauh dari Cempaka Hijau.

Untuk pendidikan ada beberapa yayasan dan lembaga swasta yang hadir tidak jauh dari Cempaka Hijau, seperti Rumah Belajar Semi Palar (semipalar.sch.id) yang berada di Sukamulya Indah.

Sekolah yang menyediakan sekolah dari tingkat PGTK hingga SMP ini bisa Anda capai dalam waktu 25 menit. Rumah Belajar Semi Palar menuntut orang tua untuk melibatkan diri secara aktif dan berperan sebagai partner guru di rumah.

Cempaka Hijau Bandung

Upacara bendera di rumah belajar Semi Palar.

Pilihan lainnya adalah Sekolah Kristen Bina Bakti (binabakti-bdg.sch.id). Berada di Jl. Bima, Anda bisa mencapai sekolah yang penampakannya sangat megah ini dalam waktu 16 menit dari Cempaka Hijau.

Kompleks sekolah memang sangat luas karena menampung proses pendidikan dan segala fasilitas yang dibutuhkan untuk siswa tingkat PGTK hingga SMA.

Apalagi fasilitas yang dihadirkan Sekolah Kristen Bina Bakti ini tidak main-main lengkapnya, mulai dari taman bermain dan kolam renang yang menggoda si kecil yang masih berusia PGTK untuk bersekolah di sini.

Ada pula lab. Komputer, lab. Bahasa, ruang makan yang besar, perpustakaan bahkan studio musik dan auditorium yang jarang Anda temukan di sekolah lain khususnya di Kota Bandung.

Cempaka Hijau Bandung

Sekolah Kristen Bina Bakti yang tampak megah, dengan fasilitas belajar-mengajar yang cukup lengkap.

Untuk sarana kesehatan, Anda dengan mudah bisa mengakses rumah sakit publik utama di Jawa Barat, yaitu RS. Hasan Sadikin (rshs.or.id).

Dengan menempuh perjalanan selama 23 menit, Anda sudah berada di rumah sakit dengan sejarah yang sangat panjang – sudah berdiri sejak tahun 1920.

Kini di usianya yang ke 92, RSHS telah menjadi rumah sakit umum pusat (RSUP) dan telah memiliki gedung megah yang sudah mirip dengan RS berstandar internasional, serta menjadi rumah sakit rujukan di wilayah Jawa Barat.

Rumah sakit ini juga menjadi rumah sakit tempat praktik bagi para mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Padjadjaran dan beberapa sekolah keperawatan.

Cempaka Hijau Bandung

RS Hasan Sadikin, salah satu rumah sakit terbesar di Indonesia.

Sebagai alternatif, Anda bisa memanfaatkan RS Santosa Bandung Central (santosa-hospital.com) yang berada di Jl Kebonjati. Fasilitas kesehatan yang tidak kalah lengkapnya jika dibandingkan dengan RS HS ini bisa Anda capai dalam waktu 14 menit saja dari Cempaka Hijau

Rumah sakit ini memiliki sertifikasi Joint Commision International. Selain itu Santosa Hospital adalah rumah sakit pertama dan satu-satunya Rumah Sakit Swasta kelas A di Indonesia. Rasanya kalimat terakhir tadi sudah cukup mewakili kualitas pelayanan dan kelengkapan fasilitas yang dimiliki rumah sakit ini.

Cempaka Hijau Bandung

Santosa Hospital Bandung, rumah sakit pertama dan swasta satu-satunya yang meraih kelas A di Indonesia.

Kita beralih ke bagian yang juga tidak bisa dilewatkan, yaitu belanja kebutuhan rumah tangga. Sebagai kawasan yang sudah cukup berkembang, Andir menjadi magnet bagi pebisnis retail di Kota Bandung.

Ada dua mal yang lokasinya cukup dekat dengan Cempaka Hijau, yaitu Istana Plaza dan Festival Citylink. Istana Plaza yang berada di perempatan Jl. Pasirkaliki dengan Jl. Abdul Rahman Saleh bisa Anda capai dalam waktu 13 menit saja.

Selain dilengkapi dengan pusat perbelanjaan dan food court yang restoran yang super lengkap, Anda juga bisa berbelanja kebutuhan sehari-hari di Giant Supermarket.

Cempaka Hijau Bandung

Istana Plaza yang masih menjadi salah satu mal favorit di Bandung.

Sementara di Festival Citylink – 19 menit dari Cempaka Hijau – Anda akan mendapatkan paket yang lebih lengkap lagi, karena di pusat perbelanjaan ini Anda bisa mengunjungi Cinema XXI.

Bahkan pusat perbelanjaan yang berlokasi di Jl Peta ini berdiri satu bangunan dengan Harris Hotel & Convention.

Untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, Anda bisa mengunjungi Lotte Mart yang berada di basement dengan tawaran barang yang sangat lengkap.

Cempaka Hijau Bandung

Festival Citylink, mal yang mulai menanjak di Kota Bandung, karena lokasinya yang berada di Bandung Barat.

Tampilkan lebih banyak

Ringkasan

Kawasan Andir memang bukan kawasan yang dikenal sebagai kawasan mewah. Bahkan kawasan Jl. Paledang adalah kawasan padat penduduk, meskipun masih jauh dari kesan kumuh.

Namun, kawasan ini berada di posisi yang mudah dijangkau dari berbagai pusat kegiatan, mulai dari kawasan perniagaan, pendidikan dan sarana-sarana yang cukup lengkap dan bisa dijangkau dengan mudah.

Belum lagi keterjangkauan dari gerbang tol dan Bandara Husein Sastranegara yang tentunya menjadi nilai plus.

Sebagai kawasan yang padat penduduk, cukup sulit menemukan perumahan dengan konsep cluster yang menawarkan rumah baru di kawasan Andir ini. Kehadiran Cempaka Hijau menjadi semacam kesempatan yang jarang muncul, sehingga menjadi satu kesempatan yang sebaiknya tidak Anda lewatkan.

Apalagi Cempaka Hijau ditawarkan dengan harga yang sangat bersaing apabila dibandingkan dengan kompetitor yang tepat berada di sebelahnya.

Sebatas penglihatan rumah.com, harga yang lebih rendah itu tidak diikuti dengan pengurangan kualitas karena kualitas finishing terlihat sangat baik. Belum lagi penerapan jaringan kabel bawah tanah yang tidak murah.

 

Tampilkan lebih banyak

Tags

Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan