Cherry Field, Ciganitri, Bandung

  • Boy Leonard
  • 8 Desember 2017

Cherryfield adalah perumahan ke-10  yang dikembangkan oleh developer PT. Matahari Agung Mandiri yang lebih dikenal dengan brand Matahari Land. Pengembang ini sebenarnya terhitung sebagai pengembang yang belum terlalu lama hadir di Bandung, yakni tahun 2007.

Dalam kurun waktu tersebut, Matahari Land sudah meluncurkan Matahari Residence, Matahari Regency, Matahari Asri, Griya Matahari, Matahari Akita 1 dan 2, Puri Matahari, Matahari Stella, Cluster Matahari dan yang sekarang masih berjalan adalah Cherryfield dan Bumi Siliwangi.

Alamat: Jl. Ciganitri & Jl. Ciganitri Pertanian (2 gerbang), Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Tipe: Residensial & Bisnis

Luas Area: 24,2Ha

Tipe unit:

Cluster 6 – Calosa

Type 60

Luas bangunan 60m2. Luas tanah 105m2. 1 lantai – 2 kamar tidur 1 kamar mandi. Harga Rp. 897,600,000

Type 70

Luas bangunan 70m2. Luas tanah 119m2. 1 lantai – 3 kamar tidur 2 kamar mandi. Harga Rp. 1,041,420,000

Tipe 100

Luas bangunan 100m2. Luas tanah 121m2. 2 lantai – 3 kamar tidur, 3 kamar mandi. Harga Rp1.290.300.000

Spesifikasi Teknis:

Pondasi              : Pasangan batu kali

Struktur Rangka:Beton bertulang

Dinding               : Pasangan batu press, diplester aci

Lantai                  : Granit tile 40×40

Plafond               : Gypsum rangka hollow

Kusen & Daun Jendela

                             : Kusen alumunium

                               Daun jendela alumunium + kaca 5mm polos

Daun Pintu         : Daun pintu engineering

                               Daun pintu PVC untuk kamar mandi

Sanitair               : Closet duduk ex lokal

                               Hand shower, jet shower ex lokal

Dapur                 : Meja beton + bak cuci single

Rangka Atap       : Rangka atap baja ringan

Penutup Atap    : Genteng beton

Air                       : Sumur bor Jet Pump & PDAM

Listrik                  : PLN 1300Watt ke atas

Analisis

Di kawasan Bojongsoang, Cherry Field dan Buah Batu Square  adalah dua perumahan dengan lahan terluas dan sama-sama membidik pasar menengah atas. Kedua perumahan ini juga masih aktif memasarkan unit baru, sehingga bisa dijadikan pembanding. Sementara pembanding lainnya adalah perumahan Mustika Asri Ciganitri.

Perumahan ini memiliki lokasi yang berbatasan langsung dengan Cherry Field. Pasar yang dibidik Mustika Asri Ciganitri sedikit di bawah kedua kompetitornya. Hal itu terlihat dari ukuran tipe rumah yang dihadirkan di perumahan ini.

Kami mengambil sample rumah dengan luas lahan sekitar 70m2. Di Cherry Field cluster Calosa, rumah dengan ukuran ini adalah tipe menengah. Sedangkan di Buah Batu Square menjadi tipe terkecil dan tipe terbesar di Mustika Asri Ciganitri.

Dilihat dari kualitas bangunan, ketiga perumahan ini terbilang mirip. Yang membedakan ketiga perumahan ini adalah faktor lokasi dan fasilitas lingkungannya. Dari segi lokasi, Buah Batu Square berada paling depan karena berada di jalan utama yaitu Jl. Raya Bojongsoang. Ia juga memiliki akses yang paling dekat ke gerbang tol Buah Batu.

Sementara Cherry Field dan Mustika Asri Ciganitri memiliki lokasi yang sama. Cherry Field sedikit lebih baik karena selain memiliki akses ke Jl. Ciganitri Pertanian, juga memiliki akses lain ke Jl. Ciganitri dan Jl. Ciganitri tengah.

Bagaimana dengan fasilitas di dalam perumahan? Mustika Asri Ciganitri hadir paling standar – dapat dipahami karena ia adalah perumahan yang relatif kecil dibandingkan dua perumahan lain yang dibandingkan di sini. Fitur paling menarik yang dimiliki Mustika Asri Ciganitri adalah konsep rumah 2 muka pada tipe 70.

Maka Mustika Asri Ciganitri terasa agak mahal ketika harga per meternya lebih tinggi dibandingkan Cherry Field yang memiliki fasilitas lebih lengkap dan lingkungan yang lebih ‘wah’. Bisa jadi hal ini disebabkan Matahari Land lebih dahulu mengakuisisi lahan Cherry Field dengan luas lahan besar, sementara developer Mustika Asri Ciganitri membeli lahan dengan harga lebih mahal ketika harga telah bergerak naik.

Sementara itu, Buah Batu Square menghadirkan kawasan bisnis yang sangat lengkap di bagian muka. Selain deretan ruko, kawasan bisnis Buah Batu Square menjadi lokasi Transmart Carrefour, pusat perbelanjaan yang menjadi magnet di Bojongsoang.

Selain pusat perbelanjaan dan food court, Anda juga bisa menonton film di bioskop dan mengajak si kecil bermain di playground yang sangat lengkap. Fasilitas lainnya kurang lebih sama dengan Cherry Field, seperti misalnya clubhouse yang dilengkapi dengan kolam renang, convention hall, selokan tertutup dan lain-lain.

Yang tidak hadir di Buah Batu Square adalah jaringan kabel bawah tanah dan masjid megah yang dimiliki Cherry Field. Lokasi premium dan keberadan Transmart Carrefour membuat Buah Batu Square memiliki harga per meter paling tinggi pada komparasi ini.

Perumahan

Tanggal

Luas Bangunan/Tanah

Harga

Harga per meter bangunan

Cherry Field

Nov 2017

70/119

Rp1.041.420.000

Rp9,44

Cherry Field

Dec 2015

70/119

Rp908.580.000

 

Mustika Asri Ciganitri

Agt 2017

70/119

Rp1.095.880.000

Rp10,22juta

Buah Batu Square

Jun 2017

78/98

Rp1.400.000.000

Rp13,93juta

Kawasan Bojongsoang adalah kawasan yang berkembang sangat pesat. Meskipun masuk ke dalam wilayah Kabupaten Bandung, letaknya berbatasan langsung dengan Kota Bandung. Kawasan ini juga memiliki akses yang mudah ke jalan tol via Gerbang Tol Buah Batu.

Belum lagi potensi perkembangannya karena berada dekat Tegalluar yang diproyeksikan Pemerintah Pusat dan Pemprov Jabar sebagai lokasi stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Dibandingkan dengan harga bulan Desember 2015, kenaikan harga rumah tipe 70 di cluster Calosa berada di kisaran 7,5% per tahun.

Selengkapnya

Detail Properti

Cherry Field dan Buah Batu Square adalah dua perumahan yang cukup berani menembak pasar menengah atas di Bojongsoang. Sebelumnya, Bojongsoang lebih dikenal sebagai kawasan perumahan menengah dan menengah bawah.

Apalagi kedua perumahan ini hadir dengan luas lahan yang besar, paling besar dibandingkan perumahan lainnya. Oleh karena itu, Matahari Land sebagai developer Cherry Field, harus bisa merubah image Bojongsoang sebagai kawasan perumahan menengah lewat berbagai fasilitas dan penampakan perumahan yang lebih ‘wah’.

Salah satunya lewat gerbang yang besar dan megah. Jika Anda sedang menyusuri Jl. Ciganitri, rasanya Anda tidak akan melewatkan kehadiran gerbang Cherry Field yang megah ini. Megah karena di Jl. Ciganitri yang tidak lebar-lebar amat, Anda akan disapa oleh plaza yang cukup luas di sisi jalan, dengan deretan 10 tiang yang mengarahkan Anda ke jalan masuk Cherry Field.

Tidak ada gapura yang menjadi pembatas fisik. Hanya pos security yang berada di tengah yang memberi rasa aman kepada para penghuni Cherry Field.

Setelah melewati pos security, Anda akan disambut boulevard yang dihiasi jajaran pohon palem di tengahnya. Boulevard ini akan membawa Anda ke budaran utama di tengah perumahan Cherry Field.

Saat ini, sisi kanan dan kiri boulevard ini masih kosong sehingga jarak 300m hingga ke bundaran tidak memberi pengalaman ruang. Namun nantinya sisi boulevard di bagian depan akan diisi oleh fungsi komersial, sementara setengah bagian lainnya mendekati bundaran akan dihiasi taman.

Cherry Field, Ciganitri, Bandung

Kiri: Gerbang Cherry Field yang artistik dengan deretan kolom di kedua sisi seperti menyambut kedatangan Anda. Kanan: Deretan pohon palem di boulevard masuk dengan Masjid Al-Mutazam di latar belakang.

Bundaran di tengah ini nantinya akan menjadi pusat aktivitas di Cherry Field. Saat ini telah berdiri Masjid Al-Multazam di bagian Barat Daya bundaran.

Masjid megah dengan gaya arsitektur modern ini dirancang oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, sebagai hadiah bagi Kabupaten Bandung. Di seputaran bundaran ini pula nantinya akan dibangun Convention Hall dan Clubhouse yang dilengkapi dengan berbagai sarana olah raga termasuk kolam renang.

Cherry Field, Ciganitri, Bandung

Kiri: Masjid Al-Mutazam yang berdiri tegak di tengah-tengah perumahan. Kanan: Gambar rencana Convention Hall yang berlokasi di belakang masjid.

Dari bundaran tengah ini pula Anda bisa menuju ke cluster-cluster perumahan yang tersebar di sekitarnya. Ada empat boulevard yang mengarah ke 4 arah mata angin dari bundaran ini. Utara menuju gerbang Jl. Ciganitri dan kawasan bisnis.

Bagaimana dengan keamanan di dalam perumahan karena banyaknya gerbang masuk ke Cherry Field nantinya? Anda tidak perlu khawatir karena setiap cluster di Cherry Field memiliki satu gerbang (one gate system) sehingga keamanan di dalamnya akan lebih mudah dikendalikan.  

Gerbang megah, boulevard 2 jalur yang lebar di penjuru perumahan, fasilitas yang lengkap dan berkelas. Semuanya adalah upaya Matahari Land untuk memberi nilai tambah bagi Cherry Field. Tidak cukup sampai di situ.

Untuk lebih meningkatkan nilai perumahan ini, Matahari Land menerapkan jaringan kabel underground dan drainase tertutup di Cherry Field. Keduanya merupakan fitur yang jarang ditemukan di perumahan-perumahan di Bandung, bahkan pada perumahan menengah atas. Dengan begitu, Anda akan melihat langit tanpa gangguan kabel-kabel yang berseliweran serta halaman rumah yang berbatasan langsung dengan jalan sehingga jalan terasa lebih lebar dan bersih.

Cherry Field, Ciganitri, Bandung

Kiri: Jalan lingkungan yang bersih dari kabel dan selokan. Kanan: Sehingga halaman rumah menyatu dengan jalan.

Mei 2017 lalu Cherry Field baru saja merilis cluster ke-6 mereka yaitu cluster Calosa. Di cluster ini, Cherry Field menawarkan tiga tipe rumah, yaitu tipe 60, 70 dan 100. Jika lingkungan perumahan dan fasilitasnya memiliki kualitas istimewa, tidak begitu dengan desain unit rumahnya.

Desain rumah dan kualitas bangunan di Cherry Field jauh dari jelek, namun tidak pula istimewa. Desainnya bergaya modern minimalis yang banyak ditemukan di perumahan-perumahan di Indonesia saat ini.

Di satu sisi, gaya ini sepertinya masih disukai sebagian besar konsumen sehingga lebih menjual. Namun di sisi lain, hal itu membuat rumah di Cherry Field kurang berkarakter.

Cherry Field, Ciganitri, Bandung

Kiri: Gaya rumah modern minimalis yang masih menjual namun kurang berkarakter. Kanan: Lingkungan perumahan yang rapih dan bersih yang membuat Cherry Field lebih menjual.

Sebagai perumahan yang menembak pasar menengah atas, sebagian besar rumah yang hadir di Cherry Field adalah tipe 2 lantai. Di cluster Calosa, rumah dua lantai itu dihadirkan dalam tipe 100 yang memiliki 3 kamar tidur dan 3 kamar mandi. Di lantai dasar, pintu utama akan membawa Anda masuk ke living room yang menyatu dengan ruang makan di belakangnya.

Ruang makan ini terhubung dengan pintu ke teras belakang yang sekaligus berfungsi sebagai dapur dan kamar mandi di seberangnya.

Sementara kamar tidur utama berada di sebelah living room dengan pintu yang terbuka ke arah ruang makan. Kamar tidur utama ini dilengkapi dengan kamar mandi dalam yang berada di bawah tangga.

Cherry Field, Ciganitri, Bandung

Denah ruang dan tampak fasad tipe 100 Standard.

Tangga menuju lantai atas berada di sebelah ruang makan yang membelok beberapa kali untuk memaksimalkan penggunaan ruang. Tangga ini akan membawa Anda ke ruang duduk di lantai atas yang berada di bagian depan rumah.

Ruang tengah ini membuka dan terhubung dengan balkon yang berada di atas carport. Sementara posisi dua kamar tidur berada di sisi lain dari rumah, masing-masin menghadap ke halaman depan dan belakang mengapit kamar mandi di tengahnya.

Layout ruangan di rumah tipe 100 cluster Calosa ini memberikan airy feel karena setiap ruangan memiliki akses udara dan cahaya yang baik. Cross ventilation juga sangat mungkin terjadi di ruangan yang bersifat semi privat di lantai atas dan bawah sehingga kualitas udaranya selalu terjaga.

Cherry Field, Ciganitri, Bandung

Tipe 70 Standard dan tata ruangnya.

Layout ruangan yang sedikit unik bisa Anda temukan pada rumah tipe 70. Rumah satu lantai yang memiliki tiga kamar tidur ini, menempatkan dua kamar tidur berdampingan di sisi muka rumah.  Dari pintu utama, Anda akan berada di ruang tamu, atau bisa juga difungsikan sebagai foyer karena dimensinya yang cukup kompak.

Foyer ini akan mengantarkan Anda ke living room yang menjadi pusat rumah ini. Dari living room Anda mempunyai akses ke dua kamar tidur di depan dan kamar mandi di belakangnya. Kamar tidur utama yang dilengkapi dengan kamar tidur dalam berada di belakang kamar mandi.

Sementara dapur dan ruang makan berada di teras belakang. Layout ini memberikan akses cahaya dan udara kepada dua kamar tidur di muka bangunan. Namun kamar tidur utama yang harus sedikit berkorban, karena bukaan ke halaman belakang yang tidak terlalu besar karena penempatan master bathroom di belakang.

Cherry Field, Ciganitri, Bandung

Calosa yang sudah hampir jadi. Ornamen bertekstur di bagian depan membuat tampilan minimalis unit ini menjadi lebih segar.

Sementara itu, pada tipe 60, Anda akan mendapatkan tata ruang ‘standar’ yang umum ditemukan pada rumah dengan luas lantai di bawah 60m2 dengan dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Kedua kamar tidur mengapit kamar mandi di satu sisi rumah, sementara di sisi lainnya berada living room dan teras sekaligus dapur di bagian belakang.

Fasilitas menjadi satu nilai plus yang ditawarkan rumah di Cherry Field. Selain pemandangan keluar yang bersih dari tiang, selokan dan kabel, Anda juga akan mendapatkan rumah yang sudah siap dengan jaringan kabel optik untuk kenyamanan akses internet.

Selain itu, setiap unit rumah di Cherry Field juga sudah dilengkapi dengan jaringan air PDAM dan sumur pompa sekaligus, mengantisipasi ketersediaan air ledeng yang kurang stabil.

Cherry Field, Ciganitri, Bandung

Kiri: Rumah tipe 60. Kamar yang terang dengan bukaan besar yang ditemukan di semua tipe. Kanan: Bukaan besar dan plafond tinggi membuat cross ventilation terjadi dan menjaga kondisi udara tetap segar.

Selengkapnya

Lokasi

Cherry Field, Ciganitri, Bandung

Bojongsoang di Bandung Selatan punya potensi perkembangan yang baik.

Bojongsoang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Kawasan yang termasuk wilayah Kabupaten Bandung ini,hingga dekade 80-90an adalah kawasan pinggiran yang tidak terlalu menonjol. Tidak ada aktivitas yang menonjol yang terjadi di sana.

Apalagi kondisi infrastruktur jalannya sempit dan kondisinya rusak, dengan volume kendaraan yang  cukup tinggi karena menjadi salah satu jalur utama dari Bandung ke wilayah di Selatan, membuat kawasan ini identik dengan kemacetan.

Sedikit perubahan terjadi ketika Telkom mendirikan STT Telkom di kawasan ini di awal 90an. Kegiatan ekonomi, khususnya yang berhubungan dengan pendidikan dan mahasiswa mulai hadir. Namun baru pada tahun 2000an Bojongsoang bergerak cepat.

Dua faktor utama yang membuat Bojongsoang berkembang pesat adalah pelebaran dan perbaikan Jl. Raya Bojongsoang dan STT Telkom yang di-upgrade menjadi Telkom University.

Akses yang semakin mudah dan potensi ekonomi yang semakin tinggi membuat Bojongsoang menarik beberapa developer. Ada 3 jalan di sayap Jl. Raya Bojongsoang yang menjadi incaran developer, yaitu Jl. Ciganitri, Jl. Ciganitri Pertanian dan Jl. Cikoneng.

Ketiga jalan ini berada di sisi Timur Jl. Raya Bojongsoang yang waktu itu relatif kosong. Berbeda dengan keadaan sisi Barat yang dipenuhi perumahan penduduk.

Kehadiran Telkom University, yang disusul dengan perumahan-perumahan dengan potensi ekonomi yang tinggi, membuat berbagai fasilitas mulai mewarnai Jl. Raya Bojongsoang.

Menuju Lokasi

Cherry Field adalah salah satu perumahan dengan lahan terluas di Bojongsoang. Dengan luas lahan mencapai 24Ha, Cherry Field rencananya akan memiliki 3 akses yaitu melalui Jl. Ciganitri di Utara, Jl. Ciganitri Perkebunan di Selatan dan Jl. Ciganitri Tengah di Timur.

Dengan begitu, para penghuninya memiliki alternatif jika kondisi lalu lintas di salah satu jalur sedang cantik-cantiknya. Namun untuk saat ini, lahan yang dikembangkan belum mencapai 50% dari luas total, baru gerbang dari Jl. Ciganitri di Utara yang dimanfaatkan.

Cherry Field, Ciganitri, Bandung

Menuju Cherry Field dari berbagai titik strategis di Bandung. Gambar: Google.

 

Dari Kota Bandung, Anda bisa melewati Jl. Buahbatu, Jl. Soekarno-Hatta atau melalui jalan tol Purbaleunyi. Jika Anda melewati Jl. Buahbatu atau Jl. Soekarno-Hatta, belokkan kendaraan Anda menuju Jl. Ters. Buahbatu di perempatan Buahbatu-Soekarno-Hatta. Teruskan perjalanan ke arah Selatan.

Cherry Field, Ciganitri, Bandung

Kiri: Jl. Ciganitri dengan permukaan beton rapih menuju Cherry Field. Kanan: Menjelang gerbang Cherry Field di sisi kanan jalan.

Sementara jika Anda melewati Jalan Tol Purbaleunyi, keluar di gerbang tol Buahbatu dan belok kanan di Jl. Ters. Buahbatu, bergabung dengan arus lalu lintas dari Buahbatu. Teruskan perjalanan melewati kolong jalan tol dan bangunan Transmart Carrefour akan terlihat di sisi kiri jalan disusul pesaingnya – Yogya Bojongsoang di sisi kanan jalan.

Tidak lama kemudian, Anda akan tiba di pertigaan dengan Jl. Ciganitri yang berada di sisi kiri jalan –  beberapa papan reklame perumahan bisa Anda jadikan penanda. Belokkan kendaraan Anda ke kiri masuk ke Jl. Ciganitri dan Anda akan tiba di gerbang Cherry Field 650m kemudian.

Dari perempatan Buah Batu-Sukarno Hatta, Anda membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Sementara dari gerbang tol Buah Batu, Anda membutuhkan waktu tidak lebih dari 7 menit saja.

Cherry Field juga tidak sulit dicapai menggunakan angkutan umum dari Kota Bandung. Dari Pasar Kordon Anda bisa menggunakan angkot trayek Buahbatu-Dayeuh Kolot dan turun di mulut Jl. Ciganitri. Dari sana. Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jasa ojek, atau berjalan kaki karena jaraknya yang masih terjangkau.

Fasilitas di sekitar

Bojongsoang berkembang dengan sangat pesat dan jauh berbeda dengan kondisi 10 tahun silam. Jalan sempit nan macet sudah berganti jalan yang lebar dengan permukaan beton mulus – meskipun masih diwarnai kemacetan di saat-saat tertentu.

Di sisi kiri kanannya saat ini diwarnai berbagai fungsi komersial, mulai dari minimarket, midimarket, rumah makan, cafe, gerbang perumahan, SPBU hingga kampus salah satu universitas terkemuka di Indonesia.

Cherry Field, Ciganitri, Bandung

Sejumlah titik fasilitas umum di sekitar Cherry Field. Gambar: Google.

Seiring dengan meningkatnya potensi ekonomi, tidak sulit bagi penghuni Cherry Field untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga, karena telah hadir beberapa supermarket dan pusat perbelanjaan di Bojongsoang.

Dua jaringan toserba besar di Kota Bandung, yaitu Yogya dan Transmart Carrefour, telah menghadirkan wakilnya di sini. Toserba Yogya Bojongsoang bisa Anda capai dalam 5 menit. Sementara Transmart Carrefour yang terpaut 100m lebih jauh bisa Anda capai dalam waktu yang kurang lebih sama.

Tidak hanya menghadirkan supermarket, kedua pusat perbelanjaan ini  juga memiliki pusat kuliner yang cukup lengkap. Bahkan Transmart Carrefour  Buah Batu melengkapi diinya dengan indoor theme park – tempat bermain yang super lengkap – serta bioskop. Anda bisa menonton film favorit Anda 5 menit perjalanan dari rumah.

Cherry Field, Ciganitri, Bandung

Kiri: Yogya Bojongsoang, pusat perbelanjaan yang cukup lengkap. Kanan: Transmart Buah Batu, dilengkapi dengan bioskop dan arena permainan. Terlihat rel roller coaster (berwarna kuning) yang melintas hingga keluar gedung di lantai 3.

Pasar tradisional juga relatif mudah dijangkau. Anda bisa menyambangi Pasar Kordon yang berjarak 15 menit perjalanan. Pasar tradisional yang tidak dikelola oleh Pemkot Bandung ini menjadi andalan warga di sekitaran Jl. Terusan Buah Batu dan Bojongsoang sehingga cukup ramai dan sering menjadi sumber kemacetan.

Sementara untuk pendidikan, salah satu sekolah yang lokasinya paling dekat adalah TK-SD-SMP-SMK Plus Al Aitaam. Sekolah ini memadukan kurikulum diknas dan pesantren. Setiap kelasnya terdiri dari 25 orang siswa dan mendapatkan pelajaran di dalam dan luar ruangan.

Pilihan lainnya di level PGTK adalah Binekas Playschool yang berada di perumahan Buah Batu Regency – kurang lebih 15 menit perjalanan. Binekas sudah hadir cukup lama dan dengan konsep bermain sambil belajar dengan berbagai macam kegiatan serta moving class membuat anak-anak tidak merasa bosan.

Sarana kesehatan berupa rumah sakit yang terdekat adalah RSUD Al Ihsan yang berada di Baleendah (6,7km – 17 menit perjalanan). Rumah sakit ini dimiliki dan dikelola oleh Pemprov Jabar sejak 2004 dan Lulus Akreditasi Tingkat Lengkap 16 Pelayanan. Saat ini, RSUD Al Ihsan tengah membangun beberapa gedung yaitu gedung utama perawatan dan pusat kanker.

Sebagai alternatif Anda juga bisa memanfaatkan RS Santosa Kopo yang berlokasi dekat gerbang tol Kopo sehingga mudah dijangkau dari Cherry Field melalui tol Padaleunyi. Dengan memanfaatkan jalan tol, Anda bisa mencapai salah satu rumah sakit swasta terbesar di Kota Bandung ini dalam waktu 22 menit.

Cherry Field, Ciganitri, Bandung

Kiri: RSUD Al Ihsan, rumah sakit terdekat dari Mustika Asri Ciganitri yang dikelola Pemprov Jabar. Kanan: RS Santosa Kopo, salah satu RS swasta terbesar di Bandung yang mudah dicapai via jalan tol.

Selengkapnya

Ringkasan

 

Bojongsoang terus berkembang pesat sebagai kawasan perumahan, dari yang tadinya lebih banyak diramaikan perumahan murah, saat ini mulai diisi oleh perumahan menengah atas. Kenaikan harga tanah membuat Bojongsoang tidak lagi feasible untuk dikembangkan menjadi perumahan murah.

Kehadiran perumahan menengah atas tentunya diikuti dengan kehadiran fasilitas yang lebih baik, yang pada akhirnya membuat Bojongsoang semakin menarik, baik sebagai tempat tinggal maupun sebagai investasi

Matahari Land termasuk developer yang cukup cergas melihat potensi kawasan ini, sehingga mereka mengakuisisi lahan yang luas dan mengembangkan perumahan yang membidik pasar menengah atas lengkap dengan berbagai fasilitas yang menggoda.

Lingkungan perumahan yang apik, bebas dari kabel yang membentang dan jalan lebar bebas selokan membuat perumahan ini terasa mewah. Juga berbagai fasilitas mulai dari sekolah, pusat perbelanjaan dan hiburan yang mudah dicapai tanpa harus masuk ke Kota Bandung, membuat Cherry Field menarik sebagai tempat tinggal.

Sebagai investasi, nilai ekonominya naik cukup cepat. Hal ini didukung potensi perkembangan di masa depan yang sangat menjanjikan. Lokasinya berdekatan dengan kawasan Tegalluar yang akan dikembangkan oleh Pemprov Jabar sebagai kawasan terpadu, termasuk dengan kehadiran Stasiun KA Cepat Jakarta-Bandung. (Fery Ekopurnomo)

Tertarik membaca review properti lainnya? Lihat pilihannya di sini!

Selengkapnya
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan