• Boy Leonard
  • 2 Februari 2017

Dari sekian banyak pengembang properti besar di Indonesia, Greenwoods merupakan salah satu yang telah membuktikan kualitasnya lewat serangkaian proyek di Bogor dan Depok seperti Palm Spring, Matoa Hills, Sawangan Hills, dan Belle Legoso. Kini Greenwoods menghadirkan perumahan menengah di kawasan premium Jababeka Cikarang, Bekasi.

Nama proyek: Citaville Cikarang

Alamat: Jalan Citarik Raya no 38, Jatibari, Cikarang Barat, Bekasi

Tipe: Rumah

Luas area: 3,3 hektar

Tipe unit:

Tipe Citra. Luas tanah 72 m2. Luas bangunan 36 m2. Harga Rp490 juta

Tipe Aksara. Luas tanah 60 m2. Luas bangunan 36 m2. Harga Rp440 juta

Spesifikasi

Pondasi: batu kali menerus dan sloop beton bertulang

Struktur: beton bertulang

Dinding: bata ringan, plester, aci dan cat

Rangka atap: baja ringan

Genteng: beton ex mutiara dan bubungan

Lantai: keramik 40×40

Lantai KM: keramik 20×20

Dapur: meja beton dan bak cuci

Kusen pintu dan jendela: alumunium 3 inci alexindo

Daun pintu kamar utama: solid engineering

Daun pintu kamar: double multiplex

Sanitari: kloset duduk, shower, wastafel, dan jet washer

Listrik: 1300 watt

Air: PAM

Analisis

Cikarang telah menarik banyak pengembang besar untuk mempersembahkan proyek perumahan terbaik mereka. Lihat saja Kota Jababeka, Deltamas, dan Lippo Cikarang yang sudah menjadi ikon sekaligus acuan dalam menghadirkan kawasan hunian terpadu.

Namun untuk membayar kualitas dan infrastruktur yang baik itu para pengembang itu pun menetapkan harga yang pantas, sayangnya untuk sebagian kalangan harga tersebut tidak sesuai dengan budget yang sudah ditetapkan untuk rumah impian.

Citaville adalah alternatif bagi pencari hunian dengan anggaran yang lebih terbatas di ring satu kawasan Cikarang.

Perumahan ini berbeda 10 menit dari Kota Jababeka, dan Anda dapat turut merasakan fasilitas Jababeka dengan harga hunian nyaris separuhnya.

Untuk urusan kualitas Citaville tidak kalah dengan proyek perumahan lain, gerbangnya besar dan apik. Desain rumah yang ditawarkan Citaville juga mengadopsi gaya minimalis modern dengan konsep lingkungan hijau.

Citaville pun memikirkan kenyamanan para penghuninya kelak, jumlah unit di setiap tahapnya dibatasi di angka 80 unit untuk menghindari kepadatan, lalu Citaville cerdik dalam pemakaian lahan hingga memiliki fasos lengkap di dalam lingkungannya.

Agak sulit rasanya mencari perumahan yang mirip Citaville di sepanjang jalan raya Citarik, namun Anda dapat membandingkannya dengan cluster D’Java besutan Jababeka yang kurang lebih menawarkan kualitas yang hampir sama.

Perumahan Tanggal Luas bangunan Harga
D’Java 20/01/2016 45/90 618 juta
D’Java 1/2/2017 45/90 825 juta
Citaville 23/2/2016 36/72 465 juta
Citaville 4/1/2017 36/72 490 juta

Table ini menunjukkan nilai investasi atau kenaikan harga perumahan di Cikarang yang kurang lebih berada di angka 5 persen untuk Citaville dan 33,5 persen untuk D’Java.

Perbedaan ini bisa dipahami. D’Java adalah bagian dari kawasan terpadu Jababeka, dengan fasilitas umum di dalam kawasan yang lengkap. Jababeka juga sudah memiliki nama dan tentu saja standar harga yang berbeda.

Citaville, di sisi lain, merupakan kawasan hunian baru dengan lingkungan yang lebih kecil. Namun melihat jaraknya yang tidak terpaut jauh, sekitar 2,2km, dinamika ekonomi kawasan Jababeka juga akan terasa. Apalagi, saat ini pasar properti kelas menengah (di kisaran Rp500 Juta) sedang bergairah.

Secara umum, saat ini para pengembang besar di sekeliling Citaville tengah membangun proyeknya, mulai dari Plaza Indonesia sampai Orange County.

Pemerintah pun sudah dalam perjalanan untuk membenahi transportasi menuju Cikarang dengan memperpanjang commuterline (membuat jalur double track) sampai Cikarang untuk memudahkan transportasi dari dan menuju Cikarang.

Ketika proyek-proyek ini selesai dan para investor semakin ramai datang ke Cikarang bukannya tidak mungkin jika nilai investasi Cikarang akan meroket.

 

Tampilkan lebih banyak

Detail Properti

Memiliki hunian di kawasan Kota Jababeka mungkin merupakan impian Anda yang bekerja di kawasan industri Cikarang.

Layaknya proyek properti besar lainnya di kawasan Cikarang, Kota Jababeka memberikan sebuah konsep hidup yang modern dengan infrastruktur rapi dan fasilitas lengkap.

Banyak orang kemudian akhirnya harus menelan pil pahit karena terbentur masalah ekonomi, harga properti dirasa tidak sesuai dengan keuangan dan niat Anda memiliki hunian ideal pun menciut.

Bila Anda merupakan salah satu yang merasakan demikian seharusnya tidak berputus asa sekarang, pengembang Greenwoods menawarkan solusi hunian modern menempel di Kota Jababeka namun dengan harga yang lebih terjangkau bernama Citaville.

Untuk urusan kualitas tentu tidak dikurangi sama sekali, Greenwoods mempersembahkan kualitas hunian premium Jababeka ke dalam Citaville namun dengan harga yang lebih murah.

Citaville Cikarang Bekasi

Citaville terdiri dari 3 tahap, saat ini dipasarkan tahap 1 dan tahap 2.

Perumahan Citaville sendiri berada di jalan Citarik Raya tepat di bagian belakang Kota Jababeka di mana pembangunan beberapa proyek besar seperti Plaza Indonesia, Green Market, dan Trace Jababeka.

Anda bisa melihat dari gerbang depan yang besar dan mengedepankan unsur estetika seperti perumahan berkelas. Citaville juga menghadirkan rumah toko dan rumah kios di area komersil bagi keluarga baru.

Citaville Cikarang Bekasi

Gerbang Citaville nan megah menyambut Anda.

Citaville mengusung konsep perumahan cluster dengan unit yang dibatasi agar tidak terlalu padat untuk menjaga kenyamanan para penghuninya.

Satu tahap Citaville hanya terdiri dari 80 unit, dilengkapi fasilistas sosial seperti Taman Cendekia yang merupakan ruang untuk belajar, berdiskusi, dan menimba ilmu dilengkapi dengan koneksi internet, lalu balai warga, taman bermain, dan taman sehat untuk berolahraga.

Citaville mengusung lingkungan hijau, asri, dan sehat lewat pohon yang akan disematkan di setiap unit, dan pohon besar di lingkungan perumahan.

Citaville Cikarang Bekasi

Cittaville tidak melupakan esensi hijau dari sebuah lingkungan perumahan hingga memberikan satu pohon untuk setiap unitnya.

Dari pantauan yang dilakukan Rumah.com pada hunian tipe Citra di Citaville, rumah satu lantai ini memiliki luas bangunan 36m2 dengan dua kamar tidur satu kamar mandi, dan juga area keluarga/tamu dan area makan.

Dapur sendiri berada di bagian belakang bersebelahan dengan taman belakang yang dapat Anda fungsikan untuk ruang service dengan dukungan kran air.

Hunian di Citaville mengusung tema modern minimalis yang sederhana namun elegan, Anda dapat melihatnya dari tampilan depan unit tipe Citra.

Citaville Cikarang Bekasi

Bagian depan Tipe Citra yang memiliki konsep minimalis modern yang apik dengan balutan aksen abu-abu.

Citaville Cikarang Bekasi

Bagian pintu depan tipe Citra yang didominasi oleh jendela sebagai sumber cahaya ke dalam rumah.

Citaville Cikarang Bekasi

Area tengah di dalam Tipe Citra dapat difungsikan sebagai area tamu dan keluarga.

Citaville Cikarang Bekasi

Dari sisi ini bisa kita lihat area tengah berbatasan langsung dengan dapur di balik pintu belakang.

Citaville Cikarang Bekasi

Dua buah kamar di sisi kanan ruang tengah, di tengah-tengah terdapat kamar mandi.

Citaville Cikarang Bekasi

Dapur pada bagian belakang rumah sudah dilengkapi dengan kitchen sink dan stop kontak untuk akses alat elektronik.

Citaville Cikarang Bekasi

Kamar depan berukuran kurang lebih 3×2 meter persegi berjendela memanjang sebagai ventilasi.

Citaville Cikarang Bekasi

Anda dapat menggunakan taman belakang sebagai ruang service karena sudah disediakan kran air.

Citaville Cikarang Bekasi

Desain tipe Citra tidak berbeda dengan unit jadi.

Citaville Cikarang Bekasi

Denah untuk tipe Citra di Citaville, sebuah hunian berharga terjangkau namun tetap mengedepankan kualitas.

Tampilkan lebih banyak

Lokasi

Dari sekian banyak wilayah di Bekasi, mungkin Cikarang adalah salah satu yang kerap sekali Anda dengar, tidak heran memang karena wilayah ini berkembang pesat ditopang dari perindustrian yang tumbuh. Bahkan, kawasan Cikarang disamakan oleh kota industri maju Shenzen Tiongkok.

Laporan yang dirilis oleh situs Berita Satu pada 2015 lalu ini didasari oleh hadirnya belasan proyek properti di kawasan Cikarang dengan nilai fantastis yaitu Rp264 Triliun. Jumlah ini 95% disumbang oleh proyek Orange County milik Lippo Group.

Citaville Cikarang Bekasi

Sebagai kawasan industri, Cikarang punya prospek sangat cerah untuk menjadi kawasan ekonomi mandiri.

Keberadaan industri memegang peranan penting akan pertumbuhan infrastruktur dan fasilitas umum di Cikarang, diperkirakan kawasan ini telah dihuni kurang lebih 21.000 ekspatriat.

Tidak hanya itu, 4.000 perusahaan yang beroperasi di Cikarang pun telah membawa puluhan ribu karyawan yang menetap di dekat lokasi kawasan Industri hingga kemudian bisnis properti seperti perumahaan, hotel, apartemen, dan kosan pun tumbuh subur di kawasan Cikarang. Ke depannya kawasan ini menjanjikan sebuah investasi yang menguntungkan.

Menuju lokasi: dulu, kawasan Cikarang memiliki sebuah kekurangan yang tidak bisa dielakan lagi yaitu akses tol yang tidak memadai, padahal mobilitas kendaraan pribadi atau pun industri sangat tinggi sehingga menyebabkan macet di ruas tol menuju tol Cikarang Barat.

Untuk menanggulangi masalah tersebut akhirnya disediakan dua akses tol baru yaitu Cibatu dan Delta Mas. Citaville sendiri berada dekat dengan tol Deltamas yaitu 10 km dengan waktu tempuh 20 menit. Anda juga dapat menggunakan tol Cibatu dengan jarak tempuh yang sama.

Citaville Cikarang Bekasi

Dari tiga akses tol di Cikarang, tol Deltamas dan Cibatu merupakan yang terdekat menuju Citaville. Gambar: Google.

Saat ini kawasan Cikarang tengah membangun fasilitas transportasi untuk meningkatkan mobilisasi warganya, dari transportasi yang ada menuju Citaville, Anda dapat menggunakan angkutan umum 52 dengan trayek Cikarang – Delta Mas dari terminal Cikarang atau pun dari depan Sentra Grosir Cikarang.

Angkutan ini menjangkau langsung ke gerbang Citaville. Anda juga dapat menggunakan trasportasi KRD dengan jurusan Bekasi-Karawang dan berhenti di stasiun Lemah Abang.

Perumahan: merupakan hal yang lumrah jika perumahan yang berada di kawasan yang strategis memiliki harga yang lebih tinggi sebab dikelilingi oleh berbagai macam fasilitas umum lengkap untuk menunjang kesejahteraan penghuninya.

Namun bagaimana jika ada perumahan dengan harga yang relatif terjangkau namun dikelilingi oleh berbagai macam fasilitas umum yang tidak hanya lengkap namun juga berkelas? Ini bukannya tidak mungkin karena Citaville adalah salah satunya.

Citaville Cikarang Bekasi

Lokasi Citaville yang dapat diakses 3 tol, dekat dengan pusat industry dan berbagai fasilitas transportasi dan umum.

Citaville memiliki lokasi yang menempel dengan kota Jababeka sehingga Anda yang memilih perumahan ini dapat merasakan fasilitas lengkap yang dimiliki oleh Kota Jababeka.

Misalnya untuk urusan kesehatan, total ada 3 rumah sakit yang tersedia untuk Anda di sekitaran kawasan Kota Jababeka. Dari 3 rumah sakit itu, yang terdekat adalah rumah sakit Asri Medika berjarak 2 km (kurang lebih 7 menit berkendara) dari Citaville.

Rumah sakit ini memberikan pelayanan bagi para pemegang kartu BPJS kesehatan, dan memiliki 20 dokter yang bertugas dan 13 di antaranya spesialis anak, bedah, anastesi, Obsgin, penyakit dalam, radiologi, dan THT.

Rumah sakit ini juga memiliki fasilitas ICU, USG/Radiologi, persalinan dan isolasi. Selain rumah sakit Asri Medika, terdapat juga rumah sakit Permata Keluarga Jababeka dan rumah sakit Harapan Keluarga yang semuanya ada di dalam kawasan Kota Jababeka.

Citaville Cikarang Bekasi

Rumah sakit Asri Medika merupakan salah satu dari tiga rumah sakit di kawasan Kota Jababeka yang tersedia untuk Anda.

Untuk fasilitas berbelanja pun sudah tersedia di kawasan Kota Jababeka, ada dua fasilitas perbelanjaan dekat Citaville yaitu Giant Ekstra dan Farmers Market.

Kedua supermarket ini tentunya sama-sama memiliki harga yang kompetitif dan tempat yang nyaman. Giant Ekstra sendiri merilis katalog promo tiap bulannya yang juga dapat Anda dapatkan langsung di ponsel. Caranya, dengan cara mendaftarkan nomor Anda di bagian informasi Giant.

Citaville Cikarang Bekasi

Giant Ekstra Jababeka berjarak 4 km dengan waktu tempuh kurang lebih 11 menit dari Citaville.

Citaville Cikarang Bekasi

Anda merupakan penggemar Starbucks? Anda tetap dapat menikmatinya sambil berbelanja di Farmers Market berjarak 5 km atau kurang lebih 13 menit berkendara dari Citaville.

Selain dua fasilitas tersebut, Kota Jababeka juga memiliki sederet fasilitas pendidikan yang berkualitas. Sebut saja sekolah Presiden yang telah menjadi ikon pendidikan di Cikarang.

Sekolah ini menyediakan layanan pendidikan yang lengkap mulai dari taman kanak-kanak sampai universitas.

Selain itu sekolah Presiden juga memberikan layanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus dan fasilitas pendukung pendidikan seperti pusat penelitian, taman belajar, dan asrama untuk para peserta didiknya.

Namun apabila sekolah Presiden bukan fasilitas yang Anda butuhkan pun masih ada sekolah Al Azhar dan sekolah Santo Leo III yang juga menyediakan pendidikan mulai dari dasar sampai menengah atas.

Citaville Cikarang Bekasi

Sekolah Presiden tidak hanya menjadi sekolah unggul di Cikarang tapi juga menjadi ikon akan fasilitas pendidikan yang lengkap dan berkualitas.

Tidak jauh dari Citaville pun akan dibangun mega proyek Mayfair Estate dan Parklands yang berisi pusat perbelanjaan, dua hotel bintang lima, kapel pernikahan, ruang konvensi, apartemen, dan gedung apartemen.

Proyek yang sudah dimulai semenjak 2015 yang lalu dan direncanakan selesai 2018 nanti akan membuat lebih banyak investor datang ke Jababeka. Anda yang tinggal di Citaville akan ikut merasakan dampak pembangunan ini dari segi fasilitas atau pun investasi.

Tampilkan lebih banyak

Ringkasan

Gemerlap pembangunan oleh pengembang besar di Cikarang tentu merupakan harapan besar bagi orang-orang yang bekerja di dunia industri atau pun para pelaku bisnis industri.

Berbagai macam tipe rumah pun tersedia dengan berbagai macam konsep dan lingkungan yang memiliki fasilitas dan infrastruktur yang baik.

Jika Anda mengalami problema budget ketika ingin mencari rumah di Cikarang, mungkin Citaville bisa menyelesaikan masalah yang Anda alami.

Lokasinya yang dekat dengan kawasan Jababeka memberikan fasilitas lengkap untuk Anda dan keluarga dengan nyaris setengah budget yang harusnya Anda keluarkan.

Citaville juga memberikan lingkungan tempat tinggal dan infrastruktur yang tidak kalah dengan perumahan dari pengembang besar.

Jangan menyerah untuk mencari rumah impian Anda karena selalu ada pilihan yang sesuai dengan budget yang Anda miliki tanpa harus berkompromi masalah kualitas, selalu ada jalan untuk mewujudkan rumah impian Anda. (Ade Igama)

Tampilkan lebih banyak
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan