Cluster Adara, Kota Harapan Indah, Bekasi

  • Boy Leonard
  • 15 April 2016

Damai Putra Development adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan kawasan dan pemukiman yang didirikan pada tanggal 30 April 1981 di Magelang.

Dalam pengembangannya, Damai Putra Development pun sekarang mengembangkan sayapnya dalam pengembangan kawasan yang terletak di perbatasan Jakarta Timur dan kota Bekasi yang dikenal sebagai kawasan Harapan Indah.

Nama proyek: Cluster Adara

Alamat: Komplek Sentra Niaga, Bulevar Hijau Kav. 33-35 Medan Satria Bekasi

Tipe: Rumah

Luas Area: 8,9 Hektar

Tipe unit:

Calla. Luas tanah 108 m2. Luas bangunan 69 m2. Harga Rp. 1,350 Miliar

Kalia. Luas tanah 126 m2. Luas bangunan 80 m2. Harga Rp. 1,550 Miliar

Azura. Luas tanah 180 m2. Luas bangunan 106 m2. Harga Rp. 2,130 Miliar

Pondasi: tiang pancang + sloof beton bertulang

Struktur: beton bertulang

Dinding: Bata Ringan diplester, diaci, dicat

Lantai:

  1. utama Homogeneous Tile
  2. service Keramik

Plafon: Gypsumboard

Atap:

Rangka: Baja Ringan

Penutup: Genteng beton

Daun pintu: pintu engineering

Kusen: alumunium

Instalasi air: pipa PVC

Air bersih: PDAM

Instalasi listrik: 2200 watt

Sanitair:

Tolilet utama kloset duduk

Toilet service kloset jongkok

Dapur:

Meja beton, keramik 20cm x 20cm

Kitchen zink stainless steel

Carport:

Keramik dan koral sikat

Analisis

Menurut data dari rumah.com, tidak terlalu sulit menemukan hunian sedikitnya 3 kamar tidur dengan kisaran harga Rp1-2 Miliar di lokasi Kranji dan Medan Satria Bekasi. Kisaran tersebut adalah kisaran rata-rata rumah kelas menengah atas di kawasan Bekasi.

Keunggulan utama Adara adalah cluster ini menjadi bagian dari kawasan hunian Kota Harapan Indah yang tertata rapi dengan infrastruktur yang cukup mendukung.

Sementara itu, konsep perumahan sendiri tidak bisa dianggap enteng karena hunian bergaya tropis modern dengan konsep eco living dan row jalan yang luas mungkin tidak akan Anda dapatkan diperumahan lain kecuali Cluster Adara.

Matangnya lokasi Adara membuat hunian ini memiliki prospek investasi yang cukup baik. Kenaikan harganya pun cukup signifikan dalam rentang waktu setahun.

Perumahan Tanggal Luas bangunan Harga Per meter persegi
Cluster Violet 14/03/2015 136 1,1 miliar 8 juta rupiah
Cluster Violet 7/03/2016 136 1,5 miliar 11 juta rupiah
Cluster Adara 7/03/2015 80 1,150 miliar 14 juta rupiah
Cluster Adara 7/03/2016 80 1,550 miliar 19,3 juta rupiah

Table di atas menunjukan kenaikan harga properti yang signifikan di kawasan Medan Satria dan Kranji (rata-rata 400 juta pertahun).

Fakta ini menunjukan bahwa uhunian ini tidak hanya mereka yang mencari hunian pertama yang berminat memiliki property di wilayah ini tetapi juga para investor.

Kenaikan nilai investasi di kawasan ini tidak lepas dari lokasi yang strategis karena berbatasan langsung dengan Jakarta, didukung oleh moda transportasi yang baik seperti commuter line yang beroperasi semenjak pagi sampai petang.

Khusus di wilayah Kota Harapan Indah, nantinya akan dibangun superblock di mana terdapat mall, office tower, dan apartemen.

Selain itu kawasan Kota Harapan Indah pun akan terus mendirikan fasilitas-fasilitas umum seperti yang sebentar lagi hadir adalah toko buku Gramedia, dan universitas yang nantinya berada di dalam kawasan ini.

 

Tampilkan lebih banyak

Detail Properti

Melewati jalan raya Bekasi, Anda akan menjumpai banyak perumahan dengan berbagai macam konsep, rupa, dan desain.

Meski begitu, kawasan Kota Harapan Indah tidak akan pernah luput di mata Anda. Kawasan seluas kurang lebih 2200 ha ini menjadi kawasan hunian paling besar.

Di dalamnya berisi kawasan komersial, hotel, kawasan niaga, dan tentunya pemukiman modern seperti Vasana, Neo Vasana, Arana, Samata, dan tentunya Adara.

Dibandingkan dengan perumahan yang lain, Cluster Adara terlihat seperti raksasa di tengah kawasan Kota Harapan Indah.

Posisi gerbang Kota Harapan Indah yang berada tepat di sisi jalan raya Bekasi tidak sangat mudah dilihat oleh siapa pun yang melintasi jalan raya Bekasi ditambah dengan billboard besar yang akan memandu Anda menuju Cluster Adara.

Pertama kali diluncurkan 28 Februari lalu, Cluster Adara baru sampai pada tahap penggalian dan diharapkan dalam kurun waktu kurun waktu kurang lebih satu tahun ke depan sudah sampai pada tahap finishing dan siap huni.

Di lokasi Cluster Adara memang belum berdiri gerbang yang menandakan kawasan ini tetapi Anda tetap dapat mengenalinya dari billboard besar yang terpampang di lokasi Cluster Adara.

Cluster Adara dibangun dengan konsep modern tropis dan mengedepankan investasi kesehatan Anda selain tentunya investasi keuangan.

Hunian di Cluster Adara dibangun dengan konsep ecoliving, dimana terdapat ventilasi udara silang untuk pergantian udara di dalam rumah yang lebih baik.

Penggunaan jendela-jendela ukuran besar berguna untuk memaksimalkan pencahayaan alami di siang hari sehingga Anda pun dapat lebih menghemat pemakaian listrik harian Anda nantinya.

Adara Kota Harapan Indah

Di sinilah nantinya gerbang Cluster Adara berdiri, meski masih dalam pembangunan awal Anda tetap bisa mengenalinya dari billboard yang terpampang.

Cluster Adara dibangun diatas lahan seluas 8,9 hektar dan berlokasi dekat CBD Kota Harapan Indah.

Ada 314 unit hunian didalam cluster Adara, dengan tiga tipe unit yang dipasarkan yaitu tipe Calla dengan luas tanah 108m2 dan luas bangunan 89m2 seharga Rp1,3 Miliar, tipe Kalia dengan luas tanah 126m2 dan luas bangunan 80m2 seharga Rp1,5 Miliar, serta tipe Azura dengan luas tanah 180m2 dan luas bangunan 106m2 seharga Rp2,1 Miliar.

Adara Kota Harapan Indah

Meski baru melewati tahap awal pembangunan, jalan akses di dalam lokasi Cluster Adara sudah dapat dilalui kendaraan.

Adara Kota Harapan Indah

Pembangunan di Cluster Adara semakin giat setelah resmi dirilis pada Maret 2016.

Kalau Anda meluangkan sedikit waktu untuk melihat-lihat berbagai macam konsep dan desain banyak perumahan yang ada di wilayah ini Anda tentunya tidak akan menganggap enteng apa yang ditawarkan oleh Cluster Adara.

Jalan selebar 8 meter membuat lingkungan hunian terasa lapang, bahkan saat ada tetangga yang memarkir mobil di depan rumah sekalipun.

Adara Kota Harapan Indah

Gambaran suasana di dalam Cluster Adera, row dalam seluas 8 meter terasa sangat lega di mata.

Jalan yang lebar juga membuat Anda lebih leluasa melakukan jogging di sekitar perumahan. Apalagi ditambah fasilitas kids playground yang akan memanjakan buah hati Anda.

Keamanan 24 jam akan membuat Anda tidak khawatir lagi jika harus meninggalkan rumah untuk waktu yang lama seperti ketika mudik, urusan bisnis ke luar kota, dan berkunjung ke sanak saudara.

Tindak kejahatan perampokan di siang hari yang sedang marak terjadi tidak akan lagi membuat Anda was-was ketika terpaksa meninggalkan keluarga Anda di rumah.

Adara Kota Harapan Indah

Gambaran hunian tipe Kalia dengan carport yang dapat menampung dua mobil dan jendela yang berfungsi sebagai tempat masuknya cahaya matahari.

Dilihat dari contoh desain tipe Kalia yang ditawarkan, di lantai satu Anda akan mendapati sebuah carport yang mampu menampung sampai dua mobil sekaligus.

Melangkah ke dalam Anda akan menemukan sebuah ruang tamu tepat setelah Anda membuka pintu, ruang tamu ini menyatu dengan ruang makan di mana Anda dapat menaruh sebuah meja makan berukuran sedang di sana.

Terdapat sebuah kamar di sebelah kiri ruang tamu dan juga sebuah toilet persis di sebelah tangga. Di bagian belakang terdapat dapur, sebuah kamar tidur, dan toilet tambahan.

Adara Kota Harapan Indah

Gambaran peta bagian dalam untuk hunian lantai satu tipe Kalia di Cluster Adara. Ada ruang terbuka yang luas di bagian belakang, sertra indoor garden.

Melangkah ke lantai dua, terdapat sebuah kamar tidur utama, satu kamar tidur tambahan, serta sebuah ruangan yang dapat Anda jadikan ruang keluarga.

Adara Kota Harapan Indah

Gambaran peta dalam untuk hunian lantai dua tipe Kalia di Cluster Adara.

Tampilkan lebih banyak

Lokasi

Medan Satria adalah salah satu kecamatan di Bekasi seluas 1.199,03 Ha dan mencangkup kelurahan kelurahan Pejuang, Kali baru dan Harapan Mulya.

Kecamatan ini pun berbatasan langsung dengan Kabupaten Bekasi di sebelah Utara, Kecamatan Cakung di sebelah Barat, Kecamatan Bekasi Utara di sebelah timur, dan Kecamatan Bekasi Barat di sebelah selatan.

Faktor utama yang mendorong perkembangan Kecamatan Medan Satria adalah kawasan hunian Kota Harapan Indah. Setelah kawasan hunian ini dibangun, beragam fasilitas umum menyusul berdiri.

Kota Harapan Indah juga dekat dengan Jalan Raya Bekasi, yang menjadi penghubung Medan Satria dengan Cakung, Pulogadung, Kelapa Gading, Cempaka Putih, Kemayoran. Nilai investasi di kawasan ini pun naik pesat dan menjadi surganya para investor.

Adara Kota Harapan Indah

Landmark berupa kobaran api menjadi ikon kawasan hunian Kota Harapan Indah.

Menuju lokasi: jalan Raya Bekasi merupakan jalan utama yang luas dengan dua badan jalan menuju dan dari Jakarta.

Walaupun begitu, penumpukan kendaraan pada jam sibuk masih banyak terjadi di jalan ini, terutama di perempatan dan jalur putar balik di mana banyak kendaraan yang megurangi kecepatan atau bahkan berhenti untuk mencari celah berputar.

Pada kondisi jalan normal, Kota Harapan Indah dapat memakan waktu 18 menit dari tol Bekasi Barat melalui jalan Ahmad Yani dan jalan Sultan Agung dan 28 menit dari tol Tol Insinyur Wiyoto Wiyono.

Adara Kota Harapan Indah

Akses tol Bekasi Barat merupakan salah satu akses tol tengah kota Bekasi yang menjadi primadona warga Bekasi dalam berpergian ke luar Bekasi. Gambar: Google.

Kota Harapan Indah merupakan sebuah kawasan pemukiman yang tak hanya fokus pada unit perumahan, tetapi juga lingkungan. Beragam fasilitas terdapat di sekelilingnya, begitupula dengan sarana transportasi.

Selain transportasi umum K-30 dengan trayek Kota Harapan Indah-Terminal Bekasi, kawasan pemukiman ini juga menyediakan halte-halte khusus yang dilewati beragam angkutan umum seperti DAMRI (KHI-Bandara Soekarno Hatta), Bis Mayasari (KHI-Blok M), Primajasa (KHI-Bandung).

Selain itu, ada juga Transjabodetabek dengan rute KHI-Ujung Menteng-Cakung Perintis Kemerdekaan-Senen-Gatot Subroto-Pejabon-Istiqlal-Catedral-Pasar Baru.

Adara Kota Harapan Indah

Kota Harapan Indah cukup disiplin mengatur transportasi umum. Naik-turun penumpang hanya boleh dilakukan di halte bus yang telah disediakan.

Untuk pengguna commuter line pun tidak perlu repot-repot. Di dekat hunian ini terdapat dua stasiun dekat Kota Harapan Indah, yaitu stasiun itu adalah stasiun Bekasi dan Kranji. Antara kedua stasiun tersebut dengan Kota Harapan Indah dihubungkan oleh angkutan K-30.

Adara Kota Harapan Indah

Pintu masuk Kota Harapan Indah tepat di pinggir jalan Raya Bekasi, lokasi yang strategis menuju ke Cakung, Pulogadung, hingga Kelapa Gading.

Perumahan: Kota Harapan Indah tengah memasarkan cluster terbarunya, yakni Cluster Adara. Ini adalah proyek unggulan terbaru dari Damai Putra Development yang dirilis 28 Februari lalu.

Sebagai sebuah bagian dari kawasan pemukiman modern Kota Harapan Indah, Cluster Adara pun memiliki fasilitas unggulan yang ada di Kota Harapan Indah, dengan jarak yang sangat dekat.

Untuk menunjang kesehatan Anda dan keluarga, di kawasan ini terdapat Rumah Sakit Citra Harapan.

Ini adalah rumah sakit ini umum yang memberikan pelayanan kesehatan umum yang meliputi pelayanan yang dilakukan oleh dokter spesialis, dokter sub spesialis, dokter umum, dokter gigi, baik rawat jalan, rawat inap, gawat darurat maupun rawat intensif.

Rumah sakit Citra harapan sendiri menyediakan fasilitas ruang rawat inap VVIP, VIP,Kelas I, Isolasi, Kelas II, Kelas III Dewasa, Kelas III Anak.

Adara Kota Harapan Indah

Fasilitas rawat inap VVIP di rumah sakit citra Harapan (sumber: website rumah sakit Citra Harapan).

Adara Kota Harapan Indah

Rumah sakit Citra Harapan berjarak 10 menit berkendara dari Cluster Adara.

Untuk urusan berbelanja, Cluster Adara menawarkan dua pilihan supermarket yaitu Carrefour dan Giant.

Kedua supermarket ini memang tidak lagi asing di telinga ibu-ibu rumah tangga atau bahkan Anda sendiri.

Keduanya sama-sama terkenal dengan berbagai macam potongan harga yang menghiasi rak-rak kebutuhan sehari-hari seperti sembilan bahan pokok atau pun rak-rak barang elektronik dan keperluan lainnya.

Selain menjual bahan kebutuhan sehari-hari, menjual berbagai macam makanan siap santap seperti kue dan lauk-pauk.

Hampir serupa, Carrefour juga menawarkan makanan siap santap berupa kedai-kedai makanan.

Para suami bisa menunggu sang istri berbelanja sembari menyantap makanan sekaligus mengawasi si buah hati.

Sebagai tambahan, terdapat Pasar Modern untuk Anda yang ingin berbelanja di pasar tradisional.

Pasar Modern ini menjadi pilihan bagi Anda yang lebih suka berbelanja dengan sistem tradisional, di mana Anda bisa tawar-menawar dan membandingkan harga barang yang sama di antara beberapa penjual yang berbeda.

Adara Kota Harapan Indah

Giant dan Carrefour yang berdekatan dengan waktu tempuh 10 menit dari Cluster Adara memudahkan Anda untuk berbelanja.

Adara Kota Harapan Indah

Giant Ekstra Kota Harapan Indah yang menjadi fasilitas berbelanja mudah dan nyaman.

Adara Kota Harapan Indah

Pasar modern di kawasan Kota Harapan Indah yang melengkapi fasilitas berbelanja Cluster Adara.

Pendidikan juga merupakan satu hal yang tidak perlu Anda khawatirkan, di Kota Harapan Indah tersedia berbagai macam sekolah untuk putra dan putri Anda.

Untuk si kecil terdapat Cherry Montessori School. Sekolah ini memfokuskan diri pada pendidikan dasar Bahasa, Menulis, dan Membaca yang merupakan awal dari perkembangan belajar anak-anak.

Pengaplikasian kurikulum practical life, sensorial, matematika, bahasa, dan kebudayaan tidak hanya menyiapkan anak agar lebih cakap di bidang akademis, tetapi juga dalam pergaulan sosial. Sekolah ini berjarak 10 menit dari Cluster Adara.

Adara Kota Harapan Indah

Kurikulum Practical Life yang diterapkan Cherry Montessori School dapat membuat perkembangan belajar si kecil jadi optimal (sumber foto: http://www.cherrymontessori.sch.id)

Adara Kota Harapan Indah

Cherry Monterssori School akan memberikan pendidikan tingkat prasekolah hingga sekolah dasar.

Pilihan lain adalah Al Azhar Education Center Harapan Indah, yang menyediakan pendidikan mulai dari tingkat Kelompok Bermain sampai Sekolah menengah yang hadir untuk anak-anak berkebutuhan khusus dengan fasilitas yang lengkap.

Sekolah ini memiliki tujuan Membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik/motorik, kemandirian dan seni.

Adara Kota Harapan Indah

Al Azhar Education Center terdapat di dalam lingkungan pemukiman Harapan Indah kurang lebih 10 menit dari lokasi Cluster Adara.

Ada juga sekolah BPK Penabur Harapan Indah yang menyediakan pendidikan untuk jenjang SD sampai SMA.

Lokasinya juga tak jauh dari sekolah-sekolah lainnya. Sekolah ini menerapkan sistem pembelajaran dengan dasar agama Kristen.

Untuk fasilitas pendidikan sendiri Cluster Adara memiliki pilihan yang banyak dan lengkap, tugas Anda hanya tinggal memilih mana yang paling cocok untuk putra dan putri Anda.

Adara Kota Harapan Indah

BPK Penabur juga merupakan salah satu fasilitas sekolah yang dapat Anda pilih di Cluster Adara.

Fasilitas yang disediakan oleh Cluster Adara demi melengkapi hidup Anda dan keluar tidak berhenti sampai di sini, terdapat sentra kuliner Meli Melo.

Setiap titik sentra kuliner ini menawarkan restoran yang berbeda-beda sehingga dijamin Anda tidak akan bosan dan kehabisan ide untuk memilih tempat makan bersama teman, keluarga, atau pun rekan bisnis.

Pada jam sibuk memang merupakan sebuah perjuangan tersendiri untuk tetap memberikan quality time bersama keluarga, dan Cluster Adara pastinya akan membantu Anda dalam hal ini.

Transera Water Park tersedia untuk Anda yang ingin mengajak keluarga ke rekreasi air yang menyenangkan di akhir pekan, jaraknya pun tidak jauh hanya 10 menit berkendara dan masih berada di kawasan Kota Harapan Indah.

Nantinya, Kota Harapan Indah juga akan dilengkapi dengan superblock yang berisi mall, office tower, dan apartemen. Anda dan keluarga akan semakin betah tinggal di kawasan pemukiman modern ini.

Untuk saat ini, mal terdekat adalah Summarecon Bekasi, jaraknya sekitar 9,5km dari lokasi. Mal ini termasuk dalam mal menengah atas. Di dalamnya terdapat beragam tenant fashion seperti Uniqlo, Batik Keris, hingga Charles & Keith.

Adara Kota Harapan Indah

Sentra kuliner Meli Melo hadir untuk memuaskan Anda yang memiliki hobi makan dan berwisata kuliner.

Adara Kota Harapan Indah

Bingung mencari tempat rekreasi untuk mengisi quality time bersama keluarga? Transera Water Park jawabannya.

Bagi Anda yang bekerja di Jakarta, Anda bisa menghindari macet dengan naik kereta rel listrik (KRL) jurusan commuter line.

Dua stasiun terdekat adalah stasiun Kranji dan stasiun Bekasi. Pada kondisi jalan normal, stasiun Kranji dapat diakses dengan berkendara 12 menit dari Cluster Adara sedangkan untuk stasiun Bekasi 25 menit.

Anda dapat membawa kendaraan Anda ke stasiun Kranji yang dapat menampung 10 sampai 20 mobil dan 20 sampai 30 sepeda motor.

Adara Kota Harapan Indah

Dua stasiun terdekat (Kranji dan Bekasi) tersedia bagi Anda pengguna commuter line demi menghindari kemacetan di jalan.

Adara Kota Harapan Indah

Stasiun Kranji memiliki lahan parkir yang cukup luas merupakan stasiun terdekat dari Cluster Adara.

Tampilkan lebih banyak

Ringkasan

Kawasan Medan Satria dan Kranji, Bekasi, akan terus berkembang di masa yang akan datang, dan tentunya akan melahirkan lebih banyak lagi perumahan dengan berbagai macam konsep dan desain.

Salah satu yang memiliki konsep kuat dan desain yang apik adalah Cluster Adara. Konsep hunian ecoliving yang diperkuat dengan fasilitas kid playground dan keamanan 24 jam akan membuat hidup Anda lebih nyaman dan tentram.

Fasilitas-fasilitas yang saking dekatnya sampai terasa seperti di depan pintu rumah juga akan menyokong kehidupan Anda di masa depan.

Tidak semua perumahan menawarkan apa yang Cluster Adara dan Kota Harapan Indah tawarkan. Ini bisa menjadi nilai plus hunian ini.

Perlu diingat bahwa dengan dana yang sama Anda mungkin saja dapat memilih hunian lain yang memiliki tanah agak besar, namun dengan kondisi lingkungan yang mungkin tidak sebaik Kota Harapan Indah.

Pada akhirnya, hal itulah yang akan membuat Anda merasakan kemudahan dan kenyamanan di rumah sendiri.(Ade Igama)

Tampilkan lebih banyak
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan