Cluster Grand Victoria, Taman Jatisari Permai, Bekasi

  • Boy Leonard
  • 21 Juni 2016

Setelah menghadirkan Grand Mekarsari dan Taman Jatisari Permai, PT Karya Makmur kini mengembangkan cluster baru bergaya Eropa klasik. Cluster ini adalah bagian dari Taman Jatisari Permai.

Nama proyek: Grand Victoria

Alamat: jalan Jatisari Boulevard, Bekasi

Tipe: Rumah

Luas area: 6,6 hektar

Tipe unit:

Tipe 48. Luas bangunan 48 m2. Luas tanah 79 m2. Harga Rp608 Juta

Tipe 63. Luas bangunan 63 m2. Luas tanah 105 m2. Harga Rp788 Juta

Tipe 90. Luas bangunan 90 m2. Luas tanah 105 m2. Harga RP989 Juta

Tipe 70. Luas bangunan 70 m2. Luas tanah 90 m2. Harga Rp869 Juta

Tipe 116. Luas bangunan 116 m2. Luas tanah 156 m2. Harga Rp1,3 M

Tipe 150. Luas bangunan 150 m2. Luas tanah 162 m2. Harga Rp1,4 M

Pondasi: Batu kali/ beton bertulang

Dinding: bata merah diplester, diaci, dicat, dinding kamar mandi dilapisi kramik

Lantai: granit tile 60×60 cm

Kusen: alumunium powder coating

Daun pintu:

Pintu depan solid engineering dipolitur

Pintu lainnya engineering

Plafon: rangka baja ringan, GRC dan gypsum

Atap: rangka baja ringan dan genteng monier

Sanitasi: closet duduk RRC besar, closet duduk RRC kecil, dan wastafel RRC

Dapur: meja dapur dan kitchen sink

Analisis

Berdasarkan data yang dihimpun dari Rumah.com, tidak sulit menemukan hunian satu dan dua lantai di kawasan Jatisari Bekasi, harga bangunannya pun berkisar antara Rp6 Juta sampai Rp12 Juta per meter persegi.

Arsitektur khas Eropa yang diterapkan pada setiap huniannya membuat Grand Victoria terasa spesial ketimbang perumahan lain di sekitarnya yang mengadopsi gaya fasad minimalis yang sudah jamak.

Hanya saja, Grand Victoria tidak banyak memberikan fasilitas di dalam perumahan selain taman di dalam cluster dan lebar jalan yang besar, yakni 8 meter di depan rumah dan 10 meter di jalur utama.

Selain itu, yang harus diperhatikan dari perumahan ini adalah area berupa tebing di mana jika pengembang tidak serius dalam pembuatan turap dapat membawa kerugian bagi hunian yang berada di dekatnya.

Dekat dengan Taman Jatisari Permai terdapat perumahan Pinewood Topaz Regency yang menyediakan unit satu lantai dan dua lantai, dengan dua hingga tiga kamar tidur. Secara umum, hunian ini mirip dengan Grand Victoria Bekasi.

Pun demikian, harga yang ditawarkan lebih terjangkau. Hal ini cukup wajar karena lokasi Pinewood Topaz lebih menjorok ke dalam, sekitar 2km. Jalan aksesnya tak terlalu besar dan melewati perkampungan warga.

Keunggulan lain dari Grand Victoria adalah lingkungannya yang merupakan bagian dari supercluster Taman Jatisari Permai membuat kawasan hunian ini relatif lebih nyaman dan mudah diakses dari jalan utama, yakni jalan Wibawa Mukti.

Perumahan Tanggal Luas Bangunan Harga
Pinewood Topaz 23/1/2015 40/72 Rp364 Juta
Pinewood Topaz 7/5/2016 40/72 Rp446,5 Juta
Grand Victoria 2/8/2015 48/79 Rp486 Juta
Grand Victoria 15/5/2016 48/79 Rp608 Juta

Dari tabel di atas terlihat bahwa harga unit di Pinewood Topaz lebih terjangkau sekitar Rp161,5 Juta per Mei 2016.

Dari tabel tersebut pula dapat diketahui bahwa harga rumah di kawasan ini naik sekitar 24% setiap tahunnya. Persentase ini tentu menjadi indikator investasi yang cukup baik.

Kenaikan harga properti di kawasan Jatisari tidak lepas dari peran perkembangan yang pesat, adanya akses tol JORR Jati Asih membuat kawasan ini hidup dan ramai karena akses yang mudah.

Di sisi lain pemerintah kota juga sedang giat-giatnya memperbaiki sarana dan prasarana kota Bekasi hingga ke kawasan Jatisari di mana jalan yang rusak mulai diperbaiki demi akses kota Bekasi yang lebih baik.

Tidak lupa fasilitas umum seperti rumah sakit, sekolah, dan pusat perbelanjaan yang lengkap serta didukung oleh transportasi yang sudah terintegrasi seperti commuterline dan APTB yang semakin memudahkan mobilisasi masyarakat umum.

Ke depannya nilai investasi di kawasan ini akan naik tajam dengan hadirnya Trans Studio di kawasan Jati Asih, rekreasi termegah di Bekasi ini juga akan mendorong pembangunan hotel-hotel mewah di kawasan Jati Asih nantinya. Begitu juga pembangunan LRT di kawasan Cibubur yang menambah semarak kawasan ini nantinya.

 

Tampilkan lebih banyak

Detail Properti

Di sepanjang jalan Wibawa Mukti Anda akan melihat berbagai macam perumahan, tidak heran, kawasan Jatisari sejatinya merupakan kawasan pemukiman yang semakin lama semakin ramai.

Mulai dari perumahan lama hingga yang baru dengan sistem cluster, salah satunya adalah Grand Victoria. Pemukiman tipe cluster ini berdampingan dengan perumahan Taman Jatisari Permai, atau lebih tepatnya di jalan Boulevard Taman Jatisari Permai.

Meski pun belum padat, sudah terdapat banyak fasilitas umum, ruko, dan berbagai macam restoran dan kedai makanan kaki lima di sepanjang jalan Wibawa Mukti.

Meski pun tidak berada tepat di sisi jalan Wibawa Mukti, lokasi Grand Vicotria tetap dilalui angkutan umum sehingga Anda tidak perlu susah-susah berjalan kaki masuk ke dalam.

Hadir dengan cluster bergaya Eropa klasik, seperti namanya yang sekilas mengingatkan kita kepada era Victorian, Grand Victoria sesuai untuk Anda yang ingin hunian yang berbeda dari pada kebanyakan.

Saat memasuki gerbang yang masih setengah jadi, hanya terdapat pos penjagaan tanpa plang, Anda akan melihat hamparan lahan kosong yang belum tergarap. Rasanya tidak heran mengingat Grand Victoria memiliki lahan seluas 6,6 hektar dan berisi sekitar 300 hunian.

Tidak berlebihan rasanya jika mengatakan bahwa Grand Victoria adalah hunian cluster masif di kawasan itu. Rasa Eropa pun sudah dapat Anda temukan ketika melihat gerbang dengan dua pilar penyangga dan bentuk jendela yang lekat dengan bangunan Eropa klasik.

Grand Victoria

Gerbang Grand Victoria dengan dua row jalan masing-masing kurang lebih 10 meter mencerminkan hunian yang classy.

Grand Vicotria menawarkan 300 unit hunian satu dan dua lantai, dan satu per satu unit sudah terjual pada penjualan tahap pertama yang masih berlangsung.

Untuk tahap pertama, 60 unit sudah dijadwalkan ready stock di akhir tahun 2016 ini, terdiri dari enam pilihan luasan tanah dan bangunan (lihat bagian paling atas artikel  ini). Ketika artikel ini dibuat (Mei 2016) semua tipe masih tersedia.

Grand Victoria

Sudut lahan di Grand Victoria yang belum tergarap. Di atas lahan seluas 6,6 hektar ini rencananya akan dibangun 300 unit hunian.

Grand Victoria

Pembangunan yang masih dilakukan di Grand Victoria untuk mengejar target ready stock di akhir 2016 ini. Tampak fasad bergaya victorian.

Konsep victorian yang diusung ini membuat Grand Victoria terlihat berbeda dengan perumahan lain di sekitarnya. Rata-rata, hunian di kawasan ini mengusung konsep minimalis yang dipadu dengan konsep natural.

Melangkah ke dalam salah satu hunian tipe 90, Dua buah lampu di bagian depan rumah yang berbentuk lentera ala Eropa akan menarik perhatian Anda. Selanjutnya, pintu utama bergaya Prancis bisa jatuh cinta pada pandangan pertama.

Grand Victoria

Fasad rumah Tipe 90. Gaya victorian digabungkan dengan penggunaan batu alam terlihat pada pilar teras.

Pada lantai 1, terdapat sebuah kamar, kamar mandi yang terletak di bawah tangga, dan dapur.

 

Grand Victoria

Terdapat tiga kamar tidur di Tipe 90 dua lantai. Satu di bawah, dua di lantai atas.

Dengan menempatkan dapur di area terbuka di belakang rumah, maka bagian dalam terdapat satu ruang tengah tanpa sekat yang bisa dimanfaatkan untuk ruang tamu, ruang keluarga, dan meja makan.

Di sisi pintu dengan jendela menghadap carport terdapat sebuah kamar tidur. Tangga terdapat di belakang kamar tidur dan kamar mandi terdapat di bawah tangga.

Grand Victoria

Ruang tamu dilihat dari pintu depan. Pintu di sisi kiri merupakan pintu kamar tidur. Pada bagian belakang terdapat ruang terbuka yang dibatasi oleh pintu bergaya French Door, yang juga diterapkan di bagian depan.

Lantai granit atau yang dikenal dengan homogeneous tile ukuran 60cm x 60cm menambahkan kesan ‘borjuis’ pada hunian ini.

Pada pintu belakang pun bergaya French Door di mana terdapat deretan jendela besar di sisi kanan dan kiri, jendela ini juga menjadi media sinar matahari masuk ke dalam rumah.

Di belakang, di dekat dapur terdapat ruang untuk kamar tidur asisten rumah tangga dan kamar mandinya.

Grand Victoria

Bagian dapur dan kamar mandi yang berada di sebelah kiri ruang tamu, untuk kamar mandi, nantinya akan diisi satu closet duduk dan satu hand shower.

Naik ke lantai 2, Anda akan menemukan dua kamar lagi, sebuah kamar mandi luar, dan balkon dengan dua pilar penyangga yang mempertegas arsitektur Eropa klasik yang diterapkan di Grand Victoria.

Grand Victoria

Tangga menuju lantai atas dengan besi pembatas dan kayu pegangan yang nyaman digenggam tangan, sayangnya tangga terasa kurang luas.

Grand Victoria

Pintu balkon, terlihat besi pembatas dengan ulir khas Eropa dan dua buah pilar berukuran sedang yang mengokohkan hunian ini.

Grand Victoria

Pemandangan balkon lantai dua, memperlihatkan lingkungan di Grand Victoria dan pembangunan yang berlangsung di dalamnya.

Beberapa opsi ukuran luas tanah dan bangunan tersedia. Seperti tipe 73 misalnya. Tipe ini memiliki penyusunan ruangan yang hampir sama dengan tipe 90 dua lantai, namun minus kamar asisten rumah tangga. Pada tipe ini, bagian dapur berada di dalam ruangan

Grand Victoria

Tipe 73 menyediakan hunian dua lantai dengan tiga kamar tidur dengan harga yang lebih terjangkau.

Jika Anda menginginkan hunian tiga kamar tidur dengan luas yang lebih lega, Anda bisa memilih tipe 116. Pada tipe ini, ruang sosial tersedia dengan luas yang cukup lega, seperti dapur yang menyatu dengan ruang makan.

Anda juga bisa memanfaatkan ruang tengah untuk ruang tamu dan ruang keluarga dan memisahkannya dengan menggunakan sekat.

Jika Anda membutuhkan privasi dengan tamu, anggota keluarga yang lain, terutama anak-anak, bisa memindahkan kegiatan mereka di ruang keluarga yang terdapat di lantai dua.

Sama seperti tipe lainnya, di lantai satu terdapat satu kamar tidur sementara di lantai dua terdapat dua kamar tidur. Satu kamar tidur memiliki luas sekitar 17m2 dengan kamar mandi di dalam.

Di lantai dua juga terdapat kamar asisten rumah tangga sekaligus kamar mandi, namun aksesnya terpisah. Asisten rumah tangga Anda bisa menuju ke kamarnya dengan menggunakan tangga ulir di bagian belakang rumah.

Grand Victoria

Grand Victoria

Tipe 116 merupakan tipe dengan luasan terbesar. Anda bisa mendapatkan ruang sosial seperti ruang tamu, dapur, dan ruang keluarga yang lega.

Selain hunian-hunian dua lantai, Grand Victoria juga menyediakan hunian satu lantai dengan luas bangunan 48m2, 63m2, dan 90m2 masing-masing dengan pilihan dua hingga tiga kamar tidur.

Tampilkan lebih banyak

Lokasi

Jatisari adalah adalah salah satu kelurahan di bawah kecamatan Jati Asih, letaknya berdekatan dengan kelurahan Jatirasa, Pekayon, dan Jatikramat.

Selain memiliki akses tol yang baik, yaitu tol JORR Jati Asih, kawasan Jatisari juga berdekatan dengan kawasan Cibubur dan tentunya itu merupakan sebuah kelebihan yang menonjol bagi kawasan ini.

Memiliki latar belakang sejarah yang juga penting, kawasan Jatisari merupakan salah satu kawasan Kebantenan di Bekasi pada masa lalu, membuat wakil walikota Bekasi Ahmad Syaikhu merasa perlu untuk memajukan masyarakat di kawasan ini.

Tepat pada bulan Mei tahun lalu, ia kemudian meresmikan sebuah komunitas olahraga dengan tujuan menyehatkan dan menumbuh kesadaran untuk menjaga lingkungan.

Komunitas ini diberi nama Jatisari Gowes di mana para pesepeda di kawasan ini berkumpul dan saling bersilahturahmi selain menggalakan kembali pemakaian sepeda untuk kegiatan sehari-hari.

Grand Victoria

Tol JORR Jati Asih menjadi akses utama dari luar Bekasi untuk menuju Jati sari.

Menuju lokasi: keberadaan tol JORR Jati Asih menambah potensi kawasan Jatisari dan sekitarnya, tol ini menjadi akses utama dari dan menuju Jati Asih, lantaran itu juga pintu tol ini terbilang padat ketika jam sibuk.

Keluar pintu tol, ikuti saja jalurnya, Anda akan tiba di bundaran dengan patokan resto fastfood McDonnald’s di sebelah kiri Anda. Di bundaran, ambil arah ke kanan ke arah jalan Wibawa Mukit 1 dan 2.

Antrean kendaraan dari arah jalan Wibawa Mukti 1 dan 2 yang hendak keluar masuk tol dapat merenggangkan waktu tempuh, lampu perempatan ramai dari jalan Raya Jati Asih menuju Wibawa Mukti 2 berpotensi besar menahan Anda lebih lama, untungnya kala jam sibuk para polisi lalu lintas bersiaga di lokasi demi mencegah kemacetan parah.

Pada kondisi jalan normal, hanya butuh waktu 15 menit menuju Grand Victoria dari gerbang tol JORR Jati Asih.

Grand Victoria

Alur akses tol JORR Jati Asih menuju ke Grand Victoria, jaraknya 5 km dengan jarak tempuh normal 15 menit. Gambar: Google.

Transportasi umum yang melewati kawasan ini adalah angkutan K-02 dari arah Pondok Gede dan Terminal Bekasi, angkutan ini lewat tepat di perempatan menuju jalan Wibawa Mukti 2 dekat CFC dan Pizza Hut.

Dari perempatan ini Anda dapat naik angkutan K-44 dengan trayek Komsen sampai ke Kampung Rambutan, enaknya, angkutan ini berputar masuk ke jalan Jatisari Boulevard tepat di gerbang Grand Victoria sehingga Anda tidak perlu naik ojek lagi untuk menuju ke Grand Victoria.

Untuk Anda yang menggunakan commuter line, Anda dapat naik angkutan K-02 dari stasiun Bekasi. Angkutan ini akan melewati terminal Bekasi terlebih dahulu hingga akhirnya akan meneruskan perjalan kembali ke jalan raya Jati Asih menuju jalan Wibawa Mukti 2, setelah itu Anda bisa melanjutkan dengan angkutan K-44.

Grand Victoria

Akses jalan Wibawa Mukti menuju tol JORR Jati Asih, dan jalan Parpostel. Pertigaan ini ramai oleh kendaraan menuju gerbang tol ketika jam sibuk.

Perumahan: Grand Victoria berada di kawasan Jatisari di mana hampir semua perumahan yang berada di sana memiliki nama yang bertemakan tanaman atau alam seperti Pinewood atau pun Woodhill. Namun, Grand Victoria tampil dengan nama dan konsep yang berbeda.

Tentunya tidak hanya itu yang ditawarkan oleh Grand Victoria, berderet fasilitas umum yang akan berguna untuk Anda dan keluarga pun ditawarkan oleh perumahan ini.

Demi menunjang kesehatan Anda dan keluarga, ada fasilitas kesehatan klinik dan Rumah Sakit Sayang Bunda. Rumah sakit ini menyediakan pelayanan persalinan dan kesehatan lainnya.

Beragam fasilitas penunjang medis terdapat di rumah sakit ini diantaranya Persalinan USG (Ultrasonografi), CTC/CTS (Carpal Tunnel Syndrome), EKG (Elektrokardiogram), Laboratorium, Ambulance. Tetapi juga pelayanan kesehatan umum lainnya seperti Praktek Doktek Umum, Praktek Doktek Kandungan, Praktek Doktek Gigi, Praktek Doktek Akupuntur & Kecantikan, Inhalasi/Nebulizer.

Poli umum dan Rumah Bersalin Sayang Bunda membuka pelayanan 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu. Beberapa penunjang dan poli lainnya dengan jadwal pagi sampai sore pada hari Senin sampai Sabtu. Klinik dan rumah sakit ini berjarak 10 menit dari Grand Victoria.

Grand Victoria

Bagi Anda yang merupakan pasangan baru menikah, ketersediaan fasilitas klinik persalinan yang baik merupakan keharusan. Klinik Sayang Bunda berjarak sekitar 3,7km dari Grand Victoria.

Dalam urusan berbelanja, Anda tinggal memilih supermarket mana yang menjadi favorit Anda. Ada dua supermarket yang tersedia di dekat Grand Victoria. Supermarket itu adalah Giant Jati Asih, dan Naga Swalayan Jati Asih.

Kedua supermarket ini menyediakan hampir semua yang Anda perlukan, mulai dari keperluan sehari-hari, keperluan sembako, sayur dan buah-buahan, sampai ke pakaian dan kudapan semua tersedia di kedua supermarket ini.

Untuk keperluan elektronik, Giant memang lebih unggul dibandingkan Naga Swalayan karena barang-barang elektronik di Giant terbilang lebih lengkap dari pada Naga Swalayan.

Begitu pun untuk tempat parkir, Giant mengungguli Swalayan untuk urusan ini, dan letaknya pun lebih dekat dengan gerbang tol. Namun keduanya sama-sama menawarakan potongan harga yang dapat menghemat uang belanja bulanan Anda.

Grand Victoria

Naga Swalayan selalu memberikan potongan harga untuk setiap barangnya, potongan harga tersebut pun terpampang jelas di spanduk promo.

 

Grand Victoria

Di sisi lain, Giant menyediakan lahan parkir yang lebih luas dan membebaskan biaya parkir untuk kosumen mereka.

Perkara pendidikan, hal ini perlu diperhatikan saat memilih sebuah tempat tinggal. Grand Victoria pun tak jauh dari fasilitas pendidikan yang baik seperti sekolah Strada, misalnya.

Kegiatan belajar mengajar di sekolah ini ditunjang fasilitas yang baik seperti perpustakaan, sarana olah raga, UKS, dan ruang komputer. Sekolah ini masuk ke dalam daftar referensi sekolah dari kementrian pendidikan dan kebudayaan Indonesia.

Sekolah ini berjarak 790 meter dari Grand Victoria, atau dapat ditempuh dengan waktu 2 menit. Selain sekolah dasar Strada terdapat juga sekolah dasar negeri Jatisari 1 yang sudah terakreditasi A.

Grand Victoria

Kurang dari dua puluh menit untuk Anda berbelanja keperluan sehari-hari, untuk pilihan supermarket mana yang hendak Anda sambangi ada di tangan Anda.

 

Grand Victoria

Sekolah dasar Strada, berjarak hanya 2 menit dari Grand Victoria memudahkan antar jemput buah hati Anda.

Grand Victoria

Lebih senang menyekolahkan anak di sekolah negeri? Anda dapat menyekolahkan buah hati Anda di sekolah dasar negeri 1 Jatisari berjarak 5 menit dari Grand Victoria.

Selain dekat dengan sejumlah fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, dan pasar ataupun supermarket, hunian yang ideal haruslah dekat dengan tempat hiburan. Untuk yang satu ini, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 9km untuk tiba di Grand Galaxy Park.

Grand Galaxy Park adalah sebuah mal kelas menengah atas yang kerap mengadakan event setiap pekannya. Di sini juga terdapat Blitz Megaplex sehingga Anda bisa menikmati film-film Hollywood terbaru setiap saat.

Grand Victoria

Grand Galaxy Park jaraknya sekitar 9km. Ini adalah opsi terdekat bagi Anda yang menyukai refreshing dengan cara ngemall.

Rujukan kelurahan terkadang menjadi syarat yang cukup menyulitkan saat hendak mengurus dokumen-dokumen penting seperti kepindahan dan kependudukan lainnya.

Di Grand Victoria, hal tersebut sedikit terbantu dengan jarak Kelurahan yang dekat, tak sampai satu kilometer.

Grand Victoria

Salah satu syarat untuk menjadi penduduk resmi adalah mengurus dokumen kependudukan di kelurahan Jatisari yang berjarak hanya 2 menit dari Grand Victoria.

Penat dengan kemacetan yang membelenggu di jam-jam sibuk? Anda dapat menggunakan commuterline, meski pun terbilang tidak dekat, tetapi akses menuju stasiun Bekasi dari Grand Victoria terbilang mudah.

Anda cukup satu kali berganti angkutan umum yaitu dari K-44 ke K-02 dan sebaliknya. Commuterline adalah satu-satunya moda transportasi dengan jangkauan Jabodetabek yang bebas macet. Anda juga dapat menggunakan kendaraan pribadi dan memarkirkannya di lahan parkir yang sudah disediakan.

Grand Victoria

Stasiun Bekasi, terlihat lahan parkir motornya ramai karena banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi mereka hanya sebatas sampai stasiun dan melanjutkan dengan commuter line.

 

Tampilkan lebih banyak

Ringkasan

 

Kawasan Jatisari Bekasi nantinya akan semakin ramai, dan melahirkan banyak perumahan dengan konsep dan desain yang bervariatif.

Para pengembang pun akan menghampiri Anda, salah satunya adalah Grand Victoria yang mempersembahkan hunian bergaya Eropa Klasik.

Arsitektur khas Eropa yang diterapkan pada setiap huniannya membuat Grand Victoria terasa spesial ketimbang perumahan lain di sekitarnya yang mengadopsi gaya fasad minimalis yang sudah jamak.

Selain itu, menjadi bagian dari supercluster Jatisari Permai membuat lingkungan sekitarnya lebih teratur dan nyaman. Kedekatannya dengan jalan besar, Wibawa Mukti, yang membawa Anda ke pintu tol JORR Jatiasih menjadi keunggulan lain hunian ini.

Namun, ada perumahan lain yang menawarkan harga lebih terjangkau, tentunya dengan tingkat kenyamanan yang berbeda dari Grand Victoria. Pilihan pun ada di tangan Anda.

Secara umum, prospek investasi di kawasan Jatisari cukup baik. Pengembang mematok kenaikan harga rata-rata sekitar 24% per tahun.(Ade Igama)

Tampilkan lebih banyak
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan