Cluster The Crystal Residence, Bogor

  • Boy Leonard
  • 20 Januari 2017

Perumahan ini terletak di Bilabong Dalam, Jalan Cimanggis, Desa Cimanggis, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor. Cluster The Crystal Residence dikembangkan oleh perusahaan properti bernama PT Sarana Nusantara Kreasi. Perusahaan ini telah menjadi anggota asosiasi REI dengan nomor anggota 00-02757.

Cluster The Crystal Residence sendiri merupakan proyek properti pertama bagi perusahaan yang bermarkas di Jalan Benda Raya No 6A Kemang Jakarta Selatan.

Nama Proyek: Cluster The Crystal Residence

Alamat: Jl. Cimanggis No. 1, Bilabong Dalam, Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat

Tipe: Perumahaan

Luas Area: 1,4 Ha

Tipe Unit: Emerald (36/66), Ruby (45/72), dan Sapphire (54/98).

Tipe Unit:

Tipe Luas Bangunan/Luas Tanah Harga, mulai dari(Per November 2016)
Emerald 36 m2/ 66 m2 Rp 375 juta
Ruby 45 m2/ 72 m2 Rp 453 juta
Sapphire 54 m2/ 98 m2 Rp 551 juta

 

Spesifikasi

Pondasi: Batu kali

Lantai ruangan: Keramik 40x40cm, Lantai kamar mandi: keramik 20x20cm

Dinding: Batu bata diplester aci + dicat, Dinding kamar mandi: Keramik 20×25

Kusen: Aluminium powder coating

Daun pintu kamar mandi: Multiplex kamper oven

Plafon: Gypsum

Rangka plafon: Besi hollow

Plafon ruang tamu dan dan ruang keluarga lebih tinggi: Drop ceiling

Rangka atap: Baja ringan+canal C

Daun pintu ruang tamu: Kayu panel melamine

Instalasi Air dan Listrik

Air bersih: Instalasi sumur pantek

Tangki air: Fiber 600 liter

Closet duduk: Keramik INA/KIA standard

Washtafel: Keramik INA/KIA standard

Sumur resapan: Biopori tipe 100cm

Daya listrik: 1.300 watt

Stop kontak: Broco

Saluran pembuangan AC (2 kamar tidur: Broco

Lampu taman depan dan belakang.

Analisis

Secara umum, tak sulit untuk mendapatkan rumah dengan harga Rp300 jutaan di Bogor, terutama di sekitar Desa Cimanggis dan Bojonggede, sebab kini banyak pengembang properti yang melirik daerah tersebut untuk bisnis properti, terutama hunian perumahan maupun cluster.

Cluster The Crystal Residence sendiri memiliki nilai sekitar Rp6 jutaan per meter persegi dengan harga jual mulai dari Rp375 jutaan (per November 2016) untuk tipe unit Emerald (36/66) dengan berbagai bonus yang mungkin diberikan oleh pengembang.

Meski letaknya tak berada di jalan utama, lokasi ini bisa dibilang cukup mudah dijangkau dan cocok untuk investasi, baik untuk disewakan maupun dijual kembali.

Dari segi fasilitas, cluster ini terbilang lengkap, mulai dari fasilitas ruang serba guna, playground field untuk tempat bermain anak-anak yang nantinya dilengkapi dengan mainan, taman buah, reflexofoly path, hingga outdoor gym yang berfungsi untuk tempat olahraga penghuni cluster.

Ditambah lagi dengan rencana pembangunan tujuh unit ruko yang nantinya bakal jadi fasilitas penunjang bagi penghuni ruko.

Selain itu, dari segi fasilitas jalan di dalam perumahan pun dibuat cukup lebar sehingga memiliki kesan mewah. Untuk keamanan, pengembang hanya akan membuat satu pintu akses untuk masuk/ke luar yakni terletak pada gerbang utama cluster.

Keamanan juga didukung dengan tembok yang mengelilingi seluruh area cluster seluas 1,4Ha ini untuk memisahkannya dengan jalan maupun permukiman penduduk di sekitarnya.

Tak lupa, jika sudah dihuni pengembang juga menyiapkan kamera keamanan atau cctv serta petugas keamanan 24 jam.

Hal lain yang jadi keunggulan dari Cluster The Crystal Residence adalah spesifikasi yang digunakannya dalam bangunan, misalnya penggunaan batu bata untuk tembok yang bisa memperkuat struktur bangunan.

Sejauh ini kebanyakan perumahan di sekitarnya menggunakan batako atau hebel untuk tembok. Tak hanya itu saja, plafon rumah yang tinggi dengan konsep dua level member kesan ruangan jadi lebih luas dan mewah di kelasnya. Kemudian, dari segi bangunan pun tampak lebih elegan dan berkesan mewah.

Sebagai pembanding, salah satu cluster yang terdekat dari Cluster The Crystal Residence adalah Royal Oasis yang terletak tepat di samping Cluster The Crystal Residence.

Dari segi luas proyek, cluster The Crystal Residence jauh lebih luas (95 unit), sementara Royal Oasis hanya beberapa belas unit rumah.

Dari segi kontur tanah, Cluster The Crystal Residence lebih datar sementara Cluster Royal Oasis yang menanjak seperti berbukit.

Fasilitas yang dimiliki Cluster The Crystal Residence lebih lengkap dibanding Cluster Royal Oasis yang tak dilengkapi ruko, playground field, taman buah, serta outdoor gym maupun ruang serba guna.

Dari segi model meski sama-sama minimalis keduanya memiliki model yang berbeda. Cluster Royal Oasis dijual dengan harga Rp330 juta untuk tipe 36/84.

Perbandingan lain adalah Cluster Sentra Danau Kemuning yang juga memiliki ruko. Cluster Sentra Danau Kemuning terletak sekitar 2-3km dari Cluster The Crystal Residence. Untuk rumah tipe 38/84 dijual dengan harga Rp 455 jutaan. Meski begitu, hal ini juga dipengaruhi oleh lokasinya yang ada di pinggir Jalan Raya Tonjong.

Cluster/ Tipe Unit Tanggal Luas Bangunan Harga Per Meter Persegi
The Crystal Residence 2015 Emerald 36m2 Rp 295 jutaan Rp 8,1 jutaan
The Crystal Residence November 2016 Emerald 36m2 Rp 375 jutaan Rp 10,4 jutaan
Sentra Danau Kemuning November 2016 38m2 Rp 455 jutaan Rp 11,9 jutaan
Royal Oasis November 2016 36m2 Rp 330 juta Rp 9,1 jutaan

Tabel ini menunjukkan kenaikan nilai properti perumah di kawasan Kabupaten Bogor terutama Desa Cimanggis Bojonggede berada pada kisaran 20an persen per tahunnya. Kenaikan ini terbilang sangat tinggi untuk kawasan Desa Cimanggis.

Sebab akses untuk menuju lokasi sangat mudah, terutama dengan adanya commuter line yang menghubungkan Ibu Kota Jakarta dengan daerah penyangga seperti Depok, Bogor, Bekasi, hingga Tangerang.

Belum lagi ketersediaan jasa ojek online untuk menjangkau lokasi yang tidak dilalui kendaraan umum namun tarifnya cukup murah.

Data ini sekaligus menegaskan perkembangan sektor bisnis investasi di Kabupaten Bogor yang terus berkembang pesat serta dipercaya menjadi angin segar bagi para investor untuk mengembangkan bisnis mereka.

Selain itu, rencana Pemerintah Kabupaten Bogor yang bakal membangun terusan Jalan Tegar Beriman yang menghubungkan Bojonggede dengan Bogor, Parung, dan sekitarnya membuat daerah ini bakal makin ramai dan dibidik sebagai tempat hunian.

Selengkapnya

Detail Properti

Cluster The Crystal Residence terletak cukup dekat dengan perumahan-perumahan lainnya, termasuk dengan permukiman warga. Lokasi perumahan ini memang tidak terletak di pinggir jalan utama, namuan bisa dibilang cukup mudah ditemukan.

Cluster Crystal Residence Bogor

Cluster Crystal Residence Bogor

Perumahan Crystal Residence dan jalan di depan perumahan yang sudah cukup lebar, memudahkan mobilitas warganya.

Jalan utama yang paling dekat dengan cluster ini adalah Jalan Raya Tonjong yang menghubungkan antara Bojonggede dengan Parung. Jalan ini cukup ramai lantaran dilalui oleh angkutan umum dan lalu lalang kendaraan penduduk yang tinggal di sekitarnya.

Sayang, jalan ini tak terlalu mulus, di beberapa lokasi memang kondisi jalan aspal ini rusak. Meski begitu, pemerintah kerap melakukan perbaikan jalan secara berkala di berbagai titik.

Guna memudahkan akses ke lokasi sekitar proyek Cluster The Crystal Residence, ke depannya, Pemerintah Kabupaten Bogor telah merencanakan pembangunan perpanjangan Jalan Tegar Beriman yang akan direntangkan menuju Jalan Raya Parung dengan rute melewati Bojonggede.

Selain itu, dari Bojonggede juga bisa dibuka akses ke Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi 2 Kedunghalang-Yasmin (KH. Sholeh Iskandar/ terusan dari Jalan Raya Parung-Bogor yang terletak dari dekat Cluster The Crystal Residence).

Sementara, Bojonggede yang terletak dekat dari Cluster The Crystal Residence akan menjadi ujung jalan Tol Antasari (Jakarta)-Depok-Bojonggede.

Nantinya jika daerah-daerah ini sudah terhubung dengan perpanjangan Jalan Tegar Beriman yang dijadwalkan dibangun oleh Pemkab Bogor, diperkirakan akan lebih banyak investor masuk dan pertumbuhan infrastruktur serta ekonomi masyarakat akan bergerak lebih cepat.

Daerah-daerah di sekitarnya seperti Desa Cimanggis pun akan lebih ramai dijadikan tempat tinggal.

Cluster The Crystal Residence sendiri dibangun di atas lahan milik PT Sarana Nusantara Kreasi. Menurut informasi, total lahan yang dikembangkan untuk proyek yang masih berjalan ini seluas 1,4Ha.

Cluster Crystal Residence Bogor

Maket area Crystal Residence Bogor. Terdapat taman bermain dan kolam renang di pojok belakang perumahan.

Saat ini memang pengembang baru membangun beberapa unit rumah yang digunakan untuk rumah contoh maupun rumah yang telah dipesan oleh pembeli.

Namun, rencananya Cluster The Crystal Residence bakal membangun 95 unit rumah dengan desain yang elegan dan tiga tipe berbeda, yakni Emerald (36/66), Ruby (45/72), dan Sapphire (54/98).

Tak cuma unit rumah, Cluster The Crystal Residence juga bakal membangun ruko yang nantinya diharapkan jadi penunjang dan dapat memenuhi kebutuhan penghuni cluster dan warga sekitarnya.

Ruko dengan tipe Topaz (97/63) ini terletak di bagian depan cluster, sehingga lokasinya strategis dan punya prospek bisnis yang menguntungkan.

Cluster Crystal Residence Bogor

Di sisi kanan gerbang adalah area ruko. Dengan lokasi yang sudah cukup ramai penduduk, ruko ini bisa dimanfaatkan untuk usaha penyediaan kebutuhan harian.

Pengembang saat ini telah membangun fasilitas jalan komplek di dalam cluster Cluster The Crystal Residence. Selain itu, lampu jalan dan lampu taman pun telah dipasang.

Untuk keamanan, pengembang hanya membuat satu akses pintu perumahan, yakni di bagian depan dan sekaligus sebagai gerbang utama yang dilengkapi dengan pos penjaga keamanan bagi penghuni Cluster The Crystal Residence.

Demi tujuan keamanan pula, di sekeliling area cluster seluas 1,4Ha ini pengembang juga membangun tembok yang memisahkan cluster dengan permukiman warga serta jalan di sekitarnya.

Jika cluster ini sudah ditinggali penghuni, pengembang juga menjanjikan fasilitas kamera keamanan (CCTV) yang beroperasi selama 24 jam.

Jika melihat site plan, nantinya pengembang juga akan menghadirkan fasilitas pelengkap yang terletak di dalam Cluster The Crystal Residence, di antaranya adalah sebuah function hall atau aula serba guna yang terletak di dekat gerbang utama perumahan.

Disebutkan pula, pengembang akan menghadirkan fasilitas kebun buah atau fruit garden, family playground untuk tempat bermain anak-anak, reflexology path, dan outdoor gym yang merupakan fasilitas olahraga bagi penghuni.

Agar udara tetap sejuk, dalam site plan-nya, cluster ini juga dilengkapi dengan pepohonan di sisi jalan maupun depan rumah.

Cluster Crystal Residence Bogor

Kavling-kavling hunian yang telah siap dibangun. Tampak pengembang mengadopsi sistem listrik bawah tanah, sehingga yang tampak oleh mata adalah pepohonan yang asri.

Seperti telah disebutkan, Cluster The Crystal Residence memiliki tiga tipe unit dengan total unit sebanyak 95 rumah.

Sebagai informasi, masing-masing tipe rumah memiliki sebuah taman, car port, satu buah kamar mandi, satu ruang yang bisa difungsikan sebagai ruang tamu dan ruang makan, dua buah kamar, serta taman belakang yang dilengkapi dengan fasilitas bak cuci piring.

Ketiga tipe rumah pada Cluster The Crystal Residence antara lain adalah Emerald dengan luas bangunan 36 meter persegi dan luas tanah 66 meter persegi. Bagian ruang tengah memiliki plafon yang tinggi, yang baik untuk sirkulasi udara.

Cluster Crystal Residence Bogor

Tampak muka tipe Emerald. Mengadopsi desain minimalis yang cukup banyak digunakan perumahan baru.

Cluster Crystal Residence Bogor

Plafon tinggi untuk sirkulasi udara yang lancar.

Tipe ini memiliki dua kamar tidur. Kamar tidur utama terletak di bagian belakang dengan ukuran 3×3 meter dan kamar tidur lain berukuran 2,75×3 meter.

Kamar mandi terletak di tengah kedua kamar. Ukuran taman depan sekitar 4,5×3 meter dan ukuran car port 3,75×3 meter. Sedangkan untuk ruang tamu berukuran 4,25×3 meter.

Cluster Crystal Residence Bogor

Ini adalah tampak ruang tengah dilihat dari pintu masuk.

Cluster Crystal Residence Bogor

Ini adalah bagian kiri rumah. Di tengah adalah kamar mandi, diapit dua kamar di kiri kanan foto.

Cluster Crystal Residence Bogor

Kamar depan dengan jendela tinggi untuk memperlancar sirkulasi dan penerangan alami.

Cluster Crystal Residence Bogor

Kamar belakang dengan jendela yang juga cukup besar, menghadap ke taman belakang. Di area taman ini juga disediakan tempat untuk dapur. Agar lebih nyaman, ada baiknya menambahkan kanopi atau atap semi tertutup agar tidak terkena percikan air hujan.

Cluster Crystal Residence Bogor

Pemandangan dari dalam rumah menuju luar, dilihat dari pintu halaman belakang.

Cluster Crystal Residence Bogor

Kamar mandi dengan closet duduk dan shower.

Cluster Crystal Residence Bogor

Bagian dapur terdapat di ruang terbuka.

Tipe kedua adalah Ruby dengan luas bangunan 45 meter persegi dan luas tanah 72 meter persegi. Sama seperti pada tipe Emerald, di rumah ini terdapat dua kamar.

Kamar utama terletak di bagian belakang 3,75×3 meter dan kamar lain berukuran 3×3 meter. Sedangkan kamar mandi terletak di antara kedua kamar dengan satu buah wastafel di depan kamar mandi.

Ukuran taman depan dan car port masing-masing sekitar 3,75×3 meter, sedangkan ukuran ruang tamu dan ruang makan total 5,75×3 meter. Dibandingkan tipe pertama, perbedaan yang paling tampak adalah pintu belakang yang terbuat dari kaca tanpa jendela.

Cluster Crystal Residence Bogor

Tampak depan Tipe Emerald dengan luas bangunan 45m2.

Cluster Crystal Residence Bogor

Tampak ruang tengah dilihat dari pintu masuk, dengan pemandangan area belakang yang dibatasi pintu kaca geser.

Cluster Crystal Residence Bogor

Pintu di sisi kiri gambar adalah pintu kamar belakang, yang merupakan kamar dengan luas terbesar. Di tengah adalah kamar mandi dan di sisi kanan adalah pintu untuk kamar tidur depan.

Cluster Crystal Residence Bogor

Kamar tidur depan dengan luas 3×3 meter persegi.

Cluster Crystal Residence Bogor

Bagian belakang agak berbeda dengan tipe 36. Dapur menempel di tembok seberang kamar belakang, sementara sekat antara ruang tengah dengan halaman belakang menggunakan pintu kaca geser. Kesan lapang makin terasa.

Tipe ketiga adalah Sapphire dengan luas bangunan 54 meter persegi dan luas tanah 98 meter persegi. Hingga artikel ini dibuat, pengembang belum memiliki rumah contoh. Namun dari denah rumah, tampak sedikit perbedaan yakni taman belakang yang ukurannya lebih luas, yakni 2,3×7 meter.

Selain itu, dapur terletak di bagian dalam dengan sebuah dinding penyekat untuk memisahkannya dengan ruang tamu.

Untuk kamar tidur utamanya terletak di bagian depan dengan ukuran 3,25×3 meter. Sementara kamar tidur lain berukuran 3×3 meter.

Ruang tamu, ruang makan, dan dapur total memiliki ukuran 7,75×4 meter.  Sedangkan taman depan berukuran 3,7×3 meter dan bagian carport berukuran 4,95×4 meter.

Selengkapnya

Lokasi

Bojonggede merupakan satu Kacamatan yang ada di Kabupaten Bogor. Mulanya Bojonggede adalah salah satu desa di Kecamatan Depok. Namun di tahun 1982 Depok menjadi kota administratif.

Lantaran Bojonggede yang saat itu dianggap lebih menonjol dibandingkan desa lainnya, daerah ini lantas ditetapkan sebagai sebuah kecamatan baru, Kecamatan Bojonggede.

Karena teletak di dekat pusat pemerintahan kabupaten Bogor (Cibinong), Bojonggede menjadi kecamatan yang cukup berkembang. Terbukti dengan banyaknya perumahan dan warga yang tinggal di kecamatan ini.

Selain itu, perkembangan didukung dengan sarana transportasi commuterline yang membuatnya jadi mudah dijangkau baik dari Jakarta maupun Bogor.

Mulanya perumahan yang dibangun adalah di Desa Bojonggede, salah satu desa di Kecamatan Bojonggede. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan akses jalan dan transportasi umum di Bojonggede, pembangunan pun meluas hingga ke desa-desa lainnya di Kecamatan Bojonggede.

Cluster Crystal Residence Bogor

Semakin menipisnya lahan perumahan di Jakarta membuat pembangunannya bergeser ke kawasan suburban. Salah satu yang memiliki akses baik adalah Bojonggede.

Kecamatan Bojonggede sendiri kini memiliki sembilan desa, salah satunya adalah Desa Cimanggis yang merupakan desa tempat Cluster The Crystal Residence berada.

Desa Cimanggis dibentuk tahun 1962 dengan luas wilayah 520Ha. Menurut tipologinya, desa ini digolongkan sebagai desa perindustrian/jasa.

Meski begitu, kini di desa ini ada beberapa proyek perumahan dan terdapat tataguna lahannya 27Ha dipakai untuk sawah serta 174Ha dipakai untuk ladang. Karenanya, desa ini bisa dibilang juga sebagai desa yang masih terdapat tanah untuk bercocok tanam.

Dari segi letak, wilayahnya berbatasan dengan Kota Bogor. Dari hasil penelusuran, sebelah utara Cimanggis berbatasan dengan Desa Sukmajaya (Bojonggede) dan Tonjong (Tajurhalang).

Sebelah selatan berbatasan dengan Kelurahan Kayumanis (Tanah Sereal, Kota Bogor) dan Kelurahan Mekarwangi (Tanah Sereal, Bogor).

Sebelah timur berbatasan dengan Desa Kedungwaringin dan Desa Waringin Jaya (Bojonggede). Sementara sebelah barat berbatasan dengan Desa Kemang (Kec.Kemang) dan Desa Parakan Jaya (Bojonggede).

Sementara itu, jalan raya terdekat dengan Desa Cimanggis di antaranya adalah Jalan Raya Tonjong yang menghubungkan antara Bojonggede dengan Parung, Jalan Raya Parung-Bogor yang menghubungkan antara Parung dan Bogor, serta Jalan Raya Bojonggede yang menghubungkan antara Bojonggede dengan Bogor.

Menuju lokasi: Cluster The Crystal Residence berada di Bilabong Dalam, Jalan Cimanggis, Desa Cimanggis Kecamatan Bojonggede.

Cluster Crystal Residence Bogor

Crystal Residence berjarak sekitar 16km dari pintu tol Jagorawi (Sentul). Pada jam sibuk, lalu-lintasnya padat. Gambar: Google.

Jalan utamanya adalah Jalan Cimanggis. Bisa dibilang, Jalan Cimanggis adalah jalan desa dan tak ada angkutan melewatinya.

Kondisi jalan di sekitarnya pun bisa dibilang cukup baik lantaran sudah diaspal halus. Meski begitu jangan takut karena lokasi The Cluster Residence tak sulit ditemukan.

Untuk mencapai lokasi, dari arah Jakarta menggunakan mobil pribadi, gerbang tol terdekat adalah pintu tol Sirkuit Sentul. Dari gerbang tol Sirkuit Sentul, Anda hanya membutuhkan minimal 45 menit untuk bisa mencapai lokasi.

Caranya dengan ke luar di Sirkuit Sentul kemudian mengarahkan kendaraan ke arah Pemkab Cibinong dengan patokan Cibinong City Mall, belok ke arah Pemkab Bogor kemudian lurus terus ke arah Bojonggede (melewati dua perempatan, yaitu perempatan McDonald’s).

Ketika sampai di perempatan kedua atau yang biasa disebut Jalan Baru, Anda bisa mengarahkan kendaraan ke arah Bojonggede melewati Jalan Raya Bojonggede.

Ikuti saja jalan hingga Anda bertemu dengan pintu perlintasan kereta api. Di sini Anda punya dua opsi yakni memilih lewat Stasiun (lurus hingga Stasiun Bojonggede) atau lewat Jalan Perum Grya Yasa Lestari dan tembus di Jalan Kedung Waringin ke arah Parung.

Anda hanya tinggal lurus mengikuti jalan hingga bertemu dengan pertigaan dengan tulisan Desa Cimanggis, belok kiri. Ikuti terus jalan hingga bertemu dengan perempatan yang ada Pos Polisi Bilabong, ambil lurus sekitar 100 meter hingga bertemu dengan kantor Desa Cimanggis.

Baru di sana Anda belok ke kanan, ikuti jalan hingga bertemu dengan pintu masuk Cluster The Crystal Residence.

Cluster Crystal Residence Bogor

Di sisi kanan terdapat Pos Polisi, yang bisa menjadi patokan.

 

Sementara itu, jika dari pintu perlintasan Anda memilih untuk lewat Stasiun Bojonggede, Anda masih harus melanjutkan perjalanan lurus ke arah stasiun hingga menemukan pertigaan arah Parung (kanan) dan Cilebut (dari Stasiun Bojonggede lurus).

Beloklah ke kanan atau arah Parung, ikuti jalan hingga bertemu dengan pertigaan Desa Cimanggis. Kemudian ikuti petunjuk seperti di atas.

Jika menggunakan Commuter Line dari arah Jakarta, Depok atau Bogor, turunlah di Stasiun Bojonggede. Kemudian Anda bisa menaiki angkutan 117 ataupun menggunakan jasa ojek online, sebab di Bojonggede sudah tersedia jasa angkutan ojek online.

Sayangnya jika menaiki angkot 117, Anda hanya bisa berhenti di pertigaan Desa Cimanggis dan meneruskan perjalanan dengan ojek.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dari arah Bogor, silakan memacu kendaraan ke arah Parung hingga bertemu dengan Gerbang Perumahan Bilabong yang ada di sebelah kanan jalan (Anda harus memutar). Kemudian, masuk ke Gerbang Perumahan Bilabong dan menuju ke Pospol Bilabong serta mengikuti arahan seperti sebelumnya.

Dari arah Parung, Anda hanya tinggal memacu kendaraan ke arah Bogor, kemudian berbelok ke Gerbang Perumahan Bilabong dan mengikuti petunjuk seperti di atas.

Perumahaan dan fasilitas penunjang: Cluster The Crystal Residence terletak di Bilabong Dalam Jalan Cimanggis. Jalan Cimanggis memang bukanlah jalan besar yang dilalui oleh angkutan umum. Meski begitu, bisa kawasan ini terletak tak begitu jauh dari pusat perbelanjaan atau mall.

Misalnya saja Bogor Town Square, Yogya, Giant Yasmin, Lottemart, Bellanova Country Mall (Kota Bogor) dan Cibinong City Mall (di dekat Pemkab Bogor, Cibinong). Berbagai mall ini menjual segala keperluan sehari-hari baik untuk makanan, kebutuhan dapur, pakaian, perlengkapan rumah tangga, hingga tempat nongkrong.

Cluster Crystal Residence Bogor

Cibinong City Mall adalah mal terbesar di Kabupaten Bogor. Foto: Google.

Sebagai gambaran, Cibinong City Mall adalah salah satu mall yang cukup ramai dikunjungi masyarakat. Tak cuma berasal dari Cibinong, tetapi juga warga dari Bojonggede dan Bogor. Dari lokasi cluster Anda butuh waktu sekitar 30 menit melewati jalan yang disebutkan di atas.

Bagi yang ingin berbelanja di pasar tradisional, cluster ini juga cukup dekat dengan Pasar Auri Semplak (Bogor), Pasar Tonjong, dan Pasar Raya Parung.

Sementara untuk rumah sakit terdekat dari cluster ini di antaranya adalah RS Hermina, RSIA Sentosa (Kemang, Kab Bogor), RSIA Suryatni, dan RS Citra Insani (Bogor).

Salah satu rumah sakit yang cukup dekat, yakni RS Hermina Bogor yang terletak di Perumahan Taman Yasmin, Jalan Ring Road 1 Kav 25-27, Curugmekar, Bogor Barat, Kota Bogor. Dari cluster The Crystal Residence untuk mencapai RS Hermina Bogor dibutuhkan waktu sekurangnya 30 menit.

Cluster Crystal Residence Bogor

RS Hermina adalah salah satu rumah sakit yang menjadi rujukan banyak masyarakat Bogor. Gambar: Google.

RS Hermina Bogor sendiri menyediakan fasilitas seperti pemeriksaan Elektroensefalografi (EEG) serta klinik tumbuh kembang anak, yakni sebuah klinik terpadu yang menangani gangguan tumbuh kembang pada bayi dan anak.

Adapun layanan dokter spesialis yang tersedia adalah spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, anak, bedah, gigi, mata, kulit dan kelamin, saraf, penyakit dalam, dan lain-lain.

Dari segi sarana pendidikan, tak begitu jauh dari cluster The Crystal Residence terdapat beberapa kampus dan sekolah yang cukup besar, seperti Universitas Paramadina Bogor, Kampus IPB, Perguruan Tinggi Ibnu Khaldun.

Cluster Crystal Residence Bogor

Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) bisa dibilang sebagai salah satu ikon Kabupaten Bogor.

Sedangkan untuk sekolah, di sekitar lokasi terdapat beberapa sekolah dasar negeri, SMP Negeri 1 Bojong Gede, SMAN 1 Bojonggede. Tak begitu jauh juga terdapat sekolah SD-SMP-SMA Madania, dan Dwi Warna Boarding School.

Selengkapnya

Ringkasan

Bisnis properti yang berkembang jadi impian untuk banyak orang, terutama jika lokasi bisnis memiliki fasilitas dan akses yang begitu baik.

Kemungkinan besar, hal inilah yang membuat Desa Cimanggis, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, bakal berkembang dan menjadi lokasi hunian bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang menginginkan hunian terjangkau tetapi tetap mempertimbangkan estetika.

Dengan moda transportasi yang begitu bervariasi, jarak yang dulunya dianggap jauh pun bisa diakses hanya dalam waktu singkat.

Selain itu, jika dibandingkan dengan kawasan lain di Jabodetabek, seperti Jakarta dan Tangerang, wilayah Bogor, dalam hal ini Desa Cimanggis, Bojonggede masih bisa dibilang terjangkau.

Sebuah unit rumah seluas 36/66m2 dengan letak cukup mudah dijangkau dan dekat dengan fasilitas-fasilitas membuat Cluster The Crystal Residence bisa jadi salah satu pilihan hunian. Terutama karena spesifikasi, unit, dan harganya yang masih terjangkau yakni Rp 375 jutaan.

Dibandingkan dengan hunian lain di sekitarnya dengan luas bangunan yang tak jauh berbeda, perumahan ini bisa dibilang lebih baik, tentunya bagi mereka yang mencari kenyamanan dan menginginkan spesifikasi produk yang tinggi.

Namun demikian, dengan anggaran yang sama, Anda bisa memiliki berbagai pilihan investasi di sekitar Bogor untuk dipertimbangkan. (Wardani)

Selengkapnya
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan