• Boy Leonard
  • 24 Juni 2016

Karya Makmur Group bukanlah pemain baru di dunia properti khususnya dalam proyek residential. Anak perusahaannya telah mengembangkan beragam proyek di sekitaran Bekasi dan Cileungsi seperti Taman Jatisari Permai, Grand Victoria, dan Grand Mekarsari Residence.

Lewat PT Cileungsi Graha Raya, Karya Makmur Group mempersembahkan proyek terbarunya Coco Garden di kawasan Klapa Nunggal yang memiliki potensi yang baik, dan tergolong strategis.

Alamat: jl. Boulevard Raya, Klapanunggal, Bogor Jawa Barat

Tipe: Rumah

Luas Area: 36 hektar

Tipe unit:

Tipe 30. Luas tanah 60m2. Luas bangunan 30m2. Harga Rp225 Juta

Tipe 37. Luas tanah 84m2. Luas bangunan 37m2. Harga Rp300 Juta

Tipe 45. Luas tanah 98m2. Luas bangunan 45m2. Harga Rp399 Juta

Tipe 54. Luas tanah 112m2. Luas bangunan 54m2. Harga Rp434 Juta

Pondasi: batu kali menerus

Struktur: beton bertulang

Dinding: batako diplester dan dicat (tunggal)

Atap: genteng beton

Rangka atap: baja ringan, kayu MC/setara

Plafon: eternit

Kusen: kayu maranti/setara

Pintu utama: double teakwood diplitur

Pintu Kamar tidur: double triplek

Pintu KM: PVC

Lantai: keramik 30×30

Kamar mandi: closet duduk, shower

Listrik: 900 VA

Analisis

Menurut data Rumah.com, tidaklah sukar mencari hunian satu lantai dengan minimal dua kamar kisaran 300-500 Juta rupiah di kawasan Klapanunggal Kabupaten Bogor.

Meski masih menggunakan batako sebagai dindingnya, finishing dan desain eksterior Coco Garden tetap mengedepankan kualitas. Tambahan fasilitas lingkungan seperti sekolah, taman bermain, dan gazebo membuat perumahan ini terasa spesial.

Semua kelebihan itu kemudian dibalut pemandangan perbukitan yang Anda menjadi santapan Anda tiap hari, membuat pikiran selalu fresh dan menimbulkan ide-ide baru di kepala Anda, pemandangan ini juga dapat melenyapkan stress secara seketika.

Hidup Anda menjadi tidak hanya nyaman tetapi juga sehat. Harga yang relatif menengah disebabkan oleh lokasinya yang berada sedikit lebih jauh dari perempatan Cileungsi.

Mutiara Venezia Residence adalah salah satu perumahan yang dekat dengan Coco Garden, sekitar 3,5km jaraknya. Perumahan tersebut juga menyediakan rumah subsidi dan rumah di bawah harga Rp400 Juta.

Perumahan Tanggal Luas bangunan Harga Per meter persegi
Mutiara Venezia 2/6/2015 36 288 Juta 8 Juta rupiah
Mutiara Venezia 1/6/2016 36 385 Juta 10,6 Juta rupiah
Coco Garden 28/5/2015 37 218 Juta 5,8 Juta rupiah
Coco Garden 2/6/2016 37 300 Juta 8,8 Juta rupiah

 

Tabel di atas menunjukkan harga Mutiara Venezia lebih tinggi ketimbang Coco Garden. Perbedaan ini bisa jadi disebabkan spesifikasi bangunan. Mutiara Venezia telah menggunakan bata merah sementara Coco Garden masih memakai batako.

Namun dari segi lokasi, Coco Garden lebih baik. Letaknya yang tepat di sisi jalan raya Klapanunggal lebih mudah diakses ketimbang Jalan Cimanggung, area pemukiman yang padat penduduk.

Dari tabel tersebut juga terlihat bahwa kenaikan di kawasan ini mencapai 36% per tahun. Data ini menunjukkan bahwa lokasi ini merupakan lokasi yang cukup prospektif untuk investasi.

Kenaikan nilai investasi di kawasan ini tidak lepas dari faktor transportasi yang kembali dihidupkan oleh PT KAI.

Menyusul pengoperasian kembali stasiun Nambo, rencananya jalur dari stasiun Nambo menuju stasiun Citayam akan dibangun double track agar commuterline yang beroperasi lebih optimal lagi.

Kemudian pada jangka panjang, nantinya akan dibangun jalur dari stasiun ini menuju stasiun Cikarang.

Di sisi lain, pembangunan tol baru JORR 2 yang akan menghubungkan Cibitung sampai ke Cileungsi yang direncanakan beroperasi tahun ini akan membuat nilai investasi kawasan Cileungsi dan sekitarnya terangkat naik.

Tidak hanya itu, rencana LRT (Ligt Rail Transit) di kawasan Cibubur yang ditargetkan rampung pada 2017 pun juga akan memberi dampak yang baik untuk kawasan Cileungsi dan Klapanungga

Tampilkan lebih banyak

Detail Properti

Masuk ke jalan raya Klapanunggal dari jalan Narogong Anda akan mendapati deretan rumah warga sekitar dan hamparan persawahan, di sepanjang jalan ini memang masih jarang ditemui perumahan baru, setidaknya sampai lokasi Coco Garden berada.

Coco Garden mudah dikenali bukan hanya karena masih sedikitnya perumahan baru di kawasan ini, tetapi lantaran gerbang dengan tanda nama yang jelas di sisi jalan raya Klapanunggal jadi dapat dipastikan perumahan ini tidak akan terlewatkan oleh pandangan Anda.

Coco Garden

Gerbang Coco Garden dengan ruas jalan yang lebar dengan nama yang besar, tentu Anda tidak akan terlewatkan oleh Anda.

Bila dibandingkan dengan perumahan lain di kawasan ini, Coco Garden memiliki infrastruktur jalan yang rapi meski masih terdapat lubang di titik tertentu.

Perumahan ini juga memiliki view menghadap langsung ke perbukitan, tidak berlebihan rasanya bila menyebut perumahan ini terasa seperti sebuah resort.

Bagaimana tidak, begitu Anda memasuki gerbang perumahan ini mata Anda langsung dimanjakan oleh hamparan alam perbukitan yang indah, udara yang Anda hirup pun terasa berbeda karena lingkunga perumahan ini bebas dari polusi udara.

Coco Garden

Pemandangan pegunungan langsung terjadi di kejauhan begitu Anda memasuki gerbang Coco Garden. Foto: Google.

Coco Garden saat ini memiliki dua cluster yaitu Catleya dan Belina, kedua cluster ini memiliki fasilitasnya sendiri-sendiri.

Lantaran bernaung di grup yang sama, desain hunian di cluster Catleya memiliki kesamaan dengan perumahan Grand Mekarsari Residence.

Coco Garden menawarkan kurang lebih 3.000 unit hunian, beberapa sudah mulai terjual pada tahap penjualan pertama dan saat ini tahap penjualan yang kedua pun sudah berjalan. Hingga tulisan ini dibuat (Juni 2016), keempat tipe yang ditawarkan masih tersedia.

Coco Garden

Sudut Cluster Balina yang sudah mulai di huni, namun masih menyisakan tanah kavling di sisi kanan dan kiri.

Coco Garden

Pembangunan yang masih berlangsung di Coco Garden, saat ini unit ready stock sudah sold out dan berlaku inden.

Jika Anda melongok ke hunian lain di kawasan Klapanunggal, apa yang dimiliki oleh Coco Garden tidak akan Anda lewatkan.

Sekolah yang berada di dalam area perumahan ini dan fasilitas area bermain dan gazebo multifungsi adalah fasilitas lingkungan yang ditawarkan pengembang Coco Garden.

Melangkah masuk ke dalam salah satu hunian tipe 45 di cluster Belina, Anda akan menemukan sebuah ruang yang cukup luas (terbentang sampai pintu belakang).

Ruang ini dapat dibagi menjadi ruang tamu dan ruang makan, kemudian di sebelah kiri terdapat dua kamar yang mengapit satu kamar mandi di bagian tengah.

Coco Garden

Lantaran bernaung di grup yang sama, desain luar hunian ini pun memiliki kesamaan dengan Grand Mekarsari Residence, seperti ornamen pilar minimalis dan plafon yang tinggi.

Unit ini memiliki plafon yang tinggi, sekitar empat meter. Ini membantu membuat ruangan terasa lebih sejuk. Secara alami udara panas secara alami akan berkumpul di atas, dan memberikan lebih banyak ruang untuk udara segar di bawah.

Tepat di atas pintu utama terdapat jendela yang menjadi sumber masuknya sinar matahari ke dalam rumah untuk memaksimalkan pencahayaan alami di siang hari.

Hunian ini tidak dilengkapi oleh dapur. Anda harus membuat dapur Anda sendiri. Hunian ini juga memiliki akses lain berupa pintu samping yang langsung menembus ke area ruang makan.

Coco Garden

Hunian ini memiliki dua akses yaitu akses pintu utama dan pintu samping yang melewati ruang tamu.

Coco Garden

Area ruang makan dan dapur, jendela di sebelah pintu belakang memberikan sirkulasi udara yang baik.

Coco Garden

Kamar mandi berada tepat di antara dua kamar agar kedua kamar memiliki akses yang mudah menuju kamar mandi.

Coco Garden

Tiga buah jendela berbentuk kotak dan persegi panjang di bagian dalam kamar memberikan akses yang luas untuk sinar matahari dan udara ke dalam kamar.

Coco Garden

Kamar di bagian belakang pun memiliki model jendela yang sama, lantaran lama tidak dihuni tanaman liar di bagian belakang menembus jendela.

Coco Garden

Kamar mandi pada hunian tipe ini yang sudah mengaplikasikan closet duduk dengan shower.

Coco Garden

Desain eksterior dan denah untuk tipe 45 di Coco Garden sebagai gambaran secara keseluruhan.

Selain tipe-tipe di atas, Coco Garden juga menyediakan hunian subsidi dan hunian sederhana dibandrol di bawah Rp200 Juta.

Tampilkan lebih banyak

Lokasi

Klapanunggal adalah kecamatan di Kabupaten Bogor. Namanya sendiri mungkin sangat asing di telinga Anda padahal lokasinya tidak terlalu jauh dari kawasan Jakarta Timur.

Berada di kawasan kaki gunung dengan pemandangan bukit-bukit kecil dan persawahan, kawasan ini memiliki bentangan alam yang menganggumkan.

Pada tahun 2011 lalu masyarakat Klapanunggal dikagetkan oleh penemuan fosil Gajah purba. Direktorat Peninggalan Purbakala Departemen Kebudayaan dan Pariwisata memeriksanya langsung. Penemuan ini tidak hanya terjadi sekali namun sampai 2 kali.

Selain alam yang menyenangkan, Klapanunggal pun sudah mengalami perkembangan yang pesat terutama pada segi industri.

Kawasan Klapanunggal telah memiliki pusat industrinya sendiri dengan berbagai macam perusahaan besar di dalamnya, dan juga hunian asri yang juga menghiasi kawasan ini.

Coco Garden

Lansekap persawahan dengan latar belakang pegunungan ternyata masih bisa dinikmati di ‘dekat’ Jakarta.

Menuju lokasi: meskipun flyover perempatan Cileungsi telah lama beroperasi untuk mengurai kemacetan di pertemuan jalan raya Mekarsari dan jalan raya Cibubur, kemacetan di bawah fly over menuju jalan raya Narogong masih terjadi.

Penyebab kemacetan ini adalah banyaknya kendaraan besar yang melintas di jalur ini. Pada kondisi jalan normal, Coco Garden dapat diakses 23 menit dari gerbang tol Gunung Putrid an 34 menit dari tol Cibubur.

Coco Garden

Gerbang tol Gunung Putri menjadi akses tol terdekat menuju Coco Garden (berjarak 10 km), namun penumpukan kendaraan besar di pertigaan mungkin akan sedikit menahan Anda. Gambar: Google.

Transportasi umum menuju kawasan ini bisa dibilang banyak tersedia dari berbagai arah. Dari Bekasi, Anda dapat menggunakan angkutan umum 64 (jurusan Bantar Gebang-Cileungsi) kemudian turun di jalan raya Klapanunggal untuk melanjutkan dengan angkutan 42 (jurusan Cileungsi-Klapanunggal).

Angkutan umum dari Jakarta pun mudah, Anda dapat menggunakan APTB jurusan Blok M-Cileungsi yang berakhir di terminal Cileungsi. Dari terminal ini Anda dapat naik angkutan 64 dan mengikuti rute di atas.

Sayangnya angkutan umum tersebut hanya beroperasi sampai jam 7 malam.

Bagi pengguna commuterline tidak perlu khawatir, Anda dapat menaiki commuterline jurusan Duri ke stasiun Mambo yang sudah beroperasi semenjak 2015 setelah mengalami perbaikan jalur.

Dari stasiun Mambo Anda dapat menaiki angkutan 64 dan turun di jalan raya Klapanunggal dan melanjutkan sekali lagi dengan angkutan 42. Gerbang Coco Garden sudah terlihat jelas di sisi jalan raya Klapanunggal.

Jarak dari Stasiun Nambo ke Coco Garden sekitar 8,5km. Dengan kendaraan pribadi, jarak ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 25 menit.

Commuterline juga bisa menjadi transportasi alternatif bagi Anda yang kesehariannya bekerja di Jakarta. Anda bisa membawa motor pribadi dan memarkirkannya di lahan parkir yang disediakan oleh stasiun ini.

Coco Garden

Stasiun Nambo. Meski kecil, stasiun ini sudah ‘terjamah’ modernisasi PT KAI. Di antaranya adalah penerapan elektronik gate seperti stasiun KRL lainnya, serta peron yang lebih bersih dan rapi. Foto: heritage.kereta-api.co.id

Coco Garden

Transportasi commuterline di stasiun Nambo menjadi salah satu rute transportasi harian yang membantu masyarakat di kawasan Cileungsi dan sekitarnya.

Perumahan: Coco Garden berada di jalan raya Klapanunggal di mana masih dapat Anda temui hamparan sawah dan perbukitan, sehingga kawasan ini masih sangat hijau dan jauh dari kesan kota besar yang hiruk pikuk.

Namun, meski pun berada di wilayah yang tergolong pedesaan, Coco Garden masih bisa menjangkau sejumlah fasilitas umum untuk menyokong kehidupan Anda bersama keluarga tercinta di perumahan ini.

Fasilitas rumah sakit Hermina Mekarsari contohnya, dengan jarak 19 menit dari Coco Garden, Anda sudah mendapatkan fasilitas kesehatan yang lengkap mulai dari fasilitas kesehatan umum sampai ibu dan anak.

Salah satu jaringan rumah sakit ini, yakni Hermina cabang Depok, pernah menyabet penghargaan tingkat kedua pada Lomba Rumah Sakit Sayang Ibu Sayang Bayi setingkat Provinsi Jawa Barat pada tanggal 22 Desember 2012.

Rumah sakit yang awalnya mengkhususkan pelayanannya pada Ibu dan anak, kini mulai berkembang menjadi jaringan rumah sakit umum.

Rumah sakit ini juga memiliki fasilitas klinik khusus seperti Women’s Onkology Clinic, Klinik Tumbuh Kembang, Klinik Geriatri, Klinik Kecantikan, Beauty & Fit Clinic, Klinik Laktasi, dan Stoke Center.

Coco Garden

Rumah sakit Hermina Mekarsari menyediakan layanan rawat jalan dan rawat inap, berjarak 8 km dari Coco Garden.

Selain fasilitas kesehatan, fasilitas perbelanjaan pun cukup mudah dijangkau. Giant Ekstra Metland, Jonggol, letaknya di seberang Rumah Sakit Hermina.

Sesuai labelnya, ‘Ekstra’, ini merupakan tipe terbesar dari jaringan waralaba Giant. Di sini Anda tak sekedar menemukan kebutuhan dapur dan peralatan masak-memasak, tetapi juga alat tulis, pakaian, hingga peralatan elektronik seperti televisi maupun mesin cuci.

Selain suasana berbelanja yang nyaman, hipermarket ini juga kerap menawarkan diskon pada akhir pekan.

Coco Garden

Giant Ekstra Jonggol, memberikan lebih dari sekadar kemudahan berbelanja namun juga potongan harga yang menguntungkan.

Pilihan tempat berbelanja untuk Anda pun tidak hanya sebatas supermarket saja, tetapi juga ada pasar tradisional Cileungsi yang berjarak 14 menit dari Coco Garden.

Pasar ini tergolong pasar tradisional besar di mana menyediakan banyak kebutuhan harian Anda, mulai dari bahan pokok, prabotan rumah tangga dan eletronik, sampai makanan siap makan atau jajanan pasar.

Pasar Cileungsi juga memiliki lahan parkir yang luas sehingga Anda yang membawa kendaraan roda empat atau dua tidak perlu kebingungan ketika akan parkir.

Coco Garden

Pasar Cileungsi yang merupakan pasar tradisional besar yang tergolong bersih, namun berhati-hati karena di depan pasar ini sering terjadi penumpukan kendaraan.

Meski letaknya agak jauh dari pusat kota, Anda tak perlu khawatir mengenai ketersediaan bahan bakar. Sekitar 200 meter dari gerbang Coco Garden, tepatnya di Jalan Raya Narogong, terdapat setidaknya dua pom bensin yang buka 24 jam.

Jadi, Anda tak perlu khawatir saat bahan bakar kendaraan Anda mulai menipis, bahkan saat larut malam sekalipun.

Coco Garden

Dua pilihan tempat berbelanja yang nyaman di dekat Coco Garden, keduanya dapat menjadi pilihan Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Gambar: Google.

Fasilitas pendidikan pun tersedia dalam jarak yang cukup terjangkau, meski Anda tak bisa mengharapkan sekolah bertaraf internasional.

SDN 2 Klapanunggal yang berasaskan wajib belajar sembilan tahun dapat meringankan biaya pendidikan si kecil.

Di masa liburan sekolah ini memiliki program ekstrakurikuler yang positif untuk para siswanya seperti di bidang olahraga bela diri karate yang biasanya diikut oleh siswa kelas 4,5, dan 6 untuk pembangunan karakter yang kuat.

Coco Garden

SDN 2 Klapanunggal memberikan esktrakurikuler positif untuk putra dan putri Anda.

Di dalam lingkungan Coco Garden sendiri terdapat sekolah menengah pertama negeri 1 Klapanunggal yang sudah mengantongi akreditasi A dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jika dirasa fasilitas pendidikan di Coco Garden masih belum memenuhi kebutuhan Anda, ada sekolah menengah atas negeri 1 Klapanunggal yang berada di seberang Coco Garden, dan berjarak hanya 7 menit berjalan kaki dari perumahan ini.

Coco Garden

Sekolah menengah negeri 1 Klapanunggal yang baru saja direnovasi, hingga papan nama sekolah ini masih belum terpasang.

Tampilkan lebih banyak

Ringkasan

Banyaknya akses angkutan umum di kawasan Klapanunggal membuat daerah ini cukup prospektif untuk pemukiman kelas menengah dan bawah.

Harga yang cukup terjangkau dan akses ke ibukota yang mudah akan memudahkan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang bekerja di Jakarta dan sekitarnya.

Coco Garden menawarkan hunian terjangkau dengan keunggulan letak di Jalan Raya Klapanunggal, jalan besar yang dilintasi angkutan umum dan berjarak kurang dari 20 menit dari stasiun commuterline.

Di antara hunian-hunian yang setara, Coco Garden bisa dibilang memiliki lokasi yang lebih strategis.(Ade Igama)

Tampilkan lebih banyak
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan