Fortunia Residence, Pamulang, Tangerang Selatan

  • Boy Leonard
  • 21 Pebruari 2018

PT Setiawan Dwi Tunggal, pengembang Fortunia Residence berpengalaman membangun projek hunian vertikal dan area komersil. Sebut saja mall Pasific Place, Tower Equity, Apartement Suites di kawasan elit SCBD Sudirman Jakarta, Kingland Avenue di Serpong dan Perumahan Visenda Residence di Serang.

Kini PT Setiawan Dwi Tunggal membangun area superblok di kawasan Pondok Cabe Pamulang. Proyek terbaru superblok South City dengan luas lahan sebesar 55 hektar menyediakan area ekspansif untuk perumahan, apartemen, ruko, mal, gedung perkantoran dan hotel.

Nama proyek: Fortunia Residence

Alamat: Jl. Raya South City Utara Raya, Pondok Cabe Udik, Pamulang – Tangerang Selatan

Tipe: Rumah

Jumlah: 125 Unit

Luas:  55 Ha2

Tipe unit:

Residence A. Luas tanah 157m2. Luas bangunan 180m2. Harga Rp2,5 M

Residence B. Luas tanah 150m2. Luas bangunan 180m2. Harga Rp2,4 M

Residence C. Luas tanah 240m2. Luas bangunan 238m2. Harga Rp3,6 M

Spesifikasi Teknis

Pondasi: Batu Kali

Dinding: bata ringan, plester dan aci

Struktur: Beton bertulang

Atap: Baja Ringan

Kusen: Pintu dan jendela alumunium

Pintu:

Utama: Solid engineering

Kamar: Engineering Doo

Kamar mandi: Solid engineering

Lantai:

Ruang dalam: Homogenous tile/keramik 60x60cm

Kamar Mandi: Homogenous tile/keramik 30x30cm

Cat dinding:

Exterior : Dulux / Setara

Interior : Catylac / Setara

Carport : Coral Sikat + Batu Candi

Sanitair: Toilet TOTO atau setara

Fitting Listrik: Saklar Panasonic atau setara

Analisis

 

Fortunia Residences, Tangerang Selatan

Kiri: Akses jalan memasuki kawasan South City. Kanan: Terlihat pembangunan di kawasan South City.

Munculnya perumahan-perumahan menengah atas menunjukkan bahwa Tangerang Selatan bukan lagi sekedar alternatif pilihan lokasi hunian. Tangerang Selatan sudah menjadi kawasan hunian primer di sekitar DKI Jakarta. Pengembang mulai berani bersaing dengan kawasan hunian terpadu seperti BSD City maupun Bintaro Jaya.

Dengan adanya pembangunan infrastruktur tol Cinere-Serpong di kawasan ini, maka perumahan di area Pondok Cabe semakin banyak diminati. Tak heran, banyak pengembang mulai berburu lahan di kawasan ini.

Pembangunan Fortunia Residence dilakukan secara bertahap. Perumahan yang dibangun pada 2014 ini dan mulai dipasarkan sejak bulan Juli 2017 saat ini dibangun hanya berjumlah 9 unit. Rencananya, setelah 9 unit ini habis terjual, pihak pengembang akan membangun kembali beberapa unit.

Fortunia Residence mematok harga Rp2,4 M Juta untuk tipe yang paling kecil dengan luas tanah 150m dan luas bangunan 180m2. Menurut pengembang, kenaikan harga biasanya terjadi pada 3 bulan pertama sejak dipasarkan.

Kenaikan harga hunian ini berkisar 3-5% setiap tiga bulan sekali, atau sekitar 12% pertahunnya. Mengingat Fortunia Residence ini berada di superblok South City yang ditunjang dengan fasilitas yang sangat lengkap.

Jika Anda belum berniat untuk menghuni rumah ini, pastinya rumah ini dapat anda sewakan. Menurut pengembang, harga sewa pasaran dikawasan ini adalah sekitar Rp50-60 juta pertahunnya.

Di sepanjang kawasan ini, terdapat beberapa perumahan yang tak jauh dari Fortunia Residence. Martadinata Residence, Arkamaya Residence, dan Trevista Ciputat yang berjarak kurang lebih sekitar 3km.

Unit di masing-masing perumahan tersebut ditawarkan pada kisaran harga Rp1-2 Milyar. Memang harga masing-masing perumahan tersebut terbilang lebih rendah dibandingkan Fortunia Residence.

Perbedaan harga ini merupakan kompensasi dari luasan tanah. Rata-rata, ketiganya menawarkan hunian dengan luasan tanah di bawah 100m2 sementara Fortunia menawarkan unit dengan luasan tanah minimal 150m2.

Keungulan lain dari Fortunia Residence adalah perumahan yang siap huni (ready stock) serta dibangun di dalam kawasan superblok South City yang mempunya fasilitas yang super lengkap. Kelebihan ini pula yang membuat harga  Fortunia Residence sedikit lebih tinggi.

Bagi Anda yang mendambakan hunian dengan fasilitas yang lengkap dan siap huni, maka Fortunia Residence ini sangat pas untuk dilirik. Hunian ini memiliki berbagai fasilitas lengkap seperti kolam renang, playground, serta lingkungan yang sangat asri.

Jika apartement, hotel, gedung perkantoran serta fasilitas mall dan ruko di kawasan superblok South City ini selesai dibangun pada 2025, dapat dipastikan harga hunian di Fortunia Residence akan melambung tinggi.

Rumah.com Property Index menunjukkan indeks harga di Tangerang Selatan mengalami kenaikan sebesar 3,5% sejak awal tahun 2017 hingga akhir tahun 2017. Tertarik membaca analisis harga properti lain? Simak di sini!

Selengkapnya

Detail Properti

Fortunia Residences, Tangerang Selatan

Gerbang masuk hunian Fortunia Residence yang hijau dan asri. Dengan pemandangan tanaman dan pohon pelindung di kiri dan kanan jalan.

South City merupakan superblok yang dibangun diatas tanah seluas 55 hektar di selatan Jakarta.  Kawasan kota baru yang menyediakan konsep hunian yang terintegrasi dengan fasilitas publik seperti rumah, apartment, mal, ruko, gedung perkantoran serta hotel.

Fortunia Residence terletak tengah-tengah di kawasan superblok South City. Hunian ini dibangun dengan  konsep modern bernuansa resort.  Didesain secara personal, dirancang dengan baik dan merupakan hunian elegan terletak di lingkungan yang asri.

Adapun kelebihan lain dari Fortunia Residences jalan di kawasan South City ini adalah menjadi penghubung baru antara Depok dan Tangerang Selatan, sebagai akses jalur alternatif. Di mana saat ini kedua daerah tersebut dikenal sebagai daerah penyangga Jakarta yang cukup padat.

Fortunia Residences, Tangerang Selatan

Suasana setelah masuk dari pintu gerbang, Anda akan disambut dengan asrinya pohon-pohon yang tumbuh rindang di sisi kiri dan kanan jalan.

Rumah.com sempat mendapat kesempatan untuk masuk ke salah satu unitnya. Secara umum, desain rumahnya cukup kekinian; menggabungkan aksen kubus yang kontemporer dengan atap limas nan tradisional.

Fortunia Residences, Tangerang Selatan

Perumahan yang didesain modern dengan tipe 2 lantai.

Fortunia Residences, Tangerang Selatan

Kiri: Pemandangan dari pintu masuk utama, lantai yang didesain bertingkat menuju ke ruang tengah. Dari sini kita bisa melihat ruang paling ujung yang digunakan untuk ruang dapur. Kanan: Pemandangan ruang tengah, menuju keluar pintu utama.

Fortunia Residences, Tangerang Selatan

Kiri: Area dapur yang bersebelahan dengan ruang tengah. Kanan: Masih di area dapur, yang bisa digunakan untuk meletaknya meja makan. Area ini yang bersebalahan dengan tangga menuju lantai 2. Persis di bawah tangga terdapat gudang kecil.

Fortunia Residences, Tangerang Selatan

Kiri: Di lantai 2 terdapat 3 kamar tidur. Kanan: kamar tidur utama yang terdapat balkon yang cukup luas menghadap halaman rumah.

Fortunia Residences, Tangerang Selatan

Kiri: Kamar mandi yang terdapat dilantai 2. Kanan: Kamara mandi yang terletak di dalam kamar tidur utama. Kamar mandi ini dilengkapi dengan bath tub.

Pada awalnya perumahan Fortunia Residences bernama Villa Bukit Raya.  Villa Bukit Raya sendiri dibangun oleh developer lain. Sejak tahun 2014, akhirnya Villa Bukit Raya di take over oleh South City.

Fortunia Residences didesain secara keseluruhan dengan tipe dua lantai. Dengan tiga tipe yang dipasarkan yaitu tipe residence A luas tanah157m2 bangunan 180m2, residence B luas tanah 150m2 luas bangunan 180m2 dan Residence C luas tanah 240m2 luas bangunan 238m2.

Hunian yang dipasarkan sejak akhir 2017 ini dibangun sebanyak 9 unit dan sudah siap huni. Pembangunan dilakukan secara bertahap. Tahap kedua akan dibangun setelah 9 unit hunian ini habis terjual.

Untuk memenuhi kebutuhan akan sebuah hunian idaman bagi para penghuninya, Fortunia Residences menghadirkan fasilitas yang bisa dinikmati. Playground dan kolam renang misalnya. Bagi Anda yang gemar melakukan jenis olahraga renang, tentu sangat menyenangkan bila letak kolam renang dan rumah hanya selangkah dari rumah.

Fortunia Residences, Tangerang Selatan

Kolam renang yang didesain sangat asri, terdapat tanaman hijau dan pohon-pohon di sekitar kolam.

Dengan adanya segenap fasilitas menarik di atas, tampak bahwa Fortunia Residences sangat mengutamakan kenyamanan bagi tiap penghuni. Dari segi keamanan, perumahan ini menerapkan sistem keamanan 24 jam dan satu akses masuk.

Fortunia Residences, Tangerang Selatan

Denah ruangan untuk masing-masing tipe.

Selengkapnya

Lokasi

Fortunia Residences, Tangerang Selatan

Pengembang properti tak ragu lagi membangun hunian menengah atas di luar kawasan BSD City. Pamulang, yang diapit dua kawasan hunian mapan BSD City dan Cinere, menjadi sasaran.

Fortunia Residence terletak di kawasan superblock South City, Pondok Cabe kecamatan Pamulang, yang menghubungkan dua jalan utama di kawasan ini, yakni Jalan Raya Pondok Cabe dan Jalan Raya Cinere.

Kecamatan Pamulang merupakan pemekaran dari Kecamatan Ciputat pada tahun 1993. Dulunya, Pamulang merupakan bagian dari Kecamatan Ciputat.

Pamulang berbatasan dengan sebelah utara dengan Kecamatan Ciputat, sebelah selatan dengan Kecamatan Gunung Sindur (Kabupaten Bogor) dan Kecamatan Sawangan (Kota Depok), sebelah barat dengan Kecamatan Serpong dan sebelah timur dengan Kecamatan Limo (Kota Depok).

Di kawasan ini mulai tumbuhnya perumahan-perumahan baru yang menandakan pertumbuhan didalam sektor properti. Tak mengherankan, banyak pengembang yang membangun perumahan dan bangunan komersial di sini sehingga membuat kawasan ini mulai berkembang.

Sejak flyover Ciputat mulai beroperasi pada 2011 silam, kawasan ini dan sekitarnya semakin mudah diakses dari Lebak Bulus, Parung dan Bogor sehingga membuat nilai investasi di kawasan ini melambung.

Menuju lokasi

Fortunia Residences, Tangerang Selatan

Dari pintu tol Lebak Bulus, rute utama yang ditempuh adalah rute Cirendeu Raya. Gambar: Google.

Untuk mencapai Fortunia Residence dari Jakarta, jalur utama yang bisa ditempuh adalah melalui akses jalan Tol JORR II, keluar di pintu tol Lebak Bulus. Dari sini, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Ciputat.

Di Pasar Jumat, Anda bisa belok kiri ke arah Cirendeu Raya hingga ke Pondok Cabe Raya. Terus saja, Anda akan melewati Universitas Terbuka, Lapangan Terbang Pondok Cabe, hingga sampai di perempatan South City. Belok kiri, sampai di bundaran arahkan kendaraan ke kiri. Sekitar 200 meter Anda akan melihat cluster Fortunia di sebelah kiri.

Fasilitas Sekitar

Untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Cinere Mall yang berjarak 4,9km bisa menjadi pilihan mall terdekat. Di sini terdapat sejumlah tenant makanan seperti J.Co dan Dominos Pizza. Anda bisa menambah koleksi pakaian bernuansa formal Anda di gerai pakaian The Executive. Di Cinere Mall ini Anda juga bisa menikmati film-film terbaru di Cinema XXI.

Fortunia Residences, Tangerang Selatan

Mal Cinere menjadi pilihan terdekat bagi Anda yang suka nge-mall.

Jika Anda lebih suka berbelanja di supermarket, terdapat  Giant Ekspres yang sangat dekat dengan lokasi hunian, jaraknya hanya 3,6km atau 14 menit berkendara. Selain Giant terdapat Tip Top Ciputat.

Tip Top ini merupakan pindahan dari Tip Top Ciputat, yang berdiri sejak 1992. Sampai sekarang,Tip Top ini masih menjadi favorit masyarakat sekitar. Untuk menambah kenyamanan berbelanja di sini, Tip Top juga menyediakan gerai ATM sejumlah bank terkemuka seperti BCA, CIMB Niaga, BRI, maupun BNI.

Selain menyediakan barang yang dengan beragam pilihan, Tip Top Ciputat juga menyediakan taman hiburan anak dengan beberapa wahana mini seperti komedi putar, kereta mini, bombom car, dan lainnya.

Di dekat Fortunia Residence juga terdapat lapangan golf Pondok Cabe. Jaraknya hanya sekitar 1,6km. Golf course dengan 18 holes ini tampaknya butuh sedikit perawatan sehingga tidak cocok untuk Anda yang ingin berlatih serius menjelang turnamen profesional. Namun bagi pegolf amatir ataupun mereka yang hanya ingin sekedar mencari relaksasi, lapangan golf ini bisa menjadi pilihan.

Mencari hunian yang nyaman, tentunya faktor pendidikan Anak akan menjadi prioritas utama. Anda tak perlu khawatir. Di kawasan Fortunia Residence terdapat beberapa pilihan untuk sekolah anak Anda.

Jika Anda ingin menyekolahkan anak Anda di sekolah negeri, pilihannya adalah SDN Pondok Cabe Udik, SDN Pamulang Tengah, SDN Pamulang Indah,  SMP Negeri 4 Tangerang Selatan, SMAN 1 Tangerang Selatan,  maupun SMA Negeri 6 Tangsel, yang masing-masing jaraknya tak sampai 6km.

Salah satu yang layak menjadi pertimbangan di antara sekolah negeri tersebut adalah SMP Negeri 4 Tangerang Selatan. SMP Negeri ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Selain itu, putra-putri Anda bisa belajar dengan nyaman karena memiliki fasilitas kelas dengan penyejuk ruangan serta lab komputer yang lengkap.

Untuk pilihan Sekolah swasta yang menjadi unggulan di wilayah ini adalah Kharisma Bangsa (KB). Sekolah ini sangat dekat dengan Fortunia Residence, lokasinya hanya 2,6km atau 7 menit dengan berjalan kaki saja.

Sekolah ini meliputi jenjang SD, SMP, sampai SMA. Sekolah yang menggabungkan kurikulum internasional dengan pendidikan agama Islam. Sekolah ini dikelola oleh lembaga swadaya masyarakat dari Turki, yang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak 2000.

Kharisma Bangsa memiliki sarana olahraga seperti aula dan lapangan bola basket indoor, auditorium, lab komputer dan lain sebagainya. Sekolah ini sangat mendorong siswa-siswanya untuk berprestasi di bidang sains. Karena itu, murid-murid yang diproyeksikan untuk mengikuti beragam lomba sains akan mengikuti sistem pemusatan belajar sebulan penuh, empat kali dalam setahun.

Untuk biaya masuknya, Sekolah ini terbilang cukup mahal. Tapi hal ini sebanding dengan apa yang bisa didapat oleh pendidikan Anak. Kualitas pendidikan yang baik serta fasilitas yang menjadi keunggulan sekolah ini.

Fortunia Residence juga dekat dengan sejumlah Universitas seperti Universitas Terbuka, Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid, Universitas Pamulang, dan Universitas Muhammadiyah Jakarta dengan jarak kurang dari 10km.

Anda tak perlu khawatir soal fasilitas kesehatan,  Sejumlah Rumah sakit dengan berbagai fasilitas tersedia di sekitar sini. Dari Fortunia Residence, Anda bisa mengunjungi Rumah sakit Bhineka Bakti Husada yang jaraknya 3,6km atau 10 menit berkendara. Rumah sakit ini memiliki 110 tempat tidur inap (5 VIP) dengan 59 dokter yang bertugas.

Selain Rumah sakit  Bhineka Bakti Husada, disekitar kawasan terdapat beberapa pilihannya Rumah Sakit lainnya. Terdapat RSIA Lestari (5,3km ), RSIA Citra Ananda (5,7km), RS Hermina Ciputat dengan jarak sekitar (7,7km), Rumah Sakit International Mayapada (8,4 km) dan RS. Siloam Hospital Tb. Simatupang (9,2km).

Selengkapnya

Ringkasan

Keberatan dengan besarnya uang muka yang diperlukan untuk kredit rumah? Simak video tipsnya di sini:

 

Pondok Cabe hingga ke arah Sawangan menjadi lokasi incaran pengembang untuk membangun rumah tapak. Kehadiran tol Cinere-Serpong yang ditargetkan oleh pemerintah akan selesai pada tahun 2018 akan menjadi faktor utama pendongkrak harga perumahan di kawasan ini.

Fortunia Residence berada di kawasan superblok South City, Pamulang, memiliki fasilitas lengkap. Bisa dipastikan harganya akan melonjak saat semua fasilitas tersebut rampung pada 2025. Harga yang ditawarkan saat ini adalah harga awal, yang berarti punya peluang besar untuk naik seiring waktu. (Mastita)

Tertarik membaca review properti lain di Tangerang Selatan? Lihat pilihannya di sini!

Bagi Anda yang masih memiliki pertanyaan seputar membeli rumah, temukan jawabannya di Panduan Rumah.com. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan melalui Tanya Properti.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Selengkapnya
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan