Gangnam District, Kota Bekasi

  • Boy Leonard
  • 1 Maret 2017

Untuk mewujudkan filosofi dalam membangun properti sesuai filosofi hunian mewah dan modern, Pollux Properties Ltd yang berbasis di Singapore, banyak menggarap proyek perumahan dan kawasan komersil berkelas seperti Park Residence Kovan, Metro Loft, Pavilion Square, dan Green Park Residence.

Tepat pada 25 Februari 2017, Pollux Properties merilis proyek terbarunya yang tidak kalah dengan proyek yang lain. Proyek bertajuk Gangnam District hadir untuk mewujudkan modern living yang mewah di Bekasi.

Nama proyek: Gangnam District

Alamat: Jalan Siliwangi Rawalumbu, Bekasi

Luas area: 3.5 Ha

Tipe unit:

Studio. Luas 22.95 sqm. Harga Rp282 juta

2 bedrooms. Luas 45.45 sqm. Harga Rp565 juta

Pondasi: board pile

Struktur: reinforced concrete

Dinding dalam: prefabrication wall with paint finish

Dinding luar: lightbrick with platering

Lantai: homogeneous tile

Atap: fairface with paint finish

Pintu utama: engineering door with wooden frame

Jendela: anodized alumunium frame with clear glass

Dinding unit: plaster and/or skim coat with emulsion paint finish

Lantaikm: ceramic tiles

Dinding KM: lightbrick with ceramic tiles finish

Atap KM water resistant gypsum

Pintu KM: PVC door

Sanitair: shower set, water closet, dan wash basin

Listrik: studio 1300 VA, 2 bedrooms 2200 VA

Analisis

Berbicara tentang properti di Bekasi, khususnya berjenis vertikal, cukup banyak pertumbuhan yang terjadi.

Lahan untuk membangun perumahan di kota Bekasi, terutama di pusat kota Bekasi, sudah semakin langka. Ini mendorong pengembang untuk beralih ke proyek apartemen.

Targetnya adalah kalangan profesional yang bekerja di Ibukota, serta eksekutif dan ekspatriat yang bekerja di kawasan industri Bekasi.

Dari banyak proyek apartemen yang Anda temui, mungkin hanya Gangnam District yang eye catching. Sesuai namanya, Gangnam District berusaha menyajikan hunian terpadu dalam bentuk superblock, di mana kebutuhan Anda bisa terpenuhi tanpa harus melangkah terlalu jauh.

Fasilitas yang lengkap serta konsep modern living juga memungkinkan unit di Gangnam District disewakan kepada para mahasiswa Trisakti School of Management.

Dalam hal harga, apartemen di Bekasi mengalami kenaikan yang cukup signifikan setiap fasenya. Untuk Gangnam District mengalami kenaikan sebesar 5% setelah launching pada 25 Februari.

Saat ini untuk tipe 2 bedroom dengan gross 45,45 dijual dengan harga Rp565 Juta dengan harga banguan Rp12,4 Juta per meter perseginya.

Untuk gambaran kenaikan harga apartemen di Bekasi, Anda dapat mengambil kenaikan yang terjadi di Tamansari Iswara yang berada di jalan Cut Mutia.

Pada September 2015 yang lalu, tipe 3 bedrooms semi gross 63 di Tamansari Iswara memiliki harga Rp863 juta dengan harga bangunan Rp13 Juta. Saat ini harganya sudah mencapai Rp923 Juta dengan harga bangunan Rp14,6 juta per meter persegi.

Dalam kurun waktu akhir 2015 sampai Desember 2016 Tamansari Iswara mengalami kenaikan kurang lebih Rp60 juta, atau hampir 7 persen.

Kenaikan harga mungkin akan semakin tajam di tahun tahun berikutnya apa bila proyek pembangunan Bekasi telah rampung seperti jalan tol Becakayu dan Bekasi Aeromovel.

 

Tampilkan lebih banyak

Detail Properti

Masih ingat lagu Gangnam Style yang sempat menjadi fenomenal di tahun 2012 lalu? Pasti masih segar di ingatan Anda bagai mana lagu yang dibawakan oleh penyanyi Korea Psy mendunia, bahkan video lagu ini telah ditonton lebih dari 2 miliar orang di tahun yang sama.

Dari ramainya pembicaraan tentang lagu ini bisa jadi hanya sedikit yang tahu dari mana inspirasi lagu ini berasal, insipirasi Gangnam Style sesungguhnya berasal dari sebuah distrik dengan populasi terbanyak nomor 4 di Seoul, Korea Selatan.

Gangnam merupakan distrik yang populer oleh gaya hidup modern dari para pendudukan kelas atas yang menghuni distrik ini, salah satu indikasinya adalah harga properti yang tinggi. Gangnam District memiliki harga properti dua kali lipat dari seluruh distrik di Seoul.

Keberadaan Gangnam Distrik di Korea Selatan juga menginspirasi Pollux Properties Ltd untuk mengahadirkan kawasan superblock dengan suasana modern dan berkelas di kawasan Bekasi lewat Gangam District.

Latarbelakang pemilihan Gangnam District sendiri tidak terlepas dari hasil survei yang menunjukkan bahwa ekspatriat di kota Bekasi lebih banyak berasal dari Korea ketimbang Jepang.

Jika Anda bisa dengan mudah menemukan China Town, tapi untuk Korea Town hanya ada di Gangnam District persembahan Pollux Properties Ltd.

Gangnam District Bekasi

Rancangan proyek Gangnam District apabila dilihat dari sudut pandang bird view.

Demi mewujudkan gaya hidup modern, Gangnam District memberikan empat belas fasilitas penunjang gaya hidup seperti Gym, Yoga Dect, Swimming Pool, Kids Pool, BBQ Pit, Kids Playground, Water Park, Fitness Corner, Alfressco Dining, Lifestyle Walkway, Jogging Track, Jacuzzi, Reflexology Garden, dan Public Park and Amphitheater.

Gangnam District Bekasi

Gangnam District Bekasi mempersembahkan fasilitas untuk mendukung gaya hidup urban masa kini.

Dalam urusan unit di Gangnam District pun menerapakan konsep yang sama lewat aplikasi LifeSmart yang dapat diunduh di smartphone atau tablet Anda.

Di sini Anda dapat mengakses langsung tempat tinggal Anda mulai dari mengambil foto dan video orang yang masuk ke dalam tempat tinggal Anda sampai kegiatan langsung seperti menyalakan lampu.

Teknologi ini sangat membantu Anda meningkatkan keamanan terhadap orang terkasih seperti buah hati atau pun orang tua. Selain itu Gangnam District juga memiliki layanan 24 jam untuk keamanan, laudry, dan home care service.

Gangnam District Bekasi

Site plan dari keseluruhan Gangnam District Bekasi.

Gangnam District Bekasi

Water Park di Gangnam District Bekasi dihadirkan untuk rekreasi para penghuninya.

Gangnam District Bekasi

Fasilitas Infinite Pool dengan pemandangan Kota Bekasi merupakan salah satu fasilitas mewah Gangnam District.

Gangnam District Bekasi

Hunian modern yang elegan tidak akan lepas dari landskap mewah seperti Sky Garden di Gangnam District.

Gangnam District Bekasi

Ingin menikmati suasana taman di tengan pemandangan kota? Gangnam District mewujudkannya lewat Rooftop Garden.

Gangnam District menawarkan apartemen dua kamar dengan finishing modern dan kontemporer, serta penggunaan teknologi masa kini seperti LifeSmart. Harga yang ditawarkan yang masih relatif terjangkau.

Gangnam District Bekasi

Unsur modern dengan warna yang ekspresif diaplikasikan ke pintu masuk untuk menegaskan karakter Gangnam District.

Gangnam District Bekasi

Tipe 2 bedrooms di Gangnam District merepresentasikan gaya hidup masyarakat urban di Korea yang efisien namun tetap kental oleh konsep K-Pop art.

Gangnam District Bekasi

Denah Gangnam District tipe 2 bedrooms.

Gangnam District Bekasi

Lokasi Gangnam District yang sudah mulai digali.

Gangnam District Bekasi

Gerbang Gangnam District yang berada di jalan Siliwangi Bekasi.

Gangnam District Bekasi

Untuk memasuki lokasi Gangnam District, ini adalah jalan masuk yang Anda lalui.

Tampilkan lebih banyak

Lokasi

“Kota Bekasi akan seperti Shanghai”. itulah kira-kira tajuk dari berita yang dirilis oleh okezone 2015 yang lalu. Kata-kata ini disampai oleh Walikota Bekasi, Rachmat Effendi, usai meresmikan GP mall di Bekasi.

Pembangunan mall, apartemen, dan sentra bisnis lain merupakan alasan dari wacana ini. Rachmat Effendi juga mengatakan bahwa pemerintah kota dibawah jajarannya juga telah mempermudah para pengembang yang ingin berinvestasi di kota Bekasi.

Di sisi lain, para investor kini banyak membidik kota yang sedang berkembang dalam rangka menambah capital gain lebih besar. Salah satu indikasi berkembangnya suatu dari daerah adalah dari bertumbuh pesatnya pusat bisnis dan ritel, dalam hal ini Bekasi telah berada di jalurnya.

Gangnam District Bekasi

Kota Bekasi kian berkembang sebagai Kota Metropolitan. Sasaran para pekerja industri di Bekasi.

Dalam rangka menyambut para investor saat ini dan ke depannya, Bekasi berbenah banyak terutama dalam hal angkutan umum. Untuk dapat mengakomodasi para penduduk dari kota ke kabupaten, commuterline akan diperpanjang sampai ke Cikarang.

Perbaikan stasiun di kabupaten Bekasi saat ini tengah dilakukan dan direncanakan beroperasi akhir 2016 namun sampai saat ini masih belum ada konfirmasi tentang pengoprasiannya.

Selain itu Bekasi akan memiliki akses LRT Cibubur-Cawang dan Bekasi Timur-Cawang, saat ini pembangunan masih berada di tahap Cibubur-Cawang. Kemudian ada proyek tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) yang dijadwalkan rampung tahun 2017 ini.

Menuju lokasi: jalan Siliwangi merupakan salah satu akeses yang menghubungkan Bekasi ke Cileungsi, Kabupaten Bogor, tidak heran jika jalan ini terlihat sibuk hampir di setiap kesempatan.

Perpaduan antara mobil pribadi dan kendaraan berat membuat jalan ini padat di jam-jam sibuk, namun ramai lancar di jam biasa. Dalam kondisi jalan normal, Anda hanya membutuhkan waktu 7 menit dari Gangnam District ke gerbang tol Bekasi Barat yang berjarak 2.9km dan 20 menit ke tol JORR Jati Asih yang berjarak 6.9km.

Gangnam District Bekasi

Dari dua akses tol, tol Bekasi Barat adalah yang terdekat menuju Gangnam District berjarak 2.9km atau 7 menit berkendara dalam kondisi normal. Gambar: Google.

Untuk angkutan umum di jalan Siliwangi menuju Gangnam District, Anda dapat menaiki angkutan umum K-11 jurusan Terminal Bekasi-Bantargebang. Dengan angkutan umum ini Anda dapat berhenti langsung di gerbang masuk Gangnam District yang berada di sisi jalan Siliwangi.

Gangnam District Bekasi

Gambaran secara luas lokasi akses Gangnam District.

Bila ingin menggunakan commuterline Anda dapat turun di stasiun Bekasi, dari sana naiklah angkutan umum K-02 sampai ke terminal Bekasi barulah Anda melanjutkan dengan angkutan umum K-11 dari terminal Bekasi sampai ke Gangnam District.

Apartemen: Jalan Siliwangi merupakan salah satu akses yang penting bagi kota Bekasi, jalan membentang langsung ke pusat kota Bekasi lewat jalan Cut Mutia di satu sisi dan ke Kabupaten Bogor via jalan raya Nargogong di sisi lainnya.

Gangnam District berada di ruas jalan ini sehingga tidak heran jika apartemen ini berada di lokasi premium dari sisi fasilitas umum bersama dengan proyek perumahan besar seperti perumnas Rawa Lumbu dan Kemang Pratama.

Dimulai dari fasilitas penunjang kesehatan, ada tiga rumah sakit yang dapat jadi pilihan Anda untuk memberikan pilihan layanan kesehatan. Dari yang terdekat seperti rumah sakit St. Elisabeth yang memberikan layanan medical check up dan rehabilitasi medic yang mencangkup promotif, preventif, kuratif.

Layanan ini meliputi penanganan fisioterapy, terapi wicara, terapi akupasi, orthotik prosthetik (alat bantu – palsu), sosial medis, psikologi.

Apabila menghadapi kondisi darurat pun Anda tidak perlu khawatir karena rumah sakit ini memberikan pelayanan 24 jam setiap harinya.

Rumah sakit St. Elisabeth berjarak 650 meter atau berkendara selama 1 menit dari Gangnam District. Selain itu ada rumah sakit Hosana Medica, dan rumah sakit Mitra Keluarga Bekasi yang ada di jalan Jendral Ahmad Yani di pusat kota Bekasi.

Gangnam District Bekasi

Rumah sakit St. Elisabeth merupakan salah satu fasilitas kesehatan terdekat dari Gangnam District.

Fasilitas berbelanja tersedia di dekat Gangnam District, di antaranya adalah Hero Supermarket yang berada di dalam Kemang Pratama. Tahun lalu supermarket ini menggelontorkan modal Rp212 Miliar untuk pembukaan gerai baru agar semakin dekat dengan masyarakat.

Sama seperti Giant yang berada di bawah manajemen yang sama, Hero Supermarket juga memberikan banyak potongan harga untuk para konsumennya mulai dari kebutuhan pokok sampai ke buah-buahan dan sayur mayur.

Hero juga memiliki fasilitas yang bersih dan nyaman untuk Anda berbelanja tiap harinya. Kemudian ada fasilitas perbelanjaan Carefour yang berada di Revo Mall, di sini tentu Anda dapat berbelanja sambil jalan-jalan bersama keluarga.

Gangnam District Bekasi

Fasilitas berbelanja Hero Supermarket berjarak 800 meter dari Gangnam District atau berkendara lima menit dalam kondisi jalan normal.

Untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja dan tidak ingin bermacet ria di jalan hanya untuk berjalan-jalan ke mall, Gangnam District memiliki fasilitas mall tersendiri yang berada tepat di sebelah unit Anda.

Mall ini akan memberikan pengalaman berbelanja yang berkelas untuk Anda dengan akses sky brigde dengan akses langsung ke dalam mall untuk memangkas waktu yang terbuang di jalan.

Gangnam District Bekasi

Untuk mendukung konsep modern living, Gangnam District memberikan fasilitas mall premium tersendiri.

Gangnam District Bekasi

Sky bridge dari tower apartemen menuju ke area mall. Selain hemat waktu, kesan eksklusif juga tercipta.

Lokasi Gangnam District terbilang strategis bukan hanya karena berada dekat pusat kota Bekasi, namun juga berada di jalan Siliwangi yang mana merupakan kandang proyek perumahan besar di Bekasi.

Nyatanya, di sepanjang jalan Siliwangi sampai ke Cut Mutia terdapat banyak fasilitas sekolah berkualitas dan bertaraf internasional.

Di dalam kawasan Kemang Pratama yang berjarak 1km terdapat dua sekolah besar yang memberikan layanan pendidikan sekolah dasar sampai sekolah menengah atas, kedua sekolah ini adalah Al Azhar 4 dan 8, dan sekolah Marsudirini Bekasi.

Sekolah Al Azhar Kemang Pratama sendiri sudah beroperasi sedari 1996 dan saat ini menjadi salah satu sekolah bergengsi di Bekasi, di sisi lain sekolah Marsudirini begitu melindungi anak didiknya. Sekolah ini menjadi satu dari lima sekolah yang menolak untuk menjadi sasaran industri rokok.

Gangnam District Bekasi

Al Azhar merupakan salah satu sekolah berkualitas di dekat Gangnam District.

Selain itu, fasilitas pendidikan Trisakti school of management yang berjarak hanya selangkah dari Gangnam District.

Gangnam District Bekasi

Peta fasilitas pendidikan yang berada di dekat Gangnam District.

Untuk mengatisipasi macetnya mobilitas Bekasi ke depannya, saat ini pemerintah Bekasi berencana untuk membangun kereta angin atau disebut Aeromovel yang dapat menampung 127 jiwa setiap harinya.

Aeromovel direncanakan memiliki panjang jalur sejauh 12 kilometer dari Harapan Indah sampai Kemang Pratama. Moda transportasi ini termasuk ke dalam kategori Light Rapid Transit (LRT) dan direncanakan akan terintegrasi dengan jalur monorel Jakarta-Bekasi jalur KAI, bus rapid transit, dan transjakarta.

Lokasi Gangnam District berada 12 kilometer dari jalur Aeromovel yang disedang digodok oleh pemerintah Bekasi.

Gangnam District Bekasi

Gambaran rancangan transportasi yang berada dekat dengan Gangnam District.

Tampilkan lebih banyak

Ringkasan

Meskipun proyek baru, Gangnam District memiliki karakter berbeda dari proyek lainnya. Proyek ini mengadaptasi gaya hidup modern Korea untuk memberikan pilihan para ekspatriat Korea yang berada di Bekasi.

Celah ini bisa jadi ajang investasi menguntungkan untuk Anda mengingat Bekasi memiliki cukup banyak wilayah industri yang diisi ekspatriat asal Korea dan Jepang. Anda juga bisa menyasar kalangan mahasiswa Trisakti School of Management. (Ade Igama)

Tampilkan lebih banyak
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan