Graha Tirta Asri, Ciseeng, Bogor

  • Boy Leonard
  • 16 Oktober 2020

Graha Tirta Asri dikembangkan oleh PT Dwitunggal Permata dan saat ini Graha Tirta Asri merupakan satu-satunya proyek perumahan yang dikembangkannya. Namun begitu bukan berarti pengembangnya tidak berpengalaman dalam industri properti karena PT Dwitunggal Permata merupakan pemilik Taman Wisata Tirta Sanita Ciseeng dan memiliki shareholder di banyak industri hotel seperti Hotel Horison, Hotel Santika, Hotel Kartika Chandra, dan sebagainya.

Nama Proyek: Graha Tirta Asri

Luas: 15 ha

Alamat: Jalan Pasar Ciseeng, Kecamatan Ciseeng, Bogor, Jawa Barat

Tipe Unit

36/72, harga Rp419.000.000

45/91, harga Rp618.000.000

54/120, harga Rp987.000.000

Spesifikasi Teknis

Pondasi: Batu kali

Dinding: Bata ringan, plester, finishing cat

Lantai: Ruang utama granit 60×60, teras keramik 40×40

Atap: Rangka atap baja ringan

Penutup atap: Genteng beton flat

Plafon: Rangka hollow ditutup papan gipsum

Kusen: Alumunium

Pintu: Engineering wood panel

Closet: Duduk standar

Air: Jetpump

Listrik: 1.300 watt

Analisis

Ulasan Proyek Graha Tirta Asri, Ciseeng, Bogor - 11 - Copy

Fasad perumahan tipe 36 yang sudah siap huni.

Untuk harga rumah yang ditawarkan di Graha Tirta Asri ini persis seperti rumah yang ditawarkan di daerah Sawangan maupun Pamulang 6-7 tahun lalu. Hal itu bahkan sudah terlihat di rumah awal yang ditawarkan di Graha Tirta Asri sendiri pada tahun 2015 yang masih Rp200 jutaan dan saat ini Rp400 jutaan.

Untuk pembelian secara tunai ada lagi kemudahan diskon langsung. Untuk rumah tipe 36 diskon langsung yang diberikan mencapai Rp51 juta, tipe 45 Rp76 juta, dan tipe 54 mencapai Rp130 juta. Untuk pembelian tunai akan lebih besar lagi diskon yang didapatkan dengan berbagai pembebasan biaya hingga gratis untuk jaringan triple play.

Rumah di Graha Tirta Asri ini bisa menjadi solusi hunian bagi pekerja dengan gaji kurang dari Rp10 juta. Manfaatkan keringanan cara bayar dengan depe nol persen dan pembebasan biaya-biaya sehingga kita cukup membayar booking fee Rp3 juta dan biaya-biaya lain yang bila ditotal jumlahnya tidak akan lebih dari Rp7 juta.

Bila KPR disetujui bank, rumah tipe 36 cicilannya mulai Rp3,4 juta/bulan untuk tenor 20 tahun. tipee 45 Rp5 juta, dan tipe 54 Rp8 juta. Bila usia masih muda kita bisa mengambil tenor yang lebih panjang mencapai 25 bahkan beberapa ada ada yang mencapai 30 tahun sehingga cicilannya bisa lebih rendah lagi.

Ulasan Proyek Graha Tirta Asri, Ciseeng, Bogor - 12

Di Rumah.com, Anda bisa menemukan rumah baru maupun seken di Kawasan Ciseeng, Bogor dengan harga di bawah Rp400jutaan!

Menunda membeli rumah hanya akan membuat harganya terus naik dan umumnya tidak akan terkejar dengan tingkat kenaikan penghasilan kebanyakan pekerja. Kita bisa membayangkan untuk rumah seperti ini dengan segmen harga Rp400 jutaan, lima tahun yang akan datang pastinya lokasinya akan bergeser lebih jauh lagi.

Beberapa pengembang besar juga sudah mulai menggarap proyek residensialnya di wilayah Parung maupun Gunung Sindur. Sebagai gambaran, proyek perumahan Foerst Hill di Parung menawarkan tipe rumah yang lebih kecil lagi supaya bisa menerapkan segmen pricing Rp300 jutaan. Rumah tipe 27/60 harganya Rp330 juta sementara yang 39/72 harganya Rp437 juta.

Perumahan lainnya, Tropical Hill di Gunung Sindur, rumah tipe 32/60 harganya Rp404,5 juta sementara tipe 35/60 Rp445,3 juta. Segmen pricing maupun pergerakan harga rumah akan selalu seperti ini, makanya kalau kita menunda hanya akan terus meningkatkan harganya atau membuat lokasi rumah yang bisa kita akses semakin menjauh.

Selengkapnya

Detail Properti

Ulasan Proyek Graha Tirta Asri, Ciseeng, Bogor - 05

Pada 5-7 tahun lalu daerah Parung hingga Ciseeng merupakan kawasan yang menjadi pergeseran untuk penawaran rumah seharga di bawah Rp300 juta. Hal ini karena wilayah Pamulang, Bojongsari, maupun Sawangan harga rumahnya terus merangkak naik sehingga untuk rumah-rumah yang lebih terjangkau bergeser ke wilayah Parung hingga Ciseeng.

Salah satu penawaran rumah untuk segmen menengah ke bawah itu adalah Graha Tirta Asri yang mulai ditawarkan pada tahun 2015 lalu. Saat itu, rumah tipe 36/72 harganya Rp210 juta sementara tipe yang lebih besar yaitu 45/91 harganya Rp342 juta. Saat itu spesifikasi rumah menggunakan material untuk segmen bawah misalnya dindingnya menggunakan batako.

Ulasan Proyek Graha Tirta Asri, Ciseeng, Bogor - 06

Kiri: Fasad tipe 45/91 dan kanan: Fasad tipe 54/120

Seiring perkembangannya kawasannya, Graha Tirta Asri mulai menyasar segmen kalangan menengah. Tipe rumah 36/72 saat ini harga jualnya Rp419 juta sementara yang 45/91 Rp618 juta. Spesifikasi bahan material bangunannya pun ditingkatkan misalnya dinding menggunakan bata ringan dan peningkatan spesifikasi lainnya.

Saat ini Graha Tirta Asri masih menawarkan tahap pertama untuk pengembangan kawasan seluas 7,5 ha yang akan mencakup 474 unit rumah. Rumah untuk segmen menengah ke bawah yang terbangun maupun terhuni sebanyak 60 unit dan seiring perkembangan bisnis properti yang lesu beberapa tahun ini.

Ulasan Proyek Graha Tirta Asri, Ciseeng, Bogor - 07

Kiri: Layout 36/72 Tengah: Layout 45/91 Kanan: Layout 54/120

Namun dengan perkembangan infrastruktur maupun kawasan khususnya di wilayah Ciseeng dan sekitarnya, Graha Tirta Asri semakin confident menyasar kalangan pekerja untuk segmen menengah. Ini bisa menjadi kesempatan untuk pekerja yang bergaji di bawah Rp10 juta hingga belasan juga untuk bisa mengakses hunian di sebuah kawasan yang masih akan sangat berkembang ini.

Ulasan Proyek Graha Tirta Asri, Ciseeng, Bogor - 08

Kiri: Area ruang tamu yang diberi partisi dengan ruang makan. Kanan: Kamar tidur anak yang ada di rumah contoh.

Tipe rumah di Graha Tirta Asri mengusung gaya modern minimalis sebagaimana lazim perumahann tipe seperti ini ditawarkan. Tidak ada ornamen maupun tempelan artifisial untuk mempercantik fasad rumah sehingga model yang disajikan benar-benar minimalis fungsional dan ini sangat cocok untuk rumah kompak seperti ini.

Ulasan Proyek Graha Tirta Asri, Ciseeng, Bogor - 09

Kiri: Ruang makan yang terhubung ke pintu belakang rumah. Kanan: Dapur yang dilengkapi countertops dan wastafel.

Layout bagian dalam juga standar rumah-rumah kompak seperti biasanya. Hanya saja untuk tipe besar 54/120 dengan lebar kaveling 9 m sudah dibuat dengan dua pintu, satu pintu utama dan satu pintu untuk akses ke dapur. Rumahnya sendiri tetap menyediakan dua kamar tidur hanya saja sudah menyediakan kamar pembantu (2+1).

Ulasan Proyek Graha Tirta Asri, Ciseeng, Bogor - 10

Fasilitas yang ada di dalam perumahan berupa Masjid dan Taman dan area bermain

Untuk membeli untuk rumah di Graha Tirta Asri ada beberapa kemudahan yang ditawarkan. Misalnya promo uang muka nol persen dan pembebasan berbagai biaya seperti BPHTB, biaya balik nama (BBN), dan biaya KPR. Selain itu ada juga tambahan gratis pemnasangan fiber optik triple play untuk internet, telepon, maupun TV Kabel.

 

 

 

Selengkapnya

Lokasi

Ulasan Proyek Graha Tirta Asri, Ciseeng, Bogor - 00

Ciseeng dan segudang potensi masa depannya.

Ciseeng merupakan salah satu wilayah kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sejak tahun 2000 lalu. Sebelumnya, Ciseeng bernama Putat Nutug dan hingga saat ini masih kerap disebut dengan istilah itu. Ciseeng mencakup 10 wilayah kelurahan di bawahnya yaitu Babakan, Cibeuteung Muara, Cibeteung Udik, Cibentang, Cihoe, Ciseeng, Karihkil, Kuripan, Parigi Mekar, dan Putat Nutug.

Kelebihan lokasi ini sudah sejak dulu banyak kegiatan perekonomian karena adanya Pasar Ciseeng yang tersambung dengan Pasar Parung. Lokasi yang tidak terlalu jauh membuat antara Pasar Ciseeng dengan Pasar Parung menjadi area komersial dengan banyaknya aktivitas niaga di sepanjang dua koridor pasar ini.

Pasar Ciseeng maupun Pasar Parung seperti menjadi pasar induk untuk mensuplai kebutuhan dapur di banyak lokasi sekitarannya. Pasar Ciseeng dan Pasar Parung ini juga menjadi transit pasar besar untuk mensuplai kebutuhan sayur-mayur, buah-buahaan, hingga hewan ternak ke berbagai pasar di wilayah Tangerang, Depok, hingga Jakarta.

Jadi kendati secara lokasi Ciseeng maupun Parung dianggap daerah pinggiran, tapi banyaknya kegiatan perniagaan dari pasar dan beberapa industri kecil lainnya membuat banyak kawasan lain seperti tergantung dengan wilayah ini. Hal ini akhirnya juga membuat masyarakat di daerah ini sangat dimudahkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya.

Menuju Lokasi

Ulasan Proyek Graha Tirta Asri, Ciseeng, Bogor - 01

Jarak dari pusat bisnis SCBD Sudirman Jakarta menuju Graha Tirta Asri Ciseeng sekitar 35km via jalan tol. Foto: Google.

Saat ini untuk mengakses perumahan Graha Tirta Asri masih relatif jauh dari akses jalan tol. Akses tol yang terdekat dari BORR kemudian menyusuri Jalan Raya Parung dan belok kiri di Jalan H. Mawi, dari sini ke lokasi perumahan jaraknya sektar 6km. Tol lainnya dari Serpong kemudian menyambung ke Rawa Buntu, Muncul, Gunung Sindur, hingga bertemu ke Perempatan Ciseeng dan lurus terus sekitaar 500 m hingga sampai di gerbang Graha Tirta Asri.

Dari Depok ada jalan tol Sawangan di km. 11 tol Antasari-Depok. Dari ini menyusuri Jalan Raya Sawangan hingga bertemu perempatan Bojongsari, belok kiri ke Jalan Raya Parung dan setelah 3km belok kanan (Pasar Parung). Dari sini lurus terus sektar 4km hingga bertemu dengan Perempatan Ciseeng.

Sementara dari Ciputat aksesnya menyusuri Jalan Dewi Sartika, Jalan RE Martadinata, Perempatan Gaplek (flyover), Jalan Bojongsari hingga lurus setelah Perempatan Bojongsari ke Pasar Parung. Seluruh rute jalannya relatif padat dan di beberapa ruas kerap macet.

Ulasan Proyek Graha Tirta Asri, Ciseeng, Bogor - 02

Kiri: Akses masuk dari Jalan Ciseeng hingga gerbang perumahan. Kanan: Jalan Raya Parung.

Untuk transportasi umum juga ada banyak pilihannya yang berkumpul di Pasar Parung maupun Terminal Merdeka di Bogor. Dari Ciputat ada angkot D29 ke Pasar Parung, dari Terminal Depok D03 juga ke Pasar Parung, atau D25 dari Sawangan ke Pasar Parung. Dari Pasar Parung ada banyak angkot yang melintas ke Jalan Ciseeng maupun Perempatan Ciseeng.

Dari Terminal Merdeka bisa menggunakan D06 dengan rute Jalan Dr. Semeru, Jalan Semplak, Salabenda, Kemang Parung, hingga ke Pasar Parung. Nantinya di sepanjang jalur Jalan Raya Parung akan dibangun flyover sehingga akses dari Bogor akan lebih mudah dan lancar.

Fasilitas Sekitar

Seperti tadi yang sudah disinggung, wilayah Ciseeng hingga Parung telah berkembang menjadi pasar besar sehingga tidak akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bila berhunian di daerah Ciseeng. Selain itu beberapa koridor jalan besar seperti Jalan Raya Parung hingga Gunung Sindur merupakan koridor utama yang menghubungkan wilayah Depok dan Serpong ke Bogor.

Ulasan Proyek Graha Tirta Asri, Ciseeng, Bogor - 12

Di Rumah.com, Anda bisa menemukan rumah baru maupun seken di Kawasan Ciseeng, Bogor dengan harga di bawah Rp400jutaan!

Karena itu koridor besar ini juga dipenuhi dengan berbagai sarana dan fasilitas mulai dari restoran dan tempat rekreasi keluarga, fasilitas pendidikan, sarana kesehatan, pusat perbelanjaan, hotel, perkantoran, pergudangan, hingga industri.

Ulasan Proyek Graha Tirta Asri, Ciseeng, Bogor - 03

Pasar Rakyat Ciseeng dan Mal Ciplaz Parung, dua perbelanjaan terdekat dari Graha Tirta Asri.

Namun fasilitas terdekat yaitu adanya pasar tradisional Pasar Rakyat Ciseeng yang lokasinya hanya 300 m dan banyaknya ruko-ruko yang menyediakan berbagai fasilitas komersial di Perempatan Ciseeng. Kemudian di wilayah Parung, selain ada pasar tradisional Parung juga ada mal City Plaza (Ciplaz) Parung.

Untuk fasilitas pendidikan juga sangat lengkap mulai pendidikan dasar hingga tinggi. Di surrounding 2-3km dari perumahan ada cukup banyak pilihan sekolah seperti SD Negeri 01 Ciseeng, SDIT Andalusia Ciseeng, SMP Negeri 2 Ciseeng, SMK Harapan, Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwa Ciseeng, dan sebagainya.

Ulasan Proyek Graha Tirta Asri, Ciseeng, Bogor - 04

Puskesmas Ciseeng dan Klinik Nabiya Merdeka, dua rumah sakit terdekat dari perumahan.

Sementara untuk fasilitas rumah sakit maupun kesehatan ada beragam pilihan yang jaraknya dekat dari perumahan. Misalnya Puskesmas Ciseeng, Rumah Sakit Sentosa, Klinik Nabiya Merdeka, Klinik Harum Parung, Mulai dari Parung hingga Ciseeng juga ada cukup banyak tempat praktik dokter dan apotek.

Selengkapnya

Ringkasan

Sebelum membeli rumah, Anda perlu loh mengetahui kredibilitas pengembang. Simak tipsnya disini!

Salah satu kelebihan lokasi Ciseeng yaitu karena merupakan perlintasan dan perbatasan dari wilayah Bogor, Tangerang, dan Depok. Seiring perkembangan infrastruktur jalan yang terus meningkatkan aksesibilitas kawasan besar Jabodetabek, wilayah-wilayah seperti Ciseeng pamornya juga terus meningkat.

Akhirnya pilihan produk hunian untuk pekerja dengan gaji di bawah Rp10 juta memang akan semakin terbatas. Karena itu penawaran perumahan seperti di Graha Tirta Asri yang masih bisa dicicil dengan Rp3 juta per bulan bisa menjadi solusi untuk pekerja yang bergaji mulai Rp9 juta/bulan.

Graha Tirta Asri akan mengembangkan lahan seluas 15 ha dan untuk tahap pertama ini yang akan dikembangkan separuhnya atau seluas 7,5 ha yang mencakup 475 unit rumah. Saat ini sudah terbangun sebanyak 60 unit rumah dan juga sudah mulai dihuni, yang ditawarkan saat ini unit rumahnya telah mengalami peningkatan spesifikasi bahan bangunan dari sebelumya menggunakan batako menjadi bata ringan.

Tertarik melihat review properti lain di sekitar Bogor? Lihat pilihannya di sini! 

 Bagi Anda yang masih memiliki pertanyaan seputar membeli rumah, temukan jawabannya di Panduan Rumah.com. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan melalui Tanya Properti.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Selengkapnya
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan