Granara Cluster Balsa, Bekasi

  • Boy Leonard
  • 21 November 2016

Kota Harapan Indah memiliki fasilitas lengkap dan telah menjadi salah satu kawasan mandiri besar di kota Bekasi. Kali ini Kota Harapan Indah hadir dengan cluster terbarunya yaitu Cluster Balsa.

Nama proyek: Cluster Balsa

Alamat: komplek Sentra Niaga, Bulevar Hijau Kav. 33-35 Medan Satria Bekasi

Tipe: Rumah dan Komersial

Luas area:

Tipe Unit:

Ochrom. Luas tanah 140 m2. Luas bangunan 56 m2. Harga Rp1,1 miliar

Mallow. Luas tanah 90 m2. Luas bangunan 53 m2. Harga Rp810 Juta

Malva. Luas tanah 108 m2. Luas bangunan 48 m2. Harga Rp887 Juta

Pondasi: tiang pancang + sloof beton bertulang

Struktur: beton bertulang

Dinding: bata ringan diplester, diaci, dicat

Lantai R. utama: Homogeneous Tile 40x40cm

Lantai R. service: keramik 20x20cm

Plafon: gypsum board dicat

Atap: baja ringan

Daun pintu: pintu engineering

Kusen: allumunium

Instalasi air: pipa PVC

Dapur: meja beton, keramik 20×40, kitchen sink stainless steel

Sanitair: kloset duduk

Listrik: PLN 1300 watt/ 220 VA

Analisis

Bicara tentang Kota Harapan Indah tentu tidak bisa lepas dari Damai Putra Group selaku pengembang yang telah keras mewujudkan sebuah kawasan mandiri berlokasi di tepi Jakarta Timur dan Bekasi.

Setelah membangun Kota Harapan Indah, Damai Putra Group kemudian mulai bergerak membangun proyek-proyek hunian di sekitaran kawasan Kota Harapan Indah.

Jadi jangan heran jika begitu memasuki Kota Harapan Indah Anda akan disambut oleh banyak proyek perumahan besar milik pengembang ini salah satunya yang terbaru adalah Cluster Balsa.

Cluster Balsa hadir di tengah proyek perumahan lain dari Damai Putra Group untuk memenuhi kebutuhan hunian menengah di kawasan strategis, oleh karena itu hunian di tawarkan pun rata-rata tidak memakan habis bidang tanah yang tersedia.

Meski pun begitu, unit rumah tetap menyediakan dua kamar seperti yang banyak diharapkan oleh mereka yang baru akan membeli rumah pertama mereka.

Istimewanya lagi, di Cluster Balsa Anda disediakan ruang untuk menuangkan kreativitas Anda sendiri lewat sisa tanah yang ada. Dari segi tampak depan rumah pun dipercantik oleh penggunaan batu alam sebagai ornament utama untuk memberikan kesan alami dan eksklusif.

Dari segi proyek lain, tentunya Anda memiliki banyak piilihan selain Cluster Balsa. sebagai alternative, Anda dapat memilih Cluster Adara yang merupakan proyek perumahan Damai Putra Group yang dirilis kurang lebih setahun yang lalu.

Cluster Adara memiliki luas tanah dan bangunan lebih, dan tentunya harga yang di atas harga unit di Cluster Balsa.

Perumahan Tanggal Luas bangunan Harga Per meter persegi
Cluster Adara 7/03/2015 80 1,150 miliar 19,3 Juta rupiah
Cluster Adara 9/09/16 80 1,616 20,2 Juta rupiah
Cluster Balsa 10/11/16 56 1,1 miliar 19,6 Juta rupiah

Tabel ini menunjukan kenaikan harga properti di Kota Harapan Indah yang mencapai 516 Juta per tahun, ini mengindikasikan jika kawasan ini banyak diminati para pencari rumah pertama karena fasilitas dan lokasi yang strategis.

Kenaikan nilai investasi properti di kawasan Kota Harapan Indah yang terbilang tinggi nantinya akan semakin tinggi lagi lantaran kawasan ini nantinya akan memiliki mall tersendiri dan juga berbagai merchant yang terus memenuhi Kota Harapan Indah.

Contohnya, sebentar lagi Gramedia Kota Harapan Indah akan mulai beroperasi.

Belum pembangunan kota Bekasi seperti akses tol baru JORR 2, kereta cepat, dan juga proyek Becakayu yang saat ini sudah mulai terlihat ruas-ruas jalannya di sepanjang Kalimalang mulai dari Jakarta Timur sampai ke Kota Bekasi.

Tahun depan dicanangkan Bekasi sebagai kota investasi, bukan tidak mungkin kota Bekasi kebanjiran investor tahun depan.

 

Selengkapnya

Detail Properti

Cluster Balsa berada di dalam kawasan Greenara Residence, salah satu proyek perumahan besar di Kota Harapan Indah besutan Damai Putra Group.

Lokasinya masih berada di dekat Kota Harapan Indah sehingga penghuninya masih bisa merasakan lengkapnya fasilitas umum di salah satu kawasan mandiri besar di Bekasi.

Meski pun terbilang dekat dengan Kota Harapan Indah, namun Cluster Balsa juga tidak lupa memberikan fasilitas seperti taman, taman bermain anak-anak, dan Jogging Track untuk kenyamanan para penghuninya.

Memiliki luas total 4 hektar, Cluster Balsa menawarkan sebuah hunian dengan sisa tanah yang cukup besar untuk kemudian dibentuk oleh penghuninya sendiri.

Contohnya pada tipe Malva, dari total luas tanah 108m2 yang diberikan, hanya 48m2 yang digarap untuk bangunan rumah.

Cluster Balsa menyediakan rumah tumbuh; rumah dengan satu hingga dua kamar tidur dengan sisa lahan yang luas. Sisa lahan ini bisa dikembangkan seiring bertambahnya jumlah anggota keluarga.

Sambutan masyarakat atas hadirnya Cluster Balsa bisa dibilang cukup antusias, dari pertama kali di-lauching pada tanggal 30 Oktober lalu sudah kurang lebih 80% unit terjual di perumahan ini dan pembangunan pun langsung segera dilakukan.

Agar mendapat gambaran yang lebih lengkap, mari kita mengintip sejenak tipe Mallow dengan luas tanah 90m2 dan bangunan 53m2  terbilang unit dengan luas tanah terkecil.

Fasad dihiasi oleh bebatuan alam untuk memberikan ornament yang unik dan cantik, di bagian depan juga terdapat carport dengan kapasitas satu mobil yang pastinya dibutuhkan untuk para keluarga kecil. Di lantai satu terdapat ruang tamu, kamar mandi, dan sebuah kamar.

Ada pun kamar utama letaknya di lantai dua, dilengkapi balkon yang langsung menghadap ke depan untuk sirkulasi udara dan sinar matahari. Di lantai dua juga disematkan sebuah kamar mandi.

Greenara Cluster Balsa

Desain dan denah pada tipe Mellow, satu kamar di bawah dan satu di atas.

Greenara Cluster Balsa

Tipe Malva menyediakan hunian dengan satu unit kamar tidur, namun struktur untuk penambahan ruangan di lantai atas sudah disiapkan.

Greenara Cluster Balsa

Tipe Ochrom memiliki dua kamar tidur yang keduanya terletak di lantai atas. Praktis, kecuali kamar mandi, di lantai satu hanya terdapat satu ruangan tanpa sekat. Aktivitas sosial terasa lebih lapang.

Greenara Cluster Balsa

Master Plan Greenara Residence/Kota Harapan Indah yang dibesut oleh Damai Putra Group.

Greenara Cluster Balsa

Master Plan khusus Cluster Balsa untuk gambaran lebih menyeluruh.

Selengkapnya

Lokasi

Setidaknya semenjak 2015 yang lalu kota Bekasi mulai bersemangat untuk menata diri dalam agar dapat menjadi kota Megapolitan.

Mungkin ini ada kaitannya dengan cemoohan di media sosial beberapa waktu silam tentang kota yang dijuluki Kota Beriman ini, jika memang benar, berarti kota Bekasi ingin menunjukan jati dirinya sesungguhnya sebagai kota yang memiliki potensi investasi yang baik.

Pada Februari lalu, Kepala Bappeda Bekasi, Jumhana Luthfi, memaparkan kepada Beritasatu bahwa tahun 2017 nanti ditargetkan menjadi tahun Investasi Bekasi. Hadirnya banyak proyek besar di Bekasi seperti Becakayu, LRT, dan kereta cepat disinyalir menjadi indikasi akan naiknya perekonomian di kota ini nantinya.

Greenara Cluster Balsa

Landmark Kota Harapan Indah. Ini adalah salah satu kawasan hunian terpadu terbesar di Bekasi.

Pemerintah kota Bekasi menargetkan investasi mencapai Rp10 triliun di tahun 2017 mendatang, Jumhana Luthfi mengatakan bahwa pertumbuhan investasi di Bekasi meningkat 4,5 triliun di tahun 2015 lalu sehingga angka target yang dicanangkan dirasakan realistis untuk dicapai.

Rencana ini dikuatkan oleh janji Walikota Bekasi Rahmat Effedi, yang dilangsir dari Dakta, bahwa ia akan menjamin keamanan berinvestasi di kota yang ia pimpin.

Greenara Cluster Balsa

Kota Bekasi menjadi salah satu kawasan sunrise property hingga 2017 mendatang.

Menuju lokasi: Kota Harapan Indah faktanya masih berada di dalam wilayah Bekasi, namun lebih condong ke wilayah Jakarta Timur.

Hal ini membuat Kota Harapan Indah memiliki dua akses dari kota yang berbeda. Dari kota Bekasi Anda dapat mengaksesnya lewat tol Bekasi Barat berjarak 8km (18 menit berkendara pada jalan normal).

Jika Anda melalui tol Cakung jarak Anda dapat memangkas jarak dan waktu tempuh, dari tol Cakung, Kota Harapan Indah berjarak 7km dengan waktu tempuh 13 menit dalam kondisi jalan normal.

Ini menguntungkan Anda yang bekerja di Jakarta lantaran akses dari Jakarta yang mudah dan dekat.

Greenara Cluster Balsa

Letaknya yang condong ke Jakarta Timur membuat Kota Harapan Indah dekat dengan gerbang tol Cakung. Gambar Google.

Greenara Cluster Balsa

Dari arah Bekasi pun Anda dapat mengakses Kota Harapan Indah lewat tol Bekasi Barat berjarak kurang lebih 8km. Gambar: Google.

Kota Harapan Indah merupakan sebuah kawasan mandiri yang memiliki fasilitasnya sendiri. Begitu juga di sektor transportasi, Kota Harapan Indah dapat diakses dengan angkutan kota atau pun transportasi yang dikelola oleh Kota Harapan Indah sendiri.

Untuk transportasi angkutan kota, cluster Balsa dilalui oleh angkutan K-30 dengan trayek Kota Harapan Indah-Terminal Bekasi.

Sedangkan transportasi Kota Harapan Indah yang dapat Anda gunakan adalah DAMRI (KHI-Bandara Soekarno Hatta), Bis Mayasari (KHI-Blok M), Primajasa (KHI-Bandung) dan Transjabodetabek dengan rute KHI-Ujung Menteng-Cakung Perintis Kemerdekaan-Senen-Gatot Subroto-Pejabon-Istiqlal-Catedral-Pasar Baru.

Untuk mengakomodasi angkutan umum tersebut, Kota Harapan Indah membangun halte-halte di dalam wilayahnya.

Greenara Cluster Balsa

Begitu besarnya kawasan ini, perusahaan angkutan umum menjadikan Kota Harapan Indah sebagai salah satu trayek utama.

Satu lagi angkutan umum yang tidak boleh terlewat adalah commuterline. Untuk menuju atau pun keluar dari Kota Harapan Indah terdapat stasiun Kranji di sisi Bekasi dan Stasiun Cakung di sisi Jakarta Timur.

Letak keduanya berdekatan dengan Kota Harapan Indah. Jika Anda ingin naik commuterline dari Kranji Anda dapat menggunkan angkutan K-30 dari Kota Harapan Indah, namun jika ingin ke stasiun Cakung Anda dapat menaiki angkutan T-31 jurusan Pulo Gadung-Kota Harapan Indah.

Greenara Cluster Balsa

Jika Anda pengguna commuterline, Anda dapat turun di stasiun terdekat yaitu stasiun Cakung atau Kranji.

Perumahan: Bukan Kota Harapan Indah namanya bila tidak memiliki fasilitas umum yang lengkap, kawasan ini merupakan salah satu dari kawasan hunian mandiri di Bekasi yang sudah beroperasi dan menarik perhatian warga sekitarnya.

Jadi, jangan heran jika kawasan komersil di kawasan Kota Harapan Indah ramai dikunjungi orang terutama pada malam minggu.

Namun apakah hanya kawasan komersial saja yang menjadi daya tarik Kota Harapan Indah? Tentunya tidak, ada berjibun fasilitas umum yang menjaga hidup Anda dan keluarga tetap nyaman dan tentram.

 

 

 

 

  • 5 menit ke rumah sakit
  • 5 menit ke pasar modern, Giant Ekstra, dan Carefour
  • Transportasi Transjakarta dan Commuterline
  • 5 menit ke Transera Water Park
  • 5 menit ke sekolah bergengsi

Pada prioritas utama adalah fasilitas rumah sakit untuk pertolongan dalam bidang medis untuk keluarga, di kawasan Kota Harapan Indah terdapat rumah sakit Citra Harapan lima menit dari cluster Balsa.

Rumah sakit ini menyediakan layanan ambulance 24 jam demi pelayanan kesehatan yang optimal dan tanggap ketika dibutuhkan, selain itu ketika sampai di rumah sakit pun ada dokter spesialis, dokter sub spesialis, dokter umum, dokter gigi, baik rawat jalan, rawat inap, gawat darurat maupun rawat intensif yang siap memberikan pelayanan untuk Anda dan juga keluarga.

Rumah sakit Citra Harapan juga memiliki rawat inap VVIP, VIP,Kelas I, Isolasi, Kelas II, Kelas III Dewasa, Kelas III Anak.

Greenara Cluster Balsa

Rumah sakit Citra Harapan merupakan fasilitas kesehatan di Kota Harapan Indah.

Kalau masalah berbelanja kebutuhan sehari-hari, Anda dapat memanfaatkan fasilitas perbelanjaan yang bervariasi.

Di Kota Harapan Indah terdapat dua tempat berbelanja modern yaitu Giant Eksra dan Carrefour, keduanya berjarak 5 menit dari Cluster Balsa. Keduanya memiliki gedung besar dan parkiran luas, dari segi barang-barang yang tersedia pun keduanya lengkap mulai dari kebutuhan dapur, peralatan rumah tangga, furniture, sampai ke elektronik.

Tak perlu jauh-jauh jika Anda membutuhkan barang-barang tersebut karena di Giant Ekstra dan Carrefour semua tersedia, tinggal pilih sesuai dengan keinginan Anda atau pun yang memberikan penawaran harga termurah.

Greenara Cluster Balsa

Carrefour di kawasan Kota Harapan Indah memberikan kemudahan dalam Anda berbelanja.

Greenara Cluster Balsa

Di sisi lain, Giant Ekstra pun hadir untuk memberikan Anda pengalaman berbelanja yang tak kalah menyenangkan dan mudah.

Tunggu, fasilitas berbelanja yang hadir untuk Anda di Kota Harapan Indah tidak berhenti sampai di pusat perbelanjaan modern, tapi juga perbelanjaan tradisional.

Kota Harapan Indah juga memiliki fasilitas pasar tradisional namun bernuansa modern yang biasa disebut pasar modern, masih dalam jangkauan 5 menit berkendara dari Cluster Balsa.

Di pasar modern ini Anda tidak akan menemukan jalanan yang becek atau pun bau tidak sedap yang menyengat lantaran sudah menggunakan konsep modern yang bersih serta nyaman.

Greenara Cluster Balsa

Pasar Modern Kota Harapan Indah juga tidak mau kalah di tengah tren supermarket yang bertebaran di mana-mana.

Fasilitas SPBU pun tersedia di dalam kawasan Kota Harapan Indah, tepatnya terletak di dekat wisata air Transera.

Berlanjut ke fasilitas pendidikan, Kota Harapan Indah memiliki fasilitas pendidikan berkualitas untuk putra dan putri Anda mulai dari pendidikan dini sampai menengah atas.

Dalam hal pendidikan usia dini Anda dapat mempercayakannya ke Cherry Montessori School. Sekolah ini mengedepankan aspek bahasa seperti membaca dan menulis yang nantinya menjadi dasar dan awal perkembangan kecerdasan anak-anak nantinya.

Sekolah ini juga mengiplementasikan kurikulum berlandaskan practical life, sensorial, mathematics, language, dan cultural. Sekolah ini tentu akan memberikan pendidikan yang maksimal untuk tumbuh dan kembang si kecil.

Greenara Cluster Balsa

Penerapan pendidikan berdasarkan practical life akan mengoptimalkan kecerdasan si kecil menuju masa kedewasaan (sumber foto: website Cherry Montessori School).

Greenara Cluster Balsa

Gedung Cherry Montessori School yang berwarna-warni cantik sehingga menyenangkan untuk anak-anak.

Sekolah lain yang ada di dalam kawasan Kota Harapan Indah adalah sekolah Al Azhar dan BPK Penabur, kedua sekolah ini juga memiliki reputasi pendidikan yang baik dan membuka kelas sampai jenjang pendidikan sekolah menengah atas.

Greenara Cluster Balsa

Sekolah Al Azhar Harapan Indah bisa menjadi pilihan pendidikan untuk putra dan putri Anda.

Greenara Cluster Balsa

Pusat kuliner khas Kota Harapan Indah Meli-melo akan memanjakan lidah dengan tenan makanan yang beragam.

Satu lagi fasilitas di Kota Harapan Indah yang menarik untuk Anda dan belum tentu Anda temukan di tempat lain yaitu pusat kuliner Meli-Melo lengkap dengan tenant berbagai gerai makan yang menarik.

Di dalamnya terdapat Yoshinoya, Wingstop, dan Carls Jr. selain fasilitas kuliner Meli-Melo ada juga fasilitas wisata air atau waterpark yang bisa menjadi destinasi Anda dan keluarga di saat akhir pekan yaitu Transera Water Park yang kesemua berjarak hanya 5 menit dari Cluster Balsa.

Greenara Cluster Balsa

Transera Water Park adalah pusat rekreasi favorit keluarga di Kota Harapan Indah.

Greenara Cluster Balsa

Desain dan denah pada tipe Mellow, satu kamar di bawah dan satu di atas.

Selengkapnya

Ringkasan

Anda pasti telah mendengar tentang Kota Harapan Indah sebelumnya, dan telah mengetahui seberapa strategis dan lengkapnya fasilitas umum terdapat di kawasan strategis ini.

Jika Anda ingin memiliki tempat tinggal di kawasan menjanjikan ini tentu Anda harus mulai blusukan dari sekarang, dan Cluster Balsa dapat menjadi perhentian Anda karena cluster ini menawarkan rumah dengan harga yang lebih murah ketimbang saudaranya.

Cluster Balsa berada di kawasan yang sedang getol mengadakan pembangunan, sehingga prospek invetasinya pun cerah.

Meski demikian, dengan anggaran yang setara, Anda masih memiliki sejumlah pilihan hunian dengan spesifikasi jumlah kamar tidur yang sama atau lebih banyak, namun dengan lokasi yang harus dikompromikan. (Ade Igama)

Selengkapnya
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan