Grand Arumba, Tunggulwulung, Malang

  • maharanita
  • 21 Oktober 2020

Grand Arumba dikembangkan oleh Dewata Properti Investama, nama yang relatif baru di dunia pengembang properti. Kendati demikian, perusahaan ini sudah lebih dulu bergerak di sektor properti sebagai agensi properti. Grand Arumba adalah proyek pertama mereka.

Nama proyek: Grand Arumba

Alamat: Jl. Arumba, Tunggulwulung, Malang

Luas: 2,5 hektare

Tipe: Rumah

Jumlah : 218 unit

Tipe unit:

La Rochelle dengan luas tanah 91m2 dan luas bangunan 77m2. Harga Rp830 jutaan

Arlington dengan luas tanah 84m2 dan luas bangunan 45m2. Harga Rp560 jutaan

Atwood 1 dengan luas tanah 85m2 dan luas bangunan 40m2. Harga Rp530 jutaan

Atwood 2 dengan luas tanah 72m2 dan luas bangunan 40m2. Harga Rp480 jutaan

Richmond dengan luas tanah 70m2 dan luas bangunan 48m2. Harga 540 jutaan

Crystalline dengan luas tanah 60m2 dan luas bangunan 48m2. Harga Rp500 jutaan

Spesifikasi Teknis

Pondasi: Batu Kali

Dinding: Bata ringan, plester, finishing cat, double dinding, ornamen kayu dan besi

Struktur: Beton bertulang

Rangka Atap: Galvalum finishing, genteng beton

Kusen: Pintu dan jendela alumunium

Pintu: Engineering door

Lantai: Granit 60x60cm

Sanitair: Closet duduk, shower

Daya listrik: 1300 watt

Air: PDAM

Analisis

Desain 3D unit Crystalline.

Desain 3D unit Crystalline.

Grand Arumba terletak di tak jauh dari kawasan ekonomi Soekarno-Hatta. Melihat perkembangannya yang terjadi saat ini, bisa dipastikan kawasan Suhat, sebutan populer untuk kawasan ini, akan terus berkembang di kemudian hari. Grand Arumba yang lokasinya tak jauh dari kawasan ini sudah pasti akan ikut menikmati imbas positif dari perkembangan tersebut.

Melihat data Rumah.com Property Market Index, saat ini harga properti mengalami kenaikan sebesar 7% per tahun. Tetapi untuk rumah baru, bisa dipastikan kenaikannya akan lebih pesat. Anda bisa mengharapkan kenaikan antara 20-30% per tahun di kawasan ini. Dengan demikian, sangat bisa diprediksi jika tahun depan harga unit ini mencapai Rp600 juta-Rp700 juta tahun depan.

Di Rumah.com, Anda bisa menemukan pilihan hunian terbaik di sekitar Lowokwaru, Malang, dengan harga di bawah Rp400 Juta.

Di Rumah.com, Anda bisa menemukan pilihan hunian terbaik di sekitar Lowokwaru, Malang, dengan harga di bawah Rp400 Juta.

Sementara itu, faktor kedekatan dengan kawasan ekonomi juga membuat Grand Arumba memiliki peluang investasi yang cukup baik. Tak hanya dari sisi capital gain, Anda juga bisa menyewakannya dengan estimasi 30 juta per tahun untuk tipe 2 kamar tidur.

Selengkapnya

Detail Properti

Grand Arumba sudah mengusung sistem perumahan cluster yang lazim diterapkan pada perumahan-perumahan baru. Sistem cluster ini membuat lingkungan menjadi lebih aman karena setiap aktivitas di lingkungan perumahan dapat dipantau dengan lebih baik.

Fasilitas di dalam perumahan

Ulasan Properti Grand Arumba, Lowokwaru, Malang - 05

Tampak progress pembangunan Grand Arumba. Foto: Dewata Propertindo Investama.

Grand Arumba yang berdiri seluas kurang-lebih 2,5 hektare ini memiliki 218 unit. Perumahan ini sudah menerapkan sistem cluster, yang artinya aktivitas keluar-masuk penghuni maupun penghujung lainnya hanya melalui satu pintu, atau yang populer dengan sebutan one-gate system.

Pintu gerbang satu-satunya ini akan diawasi oleh petugas keamanan serta CCTV. Petugas keamanan juga akan berkeliling secara bergantian untuk memastikan keamanan penghuni. CCTV juga tidak hanya berada di gerbang keluar-masuk perumahan, tetapi juga di beberapa titik strategis di lingkungan perumahan. Untuk menambah keamanan, pengunjung juga akan diberi kartu akses keluar masuk elektronik.

Sementara itu, tamu-tamu yang datang akan diminta untuk menukar KTP atau SIM dengan kartu akses sementara. Kartu akses ini harus dikembalikan agar pengunjung bisa mendapatkan kembali kartu identitasnya.

Selain akses keamanan, Grand Arumba juga memberikan perhatian pada kenyamanan penghuninnya. Perumahan ini akan mendirikan satu masjid di dalam lingkungan perumahan. Masjid ini akan mempermudah penghuni menjalankan kegiatan ibadahnya tanpa harus keluar-masuk perumahan. Untuk anak-anak, pengembang juga mengalokasikan lahan untuk taman bermain. Untuk menjaga faktor kesehatan fisik dan mental, tersedia juga jogging track serta taman hijau di dalam perumahan.

Detail unit

Bagi Anda yang penasaran dengan detail unit yang dibangun pengembang Grand Arumba, Anda bisa datang langsung ke lokasi karena saat ini sudah ada beberapa unit yang telah rampung. Namun, jika Anda tak punya waktu, jangan khawatir, Rumah.com akan memberikan ulasannya untuk Anda, terutama untuk unit tipe Crystalline dengan luas tanah 60m2 dan luas bangunan 48m2.

Ulasan Properti Grand Arumba, Lowokwaru, Malang - 06

Fasad tipe Crystalline mengusung desain minimalis dengan gaya atap modern dan bukaan berukuran besar.

Dari depan, tipe Crystalline mengusung desain fasad minimalis tanpa pagar. Memang tidak terlalu banyak lahan yang tersisa untuk taman di bagian depan ini, namun Anda bisa membuat taman yang lebar di belakang rumah. Bagian depan tampak dioptimalkan untuk memuat kendaraan. Dengan rata-rata orang memiliki minimal satu mobil dan satu sepeda motor, unit ini menyediakan carport yang cukup luas untuk menempatkan keduanya sekaligus.

Desain fasad tipe Crystalline mengusung desain minimalis yang sedang populer. Bentuk bangunan dengan sudut-sudut simetris yang tegas dimaksudkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan ruang. Penggunaan jendela berukuran besar dimaksudkan untuk memaksimalkan asupan cahaya serta udara. Desain ini memang cocok untuk rumah-rumah berukuran kecil, seperti Crystalline.

Jendela berukuran besar ini juga secara psikologis memberikan kesan luas pada rumah karena pandangan tidak melulu terhalang tembok.

Tampak pada denah masih ada sisa lahan yang bisa dimanfaatkan untuk penambahan bangunan.

Tampak pada denah masih ada sisa lahan yang bisa dimanfaatkan untuk penambahan bangunan.

Crystalline hanya memiliki dua kamar tidur meskipun bangunannya terdiri dari dua lantai. Namun tak perlu khawatir, tipe ini masih menyisakan lahan terbuka di bagian belakang seluas kurang-lebih 16m2. Jika Anda memerlukan ruang tambahan baik untuk ruang makan, gudang, maupun kamar tidur tambahan, Anda bisa membangunnya di lahan tersisa.

Dengan karakter seperti ini, tipe Crystalline merupakan jenis ‘rumah tumbuh’. Yaitu rumah yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan di kemudian hari. Hunian semacam ini cocok bagi Anda yang hendak membeli rumah pertama dengan anggaran terbatas, atau keluarga muda yang belum atau baru memiliki satu anak.

Ulasan Properti Grand Arumba, Lowokwaru, Malang - 08

Kiri: Pemandangan setelah memasuki pintu utama. Pintu hitam menuju kamar mandi, sedangkan pintu putih menuju dapur. Kanan: Pemandangan di ruang tengah menghadap ke pintu utama.

Ulasan Properti Grand Arumba, Lowokwaru, Malang - 09

Kiri: Ujung tangga di lantai dua dengan jendela besar menghadap ke halaman belakang. Kanan: Balkon terletak di sisi kanan setelah ujung tangga.

Karena lahan yang terbatas, terutama untuk luas bangunannya, maka desain interior tipe Crystalline ini benar-benar difokuskan untuk ruang inti saja seperti kamar mandi, kamar tidur, ruang tengah, dan dapur. Lantai satu praktis menjadi area sosial atau area sibuk, di mana hanya terdapat ruang tengah dan dapur.

Sebaliknya, lantai dua adalah area individual, tidak ada ruang tengah/ruang keluarga di sini, hanya ada dua kamar tidur yang bersebelahan. Namun, di lantai dua terdapat sebuah balkon kecil yang cukup efektif untuk menghilangkan kesan sumpek di lantai atas.

Penggunaan jendela besar di kedua sisi ini membuat lantai dua terlihat lebih luas meskipun luas bangunannya dimaksimalkan untuk ruang tidur, tanpa ada living room di sini.

Ulasan Properti Grand Arumba, Lowokwaru, Malang - 10

Kiri: Area dapur di bagian belakang masih berbentuk semi terbuka. Kanan: Kamar mandi dengan susunan yang simple; hanya shower dan closet duduk.

Sekali lagi, karena lahan bangunan yang terbatas, desain interior unit ini memang sangat minimalis. Untuk kamar mandi, misalnya, praktis Anda hanya akan melihat pancuran dan closet. Tidak ada wastafel ataupun fitur lain, apalagi pembagian area basah dan kering.

Begitu pula area dapur yang masih daam kondisi semi terbuka di belakang. Anda sudah pasti harus membuatnya tertutup, entah dengan atap permanen ataupun kanopi. Tetapi sekali lagi, ini adalah rumah tumbuh yang bisa Anda kembangkan saat Anda memiliki dana lebih. Sebab yang terpenting bagi pencari rumah adalah mendapatkan hunian dengan harga sesuai anggaran di lokasi yang seideal mungkin. Inilah yang coba ditawarkan Dewata Propertindo Investama lewat Grand Arumba tipe Crystalline.

Selengkapnya

Lokasi

Ulasan Properti Grand Arumba, Lowokwaru, Malang - 01

Soekarno-Hatta menjadi keunggulan utama kawasan Lowokwaru.

Jalan Arumba, di mana Grand Arumba berada, terletak hanya 2km dari Jalan Soekarno-Hatta, Lowokwaru, salah satu jalan utama di Kota Malang. Kawasan Soekarno-Hatta telah bermetamorfosis menjadi kawasan tersibuk di kota yang berhawa sejuk ini.

Tak terhitung banyaknya tempat hang-out yang terletak di sepanjang jalan raya Soekarno-Hatta. Karena itu, tak heran jika kawasan ini menjadi kawasan favorit anak muda. Apalagi, jaraknya tak terlalu jauh dari pusat Kota Malang. Di balik perkembangannya, Soekarno-Hatta bisa dibilang kawasan yang paling akhir berkembang. Tahun 1990an, kawasan ini justru lebih dikenal karena keangkerannya ketimbang ke-gaul-annya.

Kawasan ini kini menjadi salah satu kawasan dengan perputaran ekonomi yang besar selain pusat bisnis Kota Malang yang berada di sekitar kawasan alun-alun.

Menuju Lokasi

Ulasan Properti Grand Arumba, Lowokwaru, Malang - 02

Jarak Grand Arumba dengan alun-alun Kota Malang sekitar 9km. Begitu juga dari exit toll Singasari. Gambar: Google.

Jika Anda datang dari arah Surabaya dan keluar di gerbang tol Singosari, ikuti saja jalan setelah keluar tol tersebut, yakni jalan Perusahaan Raya/Kepuharjo hingga sejauh kurang lebih 4,9km. Anda akan tiba di persimpangan Kepuharjo dan Jalan Atletik. Belok kiri ke Jalan Atletik dan ikuti jalurnya hingga persimpangan jalan Renang dan Loncat Indah, belok kiri ke jalan Loncat Indah. Sekitar 1,25km Anda akan tiba di pertigaan Jalan Arumba, belok kiri ke Jalan Arumba dan setelah kurang lebih 1km Anda akan melihat perumahan Grand Arumba di sisi kanan jalan. Jarak dari pintu tol ke lokasi sekitar

Jika Anda datang dari pusat kota atau alun-alun, arahkan perjalanan ke Jalan Soekarno-Hatta, setelah melewati Rumah Sakit Universitas Brawijaya, beloklah ke jalan Candi Panggung. Sekitar 1,5km menyusuri Candi Panggung, beloklah ke kanan ke Jalan Akordion. Jalan terus hingga sekitar 400 meter, Anda akan melihat Jalan Arumba di sebelah kiri. Masuk kiri dan berjalan kurang lebih 1km untuk menemukan Grand Arumba di sisi kanan.

Jika mengggunakan kendaraan pribadi, dari arah Jakarta khusunya dari jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, arahkan kendaraan Anda menuju ke Pasar Minggu. Kira-kira sekitar jarak 3km, di sebelah kiri Anda akan menemukan jalan Gabus Raya, lalu belok kiri. Ikuti jalan, sekitar 350 meter dari jalan Gabus Raya Anda akan menemukan hunian Simatupang Residence.

Fasilitas Sekitar

Keunggulan utama Grand Arumba sudah pasti kedekatannya dengan Jalan Raya Soekarno-Hatta. Seperti disebutkan sebelumnya, ini adalah pusat hang-out paling kekinian bagi milenial Kota Malang dan sekitarnya. Karena itu, Anda akan mudah sekali menemukan beragam tempat kuliner mulai dari cafe, resto, hingga tempat ngopi dan tempat makan kaki lima di sepanjang jalan ini. Paling banyak, tentu saja, adalah coffee shop yang memang sedang populer dalam beberapa tahun terakhir.

Ulasan Properti Grand Arumba, Lowokwaru, Malang - 03

Kiri: Coffee shop Sejenak, yang menawarkan kopi nikmat dalam suasana etnik yang cozy (Sumber: Instagram @sejenak.coffeehouse). Kanan: Dialoogi, tak hanya menawarkan kopi enak, tetapi juga ruang kerja bernuansa industrial yang nyaman (Sumber: Dialoogi).

Sementara itu, mal terdekat yang bisa Anda jangkau dari Grand Arumba adalah Malang Town Square di Jalan Veteran. Jaraknya sekitar 5km dari Grand Arumba. Ada beragam tenant tersedia di mal ini. Untuk mengisi perut, Anda bisa memilih mulai dari Yoshinoya, Pizza Hut, D’Cost, dan lainnya. Untuk kebutuhan sehari-hari, Anda bisa mengunjungi Hypermart, yang menyediakan tak hanya kebutuhan rumah tangga, tetapi juga hingga peralatan elektronik seperti televisi, kulkas, hingga AC. Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan menonton film terbaru di Cinemaxx di sini.

Ulasan Properti Grand Arumba, Lowokwaru, Malang - 04

Malang Town Square, mal terdekat dari Grand Arumba. Sumber: Lippomalls.

Pilihan mal lainnya adalah Plaza Araya, yang terletak sekitar 9km dari Grand Arumba, tepatnya di jalan Panji Suroso, Blimbing. Di mal ini terdapaat merchant ACE Hardware dan Informa untuk memenuhi kebutuhan peralatan rumah dan bangunan serta perabotan.

Untuk fasilitas kesehatan, bisa menuju Rumah Permata Bunda, jaraknya hanya sekitar 2km dari lokasi. Rumah sakit ini memang berfokus pada layanan ibu dan anak. Tak heran, fasilitas terkaitnya pun cukup memadai seperti laboratorium 24 jam, UGD 24 jam, persalinan 24 jam, keluarga berencana, USG 4D, Ambulans, dan lainnya. Namun, rumah sakit ini juga memberikan pelayanan kesehatan lain dengan adanya poliklinik-poliklinik dan instalasi-instalasi seperti radiologi, bedah, hingga unit perawatan intensif.

Untuk pilihan fasilitas kesehatan lainnya, Anda bisa menuju Rumah Sakit Universitas Brawijaya. Rumah sakit ini cukup populer dan menjadi rujukan utama masyarakat sekitar. Rumah sakit ini menyediakan layanan umum seperti IGD, ICU, radiologi, ruang bersalin, laboratorium, Medical Check Up (MCU), dan poliklinik. Jarak dari Grand Arumba ke RSUB sekitar 3,8km.

Fasilitas pendidikan adalah hal yang tak kalah penting saat mencari hunian. Sekolah Dasar Negeri Tunggulwulung 1 (1,2km), SD Islam Al-Umm (5km), SD Muhammadiyah (3,4km), Sekolah Kristen Kalam Kudus (7km), adalah beberapa sekolah jenjang awal untuk putra-putri Anda. Hunian ini juga dikelilingi beragam universitas ternama di Malang.

Universitas Brawijaya, misalnya. Jaraknya hanya 4,2km dari lokasi. Universitas ini adalah salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia dan selalu menjadi incaran setiap lulusan SMA. Tak heran, mahasiswanya berasal dari penjuru Nusantara. Selain itu, terdapat pula Universitas Negeri Malang (5,5km), dan salah satu universitas Islam ternama di Indonesia, Universitas Muhammadiyah, dengan sejumlah kampus di lokasi yang berbeda namun masih dalam radius 5km dari Grand Arumba.

Di Rumah.com, Anda bisa menemukan pilihan hunian terbaik di sekitar Lowokwaru, Malang, dengan harga di bawah Rp400 Juta.

Di Rumah.com, Anda bisa menemukan pilihan hunian terbaik di sekitar Lowokwaru, Malang, dengan harga di bawah Rp400 Juta.

Selengkapnya

Ringkasan

Cermatlah dalam memilih properti untuk investasi. Simak tipsnya berikut ini!

Grand Arumba menawarkan hunian di lokasi prospektif, dekat kawasan Soekarno-Hatta dengan harga yang relatif terjangkau. Pilihan unit dengan karakter rumah tumbuh menjadikan Grand Arumba cocok untuk pencari rumah pertama atau keluarga kecil.

Lokasi ini cukup strategis karena Anda bisa menjangkau pusat kota (alun-alun) dan juga pintu tol Singasari dalam waktu kurang dari 30 menit.

Tertarik melihat review properti lain di Kota Malang? Lihat pilihannya di sini! 

 Bagi Anda yang masih memiliki pertanyaan seputar membeli rumah, temukan jawabannya di Panduan Rumah.com. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan melalui Tanya Properti.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Selengkapnya
Eric Wong

maharanita

Masukan