Grand Sharon Residence, Bandung

  • Boy Leonard
  • 15 Desember 2015

Mawar Sharon Mandiri mungkin adalah nama yang relatif baru di dunia property di Kota Bandung, namun proyek property pertama mereka – Grand Sharon Residence – berhasil mengukuhkan diri sebagai salah satu kawasan hunian mewah terdepan di wilayah Bandung Timur yang berkembang sangat pesat.

Satu hal yang cukup unik di Grand Sharon Residence adalah penggunaan nama tipe kendaraan sebagai nama tipe rumah. Hal ini cukup memudahkan kita untuk mengenali tipe rumah yang ada, misalnya tipe Brio pasti adalah rumah mungil, sementara tipe Grand Cherokee adalah rumah yang cukup megah.

Alamat: Jl Inspeksi Cidurian, Soekarno-Hatta, Bandung, Jawa Barat

Tipe: Rumah dan komersial

No Tipe Rumah LB LT Harga ( all in PPN,BPHTB,Biaya Notaris, Biaya Balik Nama) Lantai Kamar Tidur/ Ruangan Kamar Mandi Carport
1 Brio 42 66  Rp       636,975,000 1 2 1 1
2 Yaris 48 84  Rp       782,220,000 1 2 1 1
3 Camry 68 171  Rp    1,374,930,000 1 3 1 2
4 Estillo 82 95  Rp    1,143,722,000 2 3 2 1
5 Cherokee 120 180  Rp    1,712,800,000 2 3 2 2
6 Magnolia 175 225  Rp    2,797,250,000 2 5 4 2
7 Ruko Club House 100 72  Rp    1,255,905,000 2 2 2
8 Ruko Blok F(jl. Cipamokolan) 100 86  Rp    1,406,440,000 2 2 2

 

Spesifikasi Teknis:

Struktur: Beton bertulang

Dinding & Plester: Bata, dinding dicat (double antar rumah),

Lantai: lantai keramik

Kusen dan pintu: eksterior menggunakan aluminium dengan powder coating.

Plafon: gypsum dicat rangka metal.

Atap: rangka baja ringan

Penutup atap: genteng beton

Sanitair: Toto/setara

Instalasi air: Pipa PVC

Pagar: tanpa pagar depan dan samping. Pagar belakang bata diplester dan dicat

Analisis

Jika dibandingkan dengan perumahan lain di sekitarnya, harga unit rumah di Grand Sharon Residence sedikit lebih tinggi. Untuk tipe Brio misalnya, Anda masih bisa menemukan tipe yang kurang lebih sama dengan harga Rp550 juta-Rp600 juta di perumahan lain. Tentunya harus ada nilai lebih yang ditawarkan oleh Grand Sharon Residence, sehingga mereka berani menawarkan produk mereka dengan harga yang lebih tinggi.

Pertama adalah lokasi yang cukup unik. Grand Sharon Residence dengan gerbang utama yang berada di Jl. Inspeksi Cidurian, mempunyai akses langsung ke Jl. Sukarno Hatta maupun ke perumahan Margahayu Raya yang sudah ‘jadi’.

Kemudian seiring perkembangan, mereka membuat akses kedua ke Jl. Cipamokolan, sehingga penghuni Grand Sharon Residence bisa memilih gerbang mana yang akan mereka lewati, menyesuaikan dengan tujuan dan kondisi lalu lintas. Apalagi gerbang Cipamokolan ini membuat akses ke rencana gerbang tol Gedebage menjadi lebih mudah.

Kedua adalah kelengkapan fasilitas yang dimiliki oleh Grand Sharon Residence. Keberadaan The Clover Club House memang menjadi salah satu nilai lebih yang tidak dimiliki perumahan lain di kawasan ini.

Alasan lain yang membuat Grand Sharon Residence menarik adalah kenaikan harga properti di kawasan ini, yang seakan-akan sedang ‘gas pol’. Dengan kenaikan yang berkisar antara 20-25% per tahun, di tengah kelesuan perdagangan properti nasional, kawasan Bandung Timur memang sedang menjadi rebutan para investor.

Kebijakan Pemerintah Kota Bandung yang akan mengembangkan Bandung Technopolis di kawasan Gedebage, tak jauh dari lokasi hunian, yang tentunya diiringi dengan perbaikan infrastruktur baik itu berupa jalan, transportasi umum, pengolahan air dan lain sebagainya, membuat harga properti bergerak naik semakin cepat di kawasan ini.

Hingga artikel ini ditulis, baru Gelora Bandung Lautan Api yang sudah berdiri dan gerbang tol Gedebage yang proses konstruksinya sudah berjalan. Sementara yang lainnya baru pada tataran rencana. Bisa dibayangkan bagaimana peningkatan harga yang terjadi ketika sebagian rencana-rencana tadi mulai memperlihatkan bentuknya.

Selengkapnya

Detail Properti

Di tengah membajirnya perumahan baru di wilayah ini, Grand Sharon Residence berada di lokasi yang cukup unik. Entrance utama yang berada di Jl. Inspeksi Cidurian seolah diciptakan khusus untuk Grand Sharon Residence.

Ketika Anda memasuki Jl. Inspeksi Cidurian dari Jl. Sukarno Hatta, sebenarnya Anda akan melewati beberapa perumahan. Namun karena perumahan-perumahan itu hadir tanpa signage yang menonjol, kehadirannya kurang terasa. Kemudian tibalah Anda di gerbang Grand Sharon Residence yang megah. Anda tidak mungkin melewatkannya.

Lembayung Residence

Gerbang utama Grand Sharon Residence – Anda tidak mungkin melewatkannya.

Taman yang cukup lapang dengan gapura yang cukup besar akan menyambut anda. Kemudian, boulevard dua jalur yang cukup lebar akan membawa Anda memasuki Grand Sharon Residence. Hal pertama yang akan Anda temui setelah melewati gerbang adalah kawasan komersial berupa ruko-ruko, sebelum Anda memasuki kawasan residensial di belakangnya.

Di Grand Sharon Residence, Anda bisa menemui ruang terbuka hijau – baik dalam ukuran besar maupun kecil – yang tersebar di penjuru perumahan. Beberapa di antaranya bahkan dilengkapi dengan sarana bermain anak, sehingga sering menjadi meeting point bagi warga yang membawa anaknya bermain. Selain itu, juga telah berdiri satu masjid baru yang cukup besar, melengkapi masjid lama yang sebelumnya sudah berdiri.

Lembayung Residence

Masjid lingkungan di Grand Sharon Residence besar dengan tempat parkir yang memadai. Penghuni bisa leluasa menjalankan aktivitas ibadahnya.

Perumahan Grand Sharon Residence terbagi dalam beberapa cluster yang masing-masing mendapat pengamanan tersendiri. Anda akan merasa lebih aman karena setiap orang bukan penghuni yang akan memasuki satu cluster akan dimintai identitasnya.

Satu fasilitas yang mungkin membedakan Grand Sharon Residence dengan perumahan-perumahan lain di sekitarnya, adalah keberadaan Club House The Clover. The Clover yang berada di kawasan ruko ini saat ini baru menawarkan fasilitas kolam renang, tapi kolam renang yang ada cukup menghibur terutama si kecil, karena mereka bisa bermain air di perosotan yang cukup tinggi, dan ada arena bermain air serupa waterpark.

Nantinya, The Clover akan dilengkapi juga dengan beragam sarana olah raga lainnya, sehingga para member-nya bisa mendapatkan kebugaran dan kesegaran fisik tidak jauh dari tempat tinggal mereka. Untuk menggunakan fasilitas-fasilitas yang disediakan The Clover, Anda bisa bergabung sebagai member atau membeli tiket insidentil.

Lembayung Residence

Kolam renang anak di The Clover. Cukup luas untuk ukuran anak-anak, dengan sarana permainan yang cukup lengkap. Terdapat pula ruang tunggu yang nyaman bagi para orang tua.

Saat ini, Grand Sharon Residence sedang menawarkan beberapa tipe yang bisa Anda beli. Mulai dari ruko di dekat Clubhouse dengan harga Rp1,2 miliar atau yang berlokasi di Jl. Cipamokolan seharga Rp1,4 miliar dengan potensi ekonomi yang lebih menarik. Sementara beragam tipe rumah masih mereka tawarkan, mulai dari Brio yang mungil hingga Magnolia yang megah.

Lembayung Residence

Menyasar penghuni perumahan dan sekitarnya, ruko yang terletak di dekat gerbang perumahan ini cukup menarik bagi Anda yang ingin mendirikan usaha tanpa harus jauh dari rumah.

Lembayung Residence

Taman terbuka hijau tersebar di beberapa titik perumahan, membuat hunian ini terasa lapang dan nyaman.

Secara umum, desain yang hadir di Grand Sharon Residence adalah desain modern minimalis yang memang sedang menjadi trend beberapa tahun ke belakang. Salah satu nilai plus dari gaya modern minimalis ini adalah berlimpahnya cahaya matahari dan aliran udara di setiap tipe rumah yang ada di Grand Sharon Residence.

Semua tipe rumah, hingga yang terkecil, memiliki halaman belakang sehingga terjadi cross ventilation yang memastikan udara di dalam rumah selalu dalam kondisi yang segar dan sehat.

Salah satu tipe yang saat ini proses pembangunannya baru selesai sehingga tersedia cukup banyak adalah Tipe Estillo. Dengan luas tanah 95m2 dan luas bangunan 82m2, tipe Estillo ini hadir dengan luas bangunan yang cukup luas untuk standar saat ini.

Berlokasi di dekat The Clover hingga ke gerbang kedua, Anda akan mendapatkan unit yang lokasinya cukup dekat dengan pusat ekonomi (ruko) dan juga akses keluar masuk. Lokasi yang dekat dengan wilayah komersial itu memang punya maksud tersendiri. Oleh pihak pengembang, tipe Estillo ini memang dirancang untuk bisa difungsikan seutuhnya sebagai rumah tinggal, atau mixed-use dengan kantor.

Grand Sharon

Fasad Tipe Estillo dengan atap unik. Berfungsi memperlancar sirkulasi udara.

Rumahnya sendiri terdiri dari 2 lantai dengan tampilan muka yang cukup unik ala townhouse. Karena dirancang dengan kemungkinan difungsikan sebagai kantor, tidak heran di lantai 1, begitu Anda melewati pintu utama, Anda akan menemukan satu ruang yang cukup luas yang pemanfaatnya cukup fleksibel.

Dengan menggunakan partisi misalnya, anda bisa membagi ruangan ini menjadi beberapa ruang untuk kantor. Atau bila rumah ini difungsikan sepenuhnya sebagai tempat tinggal, Anda bisa memfungsikannya sebagai ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan.

Di lantai ini juga Anda mendapat satu kamar tidur di bagian belakang. Kemudian di salah satu sisi terdapat tangga menuju lantai 2 dengan kamar mandi di bawah bordesnya. Sementara dapur berada di luar ruangan utama. Meskipun luas tanahnya tidak sampai 100m2, Anda masih mendapatkan halaman belakang, yang menjadi sumber udara segar dan cahaya bagi rumah ini.

Sedangkan di lantai 2, terdapat dua unit kamar tidur dan satu kamar mandi. Masing-masing kamar tidur mempunyai jendela yang terhubung langsung dengan bagian luar bangunan, sehingga kondisi di dalam kamar dipastikan selalu segar.

Grand Sharon

Layout Tipe Estillo dengan tiga kamar tidur.

Grand Sharon Residence juga memiliki jalan lingkungan yang cukup lebar. Bukan yang terlebar memang, jika dibandingkan dengan perumahan yang ada di sekitarnya, tapi bisa dibilang berada di papan atas. Apalagi juga didukung dengan kualitas jalan yang cukup baik dengan material paving block, sehingga membuat suasana di lingkungan perumahan ini terasa lebih hangat.

Grand Sharon

Jalan lingkungan cukup lebar untuk melintas dua mobil dari arah berlawanan.

Selengkapnya

Lokasi

Dulu wilayah Bandung Timur bukanlah wilayah yang seksi sebagai tempat tinggal. Hanya faktor harga yang masih miring saja yang membuat wilayah ini menarik minat para penghuni awal. Namun, kehadiran salah satu perumahan terbesar di Kota Bandung, secara perlahan merubah wilayah ini menjadi cukup menarik.

Sesuai dengan teori ekonomi – pasokan akan mengikuti permintaan – kehadiran para penghuni yang semakin banyak mengundang para pelaku ekonomi untuk ikut hadir sehingga kawasan komersial menjadi semakin hidup.

Semakin lengkapnya fasilitas membuat kawasan ini menjadi semakin menarik, karena Anda bisa mendapatkan semua kebutuhan Anda tanpa harus pergi ke pusat kota Bandung, mulai dari pasar, pusat perbelanjaan, olah raga, pendidikan, hiburan dan lain sebagainya.

Dua tahun belakangan ini, kawasan Bandung Timur menjelma menjadi salah satu kawasan yang paling seksi menyusul keinginan Pemerintah Kota Bandung agar perkembangan Bandung tidak terpusat di pusat kota. Secara fisik hal itu sudah terlihat dari pembangunan Gelora Bandung Lautan Api di Gedebage.

Saat ini juga sedang berlangsung pembangunan gerbang tol Gedebage di KM 149 jalan tol Purbaleunyi. yang akan memudahkan akses ke kawasan Bandung Timur. Juga komitmen Pemkot Bandung untuk mengembangkan konsep Bandung Technopolis yang salah satu fungsinya adalah sebagai pusat pemerintahan Kota Bandung, membuat nilai properti di kawasan Bandung Timur meroket.

Lembayung Residence

Ilustrasi Bandung Technopolis. Faktor utama peningkatan harga properti di kawasan Bandung Timur.

Grand Residence

Lokasi Grand Sharon Residence yang strategis dan dilingkupi oleh berbagai sarana umum.

Banyaknya kompleks perumahan di kawasan Bandung Timur, yang belum diikuti dengan pembangunan infrastruktur jalan membuat kawasan ini masih dihiasi kemacetan terutama di jam-jam sibuk. Dalam kondisi lancar, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai Grand Sharon Residence dari gerbang tol Buahbatu, dari kawasan Buahbatu maupun dari TSM di Jl Gatot Subroto.

Namun di jam sibuk, Anda membutuhkan waktu 30 hingga 45 menit karena kemacetan yang terjadi di perempatan Samsat, yang terjadi karena volume kendaraan yang tinggi.

Grand Residence

Padatnya lalu-lintas menuju pintu tol Buahbatu bisa membuat jarak yang seharusnya ditempuh dalam 20 menit menjadi 45 menit.

Angkutan Kota atau Angkot masih menjadi sarana transportasi umum yang paling bisa diandalkan di Kota Bandung. Untuk menuju atau pergi dari Grand Sharon Residence, Anda bisa menggunakan angkot rute Ciwastra-Ujung Berung, yang melalui jalan Cipamokolan atau menggunakan ojek dari Soekarno-Hatta (di dekat RS Al-Islam).

Jika Anda sudah mencapai Jl. Sukarno-Hatta, banyak rute bus kota maupun angkot yang bisa Anda pilih, karena Jl. Soekarno-Hatta adalah salah satu jalan utama di Kota Bandung. Beberapa trayek angkot yang melalui Jl. Soekarno-Hatta di dekat Grand Sharon Residence adalah Stasiun Hall-Gedebage, Dago-Riung Bandung, dan Cicadas-Cibiru.

Sementara bus Damri yang melalui lokasi serupa adalah trayek Kebon Kalapa-Tanjung Sari dan Elang-Jatinangor. Intinya, dengan keberagaman trayek yang ada, tidak sulit untuk mencapai berbagai titik di kota Bandung dengan menggunakan transportasi umum dari Grand Sharon Residence.

Grand Residence

Kondisi lalu lintas di Jl. Soekarno-Hatta cukup lengang, namun pada jam-jam tertentu bisa merayap

Grand Residence

Pangkalan ojek di mulut Jl. Inspeksi Cidurian – sarana transportasi umum dari Jl. Sukarno Hatta menuju Grand Sharon Residence.

Grand Sharon Residence berada di dekat perumahan Margahayu Raya, satu perumahan lama yang menjadi pelopor perumahan di kawasan ini. Karena itu, sejumlah fasilitas umum dan fasilitas sosial sudah tersedia di sini.

Salah satunya adalah RS Al-Islam (www.rsalislam.com), salah satu rumah sakit utama di Kota Bandung yang hanya berjarak 1,5km dari Grand Sharon Residence. Rumah sakit yang berdiri sejak tahun 1990 ini memiliki akreditasi ‘Lulus Tingkat Lengkap’ dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit.

Dalam waktu kurang dari 10 menit, Anda sudah bisa menjangkau rumah sakit Al-Islam yang layanannya sudah cukup lengkap. Bahkan bagi Anda keluarga muda yang ingin menambah momongan dan ingin melakukan  inisiasi menyusui dini (IMD) yang lengkap, RS Al-Islam adalah salah satu rumah sakit yang melakukan prosedur IMD dengan benar.

Grand Sharon

Rumah Sakit Al-Islam adalah salah satu rumah sakit dengan fasilitas lengkap dengan jarak yang dekat dengan Grand Sharon.

Kemudahan lain yang bisa Anda dapatkan jika Anda tinggal di Grand Sharon Residence adalah beragamnya tempat belanja yang bisa Anda pilih. Buat Anda penggemar pasar tradisional, ada pasar Ciwastra yang hanya berjarak 2km. Sementara kalau Anda ingin membeli secara grosir, tersedia Lotte Mart Wholesale di Jl. Sukarno Hatta yang bisa Anda capai dalam waktu tiga menit.

Pilihan belanja lainnya adalah Super Indo dan Griya Supermarket serta sejumlah kegiatan komersial lainnya di Metro Margahayu yang berjarak 1,7km, serta pusat perbelanjaan Metro Indah Mall yang cukup lengkap dengan kehadiran Hypermart yang berjarak 3,4km dari Grand Sharon Residence. Anda tidak perlu khawatir kehabisan kebutuhan sehari-hari.

Grand Sharon

LotteMart Wholesale menawarkan produk dengan harga murah untuk pembelian grosir.

Metro Indah Mall menjadi salah satu daya tarik karena di sini Anda bisa mendapatkan hampir semua kebutuhan Anda. Di bangunan utamanya yang berada di tengah kawasan, ada Hypermart di lantai basement untuk kebutuhan sehari-hari. Kemudian di lantai-lantai di atasnya, ada banyak retail dan fast-food restaurant yang bisa Anda sambangi.

Mal ini juga menarik sebagai opsi tempat bermain anak-anak Anda berada di rooftop karena keberadaan Metro Fantasy Waterpark. Wahana bermain air ini bisa jadi alternatif saat si kecil ingin bosan dengan kolam renang di sport centre yang ada di Grand Sharon Residence.

Mall ini juga dilengkapi dengan The BnB Bandung Metro Indah yang bisa menjadi pilihan jika Anda kedatangan tamu dalam jumlah banyak dan tidak tertampung di rumah.

Grand Sharon

Metro Indah Mall yang menyediakan beragam tenant jaraknya dekat saja, tak sampai 3,5km.

Di kawasan Metro Indah Mall ini berdiri ruko-ruko dengan berbagai fungsi, mulai dari toko, kantor, sarana perbankan hingga restoran, cafe, kantin dan warung dengan berbagai tawaran menarik.

Pada malam hari, Anda akan mendapati kawasan ini menawarkan banyak pilihan makanan dan jajanan. Jadi, apakah itu dalam rangka menjamu rekan atau saudara, maupun karena di rumah sedang tidak ada makanan, kawasan Metro Indah Mall menjadi salah satu pilihan terbaik untuk urusan perut.

Grand Sharon

Untuk melengkapi mal yang telah ada, di kompleks yang sama terdapat ruko-ruko.

Hal lain yang menjadi salah satu pertimbangan utama ketika memilih tempat tinggal adalah sarana pendidikan, khususnya bagi anak-anak usia TK hingga SMP. Untuk yang satu ini, Anda juga tidak perlu khawatir, karena tersedia banyak lembaga pendidikan yang hadir di sekitaran Grand Sharon Residence.

Untuk tingkat TK dan play group, Bina Indonesia di Jl. Rancabolang dan Tunas Cendekia Al Biruni di perumahan Arya Graha bisa menjadi pilihan. Keduanya berjarak tidak lebih dari 3km. Sementara di level SD, salah satu yang menonjol adalah SD Cendekia Al Biruni, yang berada di komplek sebelah, bangunannya bahkan terlihat dari dalam kawasan Grand Sharon Residence.

Grand Sharon

SD Cerdas Mulia Ekselensia (Yayasan Al-Biruni) yang bangunannya terlihat dari dalam kompleks Grand Sharon Residence.

Selengkapnya

Ringkasan

Seperti kembang desa yang menarik mata banyak pemuda, Kawasan Bandung Timur saat ini menjadi magnet bagi pelaku usaha properti. Para investor akan berlomba menginvestasikan dananya di kawasan ini, sehingga para pengembang – besar maupun kecil – akan berlomba-lomba menawarkan produk mereka agar menarik para investor.

Grand Sharon Residence sebagai salah satu perumahan yang cukup luas, diyakini akan menjadi salah satu magnet utama. Apalagi didukung dengan sarana dan prasarana lingkungan yang sangat mendukung.

Apapun tujuan Anda – apakah itu untuk investasi maupun ditinggali – Grand Sharon Residence patut diperhitungkan jika Anda ingin membeli properti di kawasan Bandung Timur. Sebagai investasi, kawasan ini memang berkembang sangat pesat yang diiringi dengan peningkatan nilai ekonominya yang tidak kalah pesat.

Sementara sebagai tempat tinggal, kelengkapan sarana dan prasarana yang bisa dijangkau dengan mudah, membuat tinggal di Grand Sharon Residence membuat hidup Anda lebih mudah dan lebih nyaman

Selengkapnya
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan