Green Exotica Serua, Bojongsari, Depok

  • Boy Leonard
  • 26 Juli 2021

PT Marsya Selaras Propertindo merupakan pengembang yang telah sangat berpengalaman membangun proyek hunian. Selain Green Exotica, saat ini masih ada proyek lain yang dipasarkan yaitu Griya Exotica Cinangka (tahap ketiga), Bukit Petro Exotica, Griya Exotica Limo, Green Exotica Limo, dan Griya Exotica Kedaung.

Nama Proyek: Green Exotica Serua

Luas: 8.900m2

Total: 53 unit+7 unit ruko

Alamat: Jalan Raya Pondok Petir, Bojongsari, Depok

Tipe Unit

50/84, harga Rp519.750.000

50/90, harga Rp557.550.000

86/90, harga Rp900.900.000

108/105, harga Rp1.124.550.000

Spesifikasi Teknis

Pondasi: Batu kali

Struktur: Sloof beton bertulang

Dinding: Bata merah double dinding

Atap: Genteng flat

Rangka atap: Baja ringan

Kusen: Alumunium kombinasi kayu oven

Pintu: Kayu

Lantai:Granite tile 60×60

Sanitari: Kloset duduk

Air: Sumur bor dan pompa jetpump

Listrik: 1.300-2.200 watt

Carport: Rabat beton

Analisis

Ulasan Proyek Green Exotica Serua, Depok - 12

Fasad bangunan untuk rumah tipe satu lantai yang khas dengan model minimalis modern.

Green Exotica Serua boleh jadi perumahan yang saat ini ditawarkan dengan segmen harga yang paling terjangkau. Bila dibandingkan dengan perumahan sejenis di kawasannya harga rumah yang ditawarkan rata-rata sudah di atas Rp600 juta karena harga lahan yang memang sudah tinggi di wilayah ini.

Untuk diketahui, saat ini penawaran rumah baru di wilayah Bojongsari rata-rata hanya menawarkan rumah dua lantai karena harga lahannya yang sudah tinggi. Di Shila at Sawangan yang jaraknya hanya sekitar 2km dari Green Exotica Serua harga rumahnya sudah di atas Rp1 miliar.

Ulasan Proyek Green Exotica Serua, Depok - 13

Di Rumah.com, ada banyak pilihan rumah baru maupun seken di kawasan Bojongsari, Depok dengan harga di bawah Rp500 juta.

Bila dibandingkan dengan perumahan yang lebih dekat, Pesona Remboelan Resort, rumah dua lantai 70m2 dengan lahan yang lebih kecil harganya telah mencapai Rp700 jutaan. Di kawasan yang sama yaitu Golden Estesia, rumah satu lantai tipa 30/60 harganya juga hampir Rp600 juta. Green Exotica Serua ini bisa jadi merupakan perumahan baru dengan harga yang saat ini ditawarkan paling terjangkau terlebih lahannya lebih luas mencapai 84m2.

Apalagi kawasan Pondok Petir yang lokasinya sangat dekat dengan Pamulang yang merupakan pusat pengembangan kawasan Tangsel. Hal ini akan terus meningkatkan nilai produk properti di kawasan ini. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, konsumen bisa mengakses produk untuk segmen ini dengan lebih mudah.

Perkembangan kawasan Pondok Petir sendiri tidak akan terlepas dari perkembangan kawasan besarnya baik di Serua bahkan seluruh Kecamatan Bojongsari. Infrastruktur jalan tol akan menyambungkan dan memudahkan aksesibilitas kawasan ke seluruh wilayah Jabodetabek.

Jalan tol Cinere-Serpong dengan akses di Pamulang misalnya, telah memudahkan kawasan ini menuju ke Bandara Soekarno Hatta hanya dengan waktu tempuh 30 menit. Bandingkan saat belum ada jalan tol ini dan harus memutar ke tol Pondok Pinang, waktu tempuh ke bandara tidak pernah kurang dari 1,5 jam.

Tampilkan lebih banyak

Detail Properti

Ulasan Proyek Green Exotica Serua, Depok - 06

Pintu masuk menuju perumahan dan denah rencana pembangunan hunian Green Exotica Serua.

Salah satu kelebihan perumahan mini real estat seperti Green Exotica Serua yaitu segala sesuatunya bisa lebih fleksibel terkait permintaan diskon hingga model maupun layout rumah yang dikehendaki. Green Exotica Serua membolehkan konsumen mengatur model fasad hingga penataan ruang selama dari sisi harganya masih sesuai. Artinya, bila permintaannya membutuhkan material tambahan otomatis harganya akan lebih tinggi.

Pengajuan kemudahan maupun diskon juga bisa lebih fleksibel terutama untuk pemiat serius. Bagi konsumen yang memiliki dana cukup untuk membeli tunai keras (hard cash), harga yang tercantum di price list bisa lebih murah Rp50 juta bahkan untuk rumah dua lantai diskonnya bisa mencapai hampir Rp100 juta. Ini belum termasuk berbagai kemudahan pembebasan biaya maupun beberapa perangkat isi rumah yang diberikan gratis.

Ulasan Proyek Green Exotica Serua, Depok - 07

Jalan lingkungan dan lahan yang belum dibangun untuk unit rumah Green Exotica Serua.

Setiap  rumah akan mendapatkan gratis kanopi carport, AC, mesin air jetpump, dan pembuatan taman depan. Untuk berbagai biaya yang digratiskan antara lain biaya proses KPR, surat-surat, notaris, bea perolehan hak tanah bangunan (BPHTB), balik nama (BBN), dan sebagainya.

Berbagai  kemudahan ini membuat harga rumah yang mulai Rp500 jutaan bisa diakses dengan lebih mudah. Gambarannya seperti ini, rumah tipe 50/84 seharga Rp519.750.000, dengan plafon KPR 90 persen maka cicilannya tidak sampai Rp4 juta per bulan dengan tenor 15 tahun.

Ulasan Proyek Green Exotica Serua, Depok - 08

Rumah tipe satu lantai dengan kanopi dan carport yang sudah siap ditempati.

Bila konsumen dari kalangan milenial bisa mengambil tenor yang lebih panjang sehingga cicilannya bisa lebih ringan lagi. Misalnya, tenor 20 tahun cicilannya menjadi Rp3,35 jutaan atau 25 tahun hanya Rp3 juta. Ini artinya dengan gaji di bawah Rp10 juta bisa mendapatkan rumah seperti ini di lokasi yang masih akan sangat berkembang ke depannya.

Terkait desainnya, rumah ini sangat jelas memosisikan untuk segmen menengah dan itu terlihat dari gaya desain maupun penggunaan bahan material bangunannya. Fasad rumah seperti untuk segmen menengah kebanyakan yaitu menggunakan gaya modern minimalis namun untuk Green Exotica Serua ini menggunakan aksen tropis dengan melekatkan batu alam di bagian dinding depannya.

Ulasan Proyek Green Exotica Serua, Depok - 09

Fasad bangunan dan denah rumah tipe dua lantai yang terlihat minimalis dan tetap modern.

Bagian kanopi juga menggunakann material yang baik yaitu polycarbonat yang lebih tahan cuaca dan tidak mudah keropos. Kelebihan lainnya, material ini tidak berisik saat kena hujan, berbeda dengan yang saat ini banyak digunakan yatu plat metal tipis yang ringkih dan berisik bila terkena air hujan.

Model atap rumahnya juga tunggal dan tidak dibuat berderet dengan rumah di kiri-kanannya. Selain tampilannya lebih ekslusif karena terkesan seperti rumah tunggal, model atap seperti ini juga memudahkan bila nanti kita ingin menjadikan rumah dua lantai. Proses renovasinya tidak mengganggu bagian atap rumah di sebelahnya.

Ulasan Proyek Green Exotica Serua, Depok - 10

Interior rumah tipe dua lantai yang masih dalam proses pembangunan.

Penataan layout interior kendati standar untuk rumah-rumah kompak seperti ini, tapi rumah ini memiliki kelebihan dengan merancang bagian dapur cukup luas. Karena luasnya bagian dapur ini memungkinkan untuk menata meja makan di sini. Hal ini membuat bagian dalam (living room) menjadi lebih luas selain bagian kamar mandi juga diposisikan dari dapur sehingga bagian living room dan kamar tidur akan semakin nyaman.

Untuk rumah dua lantainya kamar tidur utama (master bedroom) diposisikan di lantai dua lengkap dengan kamar mandi di dalam dan tersedia balkon. Ukuran ruang-ruangnya dirancang optimal sehingga akan meningkatkan kenyamanan seluruh penghuni rumah. Rumah dua lantainya juga tetap menyisakan lahan kosong di belakang sehingga cross ventilation di dalam rumah juga bisa optimal.

Ulasan Proyek Green Exotica Serua, Depok - 11

Interior rumah tipe 1 lantai yang siap huni, sudah dilengkapi oleh dapur dan meja wastafel.

Jalan lingkungan menggunakan perkerasan beton dengan lebar yang cukup dilalui untuk dua  buah mobil. Jalan yang relatif lebar ini juga memungkinkan sisi-sisinya untuk dibuat menjadi jogging track. Diberikan juga pembatas berupa dinding tinggi sepanjang kawasan perumahan yang menampilkan ekslusifitas dan keamanan yang baik.

Tampilkan lebih banyak

Lokasi

Ulasan Proyek Green Exotica Serua, Depok - 00

Menyusul Sawangan yang tengah melejit, indeks harga properti di kawasan Bojongsari juga mulai naik cukup tinggi.

Hingga saat ini Bojongsari terus mengalami perkembangan dengan makin banyaknya properti-properti residensial maupun komersial di wilayahnya. Bojongsari sendiri merupakan pemekaran dari Kecamatan Sawangan yang karena perkembangannya menjadi wilayah kecamatan sendiri sejak tahun 2008 lalu.

Hal ini akhirnya terus menambah gairah maupun berbagai potensi khususnya dari segi sektor properti di Bojongsari. Wilayah seluas 19,79km2 ini membawahi tujuh kelurahan yaitu Bojongsari, Bojongsari Baru, Serua, Pondok Petir, Curug, Duren Mekar, dan Duren Seribu yang semuanya menjadi daerah-daerah yang terus dikembangkan banyak produk residensial.

Secara lokasinya, Bojongsari berada di ujung paling barat Kota Depok yang secara geografinya cukup jauh dari pusat Kota Depok di Margonda. Namun begitu, lokasi ini justru memberikan beberapa keuntungan lain di kawasannya terlebih dengan pesatnya perkembangan proyek infrastruktur.

Bojongsari, khususnya lokasi Perumahan Green Exotica Serua justru lebih dekat bahkan bertetangga dengan Reni Jaya yang merupakan wilayah Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel). Ini artinya dari Bojongsari sangat mudah untuk ke kawasan Serpong bahkan Bogor karena terkoneksi langsung dengan Jalan Raya Parung. Nantinya aksesibilitasnya akan semakin mudah dengan tersambungnya tol Cinere-Serpong maupun Bogor Outer Ring Road (BORR).

Menuju Lokasi

Ulasan Proyek Green Exotica Serua, Depok - 01

Denah lokasi menuju perumahan Green Exotica Serua yang bisa ditempuh dari beberapa arah di Ibukota.

Jalan Raya Pondok Petir di mana Perumahan Green Exotica Serua berada merupakan salah satu koridor jalan yang sibuk karena menjadi alternatif dari Depok maupun Bogor yang ingin ke Pamulang maupun Serpong melalui Reni Jaya. Jalan Raya Pondok Petir tersambung dengan Jalan Curug Kosambi dari Jalan Raya Parung hingga ke Jalan H. Nawi Malik ke kawasan Pamulang.

Akses jalan depan perumahan tidak dilalui transportasi umum sehingga harus berjalan kaki atau menggunakan ojek online ke wilayah Reni Jaya di Jalan Surya Kencana. Tapi untuk aksesibilitasnya sendiri sangat mudah karena ada banyak jalan baik jalan utama maupun alternatif untuk menuju ke Green Exotica Serua.

Ulasan Proyek Green Exotica Serua, Depok - 02

Jalan Raya Pondok Petir menjadi salah satu akses jalan menuju perumahan Green Exotica Serua.

Bila dari Serpong, aksesnya melalui jalur Jalan Raya Puspiptek hingga ke pertigaan Universitas Pamulang (Unpam) di Jalan Surya Kencana kemudian belok kanan dan lurus hingga bertemu dengan Jalan H. Nawi Malik. Dari sini tidak sampai 1km akan bertemu dengan Jalan Pondok Petir Raya di mana Green Exotica Berada.

Dari Lebak Bulus aksesnya melalui Pasar Ciputat (Jalan Dewi Sartika) atau Pondok Cabe (Cirendeu) dengan pertemuan di flyover Gaplek (Jalan RE Martadinata). Bila dari Ciputat aksesnya bisa lurus terus hingga bertemu dengan pertigaan Serua kemudian belok  kanan, atau dari flyover Gaplek belok kanan melalui koridor Jalan Dr. Setiabudi kemudian sebelum bertemu dengan Jalan Surya Kencana langsung belok kanan ke Jalan H. Nawi Malik.

Sementara bila dari Cinere setelah Masjid Kubah Emas Depok, saat bertemu pertigaan Parung Bingung langsung belok kanan menyusuri Jalan Raya Muchtar hingga bertemu dengan pertigaan Bojongsari. Dari sini belok kiri dan setelah 400 m belok kanan ke Jalan Raya Curug dan setelah sekitar 2km langsung belok kanan ke Jalan Pondok Petir Raya.

Untuk akses tol terdekat dari Pamulang (Gaplek/tol Serpong-Cinere), tol Serpong (JORR), atau tol Sawangan (Depok-Antasari). Fasilitas transportasi umum yang bisa digunakan antara lain angkot D25 dengan rute Sawangan-Curug-Pondok Petir, D23 rute Terminal Depok-Sawangan, D29 Parung-Ciputat, atau S18 Lebak Bulus Parung.

Fasilitas Sekitar

Koridor Jalan Raya Pondok Petir dan sekitarannya yang tersambung langsung merupakan koridor jalan yang sangat padat. Tidak sulit menemukan berbagai fasilitas maupun sarana komersial karena sepanjang ruas jalan mayoritasnya digunakan untuk berbagai jenis usaha khususnya untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Ulasan Proyek Green Exotica Serua, Depok - 13

Di Rumah.com, ada banyak pilihan rumah baru maupun seken di kawasan Bojongsari, Depok dengan harga di bawah Rp500 juta.

Termasuk akses masuk Perumahan Green Exotica Serua yang bagian depannya juga merupakan jajaran ruko dan seluruhnya telah terjual (sold out). Karena ada banyak minimarket waralaba seperti Alfa Midi, Alfamart, Indomart, ditambah toko kelontong besar dan kecil. Belum bicara rumah makan, kedai kopi, toko tanaman, suplier ayam potong, dan sebagainya.

Ulasan Proyek Green Exotica Serua, Depok - 03

Keberadaan Ruko Green Exotica Serua dan Kantor Kelurahan Pondok Petir memudahkan aktivitas warga sehari-hari

Karena itu wajar bila di dalam Perumahan Green Exotica tidak menyediakan fasilitas apapun karena di sekitarannya sudah sangat lengkap. Lokasinya juga hanya beberapa puluh meter dengan Kantor Kelurahan Pondok Petir yang umumnya menjadi kawasan sangat ramai dengan berbagai ragam usaha.

Ulasan Proyek Green Exotica Serua, Depok - 04

Dua sekolah terdekat dari hunian ialah SDIT dan SMPIP Az Zahra serta Al Nadhlah Islamic Boarding School.

Semuanya bisa didapatkan di dalam koridor ratusan meter dan bila diperluas lagi akan makin banyak fasilitas yang tersedia. Untuk sarana pendidikan, ada SDIT-SMPIP Az Zahra yang lokasinya di seberang perumahan.

Kemudian SDN 01-02 Pondok Petir, MI Miftahul Huda, Al Nahdlah Islamic Boarding School, MTS Yapima, SMAN 10 Depok, SDIT Bina Cendekia, SDIT Azmia, MI Hid-Athfal, SMP-SMA-SMK Islam Amec, MTS Negeri Tangsel, Universitas Pamulang. Ini belum termasuk PG-TK yang juga banyak tersedia.

Ulasan Proyek Green Exotica Serua, Depok - 05

Sebagai faskes pertama terdekat dari hunian, Puskesmas Bojongsari terus meningkatkan pelayanannya salah satunya dengan pendaftaran online.

Fasilitas kesehatan juga cukup banyak dan yang terdekat Puskesmas Bojongsari sementara untuk fasilitas kesehatan yang lebih lengkap ada RSUD Tangsel (2km). Beberapa rumah sakit juga tersedia hingga koridor 3-4km seperti RS Brawijaya, RSUD Depok, Klinik Kimia Farma, dan sebagainya. Di kawasannya juga terdapat banyak praktik dokter umum, spesialis, hingga dokter hewan.

Sementara untuk fasilitas lifestyleada beberapa mal maupun plaza. Yang paling baru yaitu Mal The Park Sawangan yang berjarak hanya sekitar 3km sementara yang lebih dekat ada Pamulang Square (1,5km). Pilihan lainnya Ciplaz Parung, Pasar Tradisional Parung, dan untuk supermarket ada Giant, Superindo, Pujasari, Indogrosir, dan sebagainya.

Di koridor Jalan Bojongsari maupun Jalan Surya Kencana juga menyediakan banyak restoran cepat saji seperti Hokben, Pizza Hut, McDonald, Burger King, KFC, dan sebagainya. Beberapa restoran khas daerah juga tersedia seperti Nasi Uduk Betawi, Empal Gentong Cirebon, Gudeg Yogya, ditambah toko-toko kue seperti Amanda, Fika, dan lainnya.

Tampilkan lebih banyak

Ringkasan

Ingin tahu kriteria apa yang pas untuk rumah idaman? Simak panduannya disini!

 

Banyaknya kemudahan yang ditawarkan untuk pembelian rumah saat situasi pandemi Covid-19 harus dimanfaatkan. Kesempatan berbagai kemudahan ini tidak akan ditawarkan lagi saat situasi telah normal karena itu ini menjadi kesempatan yang baik terlebih segmen harga yang juga lebih rendah untuk lokasi seperti ini.

Bojongsari merupakan sebuah kecamatan di Depok yang kawasannya terus berkembang termasuk populasi penduduknya. Kemudahan akses dengan jalan darat yang lebar, sarana transportasi masal, ditambah akses jalan tol membuat wilayah ini menjadi salah satu spot favorit di Depok untuk dijadikan lokasi hunian.

Green Exotica Serua merupakan perumahan mini real estat yang banyak ditawarkan di daerah Serua khususnya dan kawasan yang lebih besar lagi di Bojongsari, Depok. Perkembangan kawasan dengan infrastruktur dan berbagai fasilitasnya membuat kawasan ini terus dikembangkan perumahan karena pasarnya yang sangat besar. Bojongsari sendiri telah cukup lama menjadi wilayah yang banyak dikembangkan perumahan.

Tertarik melihat review properti lain di Depok? Lihat pilihannya di sini!

Bagi Anda yang masih memiliki pertanyaan seputar membeli rumah, temukan jawabannya di Panduan Rumah.com. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan melalui Tanya Properti.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda bisa punya rumah.

Tampilkan lebih banyak
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan