• Boy Leonard
  • 11 April 2017

Investa Land, salah satu pengembang di Kota Bandung, akan memanfaatkan bangunan bernilai heritage, yaitu bekas dealer Fiat.  sebagai wajah proyek kedua mereka – HQuarters.

Sebelumnya mereka sukses mengembangkan proyek perdana – Hotel DePaviljoen di Jl. Riau – yang terjual 80% dalam waktu enam bulan dan progress pembangunan yang sesuai jadwal. Langkah kedua yang mereka ambil terbilang cerdas.

Berlokasi di jalan utama di Kota Bandung dan memanfaatkan bangunan historis, HQuarters menjadi property yang memiliki keunikan. Apalagi HQuarters mereka kembangkan dengan konsep SOHO yang sebelumnya belum ditemukan pada proyek apartemen mana pun di Bandung. Investa Land membuktikan kejelian mereka yang membuat proyek ini memiliki  nilai jual yang tinggi.

 

Alamat  : Jl. Asia Afrika 158-162 Bandung

Tipe: SOHO (Small Office Home Office) Apartment

Luas Area: 4.300m2

Tipe unit:

Business – Business/Residential – Residential Space

Luas lantai 53,68-119,27m2. Unfurnished & bare. Harga Rp1.651.204.400 – Rp3.778.605.151

Spesifikasi Teknis

Lantai: Homogeneous tile 600x600mm

Plafond : Gypsum board

Kamar mandi:

Lantai & Dinding: Homogenous tile 600x600mm

Sanitair: Toilet, washtafel, fixture, shower TOTO atau setara.

Pantry: Sink ROYAL atau setara, Fixture TOTO atau setara

Fitting listrik: Panasonic atau setara

Analisis

HQuarters berada di pusat bisnis Kota Bandung. Berkantor sekaligus bertempat tinggal di sini akan memberi banyak nilai positif. Ada kemudahan akses, ada penghematan waktu dan ada gengsi. Apalagi izin yang digunakan untuk pembangunan HQuarters adalah izin perkantoran, sehingga bisa dijadikan sebagai alamat usaha saat akan mendaftar SIUP TDP Perseroan.

Dalam mengembangkan HQuarters, Investa Land bekerja sama dengan ARKdesign sebagai arsitek, Indesign Domus sebagai interior designer dan Pulau Intan sebagai main contractor.

Investa Land juga cukup jeli memanfaatkan potensi lokasi HQuarters. Selama ini, proyek property dengan bangunan high rise seperti ini lebih banyak berfungsi sebagai hunian/apartemen. HQuarters yang menggabungkan fungsi kantor dan tempat tinggal dalam satu bangunan dan bahkan dalam satu unit adalah konsep yang terbilang baru di Bandung.

Karena konsepnya yang unik pula, agak sulit untuk membandingkan HQuarters secara apple-to-apple dengan proyek properti lain di sekitarnya. Salah satu yang mirip adalah The Green Kosambi.

The Green Kosambi, selain menjual unit apartemen huni juga menjual kios di pusat perbelanjaan yang berada di lantai 1 hingga 6. Pembanding lainnya adalah Tamansari Tera Apartement yang menjual murni apartemen huni.

The Green Kosambi yang beralamat di Jl. Jend. A. Yani berjarak 750m saja dari HQuarters. Sementara Tamansari Tera Apartement yang berdiri di Jl. Tera berjarak 1,7km dari HQuarters.

Di antara ketiganya, HQuarters memang memiliki harga per meter lantai paling mahal. Hal itu disebabkan beberapa faktor seperti lokasi di jantung Kota Bandung sekaligus jantung bisnis kota ini.

Lokasinya yang strategis membuat unit-unit di HQuarters menjadi incaran penyewa. Bahkan Investa Land berani memberikan buy back guarantee dengan profit hampir sebesar 25% saat bangunan selesai nanti jika ada investor yang berminat menjualnya.

Apartemen Tanggal Luas lantai Harga Per meter persegi
HQuarters Mar 2017 70,21 Rp2.191.979.486 Rp 31,22jt/m2
HQuarters Feb 2016 70,21 Rp2.002.228.490
The Green Kosambi Feb 2017 69,3m2 Rp1.953.221.600 Rp28.19jt/m2
Tamansari Tera Apartement Apr 2017 72m2 Rp1.758.000.000 Rp24,42jt/m2

Pricelist yang dirilis 1 Maret 2017 ini adalah harga launching HQuarters. Jika dibandingkan dengan harga pre-launching yang dirilis Februari 2016 lalu ada peningkatan sebesar kira-kira 9,5% atau jika dihitung per tahun kenaikannya sebesar 10%.

Investa Land sepertinya masih menahan kenaikan harga yang terlalu tinggi agar harga launching ini tetap menarik bagi investor. Harga jual office space di kawasan Asia-Afrika saat ini berada di kisaran Rp25juta-35juta/m2. Semakin menarik ketika Investa Land memberikan buy-back guarantee dengan kenaikan harga sebesar 24,78% saat unit selesai – direncanakan akhir 2018. Artinya developer yakin HQuarters akan mengalami peningkatan harga minimal 12% per tahun.

Harga pasaran office space grade B di kawasan Asia-Afrika saat ini adalah Rp200.000/m2 per bulan. Hampir bisa dipastikan harga sewa untuk unit di HQuarters akan lebih tinggi. Namun mengambil kemungkinan terburuk dengan menggunakan angka tersebut, rental yield unit di HQuarters adalah 8%.

Dipadukan dengan capital gain yang dijamin oleh developer sebesar 12% per tahun, maka potensi kenaikan nilai yang Anda dapatkan dari unit di HQuarters adalah 20% pertahun dengan menggunakan asumsi kenaikan minimal.

 

Tampilkan lebih banyak

Detail Properti

Adalah dealer Fiat yang menjadi wajah HQuarters. Dealer produsen mobil yang dahulu cukup sukses berjualan di Indonesia ini dipugar, direnovasi dan kembali mendapatkan peran yang cukup penting sebagai muka bangunan high rise di belakangnya.

HQuarters juga mendapatkan keuntungan dengan mempertahankan bangunan ini. Bentuknya yang indah khas arsitektur kolonial namun dengan jendela kaca yang lebar di bagian depan membuatnya tampil menonjol dibandingkan bangunan sekitarnya yang lebih modern.

HQuarters Bandung

Bangunan bekas delaer Fiat saat ini masih menjalani proses renovasi dan rekondisi.

Masuk ke dalam HQuarters, Anda akan disambut lobby yang cukup besar dan mewah. Investa Land menempatkan lobby sebagai bagian penting dari bangunan mengingat fungsinya yang bukan sekedar tempat tinggal, tapi berpadu dengan fungsi bisnis yang lebih menonjol.

HQuarters Business Residence memiliki fasilitas penunjang kelas excecutive, meeting room, rooftop infinity swimming pool, gym and fitness, dan masih banyak lagi.

Investa Land menjual unit-unit di HQuarters dalam kondisi bare dan unfurnished untuk semua fungsi, apakah itu sebagai kantor, SOHO maupun residensial. Developer hanya menghadirkan satu ruangan dengan satu kamar mandi di dalamnya. Bagaimana ruangan itu akan dibagi, bagaimana lay-out-nya, finishing seperti apa yang digunakan, semua dibebaskan kepada pemilik atau penyewa.

HQuarters Bandung

HQuarters Bandung

Beberapa contoh lay-out ruangan yang bisa diterapkan di HQuarters

HQuarters Bandung

HQuarters Bandung

Perpaduan fungsi office dengan residensial di lokasi premium.

HQuarters Bandung

Peraduan yang hanya dibatasi pintu dengan kantor.

Investa Land hanya melakukan zonasi terhadap fungsi-fungsi yang ada di dalam HQuarters. Lantai dasar hingga lantai 2 berisi fasilitas-fasilitas publik yang bisa digunakan penghuni HQuarters. Lantai 3 hingga lantai 7 dikhususkan sebagai office space.

Kemudian lantai 8 hingga 11 sebagai Home-Office. Di segmen paling atas, 12 hingga 17, pemilik bisa memfungsikannya sebagai Home-Office maupun murni sebagai tempat tinggal. Jumlah total unit yang ditawarkan di HQuarters adalah 158 unit.

Tampilkan lebih banyak

Lokasi

Jl. Asia-Afrika memiliki tempat yang istimewa di hati warga Bandung. Di jalan ini – tepatnya di depan Kantor Dinas Bina Marga Propinsi Jawa Barat yang sekarang tempat berdirinya monumen ‘kilometer 0’ – Gubernur Jenderal Willem Daendels menancapkan tongkatnya dan berpesan kepada Bupati Bandung R. Wiranatakusumah II agar saat dirinya kembali di daerah itu telah dibangun sebuah kota.

Peristiwa itu terjadi di sekitar tahun 1800an. Peristiwa tongkat itu kemudian disusul keluarnya Surat Perintah bertanggal 25 September 2010 yang menginstruksikan kepindahan Ibukota Kabupaten Bandung dari Krapyak ke sisi Groote Postweg yang dikenal dengan nama Jl. Asia-Afrika saat ini.

HQuarters Bandung

Jl. Asia-Afrika adalah salah satu kawasan bersejarah di Bandung, sekaligus lokasi elit.

Posisinya sebagai jalan yang menghubungkan ujung Timur dan ujung Barat Pulau Jawa, serta menjadi pusat Kota Bandung, Jl. Asia-Afrika menjadi pusat berbagai kegiatan.

Ia menjadi pusat kegiatan ekonomi, pemerintahan, agama, kebudayaan dan hiburan. Kegiatan berpusat di Alun-alun Bandung yang dikelilingi Pendopo Bupati, Masjid Raya, Penjara Banceuy, Kantor Pos, barak militer dan pasar.

Agak menjauh dari alun-alun berdiri fasilitas lainnya seperti beberapa hotel besar (Hotel Savoy Homann dan Preanger), gedung hiburan (Concordia) serta deretan toko-toko dan kawasan perkantoran.

Fungsi-fungsi itu sebagian besar masih bertahan hingga hari ini.

Karena memiliki sejarah yang panjang, banyak bangunan tua yang berdiri di sepanjang Jl. Asia-Afrika yang tetap dipertahankan keberadaanya, karena menjadi saksi sejarah perjalanan Kota Bandung.

Lokasinya yang sangat vital membuat Jl. Asia-Afrika hampir selalu dipadati kendaraan bermotor. Kepadatan terjadi hampir setiap pagi, siang dan sore. Bahkan saat week-end, ada beberapa titik di Jl. Asia-Afrika yang tetap padat, terutama yang berada di dekat alun-alun.

Kawasan ini masih menjadi daerah tujuan wisata bagi warga Bandung dan wisatawan yang diakomodir oleh Pemkot Bandung dengan melaksanakan Car Free Night di Sabtu malam.

Menuju Lokasi:

Jl. Asia-Afrika adalah jantung Kota Bandung. Di jalan inilah Alun-alun Bandung dan titik kilometer 0 berada. Jalan ini juga menjadi bagian dari Groote Postweg yang membentang sepanjang Pulau Jawa.

Dengan posisinya itu, cukup mudah untuk mencapai The HQuarters yang berada di penggalan jalan ini dari penjuru Bandung.

HQuarters Bandung

Menuju Asia-Afrika dari sejumlah titik di Kota Bandung. Gambar: Google.

Jika Anda berasal dari luar kota dan masuk Kota Bandung dari gerbang tol Pasteur, teruskan perjalanan Anda menyusuri Jl. Pasteur, naik ke jalan layang Pasupati, dan keluar di Balubur. Lanjutkan perjalanan Anda menyusuri kolong jalan layang hingga lampu merah kedua.

Di simpang Jl. Ir. H. Juanda atau Jl. Dago, belok ke kanan. Susuri Jl. Dago dilanjutkan dengan Jl. Merdeka, melewati Bandung Indah Plaza, Balaikota Bandung, Gereja Kathedral hingga Hotel Grand Panghegar.

Di pertigaan setelah Hotel Grand, belok ke kiri ke Jl. Lembong. Lurus saja di lampu merah berikutnya, masuk Jl. Veteran dan masih lurus di lampu merah berikutnya. Anda di sentra penjualan sepeda di Kota Bandung.

Tidak jauh dari situ, Anda akan sampai di ujung Jl. Veteran yang ditandai dengan Taman Veteran dengan warna-warna cerianya di sebelah kanan. Belok kanan di pertigaan ini dan masuk ke Jl. Jend. A. Yani.

Tidak jauh dari sana, Anda akan berada di Simpang Lima. Di simpang yang sibuk ini, arahkan kendaraan Anda lurus sedikit menyerong ke kanan. “Take the third exit” kata aplikasi navigasi online dan Anda sudah berada di Jl. Asia-Afrika. Anda berada di business district Kota Bandung yang ditandai dengan deretan bangunan tinggi di kiri kanan jalan.

Arahkan kendaraan di sisi kiri dan kurangi kecepatan karena gerbang HQuarters akan terlihat 1 menit kemudian (220m dari Simpang Lima).

Anda akan kerepotan jika melewatkan gerbang ini karena Jl. Asia-Afrika adalah jalan satu arah. Perlu Anda perhatikan pula bahwa jalan-jalan yang Anda lalui tadi adalah jalan-jalan utama di Kota Bandung, sehingga kondisi lalu lintasnya relatif  padat sepanjang waktu.

Pemkot Bandung sedang merancang sarana transportasi massal berupa LRT. Di tahap awal akan dibangun dua koridor LRT, dan koridor 1 akan melintas Jl. Asia-Afrika di persimpangan Jl. Lengkong.

Jika LRT Koridor 1 ini sudah beroperasi, akan lebih mudah lagi mencapai HQuarters. Hanya saja Anda harus berjalan kaki sejauh 400m, kira-kira 5 menit berjalan kaki untuk mencapai stasiun terdekat.

Fasilitas di sekitar

HQuarters berada di jantung Kota Bandung – berlokasi 500m dari kilometer 0, tidak sampai 1km dari alun-alun – sehingga Anda bisa mencapai berbagai titik yang penting di Kota Bandung dengan berjalan kaki.

Berbagai pusat kegiatan dan fasilitas kehidupan pun bisa dicapai dengan mudah dengan berkendara yang membuat hidup Anda lebih nyaman.

Apalagi jika Anda betul-betul menjalankan konsep SOHO yang diterapkan pengembang HQuarters. Anda akan memiliki banyak waktu yang selama ini Anda gunakan untuk menempuh perjalanan.

Memiliki alamat kantor dan rumah di Jl. Asia-Afrika adalah sebuah kemewahan yang tidak bisa dirasakan banyak orang. HQuarters berada di penggalan Jl. Asia-Afrika yang penuh dengan gedung perkantoran. Semuanya bisa Anda capai paling jauh 5 menit berjalan kaki. Pasar Baru Trade Center, salah satu pusat perdagangan di Bandung bisa Anda capai 12 menit saja dengan berkendara saat lalu lintas cukup padat.

Pertanyaan seberapa jauh atau seberapa dekat tempat tinggal atau kantor Anda dari pusat bisnis menjadi tidak relevan jika Anda tinggal/berkantor di HQuarters karena Anda berada di dalamnya.

HQuarters Bandung

Trotoar lebar dan nyaman di sepanjang Jl. Asia Afrika.

Fasilitas umum lainnya:

– Stasiun KA Bandung: 11 menit

– Bandara Husein Sastranegara: 18 menit.

– Tol Padaleuny: 19 menit lewat tol Pasir Koja atau M. Toha.

HQuarters Bandung

Keramaian yang menghiasi Alun-alun Bandung.

Sarana hiburan dan pusat belanja:

– BIP atau BEC di Jl. Merdeka: 9 menit

– Trans Studio Mall: 13 menit

Pesona Bandung dengan kulinernya juga bisa Anda nikmati dengan mudah dari HQuarters. Berbagai tempat wisata kuliner bisa Anda datangi dengan mudah.

Beberapa yang melegenda seperti misalnya membeli kopi pilihan di Paberik Kopi Aroma yang bisa Anda capai dalam waktu 4 menit. Menikmati sarapan klasik di Warung Kopi Purnama yang berjarak 4 menit berkendara. Atau Bakmie Linggarjati yang legendaris hanya berjarak 3 menit.

Kawanan FO di Jl. Riau bisa Anda capai dalam waktu 8 menit. Kondisi ini menjadi alternatif bagi Anda yang memiliki unit residensial di HQuarters dan memilih untuk menyewakannya kepada para wisatawan.

Toserba dan pasar:

– Toserba Yogya Sunda di Jl. Sunda: 4 menit.

– Pasar Kosambi: 4 menit.

Fasilitas pendidikan:

Pilihan sekolah juga sangat banyak. Untuk tingkat PG-TK-SD beberapa nama yang cukup populer adalah BPK Penabur (7 menit) dan BPI (7 menit) – keduanya di Jl. Halimu).

Kemudian di Jl. Palasari ada Gagas Ceria dan Alfa Centauri (6 menit). Di Jl. Talagabodas ada Bandung Islamic School (6 menit). Salah satu sekolah yang cukup legendaris di Bandung yaitu Santa Angela yang berada di Jl. Merdeka juga bisa Anda capai dalam waktu 10 menit.

Sekolah lain yang juga hadir di kawasan ini bagi orang tua yang mencari sekolah yang Islami adalah Bandung Islamic School (BISc).

Rumah sakit:

– RS Santosa Bandung Central: 8 menit.

– Santosa Hospital (satu-satunya RS swasta kelas A di Indonesia): 8 menit.

 

Tampilkan lebih banyak

Ringkasan

Berlokasi di kawasan bisnis kota Bandung, HQuarters menawarkan properti yang unik: sebuah apartemen sekaligus kantor. Ini cocok bagi perusahaan kecil atau perusahaan rintisan.

Bagi sebuah perusahaan, berkantor di HQuarters akan memberi kebangaan tersendiri karena beralamat di salah satu jalan termahal di Bandung.

Sementara bagi seorang profesional yang memilih untuk berkantor sekaligus bertempat tinggal di HQuarters, selain manfaat yang didapatkan oleh perusahaan, juga akan menikmati waktu yang lebih leluasa. Mereka akan terhindar dari membuang waktu berlebih menempuh perjalanan menembus kemacetan.

HQuarters juga akan menarik para wisatawan yang membutuhkan akomodasi. Lokasinya berada di jantung Kota Bandung membuat akses menuju banyak tempat wisata di Kota Bandung menjadi lebih mudah. (Fery Ekopurnomo)

Tampilkan lebih banyak
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan