Mayfair Residence by Wiraland, Medan

  • Boy Leonard
  • 1 Juli 2019

Wiraland Property Group adalah perusahaan property terkemuka yang berbasis di Jakarta dan Medan. Telah berpengalaman lebih dari 15 tahun dalam pengembangan proyek real estate. Pengembang ini wajib diacungi jempol, dalam setahun bisa membangun  dua sampai tiga proyek hunian di kawasan Kota Medan.

Proyek terbaru diluncurkan 2017 lalu yang bertajuk MayFair Residence ini dibangun diatas  luas seluas 72hektare yang berada di kawasan Medan Tuntungan

Nama proyek: Mayfair Residence

Alamat: Jl. Bunga Terompet, Simpang Layang , Kec. Medan Tuntungan- Sumatera Utara

Tipe: Rumah

Jumlah : 310 unit

Luas: 17 hektare

Tipe unit:

  • Tipe Violet. Luas tanah 6×12 Luas bangunan 45m2. Harga Rp495 juta
  • Tipe Vanda. Luas tanah 7×12 Luas bangunan 89m2. Harga Rp636 juta
  • Tipe Cattleya. Luas tanah 9×20m2. Luas bangunan 215m2. Harga Rp1,080 miliar

Spesifikasi Tenis

  • Pondasi: Pasangan batu kali
  • Ring Balk: Beton bertulang
  • Kolom: Beton bertulang
  • Dinding: Batu merah diplester fin aci dan cat
  • Atap: Genteng beton fin cat
  • Lantai: Homogenous tile/keramik 60x60cm
  • Plafond: Gypsum
  • Kusen: Aluminium powder coating
  • Pintu: Enginering door

Analisis

Ulasan Properti Mayfair by Wiraland, Medan

Tipe Cattleya, tipe terbesar di Mayfair Residence.

Selain yang sudah terkenal di Jawa seperti Jakarta dan Surabaya, Medan sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia juga turut berperan dalam industri properti. Perkembangan sektor properti di Medan semakin menunjukkan peningkatan di setiap tahunnya. Hingga kini banyak pengembang yang membangun proyek hunian di Kota Medan ini.

Saat ini progress pembangunan Mayfair Residence sudah mencapai 75% dan ditargtekan selesai pada 2020 mendatang. Hunian yang membidik kalangan menengah sebagai tagert pasarnya ini sudah terjual hingga 50% dalam kurun waktu dua tahun sejak launching pada 2017 lalu.

Sejak 2017 lalu, hunian ini sudah beberapa kali melakukaan kenaikan harga. Contohnya untuk tipe Violet yang luasnya 45m2 dibandrol dengan harga perdana Rp470 juta, sekarang mengalami kenaikan harga menajdi Rp495 juta. Artinya capital gainnya mencapai 6% dalam kurun waktu 2 tahun, atau rata-rata pertahunnya adalah 3%.

Nilai capital gain-nya memang tidak terlalu tinggi, mengingat lokasi hunian ini memang agak sedikit jauh dari pusat kota Medan. Sembari menunggu perkembangan kawasan, hunian ini bisa Anda sewakan. Menurut pengembang pula, untuk harga sewa dengan luas 45m2 berkisar antara Rp15 juta hingga Rp20 juta per tahun.

Selengkapnya

Detail Properti

Ulasan Properti Mayfair by Wiraland, Medan

Rancangan pintu masuk Mayfair Residence.

Wiraland tak hentinya-hentinya membangun proyek perumahan. Mayfair Residence yang dikembangkan dikawasan Medan Tuntungan kembali meramaikan geliat perkembangan properti dikawasan ini. Berdiri di atas lahan seluas 17 hektare.

Rencananya sebanyak 310 unit rumah yang dibangun, dengan tipe rumah satu lantai dan dua lantai. Tipe yang ditawarkan oleh pihak pengembang mulai dari tipe Violet yang paling kecil dengan yang 45m2 dibandrol dengan harga Rp495 juta, tipe Vanda luas 89m2 dengan harga Rp636 juta dan tipe Cattleya yang paling besar dengan 215m2 dibandrol dengan harga Rp1,080 miliar.

Pengembang properti ini, yakni Wiraland, menyediakan show unit bagi calon konsumen yang ingin melihat langsung tipe-tipe unit yang diminati. Salah satunya adalah tipe Vanda. Fasad tipe ini menarik, mengusung gaya minimalis kontemporer dengan atap lancip. Aksen balok tiga dimensi yang seolah menonjol keluar diterapkan pada jendela kamar tidur utama.

Ulasan Properti Mayfair by Wiraland, Medan

Kiri: Fasad tipe Vanda mengusung desain minimalis kontemporer. Kanan: Denah ruangan tipe Vanda.

Ulasan Properti Mayfair by Wiraland, Medan

Ruang tengah sekaligus area makan di lantai satu, serta kamar tidur tamu.

Dengan luas tanah 84m2, pengembang memaksimalkan lahan untuk ruangan. Pada lantai satu, akan melihat ruang dengan konsep tanpa sekat, yang terdiri dari tiga area utama yakni ruang tamu/ruang tengah, area makan, dan area dapur.

Di sudut depan lantai satu terdapat satu kamar tidur, yang dapat dimanfaatkan sebagai kamar tamu. Kamar tidur ini bersebelahan dengan kamar mandi, yang berada di bawah tangga. Di lantai satu terdapat ruang kosong, yang bisa Anda manfaatkan untuk ruang tambahan baik kamar tidur maupun area dapur kotor, atau taman, sebagai bukaan belakang dan memperlancar sirkulasi udara.

Ulasan Properti Mayfair by Wiraland, Medan

Kamar tidur utama dan kamar tidur anak terdapat di lantai dua.

Lantai dua merupakan lantai individu. Di sini terdapat dua kamar tidur, yakni kamar tidur utama dan kamar tidur anak. Serta satu kamar mandi luar. Kamar tidur utama memiliki jendela dengan bukaan lebar, menghadirkan kesan mewah dan pasokan cahaya alami yang melimpah.

Selengkapnya

Lokasi

Ulasan Properti Mayfair by Wiraland, Medan

Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, prospek investasi di Kota Medan tentu masih sangat besar.

Luas Medan sekitar 26.510 hektare (265,10km²) atau 3,6% dari keseluruhan wilayah Sumatera Utara. Dengan demikian, dibandingkan dengan kota/kabupaten lainya, kota ini memiliki luas wilayah yang relatif kecil dengan jumlah penduduk yang relatif besar. Letaknya yang berada di pinggiran jalur pelayaran Selat Malaka, membuat kawasan ini sangat startegis  sebagai pintu masuk kegiatan perdagangan barang dan jasa, baik perdagangan domestik maupun luar negeri (ekspor-impor).

Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia, setelah Jakarta dan Surabaya.  Kota Medan ini merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat yang didukung keberadaan Bandar Udara Internasional Kualanamu yang merupakan bandara terbesar ketiga di Indonesia. Bandar Udara International Kualanamu ini mulai beroperasi sejak tahun 2013, menggantikan Bandara Polonia yang sebelumnya sudah beroperasi selama hampir 85 tahun.

Mayfair Residence berada di jalan Bunga Terompet yang berada di Kecamatan Medan Tuntungan,Lokasi Kecamatan Medan Tuntungan ini berbatasan dengan Kabupaten Deli Serdang di sebelah barat, Medan Johor di timur, Kabupaten Deli Serdang di selatan, dan Medan Selayang di utara. Sebagaian besar penduduk di kecamatan ini adalah suku-suku pendatang seperti Tionghoa, Minang, Batak, Aceh dan Jawa sedangkan suku asli Suku Melayu Deli 40% saja.

Menuju Lokasi

Ulasan Properti Mayfair by Wiraland, Medan

Mayfair Residence terletak sekitar 8km dari pusat kota. Gambar: Google.

Hunian ini dapat ditempuh melalui dua jalur, yakni Jalan Anggrek Raya (Setia Budi) dan Jalan Bunga Terompet. Kawasan Jalan Anggrek Raya (Setia Budi) merupakan daerah dengan perumahan yang sedang tumbuh dan berkembang. Lokasi perumahan ini sangat mudah diakses, baik dari Jalan Besar ring road maupun Setiabudi.

Mayfair Residence memang sedikit jauh dari pusat kota, namun letaknya hanya sekitar 4km dari kawasan yang digadang-gadang sebagai pusat ekonomi baru, yakni Arteri Ring Road.

Fasilitas Sekitar

Anda tak perlu bingung dalam memenuhi kebutuhan hidup. Di Mayfair Residence, segalanya dapat dijangkau dalam jarak yang relatif dekat. Pusat hiburan, misalnya. Anda bisa memilih antara Focal Point Mall (4km dari lokasi) atau Hermes Polonia (8km). Keduanya merupakan mal kelas menengah atas.

Focal Point terdapat di Jalan Arteri Ring Road. Ini adalah mal yang sedang digemari anak muda Medan. Di sini terdapat jaringan bioskop CGV Blitz, Starbucks, dan sejumlah tenant internasional lainnya.

Sementara itu, Hermes Place adalah mal terluas di Medan, dengan luas areal sekitar 20 ribu meter persegi. Di mal ini sering digelar pameran otomotif kelas atas, properti, maupun furniture. Mal ini telah dilengkapi berbagai toko yang menjual elektronik, pakaian, aksesori, makanan, hingga bioskop.

Ulasan Properti Mayfair by Wiraland, Medan

Hermes Place Polonia Medan, salah satu mal terbesar di Medan. Sumber: icosop.usu.ac.id.

Untuk urusan kesehatan, Anda dapat memilih beragam pilihan rumah sakit dengan jarak yang relatif dekat. Seperti berikut ini:

  • RS Pusat Medan Tuntungan (1,2km atau 4 menit berkendara)
  • RS Bukit Permai SP Selayang (3,9km atau 9 menit berkendara)
  • General Hospital Adam Malik (4,4km atau 10 menit berkendara)

Sementara itu, untuk kebutuhan pendidikan, ada sejumlah sekolah dalam jarak yang relatif terjangkau dari seluruh jenjang. Berikut di antaranya:

  • SD Budi Murni 3 Katolik (1,2km atau 3 menit berkendara)
  • Medan International School (2km atau 5 menit berkendara)
  • SD Islam Santo Yoseph Pemuda (2,3km atau 6 menit berkendara)
  • SIS Singapore International School (2,3km atau 7 menit berkendara)
  • SMPN 23 (2,8km atau 7 menit berkendara)
  • SMPN 3 (4,3km atau 11 menit berkendara)
  • SMPN 4 (4,4km atau 11 menit berkendara)
  • SMPN 2 (4,9km atau 12 menit berkendara)
  • SMAN 14 (3,1km atau 10 menit berkendara)
 
Selengkapnya

Ringkasan

Cermatlah dalam memilih properti untuk investasi. Simak tipsnya berikut ini!

 

Mayfair Residence terletak di luar kawasan pusat kota Medan. Dengan demikian, harganya masih terjangkau. Dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Menariknya, Mayfair berada dekat dengan kawasan Arteri Ring Road, yang perlahan mulai menggeliat.

Dengan jarak sekitar 4km dari kawasan komersial di Arteri Ring Road, Mayfair Residence menyimpan potensi menjadi hunian yang diburu orang di masa mendatang. Sembari menunggu, Anda yang belum berencana meninggalinya bisa menyewakannya.

Tertarik membaca ulasan properti lain di Medan? Lihat pilihannya di sini!

Selengkapnya
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Hubungi Pemasang Iklan

Hubungi Pemasang Iklan

Ketentuan Layanan: Pemasang iklan bertanggungjawab sepenuhnya atas semua informasi yang ditayangkan

Masukan