Metland Menteng, Jakarta Timur

  • Boy Leonard
  • 11 Oktober 2016

Metland bukanlah pengembang kemarin sore. Pengembang ini dikenal sebagai pengembang kawasan terpadu berskala besar, yang lebih banyak kawasan strategis di luar Jakarta seperti Tambun, Cibitung, hingga Cileungsi.

Beberapa, seperti Metland Menteng, berada di kawasan Cakung, Jakarta Timur, berbatasan dengan Bekasi. Targetnya adalah pencari hunian dengan aktivitas pekerjaan di Jakarta maupun di Bekasi.

Sederet penghargaan seperti Best 50 Companies In Indonesia, Developers Of The Year, dan Asia’s Best Campany berhasil diraih Metland sepanjang 2015.

Nama proyek: Cluster Savana (Metland Menteng)

Alamat: Jalan Hemengku Buwono IX Kav. 26, Cakung Jakarta Timur

Tipe: Rumah

Luas: 150 hektar (Metland Menteng)

Tipe unit:

Gracia. Luas tanah 96m2. Luas bangunan 95m2. Harga Rp1,7 Miliar

Aquilla. Luas tanah 120m2. Luas bangunan 110m2. Harga Rp2 Miliar

Karla. Luas tanah 96m2. Luas bangunan 90m2. Harga Rp1,6 Miliar

Pondasi: Mini Pile/Bor Pile

Dinding: Bata merah

Dinding KM: Keramik

Dinding dapur: keramik

Lantai: Homogenous tile/keramik 50×50

Ruang service: keramik

Kusen: Alumunium

Pintu Utama: wood panel engineering

Pintu kamar: engineering door

Jendela: alumunium powder coating

Plafond: gypsum

Ruang service: Calsiboard

Atap: Rang atap baja ringan

Genteng: flat beton

Sanitair: closet duduk TOTO

Listrik: 2200

Air: PAM

Analisis

Kawasan Ujung Menteng Cakung merupakan salah satu kawasan strategis di Jakarta, ruas jalan Hamengku Buwono sendiri merupakan sebuah akses penghubung antar kota Jakarta dan Bekasi sehingga tentunya merupakan termasuk jalur yang sibuk.

Fasilitas transportasinya pun sangat menunjang, mulai dari commuterline lewat stasiun Cakung, Transjakarta yang diperpanjang hingga Harapan Indah, dan angkutan kota yang tersedia.

Kombinasi tersebut membentuk sebuah akses yang mudah, baik menuju jantung kota Jakarta atau pun Bekasi.

Dinilai dari segi huniannya pun sangat baik, Metropolitan Land tetap menjaga kualitasnya di dalam membangun properti.

Meskipun tidak berada di kota yang sama, terdapat proyek perumahan besar di dekat Metland Menteng yaitu Kota Harapan Indah dengan cluster terbarunya yang diberi nama cluster Adara. Kota Harapan Indah sendiri merupakan salah satu kawasan hunian mandiri selain Galaxy City dan Kemang Pratama.

 

Perumahan Tanggal Luas bangunan Harga Per meter persegi
Cluster Adara 7/03/2015 80/126 Rp1,5 miliar Rp19,3 Juta
Aquilla 24/09/2015 110/120 Rp1,4 miliar Rp12,7 Juta
Aquilla 2/10/2016 110/120 Rp2 miliar Rp18,1 Juta

 

Untuk hunian dengan luasan tanah 120an meter persegi, kedua hunian berada pada kisaran harga luas bangunan antara Rp18 Juta-Rp19 Jutaan.

Kedua hunian sama-sama merupakan kawasan hunian terpadu yang menyediakan fasilitas cukup lengkap. Namun, keunggulan Metland Menteng ada pada ‘KTP’-nya. Metland Menteng masih berada di kawasan Jakarta, yang, secara umum, masih lebih menjual ketimbang Bekasi.

Nantinya kawasan Ujung Menteng akan semakin ramai karena disemarakan oleh hadirnya AEON Mall dan rumah sakit Mayapada, lalu tepat di jalan Hamengku Buwono IX nantinya juga akan dibangun Lulu Hypermarket.

Hadirnya fasilitas ini akan semakin mendorong kenaikan nilai investasi di kawasan ini, dari segi akses pun akan hadir Tol Cakung-Ancol-Bandara, tentunya Anda tidak ingin melewatkan kesempatan ini sebelum terlambat.

Saat ini saja nilai kenaikan di Metland Menteng sudah menyentuh angka 20-30% per tahunnya.

Selengkapnya

Detail Properti

Bagi Anda yang pernah mendatangi proyek Metland di lokasi lain pasti sudah langsung memiliki gambaran tentang proyek perumahan ini.

Proyek Metland memiliki sebuah ciri khas lingkungan kawasan hunian terpadu dengan fasilitas yang lengkap.

Tidak hanya di Jakarta tapi juga di kota lain seperti Bekasi dan Bogor, apabila Anda memperhatikan dengan teliti di beberapa lokasi lain, terdapat sebuah kontras infrastruktur Metland dengan wilayah di sekitarnya.

Kondisi ini memberikan indikasi bahwa Metland memberikan sentuhan modern dengan infrastruktur kawasan hunian yang ideal, meski pun di beberapa lokasi wilayah sekitar Metland tidak bisa menyeimbangi. Artinya, Anda mendapatkan standar hunian yang ideal Metland mana pun.

Khusus untuk Metland Menteng, infrastruktur dan lokasi di sekitarnya pun telah bersinergi hingga membentuk sebuah hunian yang bernilai tinggi dengan fasilitas lengkap.

Gerbang Metland Menteng berada tepat di sisi jalan Hamengkubuwono IX, dekat dengan halte Metland Menteng dan Halte Transjakarta Ujung Menteng, sehingga mudah Anda untuk menemukannya.

Metland Menteng

Gerbang Kedua, bagi Anda yang naik angkutan umum dapat turun di depan gerbang ini.

Pada gerbang awal ini orang masih bebas keluar masuk lantaran di bagian gerbang depan masih terdapat deretan rumah warga.

Namun di bagian dalam terdapat satu gerbang lagi di mana dijaga oleh petugas keamanan perumahan, dan di setiap cluster terdapat lagi gerbang di mana dijaga ketat oleh satpam untuk memastikan hanya penghuni yang dapat bebas keluar masuk demi keamanan.

Fasilitas Club House dan Waterland terbuka untuk umum sehingga orang umum masih dapat melaluinya namun terbatas.

Di setiap Cluster terdapat fasilitas taman serba guna, selain untuk tempat bermain anak dan jogging, taman ini juga nyaman untuk Anda jadikan tempat bersantai di kala pagi atau sore hari.

Metland Menteng

Taman di dalam cluster yang dapat mengakomodasi kegiatan jogging, tempat bermain anak, atau pun bersantai.

Setelah puas melihat-lihat dan terkesan dengan fasilitas di lingkungan Metland Menteng, maka sudah waktunya untuk melihat langsung seperti apa hunian yang ditawarkan oleh Metland Menteng.

Salah satu hunian yang kini tengah dipasarkan adalah tipe Quilla di cluster Savanna. Bisa dibilang hunian ini memberikan apa yang Anda butuhkan dengan cara yang menyenangkan lewat desain hunian yang bagus.

Garasi berkapasitas satu mobil dekat pekarangan mungil di depan rumah, dan tampilan latai bernuansa bidak catur bersandingan dengan ornament mozaik plus jendela dan balkon kotak khas gaya minimalis menjadi tampilan depan hunian ini.

Di lantai satu hunian ini terdapat area tamu, area keluarga, dan area makan mengisi ruang tengah hunian ini. meski pun ruang ini tidak terlalu besar, namun dengan pembagian yang tepat tetap terasa nyaman.

Toilet di lantai satu berada di bawah tangga, dekat dapur. Bersebelahan dengan toilet, terdapat sebuah kamar tamu. Di bagian belakang terdapat tiga ruangan yang berderet, ketiga ruang ini adalah dapur, kamar pembantu, dan kamar mandi pembantu. Di depan ketiga ruangan ini ada pekarangan belakang. Jalan setapak menuju dapur dan area pembantu dicor rapi, sisanya merupakan rumput hijau.

Di lantai dua, terdapat dua kamar tidur, salah satunya adalah kamar tidur utama dengan jendela dan balkon menghadap ke depan. sedangkan kamar yang lain memiliki jendela menghadap ke belakang.

Satu kamar mandi lagi ditambahkan di lantai dua, letaknya berada di luar dengan sebuah wastafel di bagian depan.

Metland Menteng

Nampak depan hunian tipe Aquilla di cluster Savanna Metland Menteng.

Metland Menteng

Ruang tengah hunian ini bersisi area tamu, area keluarga, dan area makan.

Metland Menteng

Dari sudut ini kita bisa melihat area tamu dan kamar tamu yang berada di bagian depan hunian ini.

Metland Menteng

Area makan yang berada di antara tangga dan toilet, wastafel yang berada di depan toilet memudahkan untuk mencuci tangan sebelum makan.

Metland Menteng

Kamar asisten rumah tangga dan kamar mandi yang berada di belakang rumah.

Metland Menteng

Ruangan dapur, letaknya bersebelahan dengan kamar asisten rumah tangga dan terpisah dari ruang tengah rumah.

Metland Menteng

Kamar mandi di lantai 2, memiliki wastafel dan kaca. Di sisi kanan dan kirinya terdapat kamar.

Metland Menteng

Salah satu kamar di lantai 2 dengan jendela menghadap ke belakang, cahaya matahari bebas masuk lewat jendela.

Metland Menteng

Kamar tidur utama, memiliki akses ke balkon dan jendela besar juga kamar mandi sendiri.

Metland Menteng

Kamar mandi di kamar utama dengan shower, toilet duduk, dan wastafel untuk kenyamanan penghuninya.

Metland Menteng

Denah tipe Aquilla lantai atas dan bawah.

Tipe Aquilla dengan luas tanah 120m2 dan luas bangunan 110m2 ini dibandrol Rp2 Miliar, sebuah harga cukup fair untuk sebuah hunian dengan fasilitas lengkap dan akses mudah ke tol maupun angkutan umum.

Jika Anda berhasrat untuk memiliki hunian di Metland Menteng, DP untuk hunian di perumahan ini dapat dicicil hingga 24 kali dengan besaran cicilan DP Rp17Jutaan dan booking fee Rp10 Juta.

Selengkapnya

Lokasi

Sudah bisa dipastikan bahwa Anda tidak asing lagi dengan nama Menteng, yang kemudian terlintas pun sebuah kawasan super stratgis di Jakarta Pusat yang banyak dihuni oleh miliarder dan kalangan ekspatriat.

Namun jangan kaget jika nama ‘Menteng’ tidak hanya ada di kawasan Jakarta Pusat, ada ‘Menteng’ lain yang tidak kalah strategisnya namun tidak semahal Menteng yang dulunya pernah ditinggali oleh presiden Amerika Serikat, Barack Obama, ketika kecil.

Menteng satu ini masih berada di dalam kawasan Jakarta, tepatnya di Cakung. Nama lengkap kawasan ini adalah Ujung Menteng, di sinilah sebuah perumahan berkonsep Eco Living, Metland Menteng berada.

Metland Menteng

Berada di Jakarta Timur, Ujung Menteng memiliki sejumlah kelebihan sebagai kawasan hunian.

 

Jika dilihat dari sisi sejarahnya, tidak heran jika dua kawasan di Jakarta ini memiliki kesamaan nama. Jaman dahulu, ada dua kawasan di Jakarta merupakan suatu kawasan yang banyak ditumbuhi oleh berbagai macam pohon buah-buahan.

Pohon Menteng adalah salah satu pohon yang memenuhi tanah Jakarta, buah yang memiliki nama latin Baccaurea racemosa ini memiliki bentuk sama seperti dukuh.

Pohon ini dulunya sering menghiasi pekarangan para penduduk Jakarta, namun sayangnya hari ini sudah sulit ditemukan lantaran perannya yang tergantikan oleh buah lain yang lebih populer.

Bukti masa jaya jenis buah ini di Jakarta adalah namanya yang menjadi asal muasal nama Menteng Jakarta Pusat dan Ujung Menteng Jakarta Timur di mana dulunya tanaman ini banyak ditemukan.

Saat ini, kawasan Ujung Menteng Jakarta Timur telah berubah menjadi sebuah primadona untuk kawasan hunian lantaran berbagai fasilitas yang terdapat di dalamnya.

Kini, kawasan Ujung Menteng telah memiliki apa yang Anda butuhkan dari tempat bermukim. Kawasan ini memiliki infrakstruktur transportasi yang baik mulai seperti shelter Transjakarta dan stasiun untuk commuterline.

Juni lalu, perusahaan retail asal Uni Emirat Arab (UEA) Lulu Group membuka Lulu Hypermarket di kawasan Ujung Menteng Jakarta Timur.

Pemilihan Ujung Menteng sebagai lokasi berdirinya hypermarket yang sudah memiliki 126 gerai di Oman, Qatar, Bahrain, Mesir, Arab Saudi, dan India, ini lantaran kawasan ini dianggap strategis dan memiliki akses yang mudah.

Menuju lokasi: Metland Menteng memiliki lokasi yang strategis lantaran posisinya yang berada di Jakarta Timur namun berbatasan langsung dengan Kota Bekasi, jalan raya Bekasi sendiri merupakan jalur utama penghubung Bekasi dan Jakarta Timur sehingga tidak heran jika aksesnya pun mudah.

 

Metland Menteng

Meski pun berjarak cukup dekat, tetapi antrean kendaraan di jalan raya Bekasi di jam sibuk sedikit banyak akan mengulur waktu Anda. Gambar: Google.

Jika Anda mengendarai mobil, Anda dapat menggunakan akses tol Cakung, Metland Menteng berada 4 km dari gerbang tol Cakung atau sekitar 11 menit berkendara dalam kondisi jalan normal.

Selain akses tol, angkutan umum pun menjadi salah satu pilihan Anda. Ada tiga angkutan umum yang lewat tepat di depan gerbang Metland Menteng yaitu K-10 jurusan Ujung Harapan-Bekasi, T-33 jurusan Pulo Gadung-Harapan Jaya, dan T-20A jurusan Pulo Gadung-Harapan Baru.

Khusus untuk Anda yang naik angkutan umum, Anda dapat turun di halte Metland Menteng yang berada di sisi gerbang masuk perumahan ini.

Bagi Anda pengguna Transjakarta, Anda dapat memanfaatkan ekstensi di koridor 2 Pulo Gadung-Harapan Indah 2.  Segeralah turun saat Anda telah sampai di halte Ujung Menteng yang tepat berada di depan Metland Menteng.

Metland Menteng tidak hanya strategis bagi Anda pengguna Transjakarta, untuk Anda yang terbiasa naik commuterline pun tetap dapat merasakan enaknya tinggal di Metland Menteng.

Terdapat stasiun Cakung yang berjarak 6km dari Metland Menteng, dari stasiun ini, Anda dapat naik angkutan T-31 jurusan Pulo Gadung-Kota Harapan Indah dan turun di depan Metland Menteng.

Selain stasiun Cakung, ada tiga stasiun lainnya yang berdekatan dengan Metland Menteng. Stasiun ini adalah stasiun Kranji di kawasan Bekasi dan untuk kawasan Jakarta Timur ada stasiun Klender Baru dan Buaran.

Anda dapat memilih antara keempat stasiun itu yang tergantung dengan kondisi yang rengah Anda alami.

Metland Menteng merupakan perumahan prestisiun di Timur Jakarta yang menawarkan kenyamanan hidup yang lengkap lewat konsep eco living, selain mempersenjatai diri dengan banyak fasilitas terbaik, Metland Menteng pun memiliki fasilitas sekitar yang tidak kalah lengkapnya.

Contohnya fasilitas rumah sakit terdekat berada di kawasan Harapan Indah yaitu rumah sakit Citra Harapan (http://www.citraharapan.com/) yang berjarak 4km atau berkendara selama sembilan menit dalam kondisi jalan normal.

Rumah sakit ini memiliki layanan dokter umum selama 24 jam untuk memberikan fasilitas kesehatan kapan pun dibutuhkan.

Rumah sakit ini punya layanan spesialis kandungan dan kebidanan, spesialis penyakit dalam, jantung, paru, gigi, anak, bedah ortopedi, THT, dan spesialis lainnya.

Pelayanan dokter spesialis di rumah sakit ini termasuk yang terlengkap dengan kamar inap mulai dari kelas 3 sampai VVIP, rumah sakit ini juga memiliki fasilitas gawat darurat maupun rawat intensif.

Dalam radius 500 meter dari Metland Menteng, terdapat juga fasilitas berbelanja sekaligus mall yaitu Grand Cakung. Di sini terdapat Giant Supermarket yang kerap kali menawarkan berbagai promo barang-barang berharga miring.

Harga normalnya pun terbilang kompetitif dengan supermarket lainnya. Giant Supermartket menyediakan kasir cepat khusus untuk Anda yang hanya menggunakan keranjang jinjing atau tanpa keranjang.

Jadi, orang yang hanya membeli sedikit barang tidak perlu mengantre di belakang mereka yang berbelanja bulanan menggunakan troli. Namun yang perlu diingat, kasir ini hanya melayani transaksi menggunakan uang tunai, tidak menerima kartu.

Metland Menteng

Fasilitas berbelanja berada di dalam Grand Cakung dekat dengan Metland Menteng.

Berada di kawasan strategis penuh dengan fasilitas pendukung kehidupan tidak membuat Metland Menteng puas, sebagai sebuah hunian dengan nilai prestisius tinggi di Jakarta Timur, beragam fasilitas menarik di hadirkan tepat di dalam hunian agar Anda tidak perlu lagi keluar lingkungan perumahan.

Contohnya sekolah Santo Yosep yang memberikan layanan pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas untuk putra dan putri Anda.

Sekolah dengan basis ajaran Kristiani ini telah berdiri semenjak tahun 1985. Sekolah ini juga hadir di Harvest City dan Taman Harapan Baru.

Jika Anda menginginkan fasilitas pendidikan lain, terdapat sekolah Al Azhar di kawasan Harapan Indah yang berjarak 5 km (11 menit berkendara dalam kondisi jalan normal) dari Metland Menteng.

Sekolah ini juga menyediakan pendidikan berkualitas dengan konsep pembelajaran Individual/Individualized Educational Program (PPI/IEP).

The Project

Untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan namun tidak ingin keluar dari Metland Menteng, Anda dapat memanfaatkan fasilitas rekreasi yang ada di dalam perumahan ini.

Ada fasilitas Waterland yang masih berada di kawasan Metland Menteng dan dikelola oleh Metland Menteng. Ini adalah sarana rekreasi air seluas hampir 1 hektar, dengan beragam wahana, seperti seluncur setinggi 15 meter.

Atau, Anda bisa memanfaatkan Club House yang berisi kolam renang dengan fasilitas gym, sauna, dan whirlpool. Di lingkungan ini juga terdapat lapangan futsal dan badminton indoor.

Setelah lelah beraktivitas, Anda dapat mengajak keluarga untuk menikmati suasana Metland Menteng sembari makan siang di Food Corner yang letaknya dekat fasilitas olahraga tersebut.

Metland Menteng

Club House yang bersisi kolam renang dan fasilitas gym tidak hanya memanjakan tubuh Anda tapi juga menyegarkan pikiran Anda.

Metland Menteng

Ingin menghabiskan akhir pekan yang seru dan segar? Datang saja ke Waterland!

 

Selengkapnya

Ringkasan

Kota Jakarta kian sesak tiap tahunnya, sebagai Ibu Kota harga tanahnya pun sudah melesat tinggi sehingga agak sulit untuk Anda untuk memiliki rumah atau pun investasi di kota Jakarta dengan anggaran yang terbatas.

Jika budget yang Anda miliki tidaklah terlalu besar namun tetap ingin memiliki hunian prestisius di Jakarta dengan lingkungan asri dan letak yang strategis, Metland Menteng bisa masuk ke dalam list pilihan Anda.

Metland Menteng menawarkan sebuah hunian berkelas dan lingkungan berinfrastruktur rapi dengan fasilitas seperti club house, lapangan badminton dan futsal, waterland, taman bermain, jogging track, dan food corner.

Dari sisi harga pun Metland Menteng terhitung kompetitif, Anda dapat menjangkaunya baik untuk hunian yang akan Anda diami atau pun investasi untuk masa depan.(Ade Igama)

Selengkapnya
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan