• Boy Leonard
  • 15 Maret 2017

Metland Puri awalnya bernama Puri Metropolitan yang dikembangkan oleh pengembang PT. Metropolitan Land (Metland) dan diluncurkan pada tahun 1996, dengan harga rumah Rp300 juta untuk ukuran terkecil. Ketika Indonesia mengalami krisis keuangan pada tahun 1998, Puri Metropolitan sempat kolaps seiring dengan kolapsnya seluruh sektor industri di tanah air.

Sempat stagnan selepas krisis keuangan, tahun 2004 Metland memperoleh darah baru dengan bergabungnya investor asal Singapura Reco Newtown Pte. Ltd.

7 tahun kemudian, tepatnya pada Juni 2011 Metland resmi melantai di Bursa Efek Indonesia dan menjadi perusahaan publik.

Kini, Metland fokus pada pembangunan kawasan hunian terpadu. Selain Metland Puri, PT. Metropolitan Land Tbk juga memiliki proyek residensial lainnya.

Misalnya Metland Menteng di Cakung, Jakarta Timur, Metland Transyogi di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Metland Tambun di Bekasi, Jawa Barat, Metland Cileungsi di Cipenjo, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, dan Metland Cibitung di Telaga Asih, Bekasi, Jawa Barat.

Metland juga membangun Metland Kaliana Apartemen di Cibubur, Cileungsi Kidul, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, dan akan membangun One Parc Puri, sebuah kawasan hunian eksklusif di sekitar kawasan Metland Puri dan Metland Cyber City di Cipondoh, Petir, Kota Tangerang, Banten.

Nama proyek: Metland Puri

Alamat: Jalan KH. Ahmad Dahlan, Cipondoh, Petir, Kota Tangerang, Banten,

Tipe: Rumah

Tipe-tipe:

Viola. Luas tanah 90 m2. Luas bangunan 69 m2. Harga Rp1.365.540.000,-

Rosella. Luas tanah 90 m2. Luas bangunan 69 m2. Harga Rp1.456.950.000,-

Aster.

Luas tanah 105 m2. Luas bangunan 69 m2. Harga Rp1.406.790.000,-

Aster. Luas tanah 140 m2. Luas bangunan 69 m2. Harga Rp1.888.040.000,-

Aster. Luas tanah 105 m2. Luas bangunan 69 m2. Harga Rp1.630.200.000,-

Aster (Sudut). Luas tanah 150 m2. Luas bangunan 69 m2. Harga Rp2.067.450.000,-

Aster (Sudut). Luas tanah 160 m2. Luas bangunan 69 m2. Harga Rp2.177.450.000,-

Aster (Sudut). Luas tanah 205 m2. Luas bangunan 69 m2. Harga Rp2.559.700.000,-

Aster (Sudut). Luas tanah 192 m2. Luas bangunan 69 m2. Harga Rp2.423.850.000,-

Aster (Sudut). Luas tanah 238 m2. Luas bangunan 69 m2. Harga Rp2.927.320.000,-

Spesifikasi Bangunan (All Type)

Pondasi: Beton/Tiang Pancang

Dinding: Batu bata diplester + aci, finishing cat. Cat Interior: ex. Mowilex Catylac. Cat exterior: ex. Mowilex Weathershield.

Lantai: R. Tamu/R. Makan/R. Tidur: Homogenous tile 60×60. Teras dan kamar mandi: Keramik

Atap: Rangka atap baja ringan dan penutup genteng beton.

Plafond: Gipsum board finishing cat.

Pintu: Solid engineering board

Kusen: Alumunium/setara.

Sanitary: Ex. Toto/setara

Daya listrik: 2.200 watt

Air bersih: Sumur pantek dan pompa listrik

Sarana: Carport: Keramik

Analisis

Sebelum dibukanya Gerbang Tol Cipondoh, lokasi Metland Puri yang terletak di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Cipondoh, Petir, Kota Tangerang Banten, terbilang tak terlalu strategis.

Hal itu karena posisi perumahan ini dari jalan tersebut berada “di belakang”, bila dibandingkan sejumlah perumahan yang ada di sepanjang ruas jalan. Namun, berkat dibukanya Gerbang Tol Cipondoh, perumahan ini justru kini berada di depan, terutama bila dibandingkan dengan perumahan-perumahan lain yang baru akan dibangun karena memanfaatkan akses jalan tol Jakarta-Merak.

Jalan utama dengan lebar 10 lajur yang menghubungkan kluster-kluster perumahan di Metland Puri juga membuat akses sangat mudah.

Terutama untuk rumah-rumah yang tadinya berada di bagian dalam/belakang komplek ketika akses utama hanya lewat Jalan KH Ahmad Dahlan, yang kini justru berada di bagian depan perumahan karena terhubung langsung dari akses jalan tol.

Hal ini tentu membuat harga rumah di kawasan ini semakin meningkat. Sebagai gambaran, pada tahun 1996 rumah di Metland Puri tipe paling murah dijual dengan harga Rp300 juta, dan pada tahun 2013 dibanderol Rp1,1 miliar.

Pada 2017, untuk tipe Viola sudah mencapai Rp1,3 miliar. Artinya, saat ini harga rumah per meter persegi mencapai Rp13juta, dan diharapkan tahun depan mencapai Rp14 juta atau bahkan Rp15 juta. Atau dengan kata lain rata-rata kenaikan harga mencapai 20 persen setiap tahun.

Dibandingkan dengan perumahan kompetitor terdekatnya, yaitu Perumahan Griya Permata, yang juga terdapat di Jalan Ahmad Dahlan, Metland Puri punya keunggulan, yaitu masih menawarkan rumah-rumah baru. Sedangkan di Gritya Permata kebanyakan rumah yang ditawarkan adalah rumah second.

Hal itu karena Griya Permata sudah tidak mengembangkan kawasan lagi. Dari sisi harga, untuk rumah second dengan luas tanah 150 m2, di Griya Permata ditawarkan seharga Rp2.550.000.000,- per tahun 2016.

Dengan harga yang kurang lebih sama, Metland Puri menawarkan rumah tipe Aster (Sudut) dengan luas tanah yang lebih besar yaitu 205 m2 dan luas bangunan 69 m2, yaitu Rp2.559.700.000,-

Lalu, dari sisi akses menuju perumahan, lagi-lagi Metland Puri lebih unggul karena memiliki dua akses yaitu di Jalan KH. Ahmad Dahlan dan Gerbang Tol Cipondoh. Perkembangan di sisi Gerbang Tol Cipondoh ini yang bakalan semakin mengerek harga perumahan di Metland Puri menjadi lebih menarik di masa mendatang.

 

Tampilkan lebih banyak

Detail Properti

Pada 2013 kawasan perumahan yang terletak di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Cipondoh, Petir, Kota Tangerang, Banten, ini kembali bangkit. Ketika itu, harga rumah untuk ukuran terkecil, yang pada tahun 1996 dijual dengan harga Rp300 juta, pada tahun 2013 dibanderol Rp1,1 miliar.

Kini, Metland Puri adalah salah satu mutiara di kawasan barat Jakarta. Hal itu karena perumahan ini sudah sangat matang dan lengkap dengan fasilitas penunjang.

Metland Puri, Tangerang

Pintu gerbang Metland Puri dari Jalan KH. Ahmad Dahlan, Cipondoh, Petir, Kota Tangerang, Banten.

Metland Puri, Tangerang Metland Puri, Tangerang

Metland Puri, Tangerang

Jalan masuk menuju Metland Puri dari arah Gerbang Tol Cipondoh. Kawasan komersial Metland Cybercity ini yang kelak menjadi pintu gerbang utama Metland Puri.

Karena merupakan kawasan perumahan lama, fasilitas yang terdapat di dalam Metland Puri sudah lengkap, didukung sarana jalan utama yang sangat lebar dan jalan perumahan yang bermutu baik.

Metland Puri, Tangerang

Jalan Boulevard Metland Puri yang memiliki lebar 10 lajur dan asri berkat taman dan pepohonan.

Metland Puri, Tangerang

Gerbang Kluster Taman Gardenia yang merupakan salah satu kluster di Metland Puri.

Fasilitas pendidikan sudah cukup lengkap dari tingkat Kelas Bermain (KB), Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), serta Sekolah Menengah Pertama (SMP). Bahkan terdapat tak hanya satu sekolah melainkan tiga sekolah, yaitu First Step School, Sekolah Pilar Bangsa, dan Sekolah Tunas Metropolitan.

Metland Puri, Tangerang

Gedung First Step School terletak di jalan Boulevard Metland Puri.

Metland Puri, Tangerang

Gedung Sekolah Pilar Bangsa yang bersebelahan dengan First Step School di jalan Boulevard Metland Puri.

Metland Puri, Tangerang

Gedung Sekolah Tunas Metropolitan terletak di Jalan Metland Puri Blok C.

Selain fasilitas pendidikan, Metland Puri juga dilengkapi dengan fasilitas Sports Centre, yang menyediakan GOR Bulu Tangkis Persatuan Bulutangkis (PB) Jayaraya Metland Puri, Kolam Renang Kintamani, dan lapangan futsal.

Metland Puri, Tangerang

PB Jayaraya Metland Puri memiliki banyak prestasi baik dalam pertandingan antar klub maupun dalam mencetak pebulutangkis muda.

Metland Puri, Tangerang Metland Puri, Tangerang

Metland Puri, Tangerang

Di Kolam Renang Kintamani tersedia fasilitas kolam renang untuk dewasa dan anak-anak.

Metland Puri, Tangerang

Fasilitas lapangan futsal bisa menjadi salah satu sarana berolahraga rutin bersama teman.

Di sepanjang jalan utama Metland Puri terdapat ruko, rumah makan, dan minimarket yang dapat memenuhi kebutuhan warga perumahan.

Metland Puri, Tangerang

Seperti kebanyakan perumahan besar, terdapat deretan ruko di bagian depan cluster, untuk memenuhi kebutuhan warga.

Tipe-Tipe Rumah

Perumahan yang ditawarkan oleh Metland Puri saat ini tidaklah se-masif awal berdirinya. Rata-rata hanya di bawah 20 unit untuk setiap tipe perumahan Viola (LT: 90; LB: 69) dan Rosella (LT: 90; LB: 69), dan Aster (LT: 105; LB: 69).

Hal itu karena Metland Puri fokus dalam pengembangan lahan-lahan yang masih tersisa di sekitar perumahan. Lantaran hal itu pula, lahan tempat berdirinya rumah-rumah tersebut tidak terletak di sebuah kluster khusus, melainkan tersebar di beberapa lokasi.

Metland Puri, Tangerang

Masterplan kawasan Metland PuriI tahun 2016. Area yang ditandai dengan warna kuning adalah lahan siap jual yang menjadi lokasi rumah tipe Viola, Rosella dan Aster.

Metland Puri, Tangerang

Lokasi pembangunan rumah Tipe Viola yang kini sedang gencar dipasarkan.

Metland Puri, Tangerang

Di balik dinding kelak akan dibangun danau buatan. Membuat rumah tipe Viola memiliki pemandangan danau dan taman.

Metland Puri, Tangerang

Metland Puri, Tangerang

Lahan siap jual yang menjadi lokasi pembangunan rumah tipe Rosella dan Aster.

Viola

Metland Puri, Tangerang

Viola. Luas tanah 90 m2. Luas bangunan 69 m2. Harga Rp1.365.540.000,-

Rosella

Metland Puri, Tangerang

Rosella. Luas tanah 90 m2. Luas bangunan 69 m2. Harga Rp1.456.950.000,-

Aster

Metland Puri, Tangerang

Aster, luas bangunan 69m2, luas tanah mulai dari 105m2 sampai dengan 238m2. Harga mulai Rp1,4 Miliar-Rp3 Miliar.

Tampilkan lebih banyak

Lokasi

Metland Puri terletak di antara Jalan KH. Ahmad Dahlan, Cipondoh, Petir, Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, tak jauh dari perbatasan Provinsi DKI Jakarta dan Banten, dan akses Gerbang Tol Cipondoh di ruas tol Jakarta-Merak.

Apabila Anda memilih memakai mobil pribadi, maka akses termudah dari Jakarta adalah menggunakan ruas jalan tol Jakarta-Merak, dan keluar di Gerbang Tol Cipondoh.

Metland Puri, Tangerang

Metland Puri memiliki akses menuju gerbang tol dari Green Lake City. Jarang terjadi kemacetan pada gerbang tol ini. Gambar: Google.

Kabar baiknya adalah kemacetan yang selama ini menjadi momok di ruas jalan tol ini bakalan reda karena pada April 2017 Gerbang Tol Karang Tengah yang menjadi sumber bottle neck akan dihapuskan.

Begitu keluar dari gerbang tol, belok kanan menuju bundaran, kemudian belok kanan lagi. Ikuti jalan utama sampai bertemu jembatan menuju bundaran Metland Puri.

Anda juga bisa lewat Jalan Duri Kosambi dan Lintas Luar Cengkareng untuk mencapai Metland Puri, serta akses lewat Jakarta Outer Ring Road W2 arah Pluit. Sedangkan dari Tol Tangerang, Metland Puri memiliki jarak yang jauh lebih dekat, yaitu hanya 11 kilometer dari Tomang.

Hal ini menunjukkan bahwa untuk menjangkau kawasan Metland Puri sangat fleksibel, baik dari arah Jakarta maupun Tangerang.

Kalau Anda memilih menggunakan angkutan umum seperti angkutan kota (angkot), Anda bisa memilih Angkot Nomor C 10 dan naik dari Taman Semanan menuju Jalan KH. Ahmad Dahlan.

Gerbang Metland Puri berada di kiri jalan, tak jauh dari gerbang perumahan Griya Permata yang berada di seberangnya.

Fasilitas Umum

Dikembangkan sejak tahun 1996, Metland Puri turut menikmati pengembangan wilayah yang dilakukan baik oleh pemerintah maupun swasta.

Misalnya, keluar ke Jalan KH Ahmad Dahlan, hanya berjarak 15 menit dari Metland Puri, terdapat Puri Indah Mall, yang memiliki berbagai sarana berbelanja maupun hiburan yang terbilang komplet.

Untuk supermarket yang menjual berbagai kebutuhan pokok rumah tangga, terdapat Hero Supermarket. Sedangkan untuk kebutuhan perkakas, perbaikan rumah, dan home improvement, terdapat supermarket perkakas Ace Hardware.

Metland Puri, Tangerang

Puri Indah Mall memiliki supermarket dan berbagai restoran lokal maupun franchise.

Tak jauh dari Puri Indah Mall juga terdapat sebuah pusat perbelanjaan yaitu Lippo Mall Puri Indah yang terdiri dari Lippo Mall One dan Lippo Mall Two.

Didukung oleh dua pusat perbelanjaan, yaitu hipermartket Hypermart dan supermarket Food Hall, serta dua department store yaitu Sogo dan Matahari, membuat Lippo Mall One dan Two tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi.

Yang juga menarik, di Lippo Mall Two juga terdapat area permainan untuk anak dan remaja Rockstar Gym.

Metland Puri, Tangerang

Untuk urusan mal, Anda tak perlu khawatir. Ada cukup pilihan di daerah Puri.

Di sekitar Metland Puri juga terdapat fasilitas kesehatan kelas wahid seperti Rumah Sakit Pondok Indah – Puri Indah. Ini merupakan rumah sakit kedua yang dibangun dan dimiliki oleh RS Pondok Indah Group setelah RS Pondok Indah Pondok Indah.

Metland Puri, Tangerang

RS Pondok Indah Puri Indah memiliki lebih dari 100 dokter dan dokter gigi subspesialis dan spesialis.

RS Pondok Indah Puri Indah merupakan salah satu rumah sakit pertama yang menggunakan E-Medical Record (Electronic Medical Record) yaitu data dan informasi pasien dikelola dan disimpan secara elektronik dengan sistem penjagaan keamanan (security protection).

Dengan sistem ini, dokter, paramedis dan staf yang berkepentingan dapat mengakses data dan informasi pasien secara cepat, komprehensif dan terintegrasi di unit-unit layanan tertentu. Hal ini membuat RS Pondok Indah Puri Indah menjadi Paperless Hospital pertama di Indonesia.

Dilengkapi dengan peralatan medis canggih dan terkini, RS Pondok Indah Puri Indah memiliki layanan Kamar Operasi/Bedah Invasif Minimal dengan sistem peralatan bedah Endo Alpha, Klinik Saluran Cerna, Hati & Pankreas (Gastrointestinal Liver & Pancreas Center), Executive Health Check Up, serta layanan Emergency dan Appotek 24 jam. Selain itu juga tersedia sarana, prasarana, dan pelayanan diagnostik Endoscopy, Laboratory, Radiology & Imaging.

Tak jauh dari gerbang Metland Puri di jalan KH Ahmad Dahlan, juga terdapat Klinik Yasa Husada yang berada tepatnya di Jalan Puri Indah Raya No.1, RT.1/RW.8, Duri Kosambi, Cengkareng. Dahulu tempat ini juga menyediakan fasilitas rumah bersalin, namun sekarang tidak lagi.

Metland Puri, Tangerang

Klinik Yasa Husada merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang sudah cukup lama berdiri.

Bagi yang menyukai aktivitas pasar tradisional, tak jauh dari gerbang Metland Puri, terdapat Pasar Rubuh Gondrong Petir yang dikelola oleh Koperasi Citra Mandiri. Seperti halnya pasar tradisional lain, tempat ini menyediakan berbagai keperluan bahan pokok rumah tangga.

Metland Puri, Tangerang

Pasar Rubuh Gondrong Petir merupakan pasar utama di ruas Jalan KH. Ahmad Dahlan, Cipondoh, Petir, Banten.

Sedangkan ke arah Gerbang Tol Cipondoh, sejumlah properti tengah dibangun, termasuk kawasan pengembangan kawasan komersial milik Metland bernama Metland Cyber City

Di sisi kawasan tersebut juga terdapat kawasan komersial dan residensial Green Lake City, yang membuka akses jalanan menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Tampilkan lebih banyak

Ringkasan

Pembukaan Gerbang Tol Cipondoh, sulit disangkal, merupakan driving force yang kuat untuk peningkatan value dari perumahan Metland Puri.

Kemudahan akses benar-benar membuat kawasan ini menjadi sangat mudah dijangkau. Hal itu bakalan semakin menguat bila Gerbang Tol Karang Tengah benar-benar jadi dihapuskan pada April 2017.

Dari sisi perumahan, dengan desain yang menarik dan up-to-date, Metland Puri berusaha merangkul pembeli baru yang mencari rumah berukuran luas bangunan 69 dengan luas tanah bervariasi antara 90 dan 105 meter persegi, dengan bujet antara Rp1,3 miliar sampai Rp 1,5 miliar.

Di tambah dengan lingkungan yang sudah asri dan fasilitas yang terbilang komplet menjadikan Metland Puri sebagai salah satu hunian di kawasan barat Jakarta yang menarik untuk dimiliki. (Antono Purnomo)

Sedang mencari hunian di Jakarta Barat? Lihat pilihan lainnya di sini.

Tampilkan lebih banyak
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan