Metland Tambun, Bekasi

  • Boy Leonard
  • 30 Mei 2016

PT Metropolitan Permata Development adalah anak perusahaan dari PT Metropolitan Land, yang berdiri sejak sejak tahun 1970 atas gagasan tujuh pengusaha, yaitu Ismail Sofyan, Budi Brasali, Budiman Kusika, Subagdja Prawata, Soekrisman, Secakusuma, dan Ciputra.

Sebelumnya, PT Metropolitan Permata Development sudah mengembangkan setidaknya enam kawasan hunian terpadu seperti Metland Menteng, Metland Puri, Menteng Transyogi, Metland Cilungsih, Metland Cibitung, dan Metland Cyber City.

Nama proyek: Cluster Platinum, Metland Tambun

Alamat: jalan Sultan Hasanudin, Tambun Bekasi

Tipe: Rumah

Luas Area: 37 hektar

Tipe unit:

Orchid. Luas tanah 90 m2. Luas bangunan 52 m2. Harga Rp855 Juta

Edelweiss. Luas tanah 90 m2. Luas bangunan 62 m2. Harga Rp900 Juta

Jasmine. Luas tanah 112 m2. Luas bangunan 69 m2. Harga Rp1 Miliar

Pondasi: pasangan batu kali dan foot plat

Dinding: pasangan batu bata double diplester, aci dan cat

Dinding kamar mandi: keramik 25cm x 50cm

Lantai ruang tamu dan km. tidur: homogeneus tile 60cm x 60cm

Lantai teras: kemarik 40cm x 40cm

Lantai kamar mandi: keramik 25cm x 25cm

Pintu kusen utama: alumunium

Daun pintu: solid engineering door finish melamic

Pintu kamar mandi: PVC

Plafond interior: gypsum board dicat

Plafond overstek: GRC board dicat

Atap: beton flat warna

Listrik: 2200 watt

Carport: keramik rustic

Analisis

Berdasarkan data dari Rumah.com, tidak sulit menemukan rumah satu dan dua lantai di kawasan Tambun.

Harga bangunannya pun berkisar dari Rp10 Juta sampai Rp20 Juta per meter persegi, di sisi lain, Cluster Platinum Garden memiliki nilai Rp16 Juta per meter persegi (tipe Orchid), Rp14 Juta per meter persegi (tipe Edelweiss), dan Rp15 Juta per meter persegi (tipe Jasmine).

Jika dilihat dari segi lokasi, Cluster Platinum Garden tidak perlu diragukan lagi. Plaza Metropolitan yang berada tepat di depan perumahan ini, deretan ruko komersil, gerai makanan, kolam renang, sampai hotel pun merupakan bukti bahwa apa yang ditawarkan oleh Metland Tambun merupakan hunian yang ideal.

Malahan, ke depannya akan dibangun sebuah apartemen di kawasan Metland Tambun yang membuat perumahan ini semakin hidup.

Kisaran harga yang terbilang menengah dikarenakan perumahan ini baru saja dipasarkan sehingga harga tersebut masih harga penjualan awal.

Bisa dibuktikan, untuk menemukan hunian dengan harga Rp16 Juta persegi di kawasan Tambun cukup sulit, salah satu hunian di Grand Wisata, dekat dengan Metland Tambun saat ini memiliki harga Rp20 Juta per meter persegi. Setelah ditelusuri, hunian ini memiliki harga Rp1 miliar setahun yang lalu.

Perumahan Tanggal Luas Bangunan Harga Per meter persegi
Grand Wisata 7/4/2015 58 1 miliar 18 Juta rupiah
Grand Wisata 18/5/2016 58 1,2 miliar 20 Juta rupiah
Platinum Garden 24/4/2016 69 1,019 miliar 14,7 Juta rupiah
Platinum Garden 18/5/2016 69 1,073 miliar 15 Juta rupiah

Table ini menunjukkan kenaikan Grand Wisata yang mencapai 20% per tahun. Hal ini bis dijadikan patokan bagi perumahan di Metland, bahkan mungkin lebih karena letaknya di kawasan terpadu.

Sementara itu, sejak launching beberapa bulan lalu hingga sekarang, pengembang cluster Platinum Garden sudah menaikkan harga propertinya sebesar 5%.

Kenaikan nilai properti ini diprediksi akan bertahan, bahkan menanjak, jika melihat dari rencana pembangunan infrastruktur Tambun ke depannya. Salah satunya adalah rencana pembuatan stasiun KRL di Cikarang, sekitar 9km dari Tambun.

Di sisi lain, perkembangan kawasan industri di kawasan Cikarang dan Cibitung yang dekat dengan kawasan Tambun membuat kawasan ini diburu oleh para pekerja dari industri tersebut.

Kawasan industri seperti Cikarang, Bekasi, dan sekitarnya kini menjadi sasaran pengembangan kawasan  hunian oleh para developer, termasuk PT Metropolitan Permata Development, yang mendirikan Metland Tambun.

Ya, banyaknya industri yang tersebar di daerah sebelah timur Jakarta itu membutuhkan kawasan hunian bagi para tenaga kerjanya. Selain itu, upaya Pemerintah untuk terus meningkatkan akses jalannya membuat kawasan ini juga menjadi sasaran konsumen yang bekerja di kawasan Jakarta Timur.

Adanya pusat perbelanjaan dan rekreasi ditambah gerai makanan yang berada tepat di depan rumah Anda menjadi keunggulan perumahan Metland Tambun.

Meski pun begitu, dengan anggaran yang sama tentu Anda punya beberapa pilihan hunian dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Tinggal bagaimana Anda menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Selengkapnya

Detail Properti

Metland Tambun Cluster Platinum

Gerbang depan Metland Tambun, deretan motor di dekatnya adalah milik ojek lokal yang siap untuk mengantarkan penghuni sampai ke dalam hunian.

Melewati jalan Sultan Hasanudin Anda akan menemukan banyak kantor pemerintahan, masjid, sampai pabrik.

Tidak heran karena jalan ini sendiri menyambung ke jalan RE Martadinatan Cikarang yang mana dekat dengan pusat industri yang ada di Cikarang seperti Kota Jababeka, Delta Mas, atau Lippo Cikarang.

Hadirnya banyak perumahan di kawasan ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal yang nyaman untuk mereka yang kebetulan bekerja di wilayah industri atau pun di sekitaran Tambun sendiri.

Ketika masuk gerbang depan Metland Tambun Anda akan melewati kawasan komersil terlebih dahulu, seperti Plaza Metropolitan, gerai makan KFC, Solaria, sampai HOM Hotel.

Masuk sedikit ke bagian dalam Anda pun akan menemukan deretan ruko yang berisi butik, salon, klinik, deretan foodcourt outdoor, sampai kantor SAMSAT Tambun.

Metland Tambun Cluster Platinum

Gerai Solaria yang berada di dekat gerbang depan Metland, tepat di samping gerai ini terdapat HOM Hotel.

Metland Tambun Cluster Platinum

Deretan ruko berwarna-warni di bagian depan Metland, setelah melewati deretan ruko ini baru Anda akan sampai ke wilayah hunian Metland Tambun.

Setelah melewati deretan ruko inilah Anda akan menemukan gerbang hunian di Metland tambun yang dijaga oleh petugas keamanan.

Jika gerbang depan tidak mendapat penjagaan khusus, tetapi gerbang hunian dijaga oleh tiga sampai empat orang satpam yang standby di dalam pos keamanan.

Metland Tambun Cluster Platinum

Gerbang masuk hunian Metland Tambun, gerbang ini dijaga oleh petugas keamanan sehingga terjaga keamanannya.

Perumahan Metland Tambun memiliki fasilitas kolam renang yang ada di bagian dalam wilayah hunian, Anda dapat mengajak putra-putri tercinta ke tempat ini unutk menghabiskan waktu luang bersama-sama sambil bermain sekaligus olahraga.

Metland Tambun Cluster Platinum

Fasilitas clubhouse yang di dalamnya terdapat kolam renang. Cocok untuk jadi tempat menghabiskan waktu bersama keluarga.

Cluster Platinum di Metland Tambun menyediakan 127 unit, dan kurang lebih 20% sudah terjual pada saat lauching cluster ini.

Saat ini, pembangunan di Cluster Platinum baru dimulai. Ketiga tipe yang ditawarkan yakni Orchid (52/90), Edelweiss (62m2/90m2), dan Jasmine (69m2/112m2) masih tersedia hingga tulisan ini dibuat, Mei 2016.

Metland Tambun Cluster Platinum

Pembangunan tahap awal sudah dimulai di lokasi Cluster Platinum di Metland Tambun.

Uniknya, meski unit yang ditawarkan di hunian ini memiliki tiga luasan bangunan, ketiganya sama-sama memiliki dua kamar tidur dan dua kamar mandi, masing-masing kamar mandi ada di setiap lantai.

Bedanya, pada lantai satu tipe terkecil (Orchid), kedua kamar terdapat di lantai dua, sementara lantai satu hanya terdiri dari ruang tamu/ruang keluarga, ruang makan, dan dapur yang terletak di ruang terbuka di bagian belakang.

Metland Tambun Cluster Platinum

Maket hunian tipe Orchid yang bergaya minmalis dengan ornament stripe dan tembok kotak-kotak di lantai dua membuat hunian ini terlihat cantik.

Metland Tambun Cluster Platinum

Denah lantai satu hunian tipe Orchid di Cluster Platinum Metland Tambun dengan ruang terbuka yang luas di bagian belakang.

Metland Tambun Cluster Platinum

Denah lantai dua hunian tipe Orchid praktis hanya terdiri dari kamar tidur dan kamar mandi.

Tipe Edelweiss dan Jasmine memiliki susunan ruangan yang identik. Pada lantai satu terdapat satu kamar tidur, satu kamar mandi, satu ruang tengah yang bisa dimanfaatkan untuk ruang tamu dan ruang makan, serta dapur di ruang terbuka di belakang.

Pada lantai dua terdapat ruang keluarga dan satu kamar tidur utama yang dilengkapi kamar mandi dalam. Perbedaan pada tipe Edelweiss dan Jasmine ada pada ukurannya saja.

Metland Tambun Cluster Platinum

Tampilan fasad Edelweiss dengan aksen batu alam dan kayu menghadirkan kesan sejuk di lingkungan.

Metland Tambun Cluster Platinum

Denah lantai satu dengan kamar satu kamar tidur di lantai 1. Dapur terletak di area terbuka.

Metland Tambun Cluster Platinum

Denah lantai dua dengan ruang keluarga berukuran sekitar 6m2. Ruang keluarga yang terpisah dengan ruang tamu (di lantai 1) memberikan privasi yang lebih besar.

Metland Tambun Cluster Platinum

Fasad tipe Jasmine bersanding dengan Edelweiss. Carport tipe Jasmine memuat dua mobil.

Metland Tambun Cluster Platinum

Metland Tambun Cluster Platinum

Terlepas dari perbedaan ukuran, denah ruangan di tipe Jasmine sangat mirip dengan Jasmine.

Metland Tambun cluster Platinum

Akan terdapat taman di tengah cluster, lengkap dengan area bermain anak.

Baik tipe Orchid, Edelweiss, dan Jasmine memiliki lahan terbuka di bagian belakang yang cukup luas, yakni berkisar antara 30m2 hingga 44m2.

Lahan ini lebih dari cukup untuk dikonversi menjadi ruang tertutup, seperti misalnya untuk kamar tidur pembantu atau kamar tidur tambahan.

Selengkapnya

Lokasi

Tambun merupakan sebuah kecamatan di Bekasi yang saat ini kurang populer. Padahal dahulu, daerah ini memiliki pamor yang menakutkan bagi penjajah Belanda.

Tambun, dan juga Cibarusah, pada masa perjuangan merupakan tempat berkumpulnya pasukan-pasukan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia.

Saat itu, perbatasan antara wilayah kekuasaan RI dengan Belanda ada di Bekasi Timur. Karena masifnya serangan pejuang RI di Tambun, pos penjagaan Belanda di perbatasan ini kerap ditinggalkan penjaganya.

Saat ini, garis pemisah wilayah kekuasaan RI dan Belanda kini kurang-lebih menjadi garis bantas antara Kecamatan Bekasi Timur dengan Tambun. Satu-satunya ‘monumen’ perjuangan yang tersisa adalah Gedung Juang di Tambun, yang didirikan oleh tuan tanah bernama Khouw Tjeng Kie.

Saat ini gedung Juang menjadi saksi perkembangan kawasan Tambun dari tahun ke tahun. Terutama perkembangan kawasan hunian dan komersial seperti Metland Tambun.

Metland Tambun Cluster Platinum

Gedung Juang Tambun, Bekasi, menjadi saksi perkembangan wilayah Tambun sejak jaman Kemerdekaan hingga sekarang. Sumber foto: www.wikiwand.com.

Menuju lokasi: jalan Sultan Hasanudin, tempat gerbang masuk Metland Tambun berada, memiliki beberapa titik kemacetan yang cukup menguras waktu pada jam sibuk.

Titik tersebut berupa lampu merah dengan pertigaan yang sering dilalui kendaraan dan kawasan pasar tumpah yang memakan hampir setengah ruas jalan pada jam-jam tertentu.

Perilaku berhenti sebarangan yang dilakukan angkutan umum yang melalui jalan ini pun memperparah penumpukan kendaraan, saat kondisi jalan lancar Anda hanya menempuh waktu 15 menit berkendara dari gerbang tol Cibitung. Namun, ketika jalanan sedang ramai Anda dapat menghabiskan waktu 18 menit hingga 30 menit tergantung dari tingkat penumpukan kendaraan.

Metland Tambun Cluster Platinum

Dari gerbang tol Cibitung sampai ke Metland Tambun hanya berjarak 6.7 km, tetapi kadang kemacetan dapat menahan Anda lebih lama. Gambar: Google.

Transportasi umum yang melewati jalan Sultan Hasanudin pun tergolong banyak, mulai dari angkutan umum KOASI sampai angkutan umum ‘Elf’ melewati jalan ini.

Sebut saja angkutan umum K-36 jurusan terminal Bekasi-Cibitung atau pun K-39, dan K-39B yang juga melayani rute terminal Bekasi-Tambun. Jarak dari Metland ke Terminal Bekasi sekitar 7,5km.

Metland Tambun Cluster Platinum

Di dekat Metland Tambun pun terdapat terminal Cikarang, berjarak sekitar 10km. Dari sini Anda dapat pergi ke Jakarta atau pun ke kawasan Industri Cikarang bila Anda kebetulan berkerja di kawasan Industri Cikarang.

Metland Tambun Cluster Platinum

Dua terminal angkutan umum yang tersedia di sekitar Metland Tambun.

Bila Anda menaiki angkutan umum ini Anda bisa langsung turun di depan gerbang Metland Tambun, namun bagian hunian masih berada di bagian dalam Anda perlu naik ojek lokal ke dalam yang berjarak bervariasi atau kurang lebih 500 meter.

Untuk pengguna commuterline mungkin harus bersabar karena lintasan KRL belum dapat memasuki wilayah Tambun. Namun, ada kereta lokal dari Purwakarta ke Jakarta Kota atau dari Cikampek ke Jakarta Kota yang melewati Stasiun Tambun.

Metland Tambun Cluster Platinum

Stasiun Tambun saat ini baru dilewati kereta api lokal. Namun ada wacana dari Pemerintah untuk membuat jalur listrik aliran atas (LAA) sehingga stasiun ini bisa dilewati juga oleh KRL commuterline. Foto: Wikipedia/Naufal Fadilah).

Jarak Stasiun sekitar 3,2km dari gerbang Metland. Untuk yang ke arah Jakarta, kedua kereta ini melewati stasiun Senen dan Jakarta Kota.

Tarif untuk kereta lokal Cikampek adalah Rp5000 sedang kereta lokal Purwakarta adalah Rp6000. Dari Tambun, Anda bisa mencapai Pasar Senen dalam waktu sekitar 50 menit.

Metland Tambun Cluster Platinum

Perempatan dari Bekasi Kota menuju Tambun, angkutan umum yang sering berhenti mendadak membuat penumpukan kendaraan meski badan jalan terhitung lebar.

 

Perumahan: Metland Tambun berada tepat di sisi jalan Sultan Hasanudin yang merupakan jalur utama menuju Bekasi Kota, Cibitung, dan Cikarang. Lebih strategis ketimbang kebanyakan perumahan di kawasan yang sama.

Di sepanjang jalan ini Anda dapat menemukan berbagai macam ruko, masjid, kantor pemerintahan setempat, dan tidak ketinggalan hunian lain yang bervariasi. Fasilitas umum yang krusial untuk Anda dan keluarga pun tidak jauh sehingga mudah untuk Anda jangkau.

Pada fasilitas kesehatan, dekat Metland tambun terdapat rumah sakit Karya Medika II. Rumah sakit ini memiliki berbagai fasilitas unggulan seperti Obstetri dan Ginekologi. Ini adalah layanan untuk Ibu dan anak, serta pasangan yang merencanakan kehamilan.

Ada pula fasilitas ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy). Fasilitas ini memungkinkan penghancuran batu ginjal tanpa operasi. Untuk menuju rumah sakit Karya Medika II, Anda hanya perlu berkendara selama 3 menit.

Metland Tambun Cluster Platinum

Rumah sakit Karya Medika II berjarak 800 meter dari Metland Tambun, rumah sakit ini memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap untuk Anda dan keluarga.

Untuk gejala-gejala sakit ringan seperti flu atau yang lain, Anda bisa mengunjungi Klinik 24 Jam Ara Medika yang ada di kawasan Metland Tambun.

Metland Tambun Cluster Platinum

Klinik Ara Medika yang berada di dalam kawasan Metland Tambun untuk permasalahan kesehatan yang ringan.

Ingin berbelanja keperluan bulanan pun Anda tidak perlu jauh-jauh keluar rumah karena terdapat Giant di dalam plaza Metropolitan Tambun. Plaza ini memang dibangun untuk fasilitas perbelanjaan dan rekreasi bagi Anda dan keluarga.

Plaza Metropolitan Tambun memiliki Pojok Busana, Dunkin Donuts, Modies Toys, Teras Kopi, Brownies Amanda, dan food courts yang menyediakan beragam pilihan makanan. Ketika apa yang Anda butuhkan ada di depan mata, itu merupakan hidup ideal yang pantas untuk Anda nikmati.

Metland Tambun Cluster Platinum

Plaza Metropolitan Tambun yang di dalamnya terdapat Giant, juga menyediakan ATM Center untuk Anda yang lupa mengambil uang sebelum berbelanja.

Sebagai sebuah supermarket, Giant memang mendapatkan tempat di hati para ibu rumah tangga lantaran potongan harga yang kerap digelar setiap bulannya untuk keperluan yang berbeda-beda.

Potongan harga ini pada akhirnya dapat memangkas sedikit uang belanja. Selain kebutuhan harian seperti sembako, Giant pun menyediakan kebutuhan perkakas, alat elektronik, perabotan rumah tangga, sampai pada aneka kue dan roti yang fresh dan enak.

Metland Tambun Cluster Platinum

Kemudahan fasilitas berbelanja dan rekreasi keluaraga menjadi salah satu daya tarik Metland Tambun, Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan kendaraan pribadi cukup berjalan kaki.

Untuk fasilitas pendidikan, di dalam kawasan hunian Metland Tambun terdapat Putra Dharma Global School yang melaksanakan program pendidikan mulai dari Taman Bermain sampai sekolah menengah atas.

Kelebihan dari sekolah ini ada pada misi untuk turut pula mengembangkan karakter para muridnya (character Building), yang dilaksanakan lewat kegiatan PA (taman pendidikan Al-Qur’an), kegiatan pramuka, kegiatan Futsal, kegiatan English Club, pendidikan budi pekerti dan sebagainya.

Metland Tambun Cluster Platinum

Putra Darma Global School yang berada di dalam kawasan Metland Tambun saat ini sedang membuka pendaftaran murid baru tahun 2016-2017.

Selengkapnya

Ringkasan

 

 

Kawasan industri seperti Cikarang, Bekasi, dan sekitarnya kini menjadi sasaran pengembangan kawasan  hunian oleh para developer, termasuk PT Metropolitan Permata Development, yang mendirikan Metland Tambun.

Ya, banyaknya industri yang tersebar di daerah sebelah timur Jakarta itu membutuhkan kawasan hunian bagi para tenaga kerjanya. Selain itu, upaya Pemerintah untuk terus meningkatkan akses jalannya membuat kawasan ini juga menjadi sasaran konsumen yang bekerja di kawasan Jakarta Timur.

Adanya pusat perbelanjaan dan rekreasi ditambah gerai makanan yang berada tepat di depan rumah Anda menjadi keunggulan perumahan Metland Tambun.

Meski pun begitu, dengan anggaran yang sama tentu Anda punya beberapa pilihan hunian dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Tinggal bagaimana Anda menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Selengkapnya
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan