Panorama Bali Residence, Ciseeng, Bogor

  • Boy Leonard
  • 22 Juli 2021

PT. Arya Lingga Manik merupakan pengembang real estat yang berfokus pada perumahan, perkantoran, dan area komersial. Konsep utama yang diemban adalah menciptakan tata ruang sebagai satu kesatuan dengan kawasan setempat, serta pola tata hijau yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dan konsep ini pun nyata tertuang pada Panorama Bali Residence.

Nama proyek: Panorama Bali Residence

Alamat: Jalan Putat Nutug, Ciseeng, Bogor

Total unit: 3.000 unit

Luas area: 43 hektare

Tipe unit:

Tipe

Luas Bangunan (Start From)

Harga Mulai

Singaraja / LT 60 m2

30.00

Rp 232 jt

Kintamani / LT 72 m2

36.00

Rp 280 jt

Bedugul / LT 84 m2

40.00

Rp 321 jt

Tampak Siring / LT 90 m2

50.00

Rp 387 jt

 

Spesifikasi unit:

Pondasi

Cakar ayam

Struktur

Beton bertulang

Dinding dan pester

Bata merah, diaci dan dicat

Lantai

Keramik

Kusen pintu utama

Baja ringan

Kusen jendela

Alumunium

Pintu

Plywood

Plafon

Papan gipsum

Atap

Baja ringan

Penutup atap

Genteng beton/ setara Moenir

Saniter

Kloset duduk, shower

Instalasi air

Sumur pompa

Listrik

1300 Watt

Pagar

Tanpa pagar, antar rumah berbatas double dinding

Analisis

Ulasan Properti Panorama Bali Residence, Ciseeng, Bogor - 11

Desain fasad baru untuk tipe 40/84.

Panorama Bali Residence saat ini merupakan satu-satunya kawasan perumahan berbasis cluster yang ada di kecamatan Ciseeng. Berbeda dengan Parung yang beberapa tahun belakangan mulai diramaikan oleh berbagai nama perumahan baru.

PT. Arya Lingga Manik sebagai pengembang berani menjadi pelopor perumahan di sini karena melihat potensi Ciseeng yang ke depannya akan semakin baik.

Ulasan Properti Panorama Bali Residence, Ciseeng, Bogor - 10

Di Rumah.com, Anda bisa menemukan rumah baru maupun seken di Kawasan Ciseeng, Bogor dengan harga di bawah Rp300jutaan

Konsumen yang menyasar Panorama Bali Residence kebanyakan berasal dari BSD dan Depok. Kategorinya adalah first time buyer dengan kocek terbatas. Mengingat harga rumah di kedua kawasan ini sudah terlampau tinggi, maka para konsumen beralih mencari hunian di daerah pinggiran yang masih menawarkan harga lebih rendah.

Meski demikian, harga jual tanah per meter persegi di Ciseeng terus naik. Hingga akhir 2016 lalu, harga tanah di Ciseeng berada pada kisaran Rp1,7 juta sampai Rp2 juta. Saat ini sudah mencapai 3,5 juta.

Sementara itu, tabel kenaikan harga rumah tipe Kintamani di Panorama Bali Residence adalah sebagai berikut:

Tipe unit

Tanggal

Luas bangunan

Harga rumah

Per meter persegi

Kintamani

Oktober 2015

36

Rp215 Juta

Rp3,9 Juta

Kintamani

November-Maret 2016

36

Rp240 Juta

Rp4,4 Juta

Kintamani

Juli 2021

36

Rp280 Juta

Rp5,1 Juta

 

Kenaikan harga rumah di Panorama Bali Residence melambat dalam beberapa tahun terakhir, terutama akibat pandemi COVID-19. Meski demikian, Rumah.com Property Market Index mencatat kenaikan harga properti secara umum di Ciseeng pada kuartal kedua 2021 mencapai 6% per tahun.

Tampilkan lebih banyak

Detail Properti

Ulasan Properti Panorama Bali Residence, Ciseeng, Bogor - 05a

Rumah contoh telah tersedia di lokasi perumahan. Tampak pada foto adalah fasad tipe Tampaksiring (kiri) dan Bedugul.

Panorama Bali Residence telah dikembangkan tahun 2014 silam oleh pengembang berpengalaman, Arya Lingga Manik. Meski demikian, karena areanya yang luas, masih tersedia stok unit baru. Konsep perumahan bergaya Bali ini menyasar kelas menengah, dengan tetap menjaga tata ruang dan pola tata hijau yang menjadi ciri khas Bogor.

Melihat segi fasilitasnya, untuk ukuran rumah kelas menengah dan jauh dari pusat kota, klaster ini terbilang cukup menarik. Menurut pengembang, nantinya penghuni akan dapat merasakan fasilitas berupa kolam renang anak dan dewasa, sport center, dan sarana ibadah. Namun saat ini fasilitas tersebut masih dalam tahap perencanaan.

Beralih ke kondisi lingkungan, Panorama Bali Residence menggunakan material paving block untuk keseluruhan jalannya. Lebar jalan lingkungan (ROW) berbeda-beda tergantung pengelompokkan tipe unitnya. Ada yang lebarnya 12 meter, 10 meter, 7 meter atau hanya 6 meter.

Panorama Bali Residence menawarkan empat tipe unit dengan rupa eksterior, jumlah ruang dan luas tanah serta luas bangunan yang berbeda. Pengembang telah mendirikan rumah contoh sehingga Anda bisa merasakan langsung pemanfaatan lahan pada setiap unitnya. Namun, bagi Anda yang belum sempat datang ke lokasi, Rumah.com memberikan gambaran detailnya untuk Anda, terutama untuk tipe Tampaksiring.

Ulasan Properti Panorama Bali Residence, Ciseeng, Bogor - 06

Kiri: Denah interior tapak siring. Kanan: pintu masuk tidak langsung menghadap ke depan/jalan, tetapi ke samping.

Ulasan Properti Panorama Bali Residence, Ciseeng, Bogor - 07

Kiri: Pemandangan setelah melewati pintu masuk. Kanan: Pintu untuk kamar tidur pertama, kamar mandi, pintu kamar tidur kedua, dan pintu ke halaman belakang.

Memasuki pintu utama, Anda akan melihat denah ruangan yang cukup generik, di mana di satu sisi terdapat ruang tanpa sekat, yang dapat difungsikan sebagai ruang tengah atau ruang keluarga dan ruang makan.

Di sisi lainnya terdapat dua kamar tidur yang mengapit kamar mandi. Tipe ini masih menyisakan ruang terbuka di bagian belakang. Meski demikian, sepertinya Anda perlu menjadikannya tertutup sebagian agar lebih nyaman.

Ulasan Properti Panorama Bali Residence, Ciseeng, Bogor - 08

Area pantry masih terbuka tanpa atap di halaman belakang.

Keterbatasan ruang membuat area pantry/dapur diletakkan di area terbuka di belakang. Ini tentu kurang ideal karena kegiatan masak-memasak akan terganggu saat matahari bersinar terik, apalagi jika hujan turun. Itu sebabnya, Anda perlu menjadikan sebagian area terbuka ini menjadi tertutup. Selain itu, Anda juga perlu meninggikan tembok pembatas belakang untuk menjaga privasi sekaligus keamanan.

Bagi Anda yang hendak membeli unit di Panorama Bali Residence sekarang, pengembang menawarkan fasad baru dengan ukuran dan layout yang sama. Fasad baru ini sudah tidak lagi mengusung gaya Bali, tetapi lebih ke minimalis.

Ulasan Properti Panorama Bali Residence, Ciseeng, Bogor - 09

Desain fasad baru untuk tipe Tampaksiring yang lebih western.

Fasad baru ini mengusung gaya minimalis yang dipadukan dengan sentuhan victorian. Kelebihan fasad baru ini adalah langit-langit rumahnya yang lebih tinggi sehingga memberi kesan rumah seperti berlantai dua.

Fasad dengan langit-langit berukuran tinggi ini tidak hanya menarik secara estetika, tetapi juga berfungsi membuat suhu ruangan lebih dingin. Ini karena udara panas selalu berada di atas. Jadi, semakin tinggi atap rumah semakin tinggi pula udara panasnya, sehingga area di bawahnya lebih dingin.

Fasad tinggi ini juga dimanfaatkan untuk penempatan jendela berukuran besar sehingga suplai cahaya alami pun semakin berlimpah. Ini membuat Anda tak perlu menyalakan lampu di siang hari untuk menerangi ruangan, khususnya ruang tengah.

Tampilkan lebih banyak

Lokasi

Ulasan Properti Panorama Bali Residence, Ciseeng, Bogor - 01

Ciseeng menawarkan hunian dengan harga terjangkau untuk pekerja yang beraktivitas di sekitar Bogor, Tangerang Selatan, dan Jakarta Selatan.

Ciseeng adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sebelum tahun 2000, kecamatan ini bernama Kecamatan Putat Nutug dengan pusat pemerintahan di desa Putat Nutug.

Sebagian orang mengenal Ciseeng karena di sana terdapat sebuah tempat wisata pemandian air panas yang cukup tenar. Sumber air panas ini rupanya berawal dari kisah di jaman dahulu. Konon katanya, di masa lampau wilayah ini mempunyai sebuah sumur yang airnya tidak pernah kering meski kemarau datang.

Saat ini, akses menuju Ciseeng baru dapat ditempuh lewat jalur non-tol. Tol terdekat adalah tol pintu tol Cinere-Serpong (15km) dan Depok-Antasari (13km). Kedua tol ini akan menghubungkan Anda dengan jalur tol JORR. Namun rencananya, akan ada pembangunan tol JORR 3 yang rencananya akan melintasi Rumpin atau Ciseeng.

Selain itu, ada pula rencana jangka panjang kereta Moda Raya Terpadu (MRT) yang diteruskan hingga ke Pasar Parung, sekitar 7km dari Ciseeng.

Menuju lokasi

Ulasan Properti Panorama Bali Residence, Ciseeng, Bogor - 02

Menuju Panorama Bali Residence melalui sejumlah jalur alternatif dari Jakarta Selatan. Gambar: Google.

Kondisi Jl. Putat Nutug tempat di mana Panorama Bali Residence berada, relatif mulus dan nyaman untuk dilalui karena seluruh jalan telah dilapisi aspal beton. Dengan lebar yang cukup memadai untuk dilintasi dua mobil dari arah berbeda, situasi lalu lintas di kawasan ini selalu ramai lancar meski Anda menujunya pada jam sibuk.

Seperti misalnya dari arah Kota Bogor, perjalanan bakal menyita waktu 1,5 jam (28km) tanpa melewati jalur tol. Rute yang dilalui meliputi Jl. KH. Sholeh Iskandar, Raya Parung, Pasar Ciseeng dan Amd Raya 39. Aktivitas yang cukup ramai di sepanjang KH. Sholeh Iskandar, biasanya menyebabkan antrian kendaraan yang bisa menahan laju Anda hingga 10 menit.

Bila berkendara dari arah Jakarta, akses menuju Panorama Bali Residence bisa melewati jalur tol atau jalan umum. Sebagai contoh dari Jakarta Selatan, Anda bisa memilih rute antara Ciputat atau Cirendeu-Pondok Cabe (non-tol).

Setibanya di Cinangka, pengendara hanya perlu mengendarai mobil lurus terus hingga menjumpai Pasar Parung. Lalu, teruskan berkendara melintasi Jalan H. Mawi dan Jl. Raya H. Usa. Posisi gerbang perumahan Panorama Bali Residence berada di sisi kiri Anda. Diperkirakan, perjalanan dari Jaksel ke Ciseeng akan membutuhkan waktu 1 jam 40 menit bila lancar.

Fasilitas sekitar

Ulasan Properti Panorama Bali Residence, Ciseeng, Bogor - 10

Di Rumah.com, Anda bisa menemukan rumah baru maupun seken di Kawasan Ciseeng, Bogor dengan harga di bawah Rp300jutaan

Sebagai kawasan yang masih belum banyak berkembang, di Ciseeng belum tersedia fasilitas umum penunjang gaya hidup. Untuk mal, misalnya. Yang terdekat adalah The Park Sawangan, jaraknya sekitar 15km dari lokasi perumahan.

Ulasan Properti Panorama Bali Residence, Ciseeng, Bogor - 03

The Park Sawangan adalah mal baru yang dibangun di Sawangan, Depok. Mal ini memiliki tenant kelas menengah-atas dengan style gaya hidup anak muda. Foto: www.newpretail.com.

Sementara itu, untuk kebutuhan sehari-hari, Anda bisa menuju Pasar Parung, yang jaraknya sekitar 9,1km (21 menit). Bila ingin mendapatkan suasana belanja yang lebih nyaman dan tak terlalu ramai, sebaiknya berkunjung ke pasar ini sebelum waktu subuh tiba.

Spesial bagi Anda yang hobi mengoleksi ikan hias, di sinilah tempatnya! Di dalam Pasar Parung terdapat sentra pedagang ikan hias yang menjual beragam jenis mulai dari koi, koki, neon, niasa, caorydoras, black ghost, cupang, lemon, cardinal, dan masih banyak lagi. Menurut beberapa sumber, harga ikan di sini sangat murah bila dibanding toko ikan di kawasan lain.

Sedangkan jika ingin berburu pakaian model terbaru, datang saja ke Ramayana atau Robinson yang berada di Mal Parung. Jaraknya hanya 450 meter dari Pasar Parung. Pusat perbelanjaan yang dibuka sekitar Agustus 2012 ini, hingga kini masih menjadi satu-satunya mal yang berada di Parung.

Selain department store, mal ini juga menghadirkan Zone 2000 yang dapat dijadikan sarana hiburan bagi buah hati Anda. Selepas berbelanja, jangan lupa untuk menyantap makan siang di KFC yang masih berada di area mal.

Untuk sarana pendidikan, beberapa pilihan sekolah negeri dan swasta tersedia mulai SD, SMP, hingga SMA. mulai dari PAUD Miftahul Khole Al Hasani, Kelompok Bermain Cahaya Bunda, SDN Kamulyaan, SDN Putat Nutug 1, MTS Nurul Islamiyah, dan SMPN 1 Ciseeng.

Pilihan rumah sakit besar yang mudah dijangkau oleh penghuni Panorama Bali Residence cukup terbatas. Salah satu opsinya adalah RS Rumah Sehat Terpadu (RST) yang berjarak 9km atau 20 menit berkendara.

Ulasan Properti Panorama Bali Residence, Ciseeng, Bogor - 04

RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa. Foto: dompetdhuafa.org

Awalnya pada tahun 2001, Dompet Dhuafa mendirikan balai pengobatan gratis yang bernama Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC DD). Ternyata dalam perkembangannya, banyak pasien membutuhkan pelayanan kesehatan yang lebih serius.

Tepat pada tahun 2012, akhirnya Dompet Dhuafa mendirikan rumah sakit ini. Meski danayanya dari hasil dana zakat dan wakaf, namun rumah sakit tipe C ini difasilitasi dengan berbagai layanan kesehatan yang cukup modern dan lengkap.

Pelayanan kesehatan yang tersedia di RS ini meliputi emergency, ICU, rawat jalan, rawat inap, ruang operasi, hemodialisa, laboratorium, radiologi, fisiterapi, farmasi, dan konsultasi gizi.

Adapun kegiatan pokok pelayanan gizi di Rumah Sehat Terpadu terdiri dari asuhan gizi rawat jalan, asuhan gizi pasien rawat inap, penyelenggaraan makanan, penelitian dan pengembangan gizi.

Pilihan lainnya adalah RSIA Citra Insani (11km) dan Puskesmas Ciseeng yang jaraknya 4km dari Panorama Bali Residence bisa menjadi alternatif utama.

Bosan hanya menyaksikan acara televisi saat akhir pekan? Lebih baik ajak keluarga tercinta Anda untuk bermain air sekaligus menjaga tubuh tetap bugar di Pemandian Air Panas Tirta Sanita, Ciseeng. Untuk menuju wisata air panas ini, Anda perlu berkendara sejauh 5,7km dari rumah.

Sarana rekreasi ini mengenakan tiket masuk sebesar Rp5.000 (Senin-Jumat) dan Rp6.000 (Sabtu/Minggu/Libur) untuk orang dewasa. Sedangkan harga tiket masuk untuk anak-anak hanya Rp3.500 per pengunjung.  Air panas di tempat ini dipercaya bisa memperhalus serta menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Bak rendam VIP di Pemandian Air Panas Tirta Sanita hanya diperbolehkan untuk satu orang saja. Setiap pengunjung juga hanya diperkenankan berendam selama 15-20 menit, dalam air hangat yang mengandung belerang ini. Untuk berendam di bak VIP ini, pengunjung harus membayar retribusi tambahan sebesar Rp10.000 per orang.

Ulasan Properti Panorama Bali Residence, Ciseeng, Bogor - 05

Pemandian Air Panas Tirta Sanita, Ciseeng sangat cocok dinikmati bersama keluarga guna mengisi waktu libur Anda. (www.keliling-dunia.com)

Setelah selesai berendam, pengunjung akan mendapat sebotol air dingin guna menyegarkan tenggorokan. Area bilas tersedia di dalam kamar VIP, meski sebaiknya air hasil berendam tidak dibilas selama beberapa jam untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Tampilkan lebih banyak

Ringkasan

Sebelum membeli rumah, Anda perlu loh mengetahui kredibilitas pengembang. Simak tipsnya disini!

 

Kendati Ciseeng berada jauh dari jalan utama yakni Jalan Raya Parung, namun tak menutup kemungkinan wilayah ini bakal berkembang di beberapa tahun ke depan seperti Parung. Mengingat, beberapa proyek pembangunan yang tengah dicanangkan pemerintah setempat bakal melibatkan lahan-lahan yang ada di Ciseeng.

Dan bagi Anda yang memiliki dana terbatas namun tetap ingin memiliki rumah pribadi, Panorama Bali Residence yang berlokasi di Ciseeng, Bogor, mampu menjawab permasalahan ini. Terutama jika Anda tak mempermasalahkan jarak jauh antara rumah dengan tempat kerja. Harga rumah yang dibanderol mulai Rp240 jutaan, pas dibeli oleh masyarakat berpenghasilan rendah.

Tertarik melihat review properti lain di sekitar Bogor? Lihat pilihannya di sini! 

 Bagi Anda yang masih memiliki pertanyaan seputar membeli rumah, temukan jawabannya di Panduan Rumah.com. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan melalui Tanya Properti.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Tampilkan lebih banyak
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan