Puri Artha Sentosa, Sukoharjo, Jawa Tengah

  • Isnaini Khoirunisa
  • 15 Januari 2016

Pengembang PT. Artha Sentosa Raya memiliki produk dengan nama Puri Artha Sentosa. Berdiri di atas lahan seluas 9800 meter persegi, hunian ini menawarkan rumah tipe satu lantai dengan mulai tipe 45 sampai tipe 70. Gaya arsitektur perumahan ini tak jauh beda dengan hunian sebelumnya yaitu Grand Sentosa, yang memiliki gaya minimalis tropis.

Alamat: Jalan Mangesti Raya, Gatak, Sukoharjo, Jawa Tengah

Tipe: Rumah

TIPE UNIT

Type 45 Luas tanah: 104m2 .Luas bangunan: 45m2

Harga: Rp445 juta

Type 48 Luas tanah: 112m2. Luas bangunan: 48m2

Harga: Rp475 juta

Type 60 Luas tanah: 117 m2. Luas bangunan: 60m2

Harga: Rp535 juta

Type 60 Luas tanah: 126m2 Luas bangunan: 60m2

Harga: Rp560 juta

Type 70 Luas tanah: 140m2 Luas bangunan: 70m2

Harga: Rp590 juta

Type 80 Luas tanah: 165m2 Luas bangunan: 80m2

Harga: Rp850 juta

Type 90 Luas tanah: 180m2 Luas bangunan: 90m2

Harga: Rp900 juta

SPESIFIKASI BANGUNAN

Struktur Bangunan: Beton Bertulang
Pondasi: Batu kali & foot plat
Dinding: Pasangan Batu Bata Merah di plester
Cat: dulux Exterior & catylax Interior
Lantai: Granit 60 x 60 (utama)
Keramik 20 x 20 (lantai)/ 25 x 40 dinding)
Atap: Rangka atap baja ringan / kayu kalimantan
Genteng: Pres beton
Kusen & Jendela: Jati oven
Plafond:  Gypsumboard
Sanitair:  Kloset duduk Setara American Standard
Railing Tangga:  Variasi besi hollow
Carport:  Grass blok
Air Bersih:  Sumur dengan pompa Shimitzu
Listrik : PLN 2200 Watt 25 titik standard

 

Analisis

Mencari perumahan satu lantai dengan harga Rp400 jutaan di kawasan Mangesti Getan bukanlah hal yang sulit. Dengan hadirnya beragam perumahan baru, Anda bisa mencari unit rumah kelas menengah yang sesuai dengan keinginan. Salah satunya bisa Anda temukan di Puri Artha Sentosa.

Konsumen Puri Artha Sentosa mayoritas merupakan pembeli rumah pertama yang berasal dari daerah Solo dan sekitarnya. Namun untuk mereka yang berencana untuk investasi, pembelinya banyak datang dari luar kota Solo.

Perumahan Tanggal Luas Bangunan Harga Per meter persegi
Puri Artha Sentosa 15/05/13 45 Rp280 juta Rp6,2 juta
Puri Artha Sentosa 14/01/16 45 Rp445 juta Rp9,8 juta
Safira Town house 15/05/15 50 Rp350 juta Rp7 juta
Safira Town house 14/01/16 50 Rp570juta Rp11,4 juta

Dengan harga tanah di sekitar lokasi perumahan yang terus naik, secara langsung akan mempengaruhi harga jual Puri Artha Sentosa. Pada awal launching di tahun 2013, Puri Artha Sentosa dibuka pada angka Rp280 jutaan, namun saat ini sudah tembus hingga 400 jutaan. Ini berarti kenaikan harganya sudah mencapai 62 persen dalam waktu dua tahun.

Dengan segmentasi pasar kelas menengah, Puri Artha Sentosa hampir 70% nya menggunakan jasa pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah. Kawasan perumahan tersebut menyimpan prospek investasi yang baik.

Pihak developer secara berkala menaikkan harga unit yang ditawarkan. Tipe 45 contohnya, saat pertama kali dipasarkan harganya masih Rp280 jutaan namun hanya berselang tujuh bulan naik menjadi Rp330 juta.

Faktor eksternal juga akan memberikan dampak yang positif dalam prospek invesati. Puri Artha Sentosa dan hunian lain di sepanjang Jalan Mangesti Raya diprediksi akan mengalami kenaikan yang cukup baik. Pemerintah daerah setempat berencana melebarkan jalan raya tersebut untuk memperlancar kegiatan bisnis dan ekonomi area sekitarnya.

Tampilkan lebih banyak

Detail Properti

Mengunjungi bilangan Mangesti Raya, begitu banyak dijumpai perumahan baru di kanan kiri jalan. Ya, Getak memang disebut-sebut sebagai lokasi pemukiman yang nyaman di kawasan Sukoharjo. Selain daerahnya yang terbilang masih asri dengan kehadiran area persawahan, lokasinya begitu dekat menjangkau pusat kota jika ingin mengunjungi mal ataupun rumah sakit ternama.

Tersebut beberapa perumahan di sekitar lokasi ini. Seperti Town house, Tirtamaya Residence dan Celesta Sentosa Regency.

Perumahan yang dibangun dari awal tahun 2013 ini menyediakan 51 unit rumah. Konsep dasar bangunan di perumahan ini adalah minimalis.

Puri Artha Sentosa

Letak perumahan menjorok ke dalam, agak jauh dari jalan raya sehingga penghuni tidak terganggu oleh bisingnya lalu-lalang kendaraan.

Menurut Muhammad Firman AB, Direktur Utama PT. Artha Sentosa Raya, konsep minimalis masih paling cocok untuk segmen pasar menengah.

“Desain rumah minimalis sampai sekarang masih menjadi tren pasar segmen menegah. Desain rumah minimalis berpengaruh terhadap angka penjualan,” ujarnya.

Hal ini akan terlihat dari kesan pertama yang Anda tangkap setibanya di depan perumahan. Garis-garis tegas pada bangunan dengan dinding aksen batu alam menjadi daya tarik bagi konsumen.

Selain itu, untuk mendongkrak angka penjualan, pihak pengembang Puri Artha Sentosa lebih dahulu mendirikan kawasan sebelum mendirikan hunian. “Langkah tersebut kami lakukan karena secara psikologis calon pembeli akan lebih tertarik jika kawasan kami bangun dulu”, tandas Firman.

Tidak hanya itu, pengembang juga menawarkan beragam gimmick menarik untuk menarik calon konsumennya. Pada saat-saat tertentu mereka memberikan hadiah langsung berupa pendingin udara untuk mendongkrak konversi penjualan.

Puri Artha Sentosa

Plat nama perumahan menyambut setibanya Anda di depan perumahan Puri Artha Sentosa

Langgam arsitektur bangunan pada perumahan tersebut masih mengadopsi dari perumahan Grand Sentosa yakni bergaya minimalis tropis.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam, Puri Artha Sentosa menawarkan tujuh tipe rumah yang bisa Anda pilih mulai dari tipe 45 hingga 90. Yang patut menjadi pertimbangan, unit-unit di Puri Artha Sentosa memiliki tanah yang luas. Tipe terkecil, misalnya, memiliki luas tanah 104m2 sementara tipe paling besar luas tanahnya 180m2.

Tipe yang ditawarkan Puri Artha Sentosa merupakan tipe yang banyak diburu konsumen keluarga muda yang baru pertama memiliki rumah. Denah ruang standar dengan dua kamar tidur dirasa sudah cukup mengadopsi kebutuhan ruang mereka saat ini.

Seiring berkembangnya waktu kebutuhan ruang mereka akan bertambah, maka mereka dapat memperluas rumah menggunakan sisa lahan yang masih ada.

Soal kisaran harga, hunian di Puri Artha Sentosa dipasarkan mulai dari Rp445 juta sampai dengan Rp900 juta. Harga tersebut sudah termasuk PPN dan biaya pemasangan listrik 1300/2200 watt.

Menurut data yang dihimpun dari staf pemasaran Puri Artha Graha, dari 51 unit yang ditawarkan, saat ini tinggal tersisa 15 unit.

Puri Artha Sentosa

Lingkungan perumahan di Puri Artha Sentosa, dengan batu conblock

Puri Artha Sentosa

Fasad perumahan di Puri Artha Sentosa, didominasi oleh warna cokelat dan putih serta kombinasi ornamen bebatuan

Plafon rumah yang tinggi menjadi salah satu sentuhan untuk menegaskan kesan tropis dalam ruangan.

Soal legalitas, Anda juga tak perlu khawatir. Sama seperti unit yang sudah siap, pengembang juga telah menyiapkan sertifikat dan IMB untuk setiap unit rumah.

Mengenai fasilitas lingkungan, lingkungan perumahan dilengkapi oleh taman hijau dan jogging track untuk berolahraga. Selain itu perumahan ini memiliki satuan petugas keamanan yang beroperasi selama 24 jam.

Puri Artha Sentosa

Gambar tiga dimensi rumah Puri Artha Sentosa yang terletak di posisi hoek.

Puri Artha Sentosa

Setibanya didepan rumah Anda akan disambut oleh ruang tamu dan dua jendela lebar

Puri Artha Sentosa

Interior salah satu unit rumah di Puri Artha Sentosa, terdapat pintu geser kaca yang menyambungkan ke taman belakang rumah

Puri Artha Sentosa

Interior salah satu sudut ruangan. Terhubung ke ruang tamu dan ruang dapur kotor.

Puri Artha Sentosa

Kamar mandi dilengkapi oleh kloset duduk

Tampilkan lebih banyak

Lokasi

Solo kini dianggap menjadi salah satu daerah yang seksi untuk dijadikan lokasi investasi. Terlihat dari banyaknya developer yang berlomba-lomba menanamkan investasinya di kota ini. Disokong oleh sektor pariwisata dan ruang ritel yang bertambah pesat, area yang berbatasan langsung dengan Surakarta (disingkat sebagai Solo Raya) turut terkena imbas positif. Salah satu contohnya bisa kita lihat di kawasan Gentan, salah satu kecamatan di Sukoharjo.

Puri Artha Sentosa

Pertigaan “Tugu Lilin” yang terdapat di jalan Slamet Riyadi. Berjarak sekitar 3,6km dari Puri Artha Sentosa (Foto: Google Earth)

Beberapa tahun belakangan, Gentan tumbuh menjadi salah satu kawasan properti di Solo Raya. Pertumbuhan dan pergerakan perekonomian di kawasan ini naik secara signifikan dengan adanya beberapa fasilitas perekonomian seperti Pasar Gentan dan bebarapa sarana perbelanjaan waralaba.

Hal inipun dimanfaatkan oleh salah satu pengembang properti lokal, PT Artha Sentosa Raya untuk mendirikan perumahan di jalan Mangesti Raya. Lokasi ini dianggap strategis sebagai penyangga poros Gentan, Mayang dan Baki. Selain itu, apabila selesai dilakukan pelebaran jalan, nantinya sepanjang jalan Mangesti Raya akan menjadi jalur alternatif Solo menuju Jogja dan sebaliknya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang hendak berinvestasi hunian di kawasan penyanggah seperti Sukoharjo, lokasi ini boleh dibilang “segitiga emas” Kertasura yang patut untuk diperhitungkan. Sejumlah jalan utama juga siap mengantar Anda untuk tiba di lokasi. Misalnya jalan Wonogiri-Solo atau jalan Solo-Yogyakarta.

Puri Artha Sentosa

Kondisi jalan Mangesti Luhur, tepat didepan perumahan Puri Artha Sentosa (Foto: Google Earth)

Menuju Lokasi: Jalan Mangesti Raya bisa ditempuh melalui jalan utama Surakarta Semarang/Surakarta Jogja. Dari jalan Brigjen Slamet Riyadi menuju jalan Mangesti Raya berjarak kurang lebih 5 kilometer. Untuk tiba di Puri Artha Sentosa, Anda tinggal melewati jalan Transito hingga tiba di Tugu Lilin yang terdapat di jalan Dr. Radjiman.

Lanjutkan perjalanan melintasi jalan Pajang hingga tiba di jalan Mangesti Raya. Sampai di ujung jalan, ambil belok kanan. Setelah berjalan sekitar 650 meter, maka pintu gerbang perumahan Puri Artha Sentosa akan menyambut di depan Anda. Waktu tempuhnya cukup singkat sekitar 25 menit, mengingat area ini belum terlalu padat.

Selain mengendarai kendaraan pribadi, Anda juga bisa menjangkau Puri Artha Sentosa menggunakan transportasi umum. Namun untuk saat ini belum ada angkutan umum yang melewati jalan Mangesti Raya sehingga Anda harus menyambung dengan kendaraan pribadi.

Misalnya dari area Kertasura, Anda bisa menumpang Batik Solo Trans (BST) koridor 4 (Kartasura-Solo Baru) yang berakhir sampai di jalan Veteran, Lotte Wholesale Solo, sekitar 5km dari Tirta maya Residence.

Bila ingin berkendara keluar kota tanpa macet, Anda tinggal memilih kereta api sebagai alternatif transportasi. Stasiun Purwosari berjarak enam kilometer dari perumahan. Lokasinya yang terdapat di jalan Slamet Riyadi No.502 ini melayani percabangan jalur kereta api antara Surabaya dengan Wonogiri. Stasiun ini juga menjadi pemberhentian kereta api yang melewati jalur selatan setelah stasiun Solo Jebres dijadikan cagar budaya oleh Pemerintah Surakarta.

Selain Purwosari, stasiun Gawok berjarak lebih dekat dengan perumahan. Jaraknya hanya sekitar dua kilometer atau setara dengan berkendara mobil dengan waktu tujuh menit.

Puri Artha Sentosa

Fasad bandara Adi Soemarmo yang menyambut ketika Anda hendak take off ataupun landed. (Foto: http://adisumarmo-airport.com/)

Bagi Anda yang menyukai traveling, jangan khawatir karena Puri Artha Sentosa berlokasi relatif dekat dengan bandar udara internasional Adi Soemarmo. Jarak tempuhnya sekitar 11,5 kilometer atau sekitar 35 menit berkendara mobil jika lalu lintas lancar.

Perumahan: Jika memperhatikan area Gatak, Anda akan menemukan beberapa kompleks perumahan dengan model klaster. Ya, tren perumahan klaster memang sudah banyak ditemui di kawasan Sukoharjo.

Kawasan ini juga dekat dengan beberapa pusat perbelanjaan modern. Tidak hanya itu, sejumlah fasilitas umum juga bisa melengkapi kebutuhan sehari-hari. Mulai dari rumah sakit, sekolah dan tempat rekreasi bersama keluarga.

Untuk sekolah, Anda bisa menyekolahkan buah hati di beberapa pusat pendidikan yang ada di sekitar perumahan. Di jenjang taman kanak-kanak, Anda bisa menyekolahkan mereka di TK Islam Kanita Tiara. TK ini menerima murid berusia mulai dari empat tahun sampai enam tahun. Jarak dari perumahan ke sekolah ini sekitar 2,3 kilometer atau sekitar 10 menit berkendara mobil.

Sementara untuk sekolah usia dini, TK Islam Kanita Tiara juga menyediakan pendidikan kelompok bermain Fatimah yang menerima murid mulai dari usia 2,5 tahun sampai empat tahun. Soal fasilitas, sekolah ini menyediakan mainan penunjang kreatifitas anak, alat tulis dan lukis, ruang gedung dengan pendingin udara, dan mendapatkan makanan ringan.

Puri Artha Sentosa

Murid-murid SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo mulai tahun pelajaran 2015/2016 menempati gedung baru. (Foto: http://ar-risalah.org/index.php/smpit-ar-risalah)

Mencari sekolah untuk pendidikan dasar, ada beberapa sekolah negeri Getan yang terdapat di sekitar hunian. Sedangkan jika ingin mencari pendidikan swasta untuk tahap SD dan SMP, sekolah Islam masih menjadi unggulan di kawasan ini, salah satunya adalah Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ar- Risalah.

Sekolah yang baru selesai direnovasi pada bulan Agustus 2015 ini terletak di kawasan Gambiran, Cermani. Berjarak sekitar 3,5 kilometer dari perumahan, SMPIT ini menyediakan program unggulan seperti terjemah Al Qur’an, Tahsin dan Tahfizh, elektronika dan menjahit.

Sekolah Islam swasta lainnya ialah Al Azhar 21 Solo Baru yang jaraknya sekitar 6,5 kilometer dari hunian. Sekolah ini menyediakan fasilitas seperti ruangan kelas berpendingin udara, laboratorium komputer, IPA dan ruang seni, sampai dengan Unit Kesehatan Sekolah dan Perpustakaan.

Di sekitar hunian juga terdapat SMK Pembangunan Nasional Sukoharjo, jaraknya sekitar dua kilometer dari perumahan. Untuk menuju ke sana, Anda hanya butuh waktu tak sampai 10 menit. SMA lain yang bisa menjadi pilihan ialah SMA Al Islam 1 Surakarta yang berjarak sekitar 5,6 kilometer dari rumah.

Pendidikan pesantren juga bisa menjadi pilihan orang tua yang ingin menyekolahkan buah hatinya di asrama. Salah satu yang terdekat dari rumah adalah SMP-SMA Insan Cendekia Al Mujtaba yang berjarak 6,8 kilometer dari hunian. Untuk kurikulum pendidikan, boarding school ini menerapkan nilai IPTEK dan IMTAK untuk memperkaya ilmu pengetahuan para santrinya.

Puri Artha Sentosa

Gedung Yayasan Majlis Pengajian Islam Assalaam (Foto: http://assalaam.or.id/id/)

Sekitar 5,2 kilometer dari perumahan juga terdapat Pesantren Islam bernama Ma’had Ilm Al- Madinah di kawasan Jalan Brigjen Slamet Riyadi. Sekolah ini menyediakan pendidikan Islami dan Akademik untuk siswa siswi pada tingkat SMA.

Ada juga Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam yang berlokasi sekitar 6,2 kilometer dari Puri Artha Sentosa. Pesantren ini terbilang populer di kalangan wali murid karena fasilitas dan kapasitas gedungnya yang cukup luas.

Beberapa perguruan tinggi ternama di Solo juga berjarak relatif dekat dengan Puri Artha Sentosa. Bagi Anda yang berencana ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, pilihannya antara lain Universitas 11 Maret (14,5 km) dan Universitas Muhammadiyah Solo (5,6 km). Keduanya menyediakan pendidikan sarjana sampai jenjang pascasarjana.

Selain sekolah, lokasi rumah sakit yang dekat hunian juga menjadi pertimbangan awal bagi keluarga muda ketika mencari rumah. Beberapa rumah sakit terdekat bisa menjadi pilihan keluarga. Sebagai contoh Rumah Sakit Islam Surakarta yang lokasinya sekitar lima kilometer dari perumahan.

Puri Artha Sentosa

Gerbang depan yang menyambut ke RS Dr. Oen Solo Baru (Foto: http://www.droensolobaru.com/lain2/galeri-foto/fasilitas-pelayanan)

Rumah sakit Dokter Oen Solo Baru juga terletak hanya lima kilometer dari perumahan. Soal pelayanan, RS ini sudah lama dikenal lengkap dengan ragam pemeriksaan penunjang seperti endoskopi, CT Scan USG dan radiologi.

Yang menarik, rumah sakit ini awalnya merupakan lahan hibah seluas 12 hektar dari pemilik Batik Keris, Bapak Tjokrosaputro. RS ini juga mengoleksi tanaman langka di sekitar lingkungan seperti Pohon sosis, pohon Bodhi dan lain lain.

RSI yang sudah berdiri sejak 25 tahun lalu ini menyediakan 214 ruang inap dengan 67 dokter spesialis. RSI Surakarta juga menjadi anggota dari The TEMOS International Network dan The Global Hospital Guide dengan kelengkapan alat medis yang mereka miliki.

Rumah Sakit Kasih Ibu bisa menjadi pilihan ketika si kecil mendadak demam atau influenza. Letaknya sekitar 5 km dan bisa Anda jangkau menggunakan mobil dalam waktu 17 menit jika lalu lintas lancar. Mereka juga memiliki empat layanan unggulan yaitu Klinik Diabetes Terpadu, Laparoskopi, Fakoemulsifikasi dan Hemorroidal Arteri Ligation (HAL) untuk penanganan wasir.

Puri Artha Sentosa berada di kawasan strategis di Solo Baru yang lengkap dengan ragam mal dan perbelanjaan modern lainnya. Salah satunya adalah The Park Solo, yang terletak sekitar 8 kilometer dari Puri Artha Sentosa.

Mal ini tidak hanya dilengkapi oleh apartemen dan kompleks ruko disekitarnya, namun juga tenant yang lengkap. Mulai dari bioskop Cineplex XXI, departemen store Metro, ragam restoran ternama sampai dengan outlet kecantikan dan Lotte Mart swalayan.

Mall terbesar di Solo The Park

The Park adalah salah satu mal besar di Solo.

Berjarak sekitar 500 meter dari The Park, terdapat pusat perbelanjaan modern lain bernama Hartono Lifestyle Mall. Pusat perbelanjaan ini lebih menyasar kelas menengah dengan ragam tenant kuliner, fashion dan hiburan. Sebut saja Hartono Platinum Cineplex, Crown Pool Cafe dan Matahari Departement Store.

Sementara itu, juga ada Solo Grand Mall yang berjarak 7 km dari hunian. Mal dengan tujuh lantai ini terbilang lengkap dengan beberapa tenant menengah. Mulai dari Grand Cinema 21, hypermart, BreadTalk, Matahari Dept Store, Timezone dan beberapa restoran cepat saji lainnya. Pilihan belanja lainnya juga bisa Anda temukan di Solo Paragon dan Carrefour Solo Baru.

Puri Artha Sentosa

Salah satu sudut di perbelanjaan Pusat Grosir Solo (Foto: http://pusatgrosirsolo.com/)

Jika punya waktu lebih untuk menghabiskan akhir pekan, Anda bisa menuju ke arah Alun Alun Lor untuk berbelanja di Pasar Klewer, Beteng atau pusat grosir terlengkap PGS (Pusat Grosir Solo). Selain mengamati kekayaan budaya Keraton yang ada di Solo, Anda juga bisa berbelanja multiproduk seperti batik dan fashion dengan harga yang miring.

Di sekitar alun-alun, Anda bisa menyicipi jajanan pasar yang beraneka ragam dan berkeliling dengan menumpang angkutan tradisional Becak.

Stadion sepakbola Manahan Solo juga hanya berjarak sekitar 8 kilometer dari Puri Artha Sentosa. Sempatkan waktu untuk berolahraga di tengah kesibukan beraktivitas. Anda bisa berlari mengelilingi lingkungan luar stadion atau sekedar jogging ringan dan bermain badminton bersama keluarga.

Tampilkan lebih banyak

Ringkasan

Bagi Anda yang mencari perumahan dengan harga Rp 400jutaan, Soloraya adalah lokasi pas untuk dipertimbangkan. Baik untuk ditempati secara pribadi, disewakan, dan berinvestasi.

Gentan contohnya, lokasi ini terbilang cukup ramai dengan adanya sejumlah perbelanjaan modern. Hal ini mendorong sejumlah pengembang membangun hunian di sini. Seperti Puri Artha Sentosa.

Puri Artha Sentosa menyasar kalangan kelas menengah atau keluarga muda dengan harga unit yang relatif terjangkau, mulai dari Rp400 juta sampai Rp 900 juta.

Menilik dari pergerakan harga dalam dua tahun terakhir, Anda tak perlu khawatir soal peluang investasi. Dalam waktu pembangunan selama dua tahun saja, kenaikan harganya sudah menyentuh 62 persen.

Tampilkan lebih banyak
Eric Wong

Isnaini Khoirunisa

Penulis adalah content writer Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: isnainikhoirunisa@rumah.com atau melalui Twitter: @isnaainaa

Masukan