Puri Cibubur, Jakarta Timur

  • Boy Leonard
  • 23 Agustus 2018

Pandawa Property membuktikan eksistensinya sebagai salah satu pengembang yang patut diperhitungkan. Sampai saat ini sudah empat proyek properti yang telah dibuat. Di antaranya Puri Cipayung, Puri Cempaka, The Pavillion, dan Grand Kartika. Yang terbaru adalah Puri Cibubur, hunian dua lantai eksklusif yang hanya tersedia 3 unit.

Nama proyek: Puri Cibubur

Alamat: Jalan Lapangan Tembak, Cibubur, Jakarta Timur

Tipe: Rumah

Luas area: 345 meter persegi

Tipe unit: Tipe 115. Luas tanah 115 m2.Luas bangunan 111 m2. Harga Rp1.500.000.000

Spesifikasi Teknis

Pondasi: Batu kali –  ceker ayam

Dinding: Bata merah diplester, finishing cat

Lantai: Granite tile 60×60

Plafond: Gypsum, rangka hollow, finishing cat

Rangka atap: Genteng flat

Kusen: Alumunium finishing powder coating white

Daun pintu: Panel kayu

Sanitair: Kloset duduk dan jongkok merek American Standard

Septictank: Biotech

Listrik: 2200 watt

Analisis

Ulasan Properti Puri Cibubur, Cibubur, Jakarta Selatan

Tampak unit siap huni di Puri Cibubur. Penggunaan gaya minimalis yang dikombinasikan dengan sentuhan alam membuat unitnya terasa lapang dan nyaman.

Kawasan Cibubur dan sekitarnya masih menyediakan kesempatan bagi Anda untuk memiliki rumah idaman. Menurut data yang dihimpun dari Rumah.com, rata-rata harga rumah dua lantai di kawasan ini berkisar Rp17 juta per meter persegi.

Di sisi lain, Perumahan Puri Cibubur hanya dibanderol Rp13 juta per meter perseginya. Mengapa bisa demikian?

Ada perbedaan yang cukup mencolok antara Puri Cibubur dan perumahan lainnya di kawasan yang sama. Puri Cibubur hanya terdiri dari tiga unit rumah dan lokasinya menyatu dengan rumah warga sekitar. Tidak ada gerbang dan fasilitas tertentu di dalamnya.

Mungkin hal ini yang menjadi alasan Puri Cibubur memiliki harga yang lebih rendah ketimbang perumahan sejenis. Namun bila membahas spesifikasi bangunan dan desain rumah, Puri Cibubur menawarkan kualitas yang serupa dengan perumahan karya pengembang lainnya.

Sebagai acuan, marilah kita lihat perumahan lain yang ada di dekat Puri Cibubur. perumahan pertama adalah Heavenly Residence yang berjarak 3,3km dari Puri Cibubur. Heavenly Residence menawarkan rumah dua lantai dengan luas tanah 60 m2 dan luas bangunan 88 m2. Perumahan ini memiliki harga bangunan Rp14 juta per meter persegi.

Lalu ada juga Harmony @East yang jaraknya sekitar 850 meter dari Puri Cibubur yang menawarkan rumah dua lantai dengan luas tanah 110 m2 dan luas bangunan 106 m2. Harga bangunan di perumahan ini adalah Rp18 juta per meter persegi.

Untuk urusan investasi, tiap tahunnya harga perumahan di kawasan Cibubur dan sekitarnya bisa mencapai 100-300 juta rupiah. Khusus Puri Cibubur, dari bulan Juni 2017 hingga saat ini telah terjadi kenaikan sekitar Rp100 juta.

Kenaikan harga ini tentu maksimal melihat proyek LRT yang melewati Cibubur masih dalam proses pembangunan. Transportasi massal ini akan menutupi satu-satunya kekurangan dari segi transportasi yang dimiliki Jakarta Timur. Banyak pakar properti yang memprediksi kehadirannya dapat mendorong investasi secara signifikan.

Sementara itu, Rumah.com Property Index mencatat bahwa median harga di Jakarta Timur berada pada kisaran Rp13 jutaan per meter persegi, dengan kenaikan indeks harga mencapai 10,7% per tahunnya.

Tertarik membaca ulasan wilayah lainnya berdasarkan Rumah.com Property Index? Lihat di sini!

Selengkapnya

Detail Properti

Ulasan Properti Puri Cibubur, Cibubur, Jakarta Selatan

Kiri: Tiga unit rumah siap huni yang ditawarkan oleh Puri Cibubur berada di jalan Belimbing. Kanan: Unit tipe 115 di Puri Cibubur yang memiliki desain minimalis modern.

Cibubur saat ini telah berubah menjadi kawasan hunian yang ramai dengan fasilitas umum yang lengkap. Misalnya saja di jalan Lapangan Tembak, kini sudah dipenuhi oleh ruko komersil dan perumahan baru.

Puri Cibubur merupakan perumahan seluas 345 meter persegi, terdiri dari 3 unit rumah dua lantai. Lokasinya ada di jalan Belimbing yang dengan akses Jalan Lapangan Tembak.

Agak berbeda dengan perumahan lain, unit rumah di Puri Cibubur tidak ditutup oleh gerbang karena lokasinya menyatu dengan jalan warga sekitar. Jadi bisa dibilang gerbang masuk ke jalan Belimbing merupakan akses jalan utama ke perumahan ini.

Puri Cibubur merupakan perumahan yang dirilis terbatas dengan 3 unit rumah. Fasad bangunannya menampilkan desain minimalis modern yang terlihat berbeda jika dibandingkan dengan rumah warga yang berada di sekitarnya.

Untuk lebih jelasnya, Rumah.com datang langsung melihat bagian dalam rumah dengan luas tanah 115 m2 dan luas bangunan 111 m2 ini.

Dari bagian depan, salah satu hal menarik perhatian adalah bagian carport-nya yang dibuat agak lebar. Dengan kapasitas ini pemilik rumah bisa menampung dua mobil sekaligus. Hal ini memberi keuntungan karena apabila memarkir kendaraan di jalan umum bisa dikenakan denda oleh Pemda.

Luas carport yang lebih besar ini memang harus mengorbankan area taman depan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena di dalam belakang rumah terdapat area kosong berbentuk letter L yang bisa di fungsikan sebagai taman.

Ulasan Properti Puri Cibubur, Cibubur, Jakarta Selatan

Kiri: Pintu kaca disematkan di antara ruang tamu dan taman belakang untuk menambah nilai estetika dan sebagai sumber cahaya alami. Kanan: Dapur di Puri Cibubur sudah dilengkapi dengan instalasi kitchen sink.

Masuk ke dalam rumah, Anda bisa menemukan ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dapur, dan kamar tidur pembantu lengkap dengan kamar mandinya. Taman di belakang rumah terletak persis di depan kamar tidur pembantu.

Ulasan Properti Puri Cibubur, Cibubur, Jakarta Selatan

Kiri: Pintu belakang menuju kamar tidur dan kamar mandi pembantu. Kanan: Kamar tidur pembantu yang letaknya di bagian belakang tipe 115 Puri Cibubur.

Ulasan Properti Puri Cibubur, Cibubur, Jakarta Selatan

Kiri: Kompensasi dari hilangnya taman depan adalah Anda mendapatkan taman belakang yang cukup luas. Kanan: Meski pun tidak terdapat kamar tidur pemilik di lantai satu, tapi tetap disediakan satu kamar mandi yang letaknya di bawah tangga.

Kemudian naik ke lantai dua, boleh dibilang merupakan area privasi keluarga. Mengapa? Karena ketiga kamar tidur berada di lantai dua. Salah satunya merupakan kamar tidur utama yang dilengkapi dengan kamar mandi pribadi.

Sementara untuk dua kamar tidur lainnya diberikan satu kamar mandi luar. Di lantai dua juga tersedia ruangan yang bisa dijadikan tempat berkumpulnya keluarga.

Ulasan Properti Puri Cibubur, Cibubur, Jakarta Selatan

Kiri: Di kamar mandi ini nantinya diinstal sanitair American Standart. Kanan: Area keluarga yang lebih privasi terdapat di lantai dua.

Ulasan Properti Puri Cibubur, Cibubur, Jakarta Selatan

Kiri: Lorong terbuka ini berisikan dua kamar tidur dan satu kamar mandi, saat ini masih dalam tahap finishing. Kanan: Kamat tidur di lantai dua di lengkapi empat buah jendela berbeda bentuk sebagai ventilasi dan sumber cahaya alami.

Ulasan Properti Puri Cibubur, Cibubur, Jakarta Selatan

Kiri: Kamar tidur utama di Puri Cibubur memiliki kamar mandi sendiri. Kanan: Denah lantai atas dan bawah Puri Cibubur.

Sebagai kompensasi akan terbatasnya lahan, rumah dua lantai dengan dua kamar tidur menjadi solusi, terutama di kawasan bergengsi seperti Cibubur, yang saat ini tengah naik daun.

Selengkapnya

Lokasi

Ulasan Properti Puri Cibubur, Cibubur, Jakarta Selatan

Cibubur kembali menggeliat berkat kehadiran sejumlah infrastruktur transportasi umum baru.

Tempo dulu, kawasan Cibubur di dominasi oleh hamparan sawah dan kebun karet yang hijau. Para pengunjung dari Jakarta pun banyak yang singgah ke kawasan ini untuk berwisata selama sehari. Keasrian lingkungan dan udara yang sejuk menjadi daya tarik Cibubur.

Namun kala itu Cibubur terbilang masih sepi penghuni. Sampai akhirnya pada tahun 1973 dibangun akses tol Jagorawi yang merupakan singakatan dari Jakarta-Bogor-Ciawi. Kehadiran akses tol ini membuka perkembangan kawasan Cibubur. Mulai banyak orang yang datang dan menetap di kawasan ini.

Pembangunan akses jalan di Cibubur tidak berhenti begitu saja, setelah tol Jagorawi, dibuat jalan Transyogi yang menghubungkan Cibubur, Jonggol, hingga Cianjur. Pada tahun 1990an, terjadi perubahan yang masif di Cibubur. Perumahan-perumahan baru mulai dibangun, begitu juga pertokoan, dan fasilitas umum seperti rumah sakit dan sekolah.

Meski tidak sehijau dulu, kawasan Cibubur hingga kini masih menjadi lokasi hunian favorit melihat akses jalan, fasilitas umum, dan hiburan yang memadai.

Ulasan Properti Puri Cibubur, Cibubur, Jakarta Selatan

Akses tol Jagorawi dari gerbang tol Cibubur merupakan akses terdekat menuju Puri Cibubur (Gambar: Google).

Menuju lokasi: Jalan tol Jagorawi dan pintu gerbang tol Cibubur merupakan akses utama Anda dari pusat Jakarta menuju Puri Cibubur. Dari exit toll, jaraknya sekitar 3,6km apabila ditempuh dengan kendaraan roda dua.

Terdapat dua akses jalan yang bisa Anda pilih, pertama jalan Taruna Jaya dan kedua jalan Jambore. Jalan Taruna Jaya memiliki waktu tempuh 1 menit lebih lama ketimbang bila Anda melewati jalan Jambore menuju jalan Lapangan Tembak.

Untuk pilihan angkutan umum, Anda bisa naik angkutan umum KWK T 15 A yang berangkat dari Cililitan hingga Cibubur. Angkutan umum ini melewati rute Taman Mini Indonesia Indah kemudian Cilangkap lalu Cipayung dan berakhir di Cibubur.

Setelah naik angkutan umum ini Anda bisa turun tepat di depan jalan Belimbing, kemudian berjalan kaki sedikit ke dalam. Tidak sampai 30 langkah Anda sudah menemukan Puri Cibubur yang berada di sebelah kiri jalan.

Ulasan Properti Puri Cibubur, Cibubur, Jakarta Selatan

Jalan Belimbing, tidak sampai 30 langkah dari sini Anda akan menemukan Puri Cibubur yang berada di sebelah kiri jalan.

Perumahan: Lebih dari satu dekade yang lalu, Cibubur mulai berkembang menjadi kawasan permukiman yang ramai. Perkembangan ini mendorong Cibubur menjadi daerah yang lengkap dengan berbagai fasilitas umum. Terutama di sepanjang jalan Lapangan Tembak tempat Puri Cibubur berada. Berikut ini adalah fasilitas umum yang dapat Anda temukan di sekitar Puri Cibubur.

Fasilitas pertama dan mungkin yang terpenting adalah rumah sakit. Di Jakarta Timur, cukup banyak tersedia rumah sakit milik pemerintah atau pun swasta. Salah satu yang terdekat ialah rumah sakit umum Adhayksa Loka yang jaraknya sekitar 6km dari Puri Cibubur.

Rumah sakit yang terletak di Cipayung ini memiliki fasilitas rawat inap, rawat jalan, dan ambulance 24 jam. Selain itu rumah sakit ini juga memiliki ruang HCU atau High Care Unit. Untuk Anda yang memegang kartu BPJS kesehatan, maka Anda dapat mendapatkan rujukan ke rumah sakit ini.

Untuk rumah sakit swasta, berjarak 7km terdapat rumah sakit Mitra Keluarga Cibubur. Arthroscopy merupakah salah satu layanan unggulan dari rumah sakit ini. Arthroscopy merupakan teknik operasi minimal invasive dengan memasukan teropong yang berisi fiber optik dan lensa ke bagian yang bermasalah.

Ulasan Properti Puri Cibubur, Cibubur, Jakarta Selatan

Di Puri Cibubur, terdapat dua fasilitas kesehatan rumah sakit terdekat yakni Adhayksa dan Mitra Keluarga Cibubur.

Anda dan keluarga pasti punya kebutuhan berbelanja keperluan sehari-hari. Untuk belanja kebutuhan sandang seperti pakaian dan sepatu, ada Ramayana Departement Store yang jaraknya hanya 400 meter saja dari hunian. Itu artinya Anda hanya perlu berkendara selama 2 menit dalam kondisi jalan normal untuk berbelanja.

Sementara itu kalau ingin berbelanja sekaligus kuliner dan nonton bioskop bisa Anda dapatkan di Mal Cibubur Junction yang jaraknya 3,4km dari Puri Cibubur. Di mall ini juga terdapat supermarket Hypermart, Salon, dan juga pusat kebugaran (fitness).

Tidak hanya itu, masih ada lagi dua mal yang relatif dekat untuk dijangkau.  Seperti Cimanggis Square yang memiliki fasilitas berbelanja Hypermart dan Mall Cijantung. Cimanggis Square sendiri berjarak 3,8km dari Puri Cibubur sedangkan Mall Cijantung berjarak 5,9km.

Ulasan Properti Puri Cibubur, Cibubur, Jakarta Selatan

Untuk berbelanja dan hiburan ada sejumlah supermall yang dekat dari Puri Cibubur.

Fasilitas lain yang tidak kalah penting adalah fasilitas pendidikan. Anda bisa memilih ragam sekolah dari kelompok negeri sampai dengan swasta. Misalnya untuk SD Negeri untuk si kecil, terdapat SDN Kelapa Dua Wetan 01 (1km) dan SDN Kelapa Dua Wetan 04 pagi (1km). Untuk jenjang sekolah menengah ada SMP 147 Cibubur yang jaraknya 2,2km, dan SMPN 233 Jakarta yang jaraknya 1,7km.

Sementara untuk sekolah bernuansa Islam, ada Jakarta Islamic School PKP (2,4km).  Sekolah ini menyediakan pendidikan dari prasekolah sampai Sekolah Menengah Atas di satu lokasi yang sama.

JISc mengadopsi kurikulum nasional, yang dipadukan dengan hasil pengalaman belajar dan mengajar para pendiri JISc di luar negeri. Penggabungan beberapa metode tersebut diadaptasi dari negara Malaysia, Australia, dan Singapura.

Selengkapnya

Ringkasan

Pembelian rumah dengan sistem KPR masih menjadi andalan sebagian besar para pencari rumah. Saat ini, banyak bank yang memberikan pilihan KPR Syariah di samping KPR konvensional. Apa saja bedanya? Lihat di sini!

<p><iframe src=”https://www.youtube.com/embed/k4uCgrFV2Pk” width=”560″ height=”315″></iframe> </p>

Cibubur bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin berdomisili di Jakarta namun dengan suasana sejuk layaknya Bogor. Apabila Anda tengah mencari rumah dua lantai di lokasi strategis namun harga yang relatif terjangkau, maka Puri Cibubur bisa menjadi pilihan.

Puri Cibubur menawarkan rumah dua lantai dengan desain minimalis modern dan carport yang dapat menampung dua mobil sekaligus. Selain itu, Puri Cibubur juga menawarkan rumah dengan halaman belakang yang cukup luas dan dilengkap dengan 3+1 kamar tidur.

Keberadaan proyek LRT yang tengah dalam pembangunan memberi harapan positif terhadap kenaikan harga properti di kawasan Cibubur. Melihat harga yang tergolong rendah ketimbang kompetitornya, yakni Rp13 juta per meter persegi, Puri Cibubur bisa menjadi hunian dengan nilai investasi yang menguntungkan di masa depan. (Ade Igama)

Tertarik melihat resensi perumahan baru lainnya di Jakarta Timur? Lihat pilihannya di sini!

Bagi Anda yang masih memiliki pertanyaan seputar membeli rumah, temukan jawabannya di Panduan Rumah.com. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan melalui Tanya Properti.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Selengkapnya
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Hubungi Pemasang Iklan

Hubungi Pemasang Iklan

Ketentuan Layanan: Pemasang iklan bertanggungjawab sepenuhnya atas semua informasi yang ditayangkan

Masukan