Resor Dago Pakar, Bandung

  • Boy Leonard
  • 22 Mei 2018

PT Bandung Pakar sudah mulai mengembangkan Dago Pakar sejak 1990 silam. Perusahaan ini adalah satu-satunya yang berani memanfaatkan potensi Dago Utara kala itu. Ya, meski banyak yang menyadari potensi pariwisata Dago Utara, letaknya yang jauh dari pusat kota membuat pengembang-pengembang lain menahan diri.

Kini, PT Bandung Pakar menangguk hasil keberaniannya. Dago Utara menjadi kawasan wisata favorit. Selepas real estat, pengembang ini kini membangun resor, apartemen, hotel, hingga lapangan golf lengkap dengan clubhouse-nya. 

Alamat                : Jl. Raya Dago Golf, Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Tipe                     : Residensial

Luas lahan          : 320Ha

Tipe Unit

Cluster Spring Hills

Tipe Jasmine. Luas Tanah 444m2. Luas Bangunan 293m2. 2 lantai+basement, 4+1 kamar tidur, 3+1 kamar mandi, garasi 1 mobil + carport. Harga mulai Rp6.121.000.000.

Tipe Rose. Luas Tanah 460m2. Luas Bangunan 246m2. 2 lantai + basement, 4+1 kamar tidur, 3+1 kamar mandi, carport 2 mobil. Harga mulai Rp4.500.000.000.

Spesifikasi Teknis

Pondasi: Bore pile & dinding penahan beton
Dinding: Bata bata diplester & dicat

Atap: Kuda-kuda rangka baja ringan galvanized, penutup genteng beton

Plafond: Penutup gypsum board & GRC, rangka hollow

Kusen: Alumunium 3

Daun pintu: Solid kamper finishing duco (pintu utama), daun pintu double teakwood  kamper  finishing duco (pintu lainnya), daun pintu rangka alumunium double teakwood finishing melaminto (pintu kamar mandi).

Daun jendela: Rangka alumunium kaca bening 5mm, profil U kaca bening 8mm

Lantai: Granite tile 1x1m Indogress (ruang utama), keramik 30×30 ex Roman/setara (km/wc, teras, balkon), keramik 33,3×33,3 ex Roman/setara (lantai km, service)

Sanitair: Monoblock Toto/setara (warna standar), wastafel Toto/setara (warna standar), kloset jongkok Toto

Instalasi air panas: Pipa Rifeng

Listrik: PLN 4400watt, 220volt

Air: Setara PDAM

Lainnya: Taman standar, tiang bendera, kotak pos 1 unit, no. Rumah 1 unit.

Analisis

Ulasan Properti Resor Dago Pakar

Sejumlah properti yang disewakan di situs AirBnB di kawasan Dago Pakar. Targetnya jelas, para wisatawan.

Kawasan Bandung Utara sudah sejak lama menjadi kawasan dengan nilai properti yang paling tinggi di Bandung. Kawasan yang sangat tertata – bagian peninggalan jaman Belanda – dan berbagai fasilitas yang siap pakai serta lokasi yang berada di ketinggian namun sekaligus dekat dengan pusat kota membuat harga tanah per meter sangat tinggi.

Karena kebutuhan lahan yang selalu meningkat, kawasan yang berubah menjadi hunian juga terus berkembang ke arah Utara. Jika awalnya kawasan perumahan hanya mencapai Pasar Simpang di batas Utara, saat ini jalan Pasirwangi yang menghubungkan Bandung dengan Lembang pun sudah semakin padat dengan perumahan. Jika di awal pengembangannya Resor Dago Pakar serasa berada jauh di Utara, saat ini perumahan ini sudah menjadi bagian dari Kota Bandung.

Suasana pegunungan yang asri dipadukan dengan kemudahan akses dan fasilitas yang lengkap membuat kawasan ini selalu menarik bagi konsumen yang pada akhirnya mengundang banyak developer untuk mengembangkan kawasan perumahan.

Pakar Bandung yang mulai mengembangkan Resor Dago Pakar sejak awal 90an adalah salah satu motor penggeraknya, karena setelah itu banyak pengembang lain yang mengembangkan perumahan-perumahan dengan skala yang jauh lebih kecil. Baru di era 2000an, masuk beberapa pengembang besar yang mengembangkan perumahan dengan skala yang lebih sebanding dengan Resor Dago Pakar yang total memiliki luas 320Ha.

Dua yang terbesar dengan lokasi terbilang dekat dengan Resor Dago Pakar adalah Pramestha Resort Town (180Ha – 5,2km) serta perumahan Citra Green Dago (70Ha – 950m) yang dikembangkan oleh Ciputra Development.

Terlihat bahwa kedua perumahan besar ini pun jika digabungkan lahannya masih lebih kecil dibandingkan Resor Dago Pakar. Wajar jika Resor Dago Pakar bisa memuat fasilitas yang lebih lengkap seperti sekolah, dua hotel berbintang, lapangan golf lengkap dengan clubhouse-nya dan beberapa cafe dan restoran di dalamnya.

Dilihat dari harga per meter bangunan, secara mengejutkan Resor Dago Pakar memiliki harga per meter bangunan yang paling rendah – terpaut tipis dengan Citra Green Dago karya Ciputra – padahal fasilitas yang ditawarkan di dalam kawasannya paling lengkap. Sementara kualitas bangunan ketiga perumahan ini kurang lebih sama karena menembak pasar yang sama yaitu menengah atas.

Dari segi lokasi, Citra Green Dago memiliki lokasi yang paling dekat ke kota – gerbangnya berada persis di seberang Terminal Dago. Bisa jadi faktor ini yang membuat harganya sedikit lebih mahal dibandingkan Resor Dago Pakar.

Sementara Pramestha berada lebih jauh. Dari Terminal Dago, gerbang Pramestha berada 3,6km atau sekitar 10 menit perjalanan dengan medan yang cukup terjal. Selain itu, hanya 30% lahan Pramestha yang diisi bangunan yang pada akhirnya akan mempengaruhi harga jual properti yang mereka tawarkan.

Perumahan

Tanggal

Luas Bangunan

Luas Tanah

Harga

Per meter persegi bangunan

Resor Dago Pakar

April 2018

293

444

Rp6.121.000.000

Rp7,25

Resor Dago Pakar

Mei 2017

293

444

Rp5.447.000.000

 

Pramestha

Maret 2018

178

136

Rp2.670.000.000

Rp8,12

Citra Green Dago

Jan 2018

182

352

Rp4.499.000.000

Rp7,31

Pergerakan harga properti di kawasan Bandung Utara cukup stabil. Mungkin tidak menggebu-gebu seperti Bandung Timur yang sedang menjadi bintang. Namun pesona dan kesegaran suasana pegunungan selalu menarik sehingga harganya selalu bergerak ke arah positif.

Pada cluster Spring Hill, Resor Dago Pakar, berdasarkan data yang kami miliki setahun ini, terjadi kenaikan rata-rata di kisaran 12% per tahun. Kenaikan sebesar ini sedikit di atas rata-rata kenaikan harga properti di Kota Bandung.

Sementara itu, jika mengacu pada data Rumah.com Property Index, harga vila dan resor di kawasan ini mengalami kenaikan hingga 20 persen dalam tiga bulan terakhir (kuartal pertama 2018). Tertarik membaca analisis properti lainnya? Lihat di sini!

 

Selengkapnya

Detail Properti

Resor Dago Pakar adalah perumahan yang menjadi benchmark di Dago, bahkan Bandung Utara. Perumahan ini mulai dikembangkan di awal 90an oleh PT. Bandung Pakar, ketika belum banyak developer melirik kawasan Dago atas (sekali). Saat itu pengembangan perumahan baru mencapai kawasan Bukit Dago Utara yang berada sebelum Terminal Dago. Sementara PT Bandung Pakar memilih kawasan yang berada 2 km lebih ke Utara dari Terminal Dago, dengan infrastruktur yang serba terbatas.

Namun PT. Bandung Pakar melihat potensi kawasan seluas 320Ha yang masuk ke wilayah Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, sebagai lokasi pengembangan real estate berikut segala fasilitas penunjangnya. Lokasi yang hijau dengan view luar biasa ini hanya berjarak 10km dari pusat Kota Bandung.

Tidak heran, sampai saat ini Resor Dago Pakar menjadi satu-satunya kawasan perumahan yang dikelola PT Bandung Pakar yang terus bergerak menghadirkan berbagai konsep perumahan dan terus  melengkapi fasilitas-fasilitas di dalamnya, serta mengintegrasikan hunian dengan fasilitas wisata.

Panorama alam dan pemandangan menawan ke Kota Bandung serta hamparan padang golf menjadi nilai tambah tersendiri bagi Resor Dago Pakar. Pemukiman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan memanjakan Anda seperti Hotel Intercontinental Bandung Dago Pakar, Mountain View Golf Club, Kencana Resort Club, Marbella Suites Bandung, Commercial Area, Bina Bangsa School.

Dari gerbang, Anda tidak akan melihat berbagai kelengkapan tersebut, karena kawasan yang diolah oleh developer berada 850m dari mulut gerbang. Kemewahan dan kelengkapan Resor Dago Pakar terwakili oleh boulevard yang sangat lebar dengan ROW 10m. Sementara gerbang yang merangkap pos penjagaan berada agak ke dalam, sesaat sebelum memasuki kawasan Resor Dago Pakar.

Ulasan Properti Resor Dago Pakar

Kiri: Boulevard yang membawa Anda menuju Resor Dago Pakar. Kanan: Dago Pakar Waterfall yang menyambut Anda memasuki kawasan Resor Dago Pakar.

Tampilannya terbilang sederhana dengan ciri khas Bandung yang sangat kuat lewat bentuk atap yang menyerupai atap Gedung Sate. Bahasa desainnya pun menunjukkan usia perumahan yang sudah hadir sejak era 90-an saat gaya mediteran menjadi trend di Indonesia.

Setelah melewati pos penjagaan, Anda akan disambut oleh Dago Pakar Waterfall – yang penampakannya sangat mewah dan mewakili wajah Resor Dago Pakar. Bisa jadi, inilah sebenarnya gerbang masuk ke dalam kawasan terpadu ini. Anda akan melihat satu dinding batu yang cukup masif dengan air terjun yang menghiasinya, memberikan suasana khas pegunungan dengan gemericik air.

Di depannya menghampar taman yang cukup luas dengan topiari bertuliskan “Resor Dago Pakar” yang bisa dibaca lewat google earth.

Ulasan Properti Resor Dago Pakar

Ulasan Properti Resor Dago Pakar

Untuk menuju cluster Spring Hill, Anda harus mengambil jalur ke kiri di depan Dago Pakar Waterfall ini, dan meneruskan perjalanan melewati Intercontinental Bandung Dago Pakar sejauh kurang lebih 2,9km (7 menit). Gerbang dan pos jaga untuk masuk ke cluster Spring Hill akan terlihat di sisi kanan jalan.

Sejak masuk ke kawasan Resor Dago Pakar hingga tiba di kavling, Anda tidak akan menemukan sedikit pun kabel yang membentang mengganggu pemandangan. Seluruh jaringan kabel listrik dan telepon di Resor Dago Pakar memang ditanam. Hanya terlihat tiang PJU di sepanjang jalan.

Ulasan Properti Resor Dago Pakar

Kiri: Keindahan jalan yang berada di dalam Resor Dago Pakar. Kanan: dan keindahan view ke arah pegunungan yang mengelilingi Bandung.

Di cluster Spring Hill ini, PT. Pakar Utama menghadirkan dua tipe rumah yaitu Jasmine dan Rose. Keduanya hadir dengan gaya modern dengan bidang dan garis-garis yang tegas. Agar desain modern itu tidak menjadi monoton, dihadirkan bidang dengan tekstur dan warna yang berbeda di bagian tertentu.

Meskipun tidak ada yang terlalu istimewa dari segi desain, namun material yang digunakan terlihat memiliki kualitas nomor satu.

Ulasan Properti Resor Dago Pakar

Kiri: Suasana di cluster Spring Hill. Tidak ada kabel yang menganggu. Kanan: View ke arah Kota Bandung.

Perbedaan mendasar dari kedua tipe ini adalah kontur tanahnya. Tipe Jasmine berada di kavling dengan kontur up-slope, sementara Rose berada di kavling berkontur down-slope – selain tentunya luas bangunan yang berbeda.

Tipe Jasmine memiliki luas lantai yang lebih besar. Karena berada di kavling up-slope, basement-nya berada sejajar dengan jalan, namun hanya berada di bagian muka rumah saja. Basement ini memuat garasi 1 mobil dan ruang servis.

Ulasan Properti Resor Dago Pakar

Tampak dan denah tipe Jasmine dengan 2 lantai ditambah basement.

Pintu utama masuk ke dalam rumah berada di lantai 1 yang bisa dicapai melalui tangga outdoor di sisi carport. Pintu ini mengantarkan Anda ke dalam foyer/ruang tamu. Tangga untuk naik ke lantai 2 atau turun ke basement berada di balik dinding yang berada di belakang ruangan ini. Sementara ruang makan dan living room berada di bagian belakang. Anda mendapatkan juga satu kamar tidur dan satu kamar mandi di lantai 1.

Di lantai 2, Anda mendapati satu koridor  yang membentang dari bagian depan ke bagian belakang rumah. Di ujung depan adalah kamar mandi yang melayani dua kamar tidur di lantai ini yang berada bersisian dengan tangga. Sementara di sisi lain koridor adalah kamar tidur utama yang sangat luas. Kamar tidur utama ini dilengkapi dengan kamar mandi dan walk-in-closet yang luas.

Beralih ke tipe Rose. Rumah yang juga terdiri atas 3 lantai ini berada di kavling down-slope dan memiliki luas lantai yang sedikit lebih kecil dibandingkan tipe Jasmine. Sama-sama memiliki 3 lantai, carport berada sejajar lantai 1. Dari carport 2 mobil, Anda bisa menuju pintu utama melalui teras yang berada di sebelahnya.

Ruangan pertama yang menyambut Anda adalah ruang tamu. Masuk lebih ke dalam, Anda disambut oleh living room yang dilengkapi dengan balkon. Tangga berada di sebelah living room sementara di sisi lainnya berada ruang makan dan dapur bersih. Satu kamar dan kamar mandi berada di bagian depan dari dapur bersih ini. Anda juga akan melihat satu pintu dari dapur bersih yang menuju ke tangga luar untuk mengakses halaman belakang yang berada sejajar basement sekaligus terhubung dengan servis area. Untuk mengakses basement, Anda juga bisa menggunakan tangga utama.

Ulasan Properti Resor Dago Pakar

Tampak dan denah tipe Rose.

Di basement, Anda mendapatkan satu ruangan yang cukup besar yang menghadap ke halaman belakang yang bisa difungsikan sebagai ruang duduk. Sementara di sisi yang menghadap halaman depan ada dua kamar tidur. Sementara kamar mandi berada di bawah bordes. Ruang servis yang terdiri dari kamar dan kamar mandi ART serta dapur kotor berada di bawah carport.

Lantai 2 juga memiliki satu ruang bersama yang bisa difungsikan sebagai living room dengan akses ke dua balkon di sisi depan dan belakang rumah untuk menikmati pemandangan perbukitan yang melingkungi Spring Hills. Dari ruangan ini Anda bisa mengakses kamar tidur utama yang dilengkapi kamar mandi dan closet.

Selengkapnya

Lokasi

Ulasan Properti Resor Dago Pakar

Potensi wisata jadi pesona utama Bandung Utara.

Siapa pun tidak bisa menolak pesona Bandung Utara. Mulai dari orang Belanda di jaman penjajahan hingga  manusia ‘jaman now’. Mulai dari penduduk asli hingga wisatawan dari penjuru negeri, semuanya terpukau dengan keindahan suasana yang dimiliki Bandung Utara.

Salah satu kawasan yang paling menonjol adalah Dago. Dago memiliki kesegaran udara dan keindahan pemandangan serta lokasi yang tidak jauh dari pusat Kota Bandung.

Tidak heran Dago memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Properti di kawasan ini memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan pemiliknya. Anda bisa membangun tempat tinggal, hotel atau penginapan, tempat kost, cafe atau restoran dan lain sebagainya dengan nilai jual yang juga tinggi. Harga properti yang tinggi membuat rumah tinggal di Dago didominasi oleh kelas menengah ke atas.

Lokasinya yang terbilang dekat dengan perguruan tinggi utama di Bandung juga membuat Dago menarik sebagai lokasi tempat kost (yang mahal). Lokasinya sebagai daerah wisata yang dekat dengan beberapa daerah wisata lain, membuat Dago juga dibanjiri oleh sarana akomodasi bagi wisatawan. Mulai dari hotel dan apartemen sewa ultra mewah, wisma, losmen, hingga rumah-rumah yang disewakan lewat situs seperti AirBnB.

Cafe dan restoran serta tempat wisata dengan beragam konsepnya juga memilih lokasi di Dago dan sekitarnya. Tidak heran, kawasan ini mengalami kemacetan yang lumayan parah di akhir pekan.

Menuju Lokasi:

Ulasan Properti Resor Dago Pakar

Menuju Resor Dago Pakar dari berbagai lokasi strategis di Bandung. Gambar: Google.

Tidak sulit untuk menemukan Resor Dago Pakar, karena perumahan ini adalah salah satu yang terbesar dari segi lahan, paling tua dari segi umur dan paling lengkap dari segi fasilitas. Rasanya sebagian besar orang yang memiliki KTP Bandung bisa menunjukkan jalan menuju Resor Dago Pakar.

Dari penjuru wilayah di Kota Bandung, arahkan kendaraan Anda ke Jl. Ir. H. Juanda yang juga dikenal sebagai Jl. Dago. Susuri jalan ini ke arah Utara-atau orang Bandung lebih sering menyebutnya ‘ke atas’ karena jalan ini memang menanjak ke Utara. Setelah melewati Simpang Dago, teruskan perjalanan Anda ke Utara, melewati Sheraton Hotel, Hotel Jayakarta hingga Anda sampai di Terminal Dago.

Dari Terminal Dago, jalan 4 lajur yang sebelumnya Anda lewati akan menyempit menjadi 2 lajur untuk kedua arahnya. Anda harus berhati-hati melalui jalan ini karena selain sempit, kondisi lalu-lintasnya terbilang padat  terutama di akhir pekan.

Tidak jauh dari Terminal Dago, ambil jalur yang menyerong ke kanan di pertigaan dengan jalan yang menuju Lembang melalui Dago Bengkok. Belokkan kendaraan Anda ke kanan di pertigaan dengan jalan yang menuju Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda. Jalan masuk ke Resor Dago Pakar berada sekitar 250m dari pertigaan ini. Sebuah boulevard dua lajur yang terbuka di sisi kiri jalan rasanya sulit Anda lewatkan. Dari Simpang Dago, Anda membutuhkan waktu sekitar 13menit (3,2km) berkendara.

Ulasan Properti Resor Dago Pakar

Kiri: Jl. Dago Golf sesaat sebelum gerbang Resor Dago Pakar. Kanan: Gerbang masuk ke dalam Resor Dago Pakar.

Jika Anda menggunakan angkutan umum, Anda bisa memulai perjalanan dengan menggunakan angkot apa saja yang menuju Terminal Dago. Sebagai salah satu terminal utama, banyak trayek angkot yang akan membawa Anda ke terminal ini.

Kemudian lanjutkan perjalanan menggunakan angkot Ciroyom-Dago yang akan melewati gerbang Resor Dago Pakar. Kawasan perumahan di Resor Dago Pakar letaknya agak jauh ke dalam dari gerbang, sehingga sangat disarankan untuk menggunakan ojek yang sudah menyambut Anda di kawasan gerbang ini, untuk menuju tujuan terakhir Anda di Resor Dago Pakar.

Fasilitas di sekitar 

Lokasinya yang hanya berjarak 20-30 menit dari Gedung Sate membuat Anda bisa dengan mudah mendapatkan berbagai fasilitas dari Resor Dago Pakar. Apalagi Bandung Utara sudah sejak lama dikenal sebagai kawasan tempat tinggal warga dengan kemampuan ekonomi menengah atas sehingga fasilitas yang hadir di kawasan ini pun fasilitas terbaik yang bisa Anda dapatkan di Bandung.

Ulasan Properti Resor Dago Pakar

Sejumlah titik fasilitas umum di sekitar Resor Dago Pakar. Gambar: Google.

Untuk berbelanja kebutuhaan harian, Toserba Borma di Jl. Ir. H. Juanda adalah pilihan terdekat. Toserba yang berjarak 16 menit dari Resor Dago Pakar ini menawarkan kelengkapan super dengan harga yang relatif murah.

Alternatif lainnya adalah Griya Pahlawan di Jl. Pahlawan yang berjarak 12 menit perjalanan. Griya Pahlawan juga menawarkan foodcourt. Pilihan lain adalah Superindo Dago di Jl. Ir. H. Juanda, yang bisa Anda capai di kisaran waktu 30 menit.

Pasar tradisional juga bisa Anda hampiri dalam waktu 13 menit. Pasar Simpang yang berada di Simpang Dago adalah pasar tradisional yang dikelola oleh Pemkot Bandung yang rencananya akan segera direnovasi.

Dago Utara juga dikenal sebagai kawasan wisata dan Resor Dago Pakar berada di dalamnya. Anda bisa menemukan beberapa cafe dan restoran serta hotel di dalam Resor Dago Pakar. Deretan cafe di Jl. Bukit Pakar Timur juga berada sangat dekat, di bukit seberang.

Belum lagi kawasan Cigadung dan Dago Giri yang berada sepelemparan batu – 15 menitan – yang dipadati dengan beberapa obyek wisata seperti Lawang Wangi, Warung Lela, Dago Dreampark dan lain-lain.

Kehijauan Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda-sebuah hutan lindung seluas 590 hektare yang membentang  dari kawasan Dago Pakar sampai Maribaya Lembang-bisa Anda capai dalam waktu lima menit. Tujuan wisata yang hits seperti Tebing Keraton bisa dicapai dalam waktu 13 menit.

Ulasan Properti Resor Dago Pakar

Hutan Kota Juanda dengan luas 550 hektare. Foto: Bandungview.info.

Atau Puncak Bintang yang fenomenal pun bisa Anda capai sekitar setengah jam perjalanan. Tidak heran jika banyak unit rumah di Resor Dago Pakar yang difungsikan sebagai rumah sewa atau penginapan oleh pemiliknya.

Resor Dago Pakar yang dekat dengan pusat Kota Bandung juga membuatnya mudah menjangkau beberapa pusat perbelanjaan utama. Cihampelas Walk (Ciwalk) yang berlokasi di Jl. Cihampelas bisa dijangkau dalam waktu 15 menit. Bandung Indah Plaza (BIP) dan pusat perdagangan elektronik yang melengkapi dirinya dengan shopping mall yaitu Bandung Electronic Center (BEC) bisa Anda capai dalam waktu 18 menit

Paris van Java (PvJ), Trans Studio Mall (TSM) dan 23 Paskal, Anda membutuhkan waktu kurang dari 30 menit. Semua pusat perbelanjaan tadi memiliki bioskop di dalamnya, selain berbagai gerai kuliner, fashion dan kebutuhan hidup lainnya.

Sarana kesehatan terbaik di Bandung pun bisa Anda capai dengan cepat dan mudah. RS Santo Borromeus, salah satu rumah sakit terbesar di Kota Bandung, bisa Anda capai dalam waktu 18 menit. Rumah sakit yang beralamat di Jl. Ir H. Juanda No. 100  ini adalah salah satu rumah sakit tertua di Bandung.

Namun seiring perjalanan, rumah sakit ini terus berkembang mengikuti jaman, dilengkapi fasilitas yang lengkap, dan suasana rumah sakit modern yang sangat nyaman. RS Santo Borromeus adalah rumah sakit swasta kelas B, dengan 306 tempat tidur inap – memiliki lebih banyak tempat tidur jika dibandingkan dengan rata-rata rumah sakit di Jawa Barat berada di angka 68 tempat tidur inap.

Pilihan lainnya adalah RS Advent yang berada di Jl. Cihampelas – 23 menit perjalanan – sebuah rumah sakit yang sempat dikenal sebagai “The American Hospital” karena dikelola dan memiliki banyak dokter dari Amerika Serikat dan RS dr. Salamun di Ciumbuleuit yang bisa dicapai dalam waktu 27 menit dari Resor Dago Pakar.

Ulasan Properti Resor Dago Pakar

Kiri: RS Borromeus – salah satu rumah sakit tertua, terbesar dan terlengkap di Kota Bandung.

Selengkapnya

Ringkasan

Investasi properti di kawasan pariwisata memang menjanjikan. Bagi Anda yang ingin memanfaatkan KPR untuk investasi, lihat video berikut ini:

Resor Dago Pakar adalah salah satu perumahan pertama yang meramaikan pasar properti di Bandung Utara, khususnya yang berada di Utara Terminal Dagol. Resor Dago Pakar sampai saat ini juga masih menjadi perumahan dengan luas lahan terbesar.

Tidak heran jika perumahan ini menjadi benchmark industri properti – khususnya menengah atas – di Bandung Utara. Mulai dikembangkan di awal 90an dengan konsepnya menghadirkan berbagai fungsi dan fasilitas ke dalam kawasan yang luas tadi, baru di era 2000an inilah berbagai fasilitas tadi hadir dalam skala yang menggoda.

Saat ini, kelengkapan fasilitas tadi menggoda ‘orang luar’ rela datang ke Resor Dago Pakar, entah itu mencari hotel, cafe, sekolah, golf atau menikmati clubhouse. Sementara penghuni Resor Dago Pakar bisa menggunakan fasilitas itu dengan sangat mudah karena berada di halaman mereka sendiri.

Anda juga akan mendapatkan suasana tempat tinggal yang tidak banyak Anda temukan di tempat lain. Udara yang segar, pemandangan yang lepas ke perbukitan di Utara dan Kota Bandung di Selatan. Belum lagi suasana perumahan yang sangat rapih, hegar tanpa centang perentang kabel listrik, telepon dan kabel-kabel lainnya. Dan suasana itu bisa Anda capai tidak jauh dari pusat Kota Bandung.

Lokasinya yang dekat dengan pusat kota, sekaligus berada dekat dengan berbagai obyek wisata membuat unit-unit residensial di Resor Dago Pakar memiliki potensi untuk disewakan kepada wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Dipadukan dengan kenaikan harga properti yang stabil, Resor Dago Pakar menjadi instrumen investasi yang menarik. (Fery Ekopurnomo)

Tertarik membaca review apartemen lain di Bandung? Lihat pilihannya di sini!

Bagi Anda yang masih memiliki pertanyaan seputar membeli rumah, temukan jawabannya di Panduan Rumah.com. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan melalui Tanya Properti.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

 

Selengkapnya
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan